Dampak Posistif Kasih Sayang Orang tua

Orang tua adalah sosok yang sangat berperan dalam tumbuh kembang anak. Dari Ibu anak bisa memperoleh kasih sayang yang bersifat rasa aman, merasa diterima dan kehangatan. Sedangkan dari kasih sayang ayah sangat berguna untuk mengembangkan kepribadian anak, menanamkan disiplin, memberikan arah dan dorongan agar bisa berani dalam menghadapi kehidupan.

Para pemerhati tumbuh kembang anak telah menemukan dampak positif kasih sayang orang tua terhadap anak. Dampak positif tersebut diantaranya menjadikan kinerja otak anak menjadi lebih pintar. Anak yang lebih dekat dengan orang tua biasanya lebih pintar karena termotivasi untuk lebih giat belajar. Dampak positif berikutnya anak jadi lebih sehat saat ber usia emas. Kasih sayang dari orang tua akan memicu saraf motorik anak, sehingga membuat anak lebih semangat untuk bergerak. Dengan seringnya bergerak, membuat kinerja otot dan tulang terbentuk lebih kuat. Dampak positif kasih sayang orang tua terhadap anak selanjutnya yaitu timbal balik. Anak akan memberikan feedback positif kepada orang tua dan anak akan lebih terbuka dengan orang tua.

Perlu ditiru cara PAUD IH memulai kegiatan

Ada apa korsatpen dan pengawas PAUD Banyumanik ke PAUD IH?

Salah satu bentuk kasih sayang orang tua terhadap anak diantaranya adalah membekalinya agar bisa menjadi hamba Allah yang mandiri dan kreatif di masa depan. Bekal tersebut bisa diajarkan sejak dini dari lingkungan terdekat seperti keluarga maupun lembaga pendidikan. Keluarga bisa menjadi role model kebiasaan-kebiasaan baik. Sedangkan lembaga pendidikan bisa mengkombinasikan berbagai stimulus tumbuh kembangnya.

Dalam memilih lembaga pendidikan terutama pendidikan usia dini tentu harus bisa selektif. Anak usia dini yang disebut juga sebagai usia emas merupakan tahapan yang baik untuk diberi stimulus-stimulus yang bisa merangsang kognitif, afektif maupun psikomotoriknya. Dalam memberikan stimulus atau pengajaran kepada anak usia dini membutuhkan sebuah metode khusus sesuai tahapannya. Metode tersebut hendaknya harus menyenangkan dan bisa menjadikan anak bertambah wawasannya. Maka menentukan lembaga yang profesional sangat penting dilakukan.

Baca juga:  Ikrar! Menanamkan tauhid ke anak

PAUD Islam Hidayatullah merupakan lembaga pendidikan usia dini yang sudah berpengalamam lebih dari 30 Tahun. Metode pengajarannya inovatif menggunakan metode sentra dengan pendekatan STEAM dan kombinasi loose parts yang diadopsi dari Florida Amerika Serikat. Model pengajarannya dengan bermain sehingga menyenangkan membuat anak belajar tanpa menyadari bahwa dia sedang belajar. Semua pembelajaran diintegrasikan dengan iman dan takwa.

Kepuasan pembelajaran di PAUD Islam Hidayatullah diantaranya disampaikan oleh salah satu wali murid berikut ini:

“8 tahun waktu yang cukup untuk menilai bahwa terlalu banyak hal positif yg kami dapat dari PAUD Islam Hidayatullah. Anak ke 1 dan ke 2 dulu sekolah di sana. Sekarang anak yang ke-3 juga saya sekolahkan di sana.”

“Dengan rutinitas islami yang sesuai al Qur’an dan sunnah yang diajarkan di sekolah, membuat anak-anak secara alamiah membawa semua kebiasaan baik tersebut di dalam rumah. Hal ini yang menjadi titik berat kami mempercayai Hidayatullah sebagai partner mendidik, untuk menjadikan anak-anak mencintai Al-Qur’an dan Sunnah. Karena mengajarkan kebiasaan baik dari sejak kecil bukan hal yang mudah, dan anak-anak yang baik akan tumbuh dari lingkungan yang baik.”

“Hidayatullah merupakan salah satu dari sedikit lembaga pendidikan yang memandang kekurangan seorang anak menjadi kelebihan dengan selalu berpikir positif dan optimis bahwa semua ciptaan-Nya sempurna. Hal ini tercermin dari para guru yang selalu mengajarkan semuanya dengan hati, mampu memberikan effort lebih dan mau menerima masukan dari kami orang tua demi kebaikan anak-anak.”

“Semoga ke depan Hidayatullah semakin bisa mendampingi kami para orang tua untuk bersama-sama mencetak generasi yang mencintai Al-Qur’an, menjaga Sunnah dan bermanfaat bagi agama, keluarga,bangsa dan negara.”

Baca juga:  PAUD Islam Hidayatullah Galang dana kemanusiaan untuk Palestina

Dewi Hapsari
(Orang tua Siswa PAUD Islam Hidayatullah )

Dampak Posistif Kasih Sayang Orang tua

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *