Jurnal Tema Binatang #Pekan 4

DIBUKA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU 2023/2024

Tema: Binatang / sub tema: binatang air

Alhamdulillah, pembelajaran tema binatang sudah dimulai. Tujuan pembelajaran tema binatang dengan sub tema binatang air di antaranya agar siswa mampu menghargai dan menyayangi binatang air sebagai makluk ciptaan Allah, memiliki pengetahuan berbagai macam binatang yang hidup di air.

Pembelajaran menggunakan model sentra dan dikemas dengan bermain. Model belajar ini sangat mengasyikkan, sehingga siswa merasa senang di sekolah. Terdapat beberapa sentra yang digunakan secara bergilir. Setiap kelompok akan berkesempatan menggunakan sentra yang ada sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Yuk! Lihat keseruan belajar mereka

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok B

DAFTAR SEKARANG, ADA PENAWARAN ISTIMEWA MENANTI

B1 [Sentra Ibadah]

Kelompok B1 melakukan berbagai permainan seru di sentra ibadah. Mereka tampak antusias berkegiatan bermain bersama membuat kapal yang dinaiki nabi Yunus. Bahan-bahan yang ada disusun sedemikian rupa sehingga menyerupai kapal. Selain itu mereka juga berkreasi membuat tasbih. Tidak lupa setelah bermain mereka merapikan kelasnya kembali .

bu difa

B2 [Sentra Balok]

Pekan ini kelompok B2 membicarakan kerang binatang laut, kegiatan diawali aktifitas pagi bermain simpai. Di sentra balok mereka mulai bereksplorasi.

“Yuk kita mulai membangun, kita bangun kapal, dermaga, pantai, si Kerang suka hidup menempel di badan kapal ataupun dermaga”.

Bermain balok memang menyenangkan. Kegiatan hari berikutnya melanjutkan melengkapi bangunannya, “asyiknya”.

bu fat

B3 [Sentra Seni]

Kegiatan hari pertama kelompok B3 yaitu mengamati kura-kura. Lucunya mereka, awalnya mereka sedikit takut, namun setelah tahu kura-kura aman akhirnya berani memegangnya. Kegiatan selanjutnya adaklah bermain bersama di sentra. Mereka bekerjasama, bergotong royong membuat kreasi kolam dan sungai 3 dimensi dengan bahan bekas. Kreatif sekali mereka. Hari berikutnya bermain melanjutkan project tempat hidup binatang kura-kura. Mereka tampak antusias bermain. “Aku mau membuat kura-kura, juga ikan untuk kolamku.” Kata salah satu di antara mereka.

“Alhamdulillaah… Projek terselesaikan, Ini sungai kreativitas kita. Kreasi kolam ada air yg mengalir, ada kura-kura juga ada ikannya lho ..”

bu ima

B4 [Sentra Peran]

Kegiatan bermain B4 di sentra peran diawali dengan mendengarkan cerita tentang Ikan dan mengobservasi bentuk serta habitatnya. Selanjutnya mereka bekerjasama membuat kolam ikan untuk budidaya ikan. Kegiatan bermain semakin seru dan menantang, yaitu membuat sungai untuk sumber air kolam ikan dan membuat jembatan untuk melewati sungai.

Hari berikutnya bermain peran sebagai penjual, ada pula sebagai pembeli ikan, petugas merawat ikan, petugas penjaga kolam, dan warga. senangnya.

bu dijah

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok A

ADA SPESIAL DISKON BAGI PENDAFTAR AWAL. MANFAATKAN SEGERA

A1 [Sentra Ibadah]

Sentra peran menjadi tempat bermain A1 pekan ini. Kegiatannya diawali dengan mendengarkan cerita pagi “Kisah paus yang menelan nabi Nuh”. Kemudian mereka bermain membuat sebuah proyek kapal dan ikan paus. Mereka bekerjasama memanfaatkan bahan-bahan yang ada…kreatifnya. Kegiatan bermain hari berikutnya mereka bermain peran berbagai tokoh seperti yang ada di kisah nabi Nuh.

bu aINUN

A2 [Sentra Balok]

Hari pertama di Sentra Balok kelompok TK A2 menyimak buku cerita yang berjudul “Kuda Laut Jantan yang Melahirkan”. Setelah itu anak-anak berdiskusi tentang buku cerita yang dibacakan. Kemudian mereka memilih tempat masing-masing untuk membuat bangunan yang ada dipermukaan laut. Hari berikutnya mereka melanjutkan membuat bangunan di atas laut yang belum selesai. Kegiatan bermain semakin menantang, hari terakhir di sentra balok mereka menggambar bangunan balok yang sudah dibuatnya. Anak-anak juga dibiasakan bertanggungjawab, mereka merapikan kembali balok-balok yang sudah dimainkan sesuai dengan klasifikasi bentuk baloknya.

bu haning

A3 [Sentra Alam]

Kelompok A3 mengawali kegiatannya dengan menonton video cerita tentang katak yang usil, setelah itu membuat peta konsep dan ide gagasan bermainnya. Hari berikutnya mereka berkegiatan fisik motorik, melompat seperti katak. Setelah fisik motorik, mereka menikmati Snack time . Saatnya bereksplorasi di sentra alam. Mereka tampak semangat dan antusias bermain, membuat sebuah proyek “sungai tempat katak yang usil ke ikan”. Kegiatan bermain yang menyenangkan itu dilanjutkan di hari berikutnya. Hari terakhir bermain di sentra alam, mereka beres-beres secara bergotong royong mengembalikan dan merapikan ketempat semula. “Inilah Karyaku” .

bu ria

A4 [Sentra Seni]

Kegiatan kelompok A4 pekan ini di antaranya berenang. Berenang menjadi salah satu kegiatan yang banyak ditunggu anak-anak. Mereka berenang bergantian sesuai jadwalnya. Yang mendapat jadwal renang pekan ini adalah kelompok muslim, hari berikutnya baru yang muslimah. Mereka tampak antusias dengan membawa pakaian renang dan berangkat lebih pagi.

Sementara di sentra seni, kegiatan bermainnya diawali dengan kegiatan fisik motorik melempar bola ke dalam keranjang . Kemudian mereka berkreasi bekerjasama membuat lautan. Di kesempatan berbeda, permainan menyenangkan di sentra seni berlanjut, yaitu melengkapi lautan dengan membuat binatang laut. Tidak lupa anak salih-salihah A4 merapikan kembali mainannya ke tempat semula setelah selesai bermain. Subhanallah pintarnya.

BU YANI

A5 [Sentra Peran]

Kelompok A5 pekan ini gilirannya bermain di sentra peran. Kegiatan hari pertama anak-anak bergotong royong membuat salju di kutub. Di hari kedua mereka berkreasi membuat pinguin dan alat pancing dari berbagai media…asyiknya. Kegiatan bermain hari ketiga semakin seru, pesta ikan bakar. Mereka membakar ikan yang sudah dipancingnya. Wah…anak-anak makan ikan bakar bersama.

Pekan ini,kelompok A5 juga mendapat jadwal berenang. Berenangnya antara muslim dan muslimah berbeda waktunya. Diawali anak muslim, kemudian untuk anak muslimah di hari berikutnya.

bu iva

Pembelajaran Kelompok Bermain (KB) Islam Hidayatullah

ADA SPESIAL DISKON BAGI PENDAFTAR AWAL. MANFAATKAN SEGERA

Baca juga:  Saatnya Refreshing!

KB1 [Sentra Alam]

Kegiatan hari pertama anak-anak mendengarkan buku cerita yang berjudul “Ayam Si Pabrik Telur yang Cerewet. Setelah mendengarkan cerita mereka berdiskusi untuk membuat kandang ayam dengan menggunakan bahan-bahan yang ada.

Kegiatan bermain hari berikutnya adalah melanjutkan membuat kandang ayam yang sudah terpasang tiang dan tali. Ada yang mengambil kardus untuk tempat tidur ayam, ada yang mengambil kain dan menutupkannya di kandang agar ayamnya tidak kedinginan, ada pula yang membuat pintu dari tali. Mereka saling bekerjasama.

Kegiatan bermain yang menyenangkan itu diteruskan di hari berikutnya, kali ini membuat Kreasi bentuk ayam. Ada yang membuatnya dari jiplakan telapak tangan, dari bentuk lingkaran, dan ada yang membuat bentuk ayam 2/3 dimensi. Setelah jadi ayamnya, mereka menaruhnya di dalam kandang. Kegiatan semakin seru, di waktu yang berbeda, mereka berkreasi membuat telur dari robekan kertas dan menghitungnya. Setelah waktu bermain berakhir, mereka kemudian merapikan kembali mainan yang telah digunakan ketempat semula. Mereka bekerjasama membersihkan kembali tempat main.

bu husnul

KB 2 [Sentra Peran]

Kegiatan bermain KB2 diawali dengan mendengarkan cerita tentang sapi hewan ternak ciptaan Allah. Setelah itu Bu guru menyampaikan informasi pijakan sebelum bermain, yaitu berkreasi membuat proyek membuat Miniatur sapi secara berkelompok. Anak dikuatkan kembali tentang isi buku bacaan yang telah dibaca di hari sebelumnya dan mereka diminta menyebutkan anatomi sapi seperti kepala, badan, kaki, ekor.

Kegiatan dilanjutkan berkreasi sapi perah dari bahan-bahan loose parts seperti kardus, kertas, plastik, sedotan, stik es krim, pita, benang, tali rafia, bekas gulungan karpet berbentuk tabung dan lainnya. Wah..mereka kreatif sekali, ini hasil kreasi proyek yang dikerjakan secara berkelompok. Tujuannya melatih anak dapat bekerja sama, tolong menolong, dan meningkatkan kemampuan anak untuk berinteraksi sosial.

Anak-anak terlihat sangat senang saat sapi yang mereka buat telah jadi, mereka bersorak bergembira dan saling tos antar teman”Hore, sapi kita sudah jadi” “Hore… Hore”. Dihari ketiga, anak-anak memandikan sapi, memberi makan, memerah susu, dan memasak susu serta olahan daging sapi. Di waktu yang berbeda mereka bermain peran menjadi sapi, peternak sapi, dan koboy.

bu silvi

KB 3 [Sentra Balok]

Setelah bermain di playgrond anak-anak KB3 masuk ke sentra balok dan mendengarkan ceritatentang “Domba si Pabrik Wol”. Kegiatan hari berikutnya, mereka mulai bermain balok dengan berbagai bentuk bangunan. Ada yang membangun kandang domba, ada yang membuat masjid dilengkapi padang rumput sebagai tempat penggembalaan domba. Kegiatan bermain yang menyenangkan di sentra balok dilanjutkan di ketiga. Bentuk bangunan semakin bagus karena ditambah berbagai aneka aksesoris, seperti domba, kotoran domba, rumput-rumputan, dan lainnya kemudian memainkannya.

Pada hari keempat anak-anak menggambar kandang dan ladang penggembalaan domba. Setelah waktu bermain, mereka juga dibiasakan bertanggung jawab dengan merapikan balok-balok yang telah digunakan membangun. Subhanallah, anak-anak KB3 menyelesaikan semua kegiatan dengan baik 🐑.

bu umai

KB 4 [Sentra Olah Tubuh dan Musik]

Kegiatan bermain KB 4 di sentra olah tubuh dan musik di antaranya membuat rintangan untuk kambing. Selain itu juga berkreasi membuat tanjakan memanjat untuk kambing . Di waktu berbeda mereka juga membuat topeng hewan kambing. Pekan ini di Hari Jumat KB 1 juga mendapat jadwal mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sensor motor membuat playdough

bu samsi

SPESIAL DISKON BAGI PENDAFTAR AWAL. SEGERA DAFTAR! WAKTU BERBATAS

Baca juga:  Usia Mendaftar TK: Persyaratan dan Pertimbangan Penting

Makan

Siswa setiap hari selama bersekolah mendapat makan. Makan ini menjadi asupan penting menunjang kebutuhan gizi siswa. Menu makan setiap hari berganti disesuaikan dengan selera anak-anak. Saat proses makan, siswa dibiasakan adab makan dan mandiri dalam menyiapkan kebutuhan penyajian makannya. Selain itu siswa juga senantiasa didorong serta dimotivasi untuk bisa menyenangi buah dan sayuran.

BU IIN {KEPALA SEKOLAH}

Mengaji Buku Jilid & Hafalan doa, hadits, surat pendek

Alhamdulillah, program mengaji di sekolah berjalan dengan baik. Semua siswa hebat dan berkembang sesuai tahapannya. Terlaksananya kegiatan ini pastinya tak lepas dari peran wali siswa. Dukungan dan pendampingan beliau-beliau di rumah dengan tetap sesuai petunjuk dari sekolah membuat siswa semakin maksimal perkembangannya.

Selain membaca buku jilid, siswa juga juga dikenalkan dengan , hafalan doa harian, hadits, dan surat pendek. Program hafalan minggu ini untuk TK A: Menghafal surat Al Falaq, TK B : Menghafal surat Al Humazah. Khusus TK B ada tambahan materi salat.

BU DIYAN [KOORDIANTOR BAQ]

Prestasi Mengaji Pekan Ini

Anak salih-salihah kelompok bermain pekan ini mengajinya menghafal surat An-nas ayat 1, serta mengenal huruf da dan membaca bersama-sama huruf hijaiyah A sampai da.

BU RIFa

Wudhu dan sholat TK B 

Ekstrakurikuler

 Renang

PAUD Islam Hidayatullah memiliki kolam renang sendiri. Program renang kelompok bermain, TK A, dan TK B bergiliran waktuya sesuai jadwal yang telah disusun. Renangnya antara muslim dan muslimah dibedakan waktunya. serunya lagi, berenangnya didampingi ibu guru dan instruktur renang profesional loh.

 Ekstrakurikuler KB

 Peristiwa

School Tour ke SD Islam Hidayatullah

Siswa-siswi TK B mendapat undangan school tour di SD Islam Hidayatullah. Kegiatannya menarik di antaranya mendapat dongeng dari pendongeng profesional kak Blangkon. Dalam kegiatan tersebut mereka diajak untuk berinteraksi sehingga suasana jadi meriah. Kegiatan jadi makin menyenangkan karena di akhir acara mendapat bingkisan kejutan dari panitia.

OKTOBER SPESIAL DISKON 30% SEGERA DAFTAR! WAKTU BERBATAS

Baca juga:  MATERI HAFALAN HADITS

Butuh info PPDB?

#Paud Islam Hidayatullah #Paud Terbaik Semarang # Paud Islam Terbaik # TK Islam Hidayatullah # TK Terbaik Semarang # TK Islam Terbaik Semarang #TK Islam terdekat # rekomendasi TK Terbaik Semarang # TK Islam terbaik di Semarang Timur # TK terdekat dari lokasi saya # SD Islam Hidayatullah # SMP Islam Hidayatullah # SMA Islam Hidayatullah

Jurnal Tema Binatang #Pekan 4

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *