Jurnal Pembelajaran Topik Tanaman #Pekan 4

Bantu mereka yuk

Topik: Tanaman bermanfaat ciptaan Allah

Pembelajaran dengan topik tanaman mempunyai tujuan di antaranya agar siswa bisa mensyukuri adanya tanaman sebagai karunia Allah yang perlu dihargai keberadaannya. Selain itu siswa bisa mengetahui struktur dasar tanaman secara umum seperti akar, batang, ranting, daun, bunga, dan buah.

Pembelajaran menggunakan model sentra dan dikemas dengan bermain. Model belajar ini sangat mengasyikkan, sehingga siswa merasa senang di sekolah. Terdapat beberapa sentra yang digunakan secara bergilir. Setiap kelompok akan berkesempatan menggunakan sentra yang ada sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Yuk! Lihat keseruan belajar mereka

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok B

B1 [Sentra Ibadah]

Pekan ini B1 membuat minuman Nabeez yang berbahan dari buah kurma. Air nabeez adalah air rendaman (infused water) kurma atau kismis yang jadi favorit Rasulullah SAW. Air minum ini juga terkenal akan khasiatnya bagi tubuh.

Air nabeez adalah tonik alkali, yang memiliki kecenderungan untuk menghilangkan keasaman dari perut dan sistem pencernaan, serta membantu menghilangkan limbah metabolisme lainnya dari tubuh. Minuman ini juga berguna meningkatkan pencernaan karena tinggi serat larut dan memperkuat memori.

Setelah jadi mereka pun mencicipi nabeeznya. Selain itu mereka juga bermain bersama membuat kreasi pohon kurma. Bentuk kreasi pohonnya semakin menarik dengan adanya tambahan variasi buah kurmanya.

Selesai berkegiatan mereka dibiasakan untuk rapi-rapi mengembalikan mainannya ke tempatnya semula.

bu difa

B2 [Sentra Balok]

Di sentra balok B2 berkreasi membangun kereta atau rumah. Kegiatan ini berdasarkan diskusi setelah mendengar bacaan buku dengan judul “Negeri Jeruk”. Buku tersebut merupakan pijakan untuk bermain dan membuat projek bersama.

Sebelum bermain B2 mengawali dengan kegiatan fisik motorik kasar (melempar-menangkap bola).

Bermain di sentra balok memang menyenangkan dan menantang kreativitas. Diwaktu berikutnya mereka pun melanjutkan proyek yang sudah dimulai sebelumnya.

“Alhamdulillah aku bisa mengelompokkan balok dan merapikannya kembali setelah waktu bermain selesai.” Itulah keseruan bermain anak salih-salihah B2 pekan ini.

bu fat

B3 [Sentra Seni]

Kelompok B3 pekan ini berkegiatan main di sentra seni. Sentra seni merupakan tempat untuk menumbuh kembangkan kreativitas, imajinasi, inisiatif, dan rasa keindahan anak.

Di sentra seni mereka berkreativitas membuat projek taman bunga dengan berbagai media looseparts. Looseparts merupakan media bermain yang dapat berupa bahan alam, plastic, kayu, logam, benang, dan kasin, kaca, dan keramik, serta bahan bekas kemasan.
Sebelum bermain, siswa menentukan media yang dibutuhkannya untuk membuat taman, bunga serta binatang yang ada dikebun bunga yaitu lebah. Mereka bekerjasama dan berbagi peran sehingga menambah keseruan bermain.

bu ima

B4 [Sentra Peran]

Teman-teman B4 pekan ini berkunjung ke pasar tanaman Pingli Ungaran, untuk mengamati berbagai macam tanaman. Mereka melihat langsung beraneka tanaman yang banyak terdapat di pasar tersebut.

Pasar tanaman Pingli berada di jalan Patimura Ungaran. Pasar ini merupakan pasar tanaman dan juga kawasan pedagang tanaman hias. Kunjungan ke pasar pingli merupakan outing class dalam rangka topik tanaman.

Pengetahuan Tanaman bagi siswa sangat bermanfaat karena peran tanaman bagi kehidupan yang penting. Salah satu manfaat tanaman bagi makhluk hidup adalah menghasilkan oksigen yang dibutuhkan manusia dan hewan untuk bernapas.

bu dijah

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok A

DESEMBER DISKON 20%

A1 [Sentra Ibadah]

Mengawali kegiatan bermain di sentra ibadah, teman-teman A1 mendengarkan Bu guru membacakan buku cerita kurma yang menemani bunda maryam. Cerita dari buku ini menjadi pijakan teman-teman bermain.

Selanjutnya berkreasi tanaman kurma. Mereka mengambil bahan-bahan dan kemudian secara bersama- sama menyelesaikan proyeknya.

Di waktu yang berbeda teman-teman ada yang praktek salat, kemudian melanjutkan bermain kisah kelahiran nabi isa. Nabi Isa adalah anak dari seorang perempuan mulia, rajin beribadah, dan selalu menjaga kehormatannya, Bunda Maryam. Bunda Maryam merupakan anak dari keluarga Imran yang saleh. Ibunda Maryam sudah meniatkan anaknya untuk menjadi orang yang akan berkhidmah ke Masjid Al-Aqsha sejak dalam kandungan.

bu ainun

A2 [Sentra Balok]

Hari pertama di sentra balok kelompok TK A2 mendengarkan buku cerita yang berjudul “Sirsak Buah Sejuta Khasiat”. Setelah itu mereka membuat peta konsep dari buku yang sudah dibacakan. Selanjutnya, memilih tempat untuk membuat bangunan disentra balok.

Hari berikutnya kelompok TK A2 membangun bangunan dari balok. Ada yang membangun pasar buah, superindo, kebun buah, dan warung buah. Mereka membangun balok sesuai dengan kreativitas masing-masing.

Kelompok A2 melanjutkan membangun bangunan yang belum selesai dan melengkapi bangunan denga berbagai aksesoris yang tersedia. Setelah selesai membangun balok dan dilengkapi dengan aksesoris tambahan, kelompok A2 menggambar bangunan balok yang sudah dibuatnya. Selanjutnya mereka merapikan balok ke tempat baloknya sesuai klasifikasi bentuk dan ukuran masing-masing.

bu haning

A3 [Sentra Alam]

Menonton video “bayam”, sebagai pengetahuan & pijakan awal. Video merupakan salah satu media pembelajaran audio visual yang diminati dalam proses pembelajaran, sebab video memudahkan secara visual bagi peserta dalam memahami sebuah materi.

Setelah selesai menonton kegiatan dilanjutkan membuat peta konsep.

Kegiatan hari berikutnya berjemur & fisik motorik. Fisik motorik anak perlu distimulasi karena perkembangan motorik merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan perkembangannya pada anak usia dini. Perkembangan motorik sering dijadikan sebagai tolak ukur untuk membuktikan bahwa anak tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kegiatan berikutnya adalah eksplor Menanam bayam hidroponik. Hidroponik adalah salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman. Model tanam hidroponik umumnya dilakukan sebagai pengoptimalan pemanfaatan lahan yang terbatas.

Kegiatan di waktu yang berbeda adalah bereksperimen & eksplor menanam, dan melukis. Salah satu manfaat anak melakukan eksperimen sains adalah untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan terus belajar. Sedangkan daya kreativitas anak juga tersalurkan dan semakin tumbuh dalam kegiatan melukis.

bu ria

A4 [Sentra Seni]

Pekan ini A4 bermain di sentra seni. Kegiatan diawali dengan kegiatan cerita pagiku dan mendengarkan Bu guru membacakan cerita dengan judul “Jeruk”. Kegiatan ini menjadi pengetahuan dan pijakan bermain teman-teman selanjutnya.

Sebelum bermain, Teman -teman A4 berkegiatan fisik motorik menendang bola terarah. Kegiatan dilakukan di play ground yang luas sehingga nyaman untuk beraktivitas.

Selanjutnya berkreasi membuat kebun jeruk. Permainan dilakukan bersama atau kelompok. Salah satu manfaat bermain kelompok diantaranya adalah bisa mengembangkan kepekaan terhadap kebutuhan orang lain, mengendalikan kecenderungan untuk mendominasi, mengelola emosi, belajar mengendalikan diri dan membuka ruang pribadi dan pemikirannya pada orang lain.

Seperti apa bentuk jerukmu? Asyiknya teman-teman berkreasi. Mereka memotong kertasnya dan membentuk jeruk berdasarkan petunjuk yang telah Bu guru.

bu Yani

A5 [Sentra Peran]

Outing class ke pasar tanaman pingli Ungaran menjadi kegiatan awal anak-anak pekan ini. Mereka melihat secara langsung macam-macam tanaman di sana. Tentunya ini menambah pengetahuan dan menjadi pengalaman yang berharga bagi mereka.

Kegiatan berikutnya yaitu menonton video tentang jambu biji. Melalui video ini anak- anak jadi tahu apa itu jambu biji. Selain itu, video tersebut merupakan pijakan bermain di sentra peran.

Membuat proyek kebun buah jambu biji , itulah kegiatan bermain selanjutnya di sentra peran. Mereka bermain dan berbagi peran. Ada yang memanen buah jambu biji, praktik membuat es stik dari jambu biji dan lain sebagainya.

Pada hari terakhir di sentra peran, anak-anak merapikan proyek pohon jambu yang sudah selesai dibuat, kemudian dilanjutkan dengan membuat es stik jambu.

bu iva

Pembelajaran Kelompok Bermain (KB) Islam Hidayatullah

SPESIAL DESEMBER DISKON 20%. MANFAATKAN SEGERA

Baca juga:  Membentuk Generasi Qur'ani: Anak-anak TK Islam Hidayatullah Semarang Latihan Hubbul Qur'an

KB1 [Sentra Balok]

Diawali dengan kegiatan mengaji bersama Bu guru mengaji. Teman-teman belajar membaca huruf Hijaiyah, hafalan surat pendek dan doa harian.

Selanjutnya mereka mulai membangun kebun anggur dari balok kayu di sentra balok. Ada yang menyusun balok secara tertutup mendatar, ada juga yang menyusunnya lurus ke atas seperti menara. Mereka saling bekerjasama agar bangunannya kuat.

Teman-teman kemudian menggambar kebun buah anggur. Setelah selesai bermain, mereka merapikan kembali belok dan aksesoris ke tempat semula.

BU HUSNUL

KB 2 (Sentra Olah Tubuh dan Musik)

Kegiatan bemain dan belajar di sentra Olah Tubuh dan Musik pada minggu ini adalah membuat proyek secara berkelompok dengan tema Tanaman, buah pisang ciptaan Allah. Pada Hari pertama anak-anak diajak untuk menyimak cerita buah pisang, semua anak terlihat sangat antusias mendengarkan cerita tersebut, ada yang gantian menceritakan pengalamannya makan dan beli buah pisang “Bu Guru aku pernah makan buah pisang”, “Belinya di superindo”.

Pada hari berikutnya anak-anak diajak untuk berkreasi membuat pohon pisang secara berkelompok, mereka bekerja sama dan saling tolong menolong. Ada yang memasang daun dan pisangnya, ada yang menambahkan membuat taman kecil. Anak-anak menambahkan jalan untuk dilewati. Setelah kebun pisang jadi anak-anak bermain peran melewati kebun pisang, ada yang menggunakan tangannya untuk palang pintu. Ada yang berpura-pura menjadi Bus, kereta apai, truk, mobil.

Pada hari kamis anak-anak bermain alat musik perkusi seperti gitar, gendang, drum, dan botol yang telah diisi manik-manik sehingga dapat menimbulkan bunyi. Mereka terlihat sangat riang gembira, bernyanyi buah pisang. Untuk melatih kekuatan otot tangan, kaki, lengan, dan anggota badan lainya, anak-anak diajak menari buah pisang. Alhamdulillah kegiatan di sentra olah tubuh dan musik sangat menyenangkan dan bermakna bagi anak-anak.

bu silvi

KB 3 (Sentra Alam)

Hari Senin dimulai dengan membaca buku tentang Jeruk. Hari pertama, anak-anak sangat bersemangat karena mendengarkan cerita tentang buah kesukaan yang kaya manfaat Ciptaan Allah SWT.

Hari kedua adalah membuat pohon jeruk bersama-sama. Setelah berdo’a anak-anak mulai mengambil pot dan mengisinya dengan tanah kemudian ditancapkan ranting pohon. Daun ditempel menggunakan selotip dan anak-anak meremas kertas minyak dan ditempel di pohonnya sebagai jeruk.

Hari ketiga adalah merapikan pohon jeruk dan membuat kolase gambar jeruk. Anak-anak ada yang menempelkan busa ati, kertas kecil yang digunting atau dirobek. Ada juga yang mewarnai dengan spidol dan crayon.

Hari keempat, anak-anak membuat jus jeruk dan mengupas buah jeruk bersama-sama. Ada yang mendapatkan jeruk yang rasanya asam dan manis. Kemudian menceritakan pengalaman mainnya selama sepekan di sentra alam.

bu umai

Desember ada diskon 20% [PPDB 2023/2024]

Baca juga:  Jurnal Pembelajaran Topik Diriku #4: "Petualangan, Membangun, Belajar, dan Berkreasi"

Yuk daftarkan putra-putri ayah bunda segera

Makan

Siswa setiap hari selama bersekolah mendapat makan. Makan ini menjadi asupan penting menunjang kebutuhan gizi siswa. Menu makan setiap hari berganti disesuaikan dengan selera anak-anak. Saat proses makan, siswa dibiasakan adab makan dan mandiri dalam menyiapkan kebutuhan penyajian makannya. Selain itu siswa juga senantiasa didorong serta dimotivasi untuk bisa menyenangi buah dan sayuran.

BU IIN {KEPALA SEKOLAH}

Program Mengaji Kelompok Bermain

Teman-teman KB pekan ini muroja’ah hadist kasih sayang, doa sesudah makan dan minum, doa setelah makan dan minum, surat An-Nas. Muroja’ah huruf hijaiyah A-Sya.

Program mengaji TK

Pengajaran mengaji untuk TK, selain membaca buku jilid, siswa juga juga dikenalkan dengan hafalan doa harian, hadits, dan surat pendek.

Program hafalan minggu ini untuk TK A: Melancarkan surat Al ikhlas, melancarkan hadits muslim bersaudara, dan beberapa hafalan lainnya. TK B : Melancarkan surat Al Humazah dan hadits menjaga lisan dan murojaah hafalan-hafalan lainnya.

Khusus TK B ada tambahan materi salat.

BU DIYAN [KOORDIANTOR BAQ]
Pembiasaan salat berjamah

Prestasi Mengaji Pekan Ini

Ekstrakurikuler

 Renang

PAUD Islam Hidayatullah memiliki kolam renang sendiri. Program renang kelompok bermain, TK A, dan TK B bergiliran waktuya sesuai jadwal yang telah disusun. Renangnya antara muslimin dan muslimah dibedakan waktunya. serunya lagi, berenangnya didampingi ibu guru dan instruktur renang profesional loh.

 Ekstrakurikuler KB

 Peristiwa

LOMBA IGTKI DI PAUD ISLAM HIDAYATULLAH

Pada hari Sabtu, 3 Desember 2022, PAUD Islam Hidayatullah menjadi tempat pelaksanaan berbagai lomba yang diadakan oleh IGTKI Banyumanik.

Kemeriahan kegiatan ini terasa ketika peserta datang dengan membawa berbagai persiapannya. Lomba diikuti oleh seluruh anggota dabin sekecamatan Banyumanik.Setiap dabin yang terdiri dari beberapa TK akan mengirimkan dutanya dan tergabung menjadi satu tim. 

Menjadi juara dua

Salah satu duta PAUD Islam Hidayatullah yang tergabung dalam tim dabin Banyumanik berhasil menyabet juara dua dalam perlombaan senam P5.
Prestasi membanggakan ini menjadi salah satu bukti bahwa guru-guru PAUD Islam Hidayatullah terus berusaha untuk mengasah diri dan meningkatkan kualitas diri agar bisa ambil bagian dalam kemajuan.

PAUD ISlam Hidayatullah peduli korban gempa

Di penghujung tahun 2022 ini berita duka kembali terdengar. Untaian doa mengiringi saudara kita yang berada di Cianjur Jawa Barat dan sekitarnya.Berkenaan akan hal itu kami *PAUD Islam Hidayatullah* ingin mengajak Bapak Ibu wali murid, teman-teman, dan saudara-saudara semua untuk berperan serta dalam membantu saudara kita yang terkena musibah gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.Rasulullah SAW bersabda:

Baca juga:  Senam Sehat Jumat

:الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَلاَ يُسْلِمُهُ، وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِي حَاجَتِهِ، وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ يَوْمِالْقِيَامَةِ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya, dia tidak menzaliminya dan tidak membiarkannya disakiti. Barang siapa yang membantu kebutuhan saudaranya maka Allah akan membantu kebutuhannya. Barang siapa yang menghilangkan satu kesusahan seorang muslim, maka Allah menghilangkan satu kesusahan baginya dari kesusahan-kesusahan hari kiamat.Barang siapa yang menutupi (aib) seorang muslim maka Allah akan menutupi (aibnya) pada hari kiamat.” (HR. Bukhori 2265)

Mari kita peduli dan bantu saudara-saudari kita yang terkena musibah dengan cara ikut mendonasikan harta kita dengan melalui :👉BSI, no rek : 7973911980 (an. Lilik Karimul Akbar)

Silahkan untuk informasi lebih lanjut dan konfirmasi bukti hubungi :Bu Mega : https://wa.me/6285728309639 Pak Karim : https://wa.me/6285741577040

Jazakumullah Khairan Katsiran

Ya, Saya mau dapat diskonnya…

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah tanda-panah-ke-bawah-1.gif
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 4a8461_1c6ebd5cf3c44576b07fcf5964f1891d_mv2.gif

#Paud Islam Hidayatullah #Paud Terbaik Semarang # Paud Islam Terbaik # TK Islam Hidayatullah # TK Terbaik Semarang # TK Islam Terbaik Semarang #TK Islam terdekat # rekomendasi TK Terbaik Semarang # TK Islam terbaik di Semarang Timur # TK terdekat dari lokasi saya # SD Islam Hidayatullah # SMP Islam Hidayatullah # SMA Islam Hidayatullah

Jurnal Pembelajaran Topik Tanaman #Pekan 4

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *