Jurnal Pembelajaran Topik Alam Semesta #2

Dibuka PPDB Tahun Ajaran 2023/2024_Spesial Maret diskon 10%_ Manfaatkan segera

Topik: Alam Semesta

Pembelajaran dengan topik alam semesta mempunyai tujuan di antaranya agar siswa bisa mengetahui keagungan kuasa Allah melalui berbagai benda langit, dan juga benda di alam sekitar hasil ciptaanNya. Siswa bisa tumbuh kesadaran untuk menjaga kelestarian alam, beradaptasi dengan lingkungan sekitar serta termotivasi untuk mengembangkan hasil karya, dan menceritakan pengalaman sederhana.

Pembelajaran menggunakan model sentra dan dikemas dengan bermain. Model belajar ini sangat mengasyikkan, sehingga siswa merasa senang di sekolah. Terdapat beberapa sentra yang digunakan secara bergilir. Setiap kelompok akan berkesempatan menggunakan sentra yang ada sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Yuk! Lihat keseruan belajar mereka

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok B

B1 [Sentra Alam]

Pekan ini anak-anak melakukan berbagai kegiatan menarik di kelas. Salah satu kegiatan yang paling menarik adalah membuat teleskop atau teropong bintang. Selain belajar tentang bagaimana cara membuat teleskop, mereka juga belajar tentang berbagai benda angkasa seperti planet, bintang, dan galaksi. Salah satu fungsi teropong adalah untuk melihat benda-benda angkasa tersebut dengan lebih jelas dan detail.

Selain membuat teleskop, anak-anak juga melakukan percobaan roket. Merekai belajar tentang bagaimana roket bekerja, apa saja bagian-bagian roket, dan bagaimana cara membuat roket sederhana. Mereka sangat antusias ketika roket yang mereka buat telah selesai dengan baik. Setelah itu, mereka melanjutkan projek roketnya dengan membuat roket yang lebih besar dan kompleks.

Setelah sepekan penuh dengan kegiatan yang menyenangkan, mereka mereview semua kegiatan yang telah dilakukan. Selanjutnya rapi-rapi kelas dan membuat gambaran tentang semua kegiatan yang telah dilakukan selama sepekan. Semoga seuruh kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi mereka dalam meningkatkan keterampilan akademik, kreativitas, dan keterampilan sosial.

bu difa

B2 [Sentra Ibadah]

Anak-anak salih-salihah memulai kegiatan dengan berbagai proyek yang berbeda. Beberapa anak melanjutkan proyek yang telah dimulai sebelumnya, sementara yang lain memulai proyek baru. Mereka juga belajar mengenai binatang ternak halal dan haram, seperti domba yang merupakan binatang ternak halal. Beberapa siswa memilih untuk membuat binatang ternak kelinci, sementara ada juga yang membuat binatang haram seperti harimau. Mereka saling berbagi informasi dan ide untuk memperkaya proyek mereka.

Selain belajar tentang binatang ternak, anak-anak sholih sholikhah juga mempelajari benda langit ciptaan Allah. Mereka belajar mengenai benda langit seperti bintang dan planet yang terdapat di alam semesta. Melalui kegiatan ini, siswa belajar tentang penciptaan alam semesta oleh Allah dan merasakan keajaiban alam yang indah.

Hari terakhir kegiatan, anak-anak salih-salihah bekerja sama dan saling membantu untuk merapikan mainan mereka dan merapikan sentra seperti pada awal kegiatan. Setelah selesai, mereka merasa senang dan bersyukur atas kegiatan yang telah mereka lakukan. Mereka berharap dapat bertemu kembali besok untuk bermain di sentra balok. Melalui kegiatan ini, anak-anak sholih sholikhah belajar tentang kerja sama, kebersihan, dan menghargai lingkungan sekitar.

Bu fat

B3 [Sentra Balok]

Selama dua pekan, B3 bermain di sentra Balok dengan topik Alam semesta. Pada awal kegiatan, siswa diajak untuk mengamati video tentang perjalanan ke bulan. Setelah itu, siswa diminta untuk menentukan proyek yang akan dibuat, yaitu gedung NASA yang dilengkapi dengan roket. Proyek ini bertujuan untuk mengajak siswa berpikir kreatif dan mengembangkan imajinasi tentang kehidupan di luar angkasa.

Pada hari ketiga kegiatan, siswa mulai membuat roket sesuai dengan ide gagasan mereka. Mereka menggunakan berbagai macam media loose parts untuk membuat roket, seperti botol, kaleng, dan balok. Selama beberapa hari ke depan, siswa terus melanjutkan kegiatan proyek mereka untuk menyelesaikan pembuatan roket. Pada hari keenam, siswa berhasil melengkapi roketnya sehingga kompleks bagian-bagiannya.

Setelah proyek selesai, siswa melakukan aktivitas lainnya seperti memainkan roket yang telah mereka buat dan membuat dokumen kegiatan. Selain itu, siswa juga melengkapi perabot yang dibutuhkan di ruang restorasi untuk pegawai dan mobil-mobil pegawai yang ada di parkir. Melalui kegiatan ini, siswa belajar untuk bekerja sama dalam kelompok, mengembangkan keterampilan teknologi, serta menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap hasil karya yang telah mereka buat.

bu ima

B4 [Sentra Seni]

Kelompok B4 masih melanjutkan kegiatan membuat proyek siklus air. Pada hari Senin, mereka berkolaborasi untuk membuat gunung. Dalam kegiatan ini, siswa belajar tentang siklus air secara visual melalui pembuatan miniatur gunung yang diikuti dengan simulasi siklus air.

Meskipun kegiatan utama kelompok B4 adalah membuat siklus air, pada hari berikutnya beberapa siswa ingin mengeksplorasi kegiatan lain seperti membuat boneka MiXue dari plastisin, menggambar, dan membuat minuman MiXue. Selain itu, siswa juga membuat pancingan dan ikan untuk berperan sebagai pemancing ikan. Ada juga yang membuat menara menggunakan gelas plastik sebagai alternatif kegiatan kreatif.

Kegiatan kelompok B4 tidak hanya berfokus pada kegiatan kreatif dan bermain. Hari selanjutnya, mereka juga melakukan pemeriksaan kesehatan oleh puskesmas setempat sebagai bagian dari program kesehatan di sekolah. Selain itu, siswa juga melakukan kegiatan rapi-rapi di kelas untuk menyiapkan sentra peran selanjutnya setelah sentra Senin berakhir. Melalui kegiatan ini, siswa belajar tentang kesehatan, kerja sama, dan tanggung jawab atas lingkungan di sekitar mereka.

bu dijah

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok A

DISKON 10% BULAN MARET. MANFAATKAN SEGERA

Baca juga:  Jurnal Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

A1 [Sentra Seni]

Hari senin yang indah pekanm ini, teman-teman A1 belajar mengenai perbedaan antara siang dan malam. Mereka belajar tentang aktivitas yang terjadi di siang hari seperti bermain di luar rumah, bekerja dan belajar, sementara di malam hari kita lebih banyak beristirahat dan tidur. Kita merasa bersyukur atas penciptaan Allah yang telah memberikan kita siang dan malam untuk menjalani kehidupan.

Selain itu, teman-teman juga mengikuti ekstrakurikuler cooking class. Mereka belajar cara memasak berbagai hidangan dan menikmati hasil masakannya sendiri. Belajar tentang bahan-bahan makanan dan bagaimana mengolahnya dengan benar. Teman-teman merasa senang bisa belajar memasak dan menambah pengetahuan tentang makanan.

Alhamdulillah, bermain di sekolah sangat bermanfaat. Teman-teman belajar tentang perbedaan siang dan malam serta mengikuti ekstrakurikuler cooking class. Bersyukur atas karunia Allah untuk kesempatan belajar dan meningkatkan keterampilan. Semoga teman-teman dapat terus belajar dan berkembang di hari-hari mendatang.

bu ainun

A2 [Sentra Peran]

Kelompok A2 memulai hari Senin dengan bercerita tentang liburan mereka di depan kelas. Setelah itu, mereka menonton video berjudul “Petualangan Balon Udara” untuk memperluas pengetahuan mereka tentang Topik Alam Semesta: Angin/Udara. Setelah menonton video, kelompok A2 melanjutkan dengan makan bersama. Pada hari berikutnya, kelompok A2 mulai membuat projek Balon Udara dengan ide kreatif mereka masing-masing, seperti membuat balon udara, taman bermain untuk membuat istana pasir, dan menara jam.

Di hari ketiga di sentra peran, kelompok A2 bermain peran petualangan balon udara. Mereka berperan sebagai penjual tiket untuk naik balon udara, pedagang makanan, dan pengunjung yang akan menaiki balon udara. Hari terakhir di sentra peran, kelompok A2 melanjutkan bermain dan merapikan mainan bersama setelah selesai bermain.

Pada hari Kamis, kelompok A2 mengikuti jadwal berenang dan melakukan pemeriksaan kesehatan oleh puskesmas Srondol Wetan. Setelah itu, mereka mengunjungi perpustakaan untuk meminjam buku. Pada hari Jumat, kelompok A2 mengikuti ekstra angklung.

bu haning

A3 [Sentra Ibadah]

Kelompok A3 pekan ini mengadakan beberapa kegiatan pada. Mereka memulai dengan bermain simpai untuk melatih fisik motorik. Selanjutnya, mereka mendengarkan cerita tentang nabi Ibrahim as dan membuat peta konsep serta mencetuskan ide dan gagasan yang terkait dengan cerita tersebut. Selain itu, mereka juga menggunakan media bermain untuk membantu pemahaman cerita. Salah satu kegiatan lain yang dilakukan adalah membuat alat petunjuk ngaji yang menjadi kreativitas mereka.

Kegiatan kelompok berlanjut pada hari berikutnya, dimana mereka mengerjakan proyek pembuatan kerajaan dan gua yang merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yang terkait dengan cerita nabi Ibrahim as. Setelah itu, mereka kembali membuat kreasi mereka sendiri dengan membuat alat petunjuk ngaji.

Kemudian, kelompok ini melakukan kegiatan beres-beres bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Selain itu, mereka juga mengunjungi perpustakaan untuk meminjam buku-buku yang relevan dengan kegiatan mereka. Kegiatan berakhir setelah kunjungan ke perpustakaan dan kelompok ini berharap dapat mengadakan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan di hari-hari berikutnya.

bu ria

A4 [ Sentra Balok ]

Kelompok A4 memulai kegiatan dengan bedah buku berjudul “Bintang Emas”. Setelah itu, mereka membuat peta konsep dan mencari ide gagasan tentang kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya. Kegiatan bermain di sentra balok juga dilanjutkan dengan membuat bangunan. Anak-anak sangat antusias dan kreatif dalam membuat bangunan tersebut.

Kegiatan eksplorasi bermain berlanjut pada kegiatan menggambar bangunan yang telah mereka buat. Setelah itu, mereka mengembalikan balok dan aksesoris ke tempatnya. Pada hari yang sama mereka juga ada kegiatan pemeriksaan kesehatan DDTK rutin dari Puskesmas. Selain itu, kelompok A4 juga mengikuti jadwal berenang untuk muslimah dan ekstrakurikuler menari.

Hari-hari di sekolah penuh dengan kegiatan yang beragam dan seru bagi kelompok A4. Mereka belajar tentang kegiatan bermain yang kreatif, membaca buku, serta mengembangkan ide dan gagasan. Selain itu, mereka juga menjalankan kegiatan rutin seperti pemeriksaan kesehatan dan berenang. Semua kegiatan tersebut dilakukan dengan semangat dan keceriaan anak-anak.

bu yani

A5 [Sentra Alam]

Pada hari pertama di Sentra Alam, anak-anak mengawali dengan kegiatan bedah buku bersama dan membuat peta konsep sebagai pijakan pengetahuan sebelum memulai eksplorasi di sentra tersebut. Setelah itu, anak-anak mulai berkegiatan dengan berbagai aktivitas.

Hari kedua, anak-anak melakukan percobaan hujan dengan menggunakan botol dan air untuk mengamati bagaimana hujan terjadi. Setelah itu, mereka juga berkunjung ke perpustakaan untuk memperkaya pengetahuan mereka seputar alam dan lingkungan.

Pada hari ketiga, anak-anak bereksperimen dengan melihat pelangi dan mencuci baju untuk mengenal lebih jauh tentang alam dan cara merawat lingkungan sekitar. Selain itu, mereka juga melukis menggunakan jari tangan untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Setelah kegiatan selesai, anak-anak bersama-sama membersihkan sentra sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan rutin oleh Puskesmas.

Pada pekan ini, anak-anak juga mengikuti ekstrakurikuler clay untuk melatih kreativitas mereka dalam membuat berbagai bentuk dan karya seni menggunakan bahan liat. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan motorik halus dan daya imajinasi anak-anak.

bu iva

Pembelajaran Kelompok Bermain Islam Hidayatullah

SPESIAL JANUARI-MARET DISKON 10%. MANFAATKAN SEGERA

Baca juga:  Pekan Pengenalan Haji: Anak-anak TK Islam Hidayatullah Belajar Rukun Islam ke-5

KB1 [Sentra Peran]

Hari pertama diawali dengan anak-anak mendengarkan cerita dari buku “Terminal” dan berdiskusi tentang kegiatan yang akan dilakukan pada hari berikutnya. Pada hari kedua, mereka melakukan kegiatan outing class yang merupakan puncak dari tema “Alat Transportasi Kemudahan Dari Allah”. Anak-anak berkeliling kota Semarang dengan naik bus tingkat kenang, dan melihat berbagai alat transportasi seperti mobil, motor, sepeda, bus, dan pesawat yang sedang terbang melintas.

Hari ketiga, anak-anak melanjutkan kegiatan bermain dengan membuat jalan dan bus. Mereka bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugasnya. Pada hari terakhir, anak-anak memerankan peran sesuai dengan yang dipilih, seperti menjadi petugas loket, pedagang asongan, atau penumpang yang sedang naik bus keliling kota. Setelah selesai bermain, mereka bekerja sama untuk merapikan kembali mainan ke tempat semula.

Selain itu, dalam minggu ini, anak-anak juga dilakukan pemeriksaan kesehatan rutin oleh puskesmas dan mengikuti ekstrakurikuler yang berisi kegiatan clay. Kegiatan-kegiatan ini dapat membantu anak-anak dalam mengembangkan kreativitas dan sosialisasi mereka, serta meningkatkan kesehatan fisik dan mental mereka.

bu husnul

KB 2 (Sentra Balok)

KB 2 melakukan kegiatan belajar dan bermain di sentra Balok seminggu ini. Selama kegiatan tersebut, siswa dikenalkan dengan transportasi kereta api dan stasiun. Pada hari pertama, guru membacakan cerita tentang stasiun dan siswa sangat antusias mendengarkan cerita tersebut. Selain itu, siswa juga belajar tentang bangunan stasiun, rel kereta api, dan hal-hal yang ada di sekitar stasiun melalui sebuah buku.

Pada hari Selasa, KB 2 melanjutkan pengetahuan mereka tentang transportasi dengan berkeliling kota Semarang menggunakan Bus Denok Kenang. Kegiatan ini memungkinkan siswa untuk melihat berbagai jenis transportasi di sekitar kota dan memperluas pengetahuan umum mereka.

Pada hari Rabu, siswa KB 2 kembali bermain di sentra Balok dan membangun bangunan stasiun, parkir mobil, rel kereta api, dan pemandangan alam yang dilalui kereta. Kegiatan ini membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan motorik halus dan kreativitas mereka dalam merancang dan membangun model bangunan.

Hari Kamis adalah saatnya siswa KB 2 mengekspresikan kreativitas mereka dengan menggambar bangunan balok yang telah mereka buat pada hari sebelumnya dan menceritakan gambar tersebut. Ini adalah kesempatan bagi siswa untuk berbicara tentang karya mereka dan berbagi ide dengan teman sekelas.

bu silvi

KB 3 (Sentra Olah Tubuh dan Musik)

Hari pertama, anak-anak KB 3 diawali dengan mendengarkan buku berjudul “Hati-hati jadi penumpang” dan kemudian membuat kegiatan menghias mobil bersama. Pada hari kedua, anak-anak memainkan mobil yang sudah dibuat sebelumnya dan dilanjutkan dengan kegiatan mendengarkan musik dan bernyanyi bersama. Puncak dari tema Alat Transportasi, KB Islam Hidayahtullah mengadakan City Tour keliling Kota Semarang bersama menggunakan Si Kenang (Bus Wisata Kota Semarang).

Hari berikutnya, KB 3 melakukan kegiatan fisik motorik yang beragam, seperti berjalan di atas papan titian, berlari sambil memindahkan bola, dan berjalan menggunakan bakiak. Dalam kegiatan ini, anak-anak dapat mengembangkan koordinasi gerak motorik dan keseimbangan tubuh mereka. Kegiatan fisik motorik juga sangat penting untuk membantu perkembangan otot dan kesehatan tubuh anak-anak. Dengan kegiatan yang beragam, anak-anak dapat merasakan pengalaman yang menyenangkan dan mendapatkan pembelajaran yang bermanfaat.

BU UMAI

KB 4 (Sentra Alam)

Pekan ini KB 4 jadwalnya bermain di sentra alam. Mereka melakukan banyak aktivitas menarik dalam seminggu mereka. Pada hari Senin, mereka menghabiskan waktu dengan bermain Lego dan membuat kreasi. Kegiatan ini membantu anak-anak untuk mengembangkan keterampilan motorik halus dan kreativitas mereka.

Pada hari Selasa, KB 4 mengambil tur keliling kota Semarang menggunakan bus kenang. Anak-anak sangat antusias dengan kegiatan ini, karena mereka dapat melihat banyak tempat menarik di kota dan belajar tentang sejarah dan budaya setempat.

Hari Rabu adalah saatnya untuk membuat pesawat dan melukis di sentra alam. KB 4 mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dalam merancang pesawat mereka dan belajar tentang berbagai jenis cat dan teknik melukis. Mereka juga menikmati waktu di alam terbuka, belajar tentang flora dan fauna di sekitar mereka.

Pada hari Kamis, KB 4 bekerja sama dengan teman-teman mereka untuk membuat bandara kecil. Kegiatan ini membantu anak-anak mempelajari tentang koordinasi dan kerja sama dalam kelompok. Selain itu, mereka juga dapat belajar tentang berbagai jenis kendaraan udara dan bagaimana mereka bekerja.

bu samsi

Taman Pengasuhan Anak [TPA] / Qur’anic baby school [QBS]

Baca juga:  Metode Pembalajaran PAUDIH Jadi Contoh Guru Dari Batang

PPDB 2023/2024

Spesial bulan ini mendapat diskon 10%

Yuk daftarkan putra-putri ayah bunda segera

Makan

Setiap hari, siswa di sekolah menerima makanan sebagai asupan penting untuk menunjang kebutuhan gizi mereka. Menu makanan di sekolah berubah setiap hari untuk memenuhi selera anak-anak. Selama makan, siswa diajarkan etika makan dan diberi kesempatan untuk mandiri dalam menyiapkan makanan mereka sendiri. Selain itu, siswa juga didorong dan dimotivasi untuk menyukai buah dan sayuran sehingga mereka bisa memperoleh nutrisi yang lebih seimbang dan sehat.

Dengan memberikan asupan makanan yang sehat, sekolah memastikan bahwa siswa mendapatkan energi dan nutrisi yang cukup untuk belajar dengan baik dan berkembang secara fisik dan mental. Selain itu, melalui pembiasaan etika makan yang benar dan kebiasaan makan buah dan sayuran, siswa diharapkan dapat mengembangkan pola makan sehat dan gaya hidup yang seimbang sepanjang hidup mereka.

BU IIN {KEPALA SEKOLAH}

Program Mengaji Kelompok Bermain

Program mengaji TK

Pengajaran mengaji untuk TK, selain membaca buku jilid, siswa juga juga dikenalkan dengan hafalan doa harian, hadits, dan surat pendek. Program hafalan minggu ini untuk TK A: Menghafal surat Al Kafirun, melancarkan hadits keindahan dan doa bangun tidur, TK B : Evaluasi hafalan hadits, doa dan beberapa surat pendek yang telah diajarkan sebelumnya.

Khusus TK B ada tambahan materi salat dan murojaah bersama hafalan surat pendek.

BU DIYAN [KOORDIANTOR BAQ]

Prestasi Mengaji Pekan Ini

Ekstrakurikuler

 Ekstakurikuler KB

 Renang

PAUD Islam Hidayatullah memiliki kolam renang sendiri. Program renang kelompok bermain, TK A, dan TK B bergiliran waktuya sesuai jadwal yang telah disusun. Renangnya antara muslimin dan muslimah dibedakan waktunya. serunya lagi, berenangnya didampingi ibu guru dan instruktur renang profesional loh.

tk-islam-hidayatullah-semarang

Ya, Saya mau dapat diskonnya…

tk-islam-hidayatullah-semarang

Disusun oleh tim humas PAUDIH

#Paud Islam Hidayatullah #Paud Terbaik Semarang # Paud Islam Terbaik # TK Islam Hidayatullah # TK Terbaik Semarang # TK Islam Terbaik Semarang #TK Islam terdekat # rekomendasi TK Terbaik Semarang # TK Islam terbaik di Semarang Timur # TK terdekat dari lokasi saya # SD Islam Hidayatullah # SMP Islam Hidayatullah # SMA Islam Hidayatullah

Jurnal Pembelajaran Topik Alam Semesta #2

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *