Jurnal Pembelajaran Topik Lingkungan #3

Dibuka PPDB Tahun Ajaran 2023/2024_Spesial Februari diskon 10%_ Manfaatkan segera

Mahasiswa UPGRIS praktik pengalaman lapangan (PPL) di PAUD Islam Hidayatullah

Topik: Lingkungan

Pembelajaran dengan topik lingkungan mempunyai tujuan di antaranya agar siswa bisa tumbuh kesadaran dan kepekaan terhadap lingkungan, memiliki pengetahuan dan pemahaman tentangnya, turut peduli terhadap lingkungan dan termotivasi untuk meningkatkan atau mempertahankan kualitasnya.

Pembelajaran menggunakan model sentra dan dikemas dengan bermain. Model belajar ini sangat mengasyikkan, sehingga siswa merasa senang di sekolah. Terdapat beberapa sentra yang digunakan secara bergilir. Setiap kelompok akan berkesempatan menggunakan sentra yang ada sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Yuk! Lihat keseruan belajar mereka

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok B

B1 [Sentra Peran]

Anak-anak pekan ini melanjutkan bermainnya di sentra peran. Di sentra peran mereka bereksplorasi sesuai topik yang telah ditentukan. Wahana belajar melalui permainan asyik mereka gunakan melanjutkan permainan pekan sebelumnya. Banyak hal yang mereka lakukan, di antaranya membuat pesawat, membuat rumah makan, membuat tiket masuk ke taman.

Anak-anak pun melakukan berbagai peran dan menikmati main bersama. Saling bantu dan bekerjasama menjadikan permainan makin menyenangkan. Selain itu, Di waktu berbeda mereka juga berkegiatan book time di perpustakaan.

bu difa

B2 [Sentra Alam]

Pekan kedua B2 masih bermain dan berkarya di sentra alam. Sentra ini merupakan wahana bermain yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengenal alam sekitar melalui perangsangan panca indera. Siswa bermain sambil belajar untuk menunjukkan kemampuan mengenali, membandingkan, menghubungkan dan membedakan sehingga tumbuh motivasi dan kepercayaan diri dalam belajar.

Anak salih-salihah B2 tampak antusias dan semangat menyelesaikan proyeknya dan memainkannya. Kegiatan hari berikutnya kembali melanjutkan bermain menyusun media main menjadi berbagai bentuk sesuai topik yang disepakati. Mereka tampak asyik memainkan bersama, berbagi alat main dan juga bekerjasama agar proyek selesai. Setelah waktu main berakhir, mereka pun merapikan kembali mainannya secara bersama-sama.

bu fat

B3 [Sentra Ibadah]

Kegiatan kelompok B3 dua pekan ini membuat projek di sentra ibadah dengan topik cerita ashabul kahfi. Diketahui bersama bahwa ashabul Kahfi bercerita tentang tujuh pemuda yang beriman kepada Allah tertidur dalam gua selama sekitar 309 tahun. Melalui permainan siswa mengenal dan mendalami cerita tersebut.

Siswa menentukan teman bermainnya dan menentukan kegiatan mainnya, ada kelompok yg membuat istana raja, membuat gua juga pasar
Mereka juga tertarik untuk membuat mahkota raja serta coin perak dan koin emas. Siswa tampak aktif dan senang dengan topik yang disepakati bersama ini. Mereka pun berbagi media dan bermain bersama menyelesaikan proyeknya.
Melalui kegiatan eksplorasi perkembangan siswa terstimulasi dengan tepak baik sensori,motorik, bahasa, sosial, emosi juga berpikir kritis.

bu Ima

B4 [Sentra Balok]

Kelompok B4 berkegiatan menonton video “Berkemah” dan melakukan gerak lagu “Hokey Piket”. Setelah itu mereka menceritakan kembali isi cerita dalam video yang mereka tonton. Kegiatan berikutnya melanjutkan aktifitas membangun balok dan ditambah aksesorisnya. Berbagai kreasi dari balok mereka buat, di antaranya ada yang membuat helikopter, membuat kapal selam dan membuat tenda untuk berkemah.

Kegiatan lainnya di waktu yang berbeda, kelompok B4 membuat suriken dan juga ada yang bermain peran di bangunan balok yang di bangun. Selain itu ada pula yang melanjutkan membuat tenda untuk berkemah.

Bermain di sentra balok memang sangat menantang merangsang daya imajinasi anak, Media looseparts dimainkan bersama dan dibentuk sedemikian rupa sesuai imajinasi masing-masing mengacu topik yang telah disepakati.

Setelah waktu bermain selesai, mereka merapikan kegiatan mainnya yang ada di sentra Balok. Alhamdulillah kelompok B4 dapat bekerjasama untuk merapikan semua mainan hingga rapi kembali.

bu dijah

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok A

DISKON 10% BULAN FEBRUARI. MANFAATKAN SEGERA

A1 [Sentra Ibadah]

Teman-teman A1 pekan ini masih bermain di sentra ibadah. Mereka mengenal Rasulullah SAW. Muhammad melalui permainan. Ada yang mewarnai lafadz Muhammad, menyusun balok membentuk membuat gua hira, ada pula yang membuat berhala. Mereka bermain bersama menggunakan media yang telah disiapkan untuk melengkapi topik permainan yang telah disepakati. Permainan berkembang membuat tempat lahir Rasulullah yaitu kota Makkah, kemudian ada pula yang membuat kota Madinah tempat Rasulullah Muhammad berdakwah.

Pada waktu yang berbeda teman-teman salih -salihah A1 juga bergiatan sholat dhuha berjamaah, mereka mengambil wudhu dan bersama bu guru salat di musala sekolah.

Alhamdulillah teman-teman A1 telah bermain kisah Rasulullah. Kota Makkah dan Madinah telah menerima dakwah Rasulullah. Karena dakwah Rasulullah banyak kaum kafir memeluk agama islam.

bu ainun

A2 [Sentra Balok]

Mengawali hari Senin kelompok A2 melakukan fisik motorik melewati jembatan bertali untuk melatih keberanian, motorik kasar, dan keseimbangannya. Setelah itu mereka melihat video bersama-sama dengan judul “Berpetualang ke Gunung saat Musim Panas”. Kelompok A2 sangat fokus dan memperhatikan video yang sedang ditonton. Kegiatan berikutnya membedah video dan membuat peta konsep untuk bermain di hari selanjutnya. Selesai membuat peta konsep bersama, kelompok A2 berkunjung ke perpustakaan untuk membiasakan literasi kepada anak sedari dini.

Hari kedua di sentra balok kelompok A2 memutuskan untuk membuat bungalau (penginapan/villa) dan jembatan secara berkelompok untuk melatih kerjasama, kreativitas melalui ide-ide yang muncul, serta mengontrol diri saat harus bermain bersama teman dan berbagi balok dengan teman. Kegiatan bnermain di hari ketiga, kelompok A2 melanjutkan bangunan dengan menambahkan beberapa balok dan aksesoris ke bungalau dan jembatan yang dibuat secara berkelompok. Permainan di sentra balok inuj sangat menyenangkan, meski dengan topik yang sama, hasil karya mereka bisa berbeda sesuai imajinasi masing-masing anak.

Hari terakhir di sentra balok kelompok A2 menggambar bangunan yang sudah dibuatnya dan menyusun loosepart yang disediakan Bu guru membentuk huruf p. Setelah itu mereka bekerjasama mengelompokkan dan merapikan balok.

BU HANING

A3 [Sentra Alam]

Bergerak mengikuti music ke puncak gunung.  Setelah itu dilanjutkan menyimak video dan membuat peta konsep serta ide gagasan bermain. Berdiskusi bersama untuk menentukan kegiatan main selanjutnya.

Makan bersama dilakukan di jam yang telah ditentukan. Anak-anak menikmati asupan yang telah disiapkan oleh catering sekolah. Pada kegiatan ini, anak-anak dibiasakan untuk mencuci tangan dan adab dalam makan.

Bereksplorasi dan bereksperimen di sentra alam. Anak-anak melakukan berbagai kegiatan, di antaranya ada yang melukis, menyusun berbagai media main untuk menyelesaikan projek gunung dan bukit. Kegiatan bermain yang menyenangkan ini berlanjut di hari berikutnya. Selain itu itu, anak-anak juga berjemur dan   fisik motoric. Kemudian bermasin kembali di sentra alam, dan ketika waktu bermain berqakhir, anak-anak beres-beres dan merapikan kembali alat main yang digunakan.

bu ria

A4 [ Sentra Seni ]

Teman-teman A4 pekan ini berkegiatan fisik motorik memanjat, kemudian dilanjutkan cerita pagiku. Selain itu juga melakukan bedah buku tentang Pegunungan. Berdasar cerita buku tersebut teman-teman A4 akan menentukan main berikutnya.

Sebagaimana yang telah disepakati bersama, teman-teman A4 pun bermain sesuai dengan cerita di buku. Teman-teman A4 bereksplorasi di sentra, kali ini mereka mendirikan tenda. Mereka berbagi media main dan juga bekerja sama.

Kegiatan bermain yang menyenangkan ini berlanjut di hari berikutnya, mereka kembali meneruskan  kegiatan main di tenda. Meski di alam pegunungan mereka tidak lupa untuk menjalankan ibadah salat.

Kegiatan bermain di sentra seni semakin menantang, teman-teman A4 melanjutkan berkegiatannya. Kali ini mereka menggambar dengan tema lingkungan pegunungan. Tampak teman-teman juga membuat karya seni pohon cemara. Asyiknya bermain bersama teman. Setelah waktu bermain berakhir, saatnya teman-teman pintar A4 merapikan mainannya ke tempat semula.

bu yani

A5 [Sentra Seni]

Kegiatan hari pertama di sentra peran, anak-anak menonton video cerita tentang “Berpetualang di Gunung”. Media pembelajaran audio visual efektif digunakan, anak-anak lebih paham dan bisa tahu bagaimana topik yang akan dimainkan bersama. Setelah selesai menonton video, anak-anak membuat proyek membangun tenda untuk bermalam di gunung.

Hari kedua, anak-anak melanjutkan proyek tendanya dan memasak makanan saat bermalam di tenda. Mereka tampak asyik bermain bersama, saling bantu seting atau membuat tempat, ada pula mengambil kursi melangkapi seting bermain. Kegiatan bermain di hari ketiga, anak-anak melanjutkan main peran aktivitas saat bermalam di gunung, setelah waktu bermain selesai, mereka bergotong royong merapikan dan membereskan kembali alat mainnya.

Pada waktu yang telah dijadwalkan, anak-anak berkunjung ke perpustakaan. Mereka meminjam buku yang mereka sukai dan di bawa pulang. Kegiatan ini untuk menumbuhkan minat baca dengan dukungan orang tua.

bu iva

Pembelajaran Kelompok Bermain (KB) Islam Hidayatullah

SPESIAL JANUARI-MARET DISKON 10%. MANFAATKAN SEGERA

Baca juga:  Jurnal Pembelajaran Topik Tanaman

KB1 [Sentra Olah Tubuh & Musik]

Hari pertama bermain, diawali dengan kegiata mengaji dan mendengarkan cerita dari buku yang berjudul “Matahari penerang angkasa”. Dari buku cerita tersebut, guru mengajak anak-anak berdiskusi tentang isi buku. Salah satunya yaitu manfaat matahari untuk kesehatan tubuh.

Hari kedua, anak-anak berolah-raga di halaman sekolah. Mereka berolah raga dengan bermain bola bersama. Cuaca yang segar dan belum panas membuat anak-anak dapat merasakan manfaat sinar matahari. Kegiatan bermain selanjutnya di hari ke tiga, bermain alat musik dan gerak lagu menanam jagung, mereka memanfaatkan media main yang telah diseting bu guru. Sedangkan kegiatan main di hari keempat, anak-anak bekerjasama membuat roket.

bu husnul

KB 2 (Sentra Peran)

Pada Minggu ke 4 tema semesta alam, KB 2 bermain di sentra alam selama 4 hari dan mengenal lebih jauh tentang awan.
Pada hari pertama siswa diajak untuk mendengarkan cerita tentang Awan Putih Kecil, ceritanya mengenai Awan Putih Kecil bersedih karena ukuran tubuhnya yang kecil. Ia selalu digoda oleh awan-awan lain yang bertubuh lebih besar. Suatu hari, Awan Putih Kecil berjalan-jalan sendiri. Kemudian, ia bertemu dengan sekuntum bunga kecil yang cantik. Sekuntum bunga itu tersenyum dan memujinya.
Pada hari kedua, siswa berkreasi membuat awan, mereka disediakan beberapa bahan kreasi seperti kertas yang sudah terpola awan, bahan loosepart seperti sedotan, kawat berbulu, kapas, tali, dan juga crayon. Ada siswa yang memilih awan berukuran besar ada juga yang memilih kecil. Mereka sangat senang ketika kreasi awan yang dibuatnya sudah jadi, ia menceritakan hasil karyanya.
Pada hari ketiga siswa berkerja sama membuat bangunan sesuai kesepakatan kelompok, ada yang membuat jembatan, hutan, kebun binatang, dan jalan kota. Mereka disediakan berbagai jenis bahan loosepart, ada balok, kayu, ranting, daun, plastisin, batu, daun sintesis, aksesoris (orang, binatang, mobil).
Saat membangun mereka bisa berbagi mainan dan tempat, ada siswa yang fokus membuat pohon dari plastisin dan daun, adapula yang berusaha pantang menyerah supaya bangunannya tidak roboh.

Pada hari keempat siswa membuat simulasi hujan. Bangunan yang telah dibangun dihari sebelumnya, menjadi basah karena kena air dari bermain simulasi hujan. Mereka terlihat menikmati kegiatan simulasi hujan.

bu silvi

KB 3 (Sentra Peran)

Hari pertama dimulai dengan mendengarkan cerita tentang “Bumi Tempat Tinggal Kita”. Anak-anak duduk melingkar dan dengan seksama mendengarkan cerita bu guru. Hari kedua anak-anak KB 3 membuat sungai dan jembatan yang dihiasi dengan bunga dan daun-daun. Selain itu juga ada ikan di sungai. dengan seting main ini, anak-anak bisa bermain dan memancing ikan.

Kegiatan bermain di hari ketiga, anak-anak KB 3 membuat daerah pedesaan dan perkotaan. Di daerah perkotaan ada yang membuat gedung dari kardus bekas, jalanan dari balok-balok. Di daerah pedesaan, mereka yang membuat padi dari tusuk sate yang ditempel ke kertas hijau kemudian ditusuh di sterofoam dan disusun seperti di sawah. Mereka kreatif sekali bisa memanfaatkan media yang telah disiapkan dan bermain sesuai imajinasinya.

Hari terakhir anak-anak memainkan peran sesuai daerah yang dibuat di hari sebelumnya. Ada yang menjadi pak tani dan bu tani di pedesaan, ada yang menerbangkan pesawat dan mobil di perkotaan, dan ada yang memancing ikan di sungai.

BU UMAI

KB 4 (Sentra Balok)

Hari Senin KB 4 mendengarkan cerita tentang “Bintang Emas” di sentra balok dan mengikuti kegiatan mengaji. Mereka antusias mendengarkan bu guru dengan duduk melingkar. Kegiatan Hari Selasa KB 4 mengikuti fisik motorik dan membangun gedung planetarium di sentra balok. Mereka main secara berkelompok, menyusun berbagai bentuk menggunakan balok. Hari Rabu KB 4 meneruskan membuat bangunan planetarium. Setelah itu kegiatan dilanjutkan menggambar bangunan yang sudah dibuatnya balok. Subhanallah, bagus sekali hasil karya mereka.

bu samsi

Taman Pengasuhan Anak [TPA] / Qur’anic baby school [QBS]

Baca juga:  PAUD Islam salurkan donasi untuk solidaritas Palestina
Kegiatan puncak tema anak-anak TPA Islam Hidayatullah

PPDB 2023/2024

Spesial bulan ini mendapat diskon 10%

Yuk daftarkan putra-putri ayah bunda segera

Makan

Siswa setiap hari selama bersekolah mendapat makan. Makan ini menjadi asupan penting menunjang kebutuhan gizi siswa. Menu makan setiap hari berganti disesuaikan dengan selera anak-anak. Saat proses makan, siswa dibiasakan adab makan dan mandiri dalam menyiapkan kebutuhan penyajian makannya. Selain itu siswa juga senantiasa didorong serta dimotivasi untuk bisa menyenangi buah dan sayuran.

BU IIN {KEPALA SEKOLAH}

Program Mengaji Kelompok Bermain

Program mengaji TK

Pengajaran mengaji untuk TK, selain membaca buku jilid, siswa juga juga dikenalkan dengan hafalan doa harian, hadits, dan surat pendek. Program hafalan minggu ini untuk TK A: Menghafalkan doa sebelum tidur dan surat An Nashr, TK B : Menghafal senandung Al-Qur’an dan melanjutkan menghafal surat At Takatsur

Khusus TK B ada tambahan materi salat dan murojaah bersama hafalan surat pendek.

BU DIYAN [KOORDIANTOR BAQ]
Kegiatan murojaah hafalan surat pendek

Prestasi Mengaji Pekan Ini

Ekstrakurikuler

 Ekstakurikuler KB

 Renang

PAUD Islam Hidayatullah memiliki kolam renang sendiri. Program renang kelompok bermain, TK A, dan TK B bergiliran waktuya sesuai jadwal yang telah disusun. Renangnya antara muslimin dan muslimah dibedakan waktunya. serunya lagi, berenangnya didampingi ibu guru dan instruktur renang profesional loh.

 Peristiwa

MAHASISWA UPGRIS PRAKTEK LAPANGAN (PPL)DI PAUDIH

Pekan ini PAUD Islam Hidayatullah (PAUDIH) menerima sejumlah mahasiswa PG PAUD UPGRIS untuk melakukan program praktik pengalaman lapangan (PPL) dari kampusnya. Para mahasiswa ini diagendakan selama beberapa pekan berada di PAUDIH untuk melakukan berbagai kegiatan sesuai arahan dari lembaganya. Selama PPL di PAUDIH, para mahasiswa mendapat bimbingan dari guru pamong yang telah ditunjuk oleh PAUDIH. Guru-guru pamong ini akan memberikan arahan kepada mahasiswa dalam melaksanakan PPL di PAUDIH, baik yang berhubungan dengan persoalan mengajar maupun masalah pengelolaan sekolah dan juga akan memberi penilaian kepadanya dalam melaksanakan PPL.

Latihan pentas TK B dan persiapan kegiatan out bound

Kelompok B berlatih untuk kegiatan pentas di acara aouting class dan menginap pada tanggal 7-8 Februari 2023

Ya, Saya mau dapat diskonnya…

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah tanda-panah-ke-bawah-1.gif
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 4a8461_1c6ebd5cf3c44576b07fcf5964f1891d_mv2.gif

Disusun oleh tim humas PAUDIH

Baca juga:  Jurnal Pembelajaran Tema Binatang #Pekan 2

#Paud Islam Hidayatullah #Paud Terbaik Semarang # Paud Islam Terbaik # TK Islam Hidayatullah # TK Terbaik Semarang # TK Islam Terbaik Semarang #TK Islam terdekat # rekomendasi TK Terbaik Semarang # TK Islam terbaik di Semarang Timur # TK terdekat dari lokasi saya # SD Islam Hidayatullah # SMP Islam Hidayatullah # SMA Islam Hidayatullah

Jurnal Pembelajaran Topik Lingkungan #3

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *