Jurnal Pembelajaran P5 Aku Cinta Indonesia

JURNAL PEMBELAJARAN PEKAN 3

P5

” aku Cinta Indonesia”

QBS

Bersosialisasi dan bermain dengan teman yang menyenangkan. Setiap kegiatan terintegrasi dengan nilai-nilai islami. ​

KB

Anak-anak bermain terpimpin di sentra seni, sentra peran, sentra alam, sentra balok, sentra olah tubuh & musik.​

TK A

Ada enam sentra untuk wahana bermain: sentra seni, sentra peran, sentra alam, sentra balok, sentra olah tubuh & musik, sentra persiapan.​

TK B

Implementasi kurikulum merdeka dengan konsep sentra makin menyenangkan. Stimulasi motorik dan sensorik makin optimal melalui kegiatan yang berpusat pada anak.​

BAQ

Program bimbingan membaca Al Quran, hafalan surat pendek, hadits pilihan, doa harian secara intensif dan terstruktur untuk menumbuhkan kecintaan anak pada agamanya.​

PAUDIH Sekolah Penggerak

Sekolah penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Wali Murid Puas dengan pendidikan Hidayatullah

Testimoni pengalaman pelayanan pendidikan yang memuaskan bagi anak-anak dan keluarga mereka.

Yuk, lihat keseruan belajar mereka!

TPA Quranic Baby School Islam Hidayatullah

Selama sepekan di Taman Penitipan Anak QBS Islam Hidayatullah, anak-anak telah aktif terlibat dalam berbagai kegiatan yang mendukung perkembangan kreativitas dan keterampilan mereka. Mereka belajar tentang kerajinan tangan dengan memasukkan stick es krim ke dalam botol, menghasilkan karya-karya unik yang memadukan bahan-bahan sederhana menjadi bentuk yang menarik.

Di momen berikutnya, anak-anak merasakan kesenangan melompat di atas permukaan dengan warna yang berbeda-beda, menggabungkan aktivitas fisik dengan pengenalan warna secara interaktif. Bermain di Sentra Pasir memberikan kesempatan kepada mereka untuk membangun rumah-rumahan kreatif dari pasir, menggambarkan kemampuan imajinatif mereka dalam merancang dan membangun.

Keterampilan membangun dan merancang ditingkatkan melalui penggunaan lego, di mana anak-anak dengan antusias membangun rumah-rumahan dengan balok-balok lego yang bervariasi. Selain berkreasi, anak-anak juga diajarkan tentang tanggung jawab dan pentingnya merawat lingkungan dengan merawat tanaman dan menyiraminya dengan penuh perhatian.

Tanggung jawab juga tercermin dalam aksi mencuci mainan yang kotor, yang mengajarkan nilai kebersihan dan merawat benda-benda dengan baik. Mereka juga mengeksplorasi konsep keluarga dan rasa kasih sayang dengan menonton video “Nussa dan Rara” yang mengajarkan pesan “aku sayang ibu bapak”, mengingatkan mereka akan pentingnya menghargai orang tua.

Berjalan dan melompat menjadi aktivitas fisik yang penuh kegembiraan dan keceriaan bagi anak-anak, mendukung perkembangan motorik mereka. Sepekan penuh di Taman Penitipan Anak QBS Islam Hidayatullah telah memberikan kesempatan berharga bagi anak-anak untuk belajar dan tumbuh. Melalui berbagai kegiatan ini, mereka mengembangkan kreativitas, tanggung jawab, rasa kasih sayang, serta keterampilan motorik yang esensial untuk perkembangan mereka.

Bu bi’ah

KB 1 Islam Hidayatullah

“Pada pembelajaran bulan Agustus-September ananda akan mengenal lebih dalam tentang Diriku. Di Minggu ini ananda KB 1 bermain di sentra peran 2 hari dan sentra balok 2 hari. Pada saat bermain di sentra peran ananda mengenal lebih dalam mengenai tubuh ciptaan Allah.

Ananda mendengarkan buku cerita yang berjudul “Tubuhku”. Buku ini memperkenalkan tubuh manusia, mulai dari, terbentuknya tubuh, menjelaskan bagian-bagian tubuh, hingga fungsi dan manfaatnya. Lengkap dengan cara merawat tubuh. Buku tersebut juga menceritakan tentang bagaimana fungsi lidah untuk merasa dan tangan untuk dapat berkreasi.

Setelah anak mendengarkan buku cerita, maka mereka diajak untuk bermain di sentra peran. Identitas permainan di sentra peran ada mengenal rasa sesuai yang ada pada buku cerita, ananda diminta untuk merasakan makanan yang mempunyai rasa manis, asin, asam, asin, pahit.

Ananda juga berkreasi membuat kue kesukaan yang dibuat dari kertas koran dan playdhough. Kemudian hasil karya mereka untuk alat bermain yaitu dijadikan kue untuk di jual.
Pada hari 3-4, ananda diajak untuk bermain di sentra balok. Melalui buku cerita yang berjudul aku senang sekolah, siswa diajak untuk mengamati bangunan sekolah.

Kemudian mereka diajak untuk membangun bangunan sekolah sesuai imajinasi dan kreatifitasnya, setelah bangunan jadi mereka menggambar bangunan tersebut dan menceritakannya.”

Bu silvi

KB 2 Islam Hidayatullah

Hari senin dan selasa, anak-anak KB 2 bermain di sentra balok. Hari pertama, anak-anak dibacakan cerita berjudul “Aku senang sekolah”. Kemudian anak dikenalkan bentuk dan bagian-bagian bangunan seperti atap, lantai, tembok, jendela dan lain-lain. Setelah itu, anak mulai membangun sekolah secara berkelompok.

Hari kedua di sentra balok, anak-anak KB 2 melanjutkan membangun sekolah dan menambahkan aksesoris di bangunannya. Setelah itu, anak-anak diminta untuk menggambar apa yang telah di bangun dan menceritakan gambarnya.

Hari Rabu dan Kamis, teman-teman KB 2 bermain di sentra alam. Hari pertama di sentra alam diceritakan buku tentang kepala. Anak-anak dikenalkan bagian-bagian dari kepala dan fungsinya. Setelah itu, bermain di sentra alam dengan melatih motorik halus anak. Ada yang menggambarkan wajah di pasir, membuat kreasi wajah dan juga membuat bentuk wajah dari playdough.

Hari kedua di sentra alam, anak-anak melanjutkan bermain di sentra alam. Ada yang membuat kreasi wajah, ada juga yang membuat bentuk wajah menggunakan playdough yang bertujuan melatih motorik halus anak.

BU maya

KB 3 Islam Hidayatullah


Anak-anak kelompok KB3 TK Islam Hidayatullah mengisi sepekan dengan kegiatan yang mendukung perkembangan kognitif dan fisik. Mereka mulai dengan membaca buku “Kepala” pada Hari Senin, mengenal bagian-bagian kepala seperti mata, hidung, dan mulut. Hari Selasa, mereka berdiskusi tentang fungsi-fungsi bagian kepala sebelum bermain di Sentra Alam.

Pada Rabu, fokus beralih ke bagian “kaki” dengan membaca buku cerita, dan Kamis, anak-anak berdiskusi tentang kaki yang bisa menendang bola dan berlari. Kegiatan fisik di taman bermain juga memberikan pengalaman langsung pada Kamis, memperkuat koordinasi dan keseimbangan mereka. Dalam seminggu ini, mereka belajar tentang bagian tubuh dan fungsinya serta merasakan pentingnya beraktivitas fisik.

bu fitri

KB 4 Islam Hidayatullah

Selama sepekan, anak-anak kelompok KB4 TK Islam Hidayatullah mengisi hari-hari mereka dengan beragam kegiatan yang mendukung pengembangan fisik dan kreativitas. Pada Hari Senin, mereka berpartisipasi dalam sentra olah tubuh dan musik. Cerita tentang “Kaki” menjadi fokus pembelajaran di mana anak-anak mendengarkan dan memahami peran kaki dalam aktivitas fisik. Setelah membaca buku cerita, mereka terlibat dalam kegiatan yang melatih kekuatan kaki, membantu mereka memahami pentingnya aktivitas fisik.

Hari Selasa, KB4 melanjutkan dengan kegiatan yang lebih kompetitif. Mereka bermain lomba memindahkan bendera, bermain bola, dan berjalan sesuai alur. Kegiatan ini tidak hanya memupuk semangat kompetitif tetapi juga membantu mengembangkan keterampilan motorik dan kerja sama antar anak-anak.

Pada Hari Rabu, anak-anak KB4 bermain di sentra peran. Mereka mendengarkan cerita tentang “Tubuhku” yang mendorong mereka untuk memahami lebih dalam tentang bagian tubuh dan fungsinya. Kreativitas mereka terasah melalui kegiatan membuat kreasi kue, yang melibatkan imajinasi dan keterampilan tangan dalam menghasilkan karya yang unik.

Minggu ini penuh dengan kegiatan yang beragam, memungkinkan anak-anak KB4 untuk belajar melalui pengalaman fisik, kompetisi yang sehat, dan ekspresi kreatif. Melalui cerita, permainan, dan aktivitas membuat kue, mereka tidak hanya memahami lebih lanjut tentang tubuh dan kemampuannya, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial, motorik, dan kreativitas yang penting dalam perkembangan anak-anak.

bu samsi

TPA-QBS Islam Hidayatullah menerima siswa baru,_amankan kursinya segera!

Baca juga:  JURNAL PEMBELAJARAN TOPIK DIRIKU (P5)

TK A1 Islam Hidayatullah

Kegiatan kelompok A1 pekan ini dimulai dengan latihan upacara, di mana mereka diperkenalkan pada konsep disiplin dan kerjasama dalam menjalankan tugas bersama. Melalui latihan ini, anak-anak belajar tentang pentingnya menghormati aturan dan bekerja sebagai tim.

Selanjutnya, mereka terlibat dalam pembuatan hiasan 17 Agustus (hiasan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia). Kegiatan ini memberi mereka peluang untuk mengekspresikan kreativitas mereka sambil memahami makna pentingnya perayaan nasional. Proses pembuatan hiasan juga melibatkan kerja tim dan keterampilan motorik halus.

Pada hari berikutnya, anak-anak melanjutkan kegiatan pembuatan hiasan 17 Agustus. Ini memungkinkan mereka untuk lebih mendalam dalam mengembangkan keterampilan seni dan kesabaran dalam menyelesaikan proyek yang lebih besar.

Hari Jumat menjadi momen yang lebih ceria dan aktif. Mereka mengikuti berbagai kegiatan, termasuk senam, bermain di taman bermain, dan ekstrakurikuler nasyid (nyanyian Islami). Kegiatan senam tidak hanya baik untuk kesehatan fisik mereka tetapi juga meningkatkan semangat tim dan kebersamaan. Bermain di playground memungkinkan mereka untuk berinteraksi sosial, mengembangkan keterampilan fisik, dan bersenang-senang. Ekstrakurikuler nasyid membantu mereka mengenal dan menghargai musik Islami, sambil merasakan kegembiraan dalam bernyanyi bersama.

Selama sepekan ini, anak-anak kelompok A1 TK Islam Hidayatullah telah mengalami berbagai pengalaman yang mendukung perkembangan fisik, kreativitas, dan sosial mereka. Melalui kombinasi latihan upacara, kegiatan seni, bermain, dan kegiatan Islami, mereka membangun keterampilan dan nilai-nilai penting untuk pertumbuhan mereka sebagai individu yang berdaya dan berbudaya.

bu ria

TK A2 Islam Hidayatullah

Selama satu minggu, anak-anak dari kelompok A2 TK Islam Hidayatullah telah aktif terlibat dalam serangkaian kegiatan yang melibatkan kreativitas, kerjasama, dan gerakan fisik. Kegiatan dimulai dengan pembuatan hiasan sekolah dalam tema “merobek tali rafia merah putih”. Melalui kegiatan ini, anak-anak tidak hanya belajar tentang simbol nasional, tetapi juga mengembangkan keterampilan motorik halus saat merancang dan merakit hiasan.

Pada hari berikutnya, mereka melanjutkan kegiatan pembuatan hiasan sekolah dari tali rafia. Aktivitas ini memberikan mereka kesempatan untuk terus mengasah keterampilan kreatif mereka sambil menjalin kerja tim dengan teman-teman sekelas.

Kegiatan kreatif selanjutnya melibatkan pembuatan hiasan sekolah dari bahan plastik. Ini memungkinkan anak-anak untuk mengenal dan menciptakan karya seni dari bahan yang berbeda, sambil terus mengasah keterampilan mereka dalam merancang dan merakit hiasan. Proses meronce dan menggantung hiasan sekolah juga membantu mereka merasakan kebanggaan atas hasil kerja mereka.

Selain kegiatan kreatif, gerakan fisik juga menjadi bagian penting dari rutinitas mereka. Melalui sesi senam bersama, anak-anak dapat meningkatkan kesehatan fisik mereka sambil menjalin hubungan yang lebih erat dengan teman-teman sekelas. Ekstrakulikuler menari memberi mereka peluang untuk berekspresi melalui gerakan dan musik, sambil memahami nilai-nilai dan budaya.

Selama sepekan ini, anak-anak kelompok A2 TK Islam Hidayatullah telah mengalami berbagai jenis kegiatan yang mendukung perkembangan kreativitas, keterampilan motorik, kerja tim, dan kesehatan fisik. Melalui kombinasi kegiatan kreatif dan gerakan, mereka tidak hanya belajar tetapi juga merasa senang dan terlibat dalam pengembangan diri secara holistik.

bu yani

TK A3 Islam Hidayatullah

Pekan ini anak-anak dari kelompok A3 TK Islam Hidayatullah telah mengisi hari-hari mereka dengan berbagai kegiatan yang menarik dan bermakna. Sebelum memulai kegiatan, kelompok A3 melakukan ikrar bersama yang dipimpin oleh salah satu teman A3 dan dilanjut senam P5. Kemudian kelompok A3 melanjutkan membuat hiasan yang kemarin belum selesai. Pada hari Senin, mereka dengan semangat mengikuti simulasi upacara bendera bersama para guru. Partisipasi dalam simulasi ini membantu mereka memahami nilai-nilai kebangsaan dan disiplin, serta meningkatkan rasa kebersamaan.

Kegiatan kreatif pun tak ketinggalan. Anak-anak diberi kesempatan untuk berkreasi dengan membuat hiasan rumbai-rumbai dari berbagai bahan yang telah disediakan oleh para guru. Antusiasme mereka terlihat jelas saat mereka dengan gembira merancang dan membuat hiasan tersebut untuk menghiasi lingkungan sekolah. Ini adalah momen di mana mereka dapat mengekspresikan imajinasi dan kreativitas mereka.

Selanjutnya, dalam pekan yang sama, kelompok A3 melanjutkan kegiatan pembuatan hiasan yang belum selesai. Mereka terlihat bersemangat untuk menyelesaikan proyek. Hiasan yang mereka buat diharapkan akan menjadi bagian dari perayaan HUT RI.

Tidak hanya fokus pada pembuatan hiasan, kelompok A3 juga melibatkan diri dalam aktivitas fisik dan seni lainnya. Ekstrakurikuler rebana dan bermain di playground memberi mereka kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan musik dan fisik yang seru.

Sepekan ini mencerminkan semangat berpartisipasi, kreativitas, dan kedisiplinan yang dihayati oleh anak-anak kelompok A3 TK Islam Hidayatullah. Melalui berbagai kegiatan, mereka belajar tentang nilai-nilai penting seperti kerjasama, kreativitas, dan kebugaran fisik, sambil menjaga semangat bermain dan belajar dengan sukacita.

bu haning

TK A4 Islam Hidayatullah

Kelompok A4 selama sepekan ini telah mengikuti serangkaian kegiatan yang berfokus pada gerakan fisik, literasi, dan pengembangan kreativitas. Kegiatan dimulai dengan sesi senam P5 yang membantu anak-anak untuk meningkatkan kesehatan fisik mereka sambil menjaga kebugaran tubuh. Selanjutnya, mereka terlibat dalam kegiatan literasi yang penting untuk perkembangan bahasa dan komunikasi. Kegiatan ini mungkin melibatkan membaca cerita, berdiskusi, atau mungkin merancang cerita mereka sendiri.

Salah satu fokus utama minggu ini adalah memasang hiasan sekolah. Anak-anak terlibat dalam proses merancang, membuat, dan memasang hiasan yang akan menghiasi lingkungan sekolah dengan nuansa perayaan 17-an. Kegiatan ini tidak hanya memupuk kreativitas mereka tetapi juga memberi mereka perasaan tanggung jawab terhadap lingkungan sekolah mereka.

Ekstrakurikuler clay menjadi bagian penting dalam rangkaian kegiatan ini. Kegiatan ini merangsang kreativitas anak-anak melalui manipulasi bahan clay, sambil secara bersamaan mengembangkan keterampilan motorik halus mereka. Aktivitas seperti ini memiliki manfaat ganda dalam membantu anak-anak mengembangkan imajinasi dan keterampilan praktis.

Selama sepekan ini, anak-anak kelompok A4 TK Islam Hidayatullah telah mengalami berbagai jenis kegiatan yang mendukung perkembangan fisik, bahasa, kreativitas, dan keterampilan motorik. Melalui kombinasi kegiatan fisik, literasi, dan seni, mereka tidak hanya belajar tetapi juga merasa terlibat dan senang dalam proses pembelajaran.

bu ainun

TK A5 Islam Hidayatullah

Selama sepekan yang penuh makna, anak-anak dari kelompok A5 TK Islam Hidayatullah telah mengalami serangkaian kegiatan yang meriah dan mendidik. Hari Senin dimulai dengan upacara sederhana, di mana mereka bersama teman dari kelas lain bernyanyi lagu 17 Agustus sambil memandang bendera. Begitu masuk ke dalam kelas, mereka bersemangat membuat hiasan untuk menghiasi sekolah yang akan dilanjutkan bersama orang tua atau wali murid beberpa hari mendatang. Dengan kreativitas, mereka melipat dan memotong bendera kertas berbentuk segitiga.

Pada Hari Rabu, anak-anak A5 terlibat dalam kegiatan finger painting. Dengan penuh semangat, mereka mencelupkan jari ke cat air dan mewarnai kertas. Setiap anak memiliki pendekatan unik, ada yang mewarnai seluruhnya dan ada juga yang hanya mewarnai bagian-bagian tertentu. Setelah selesai mewarnai, mereka mengeringkan kertas dengan menjemurnya. Kerjasama dalam kegiatan ini menunjukkan betapa senangnya mereka berpartisipasi bersama-sama.

Pada Hari Kamis, semangat mereka tidak surut. Mereka melanjutkan dengan menempelkan kertas crepe pada kertas yang telah diwarnai pada hari sebelumnya. Guru membantu dalam pembuatan lampion, sementara anak-anak A5 dengan antusias menempelkan kertas crepe pada lampion. Setelah menempel, lampion-lampion ini diletakkan di tempat kering agar lemnya mengering. Setelah itu, mereka menggantungkan bendera segitiga merah putih yang telah mereka buat sebelumnya pada tali yang dipasang oleh guru. Semua itu dilakukan dengan rasa syukur yang diungkapkan bersama-sama.

Sepekan ini mencerminkan semangat patriotik dan kreativitas anak-anak kelompok A5 TK Islam Hidayatullah. Dari upacara sederhana hingga pembuatan hiasan dan lampion, mereka tidak hanya memperingati Hari Kemerdekaan tetapi juga belajar tentang nilai-nilai seperti kerjasama, kreativitas, dan rasa syukur. Terdapat rekaman video saat mereka berkegiatan.

bu umai

TK A6 Islam Hidayatullah

Anak-anak A6 mengikuti serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memupuk rasa cinta pada Indonesia dan mengembangkan kreativitas mereka. Kegiatan dimulai dengan pembuatan hiasan, di mana anak-anak terlibat dalam proses merancang dan membuat dekorasi yang akan mempercantik lingkungan sekolah. Melalui kegiatan ini, mereka belajar tentang kebersamaan dan tanggung jawab terhadap lingkungan.

Salah satu sorotan minggu ini adalah sesi “P5 Aku Cinta Indonesia”. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk rasa cinta dan rasa bangga pada negara mereka. Dalam rangkaian kegiatan P5 (Projek penguatan profil pelajar Pancasila) Ini membantu anak-anak memahami arti pentingnya kebersamaan dan memupuk semangat cinta tanah air.

Kegiatan-kegiatan ini mengajarkan kepada anak-anak nilai-nilai positif seperti cinta tanah air, kerjasama, dan kreativitas. Melalui pembuatan hiasan dan sesi “P5 Aku Cinta Indonesia”, mereka tidak hanya belajar tentang makna dalam cinta pada negara mereka tetapi juga mengembangkan keterampilan motorik dan semangat untuk menjadi warga yang bertanggung jawab dan cinta perdamaian.

bu nia

TPA-QBS Islam Hidayatullah menerima siswa baru,_amankan kursinya segera!

Baca juga:  Jurnal Pembelajaran Tema Binatang #Pekan 1

TK B1 Islam Hidayatullah

“Pada pekan ke2 di bulan Agustus, pembelajaran melanjutkan tema Aku Cinta Indonesia dengan proyek HUT RI.
Pada pekan ini siswa setelah mengamati dan curah pendapat tentang HUT RI, sepakat membuat proyek untuk menghias sekolah agar meriah dengan nuansa warna merah putih, sesuai warna bendera Indonesia.

Hiasan yang dipilih adalah aneka ketrampilan yang dapat di gantungkan di teras sekolah.
Ada yang membuat ubur-ubur merah putih dengan pola warna, meronce bendera merah putih, membuat hiasan merah putih dengan bentuk-bentuk geometri seperti setengah lingkaran, juga belah ketupat yang di rangkai dengan benang.

Sampai hari keempat tampak siswa fokus mengerjakan kreativitas sesuai pilihannya, saling berbagi alat dan bahan, saling membantu teman dan menghargai hasil karya teman.”

BU Ima

TK B2 Islam Hidayatullah

Selama seminggu, anak-anak B2 telah aktif dalam kegiatan kreatif. Mereka mulai dengan membuat hiasan sekolah yang melibatkan kerja tim dan pengembangan keterampilan motorik.

Selanjutnya, mereka meneruskan semangat kreatifitas dengan membuat hiasan merah putih, mengekspresikan rasa cinta dan bangga pada Indonesia. Melalui kedua kegiatan ini, anak-anak B2 mengembangkan keterampilan seni sambil merayakan makna dan semangat perayaan nasional.

bu difa

TK B3 Islam Hidayatullah

Pekan yang penuh semangat, anak-anak salih-salihah B3 telah terlibat dalam berbagai kegiatan meriah. Mereka dengan penuh semangat berseru “Merdeka! Allahuakbar”, menunjukkan semangat dan kegembiraan mereka dalam merayakan kemerdekaan. Kegiatan P5 Aku Cinta Indonesia di pekan kedua membawa nuansa syukur, di mana anak-anak merayakan kemerdekaan dengan semangat menghias sekolah. Dalam kegiatan kreatif ini, mereka berkolaborasi untuk memilih bahan dan bersama-sama membuat hiasan yang akan menghiasi TK Islam Hidayatullah yang tercinta.

Melalui kreativitas mereka, anak-anak memahami pentingnya kerja sama dan ekspresi seni. Hari-hari berikutnya, semangat mereka tidak surut. Mereka melanjutkan kreasi hiasan mereka dengan penuh semangat. Sebagian hiasan telah jadi dan siap untuk menghiasi lingkungan sekolah. Dengan rasa bangga, anak-anak menantikan momen untuk menghiasi sekolah bersama ayah dan bunda mereka pada hari Senin.

Sepekan ini mencerminkan semangat patriotik dan kreativitas yang tumbuh dalam anak-anak kelompok B3 TK Islam Hidayatullah. Dari seruan merdeka yang penuh semangat hingga kegiatan kreatif menghias sekolah, mereka belajar tentang arti kemerdekaan dan pentingnya kerja sama serta ekspresi seni.

bu fat

TK B4 Islam Hidayatullah

Kelompok B4 telah mempersiapkan dan membuat berbagai hiasan untuk menghias sekolah dalam rangka memperingati HUT RI ke-78. Kreatifitas Kelompok B4 nantinya akan dijadikan hiasan halaman sekolah.

Mereka memulai dengan diskusi untuk memilih bahan-bahan dan jenis hiasan yang akan dibuat, dengan pertimbangan bahwa bahan harus tahan air. Kresek warna merah dan putih, kertas ati, tali rafia, dan bendera menjadi pilihan bahan. Setuju untuk membuat lampion, bendera, dan bunga, mereka mulai bekerja sama dalam membuat lampion dan rumbai dari kresek. Meskipun menggunting kresek agak sulit, semangat mereka tidak kendur.

Kelompok ini kemudian melanjutkan dengan meronce bendera merah putih. Meskipun menghadapi beberapa kendala saat memasukkan benang ke dalam lubang bendera, mereka tetap berusaha sekuat tenaga. Mereka bekerja keras dan berkolaborasi meskipun waktu bermain mereka telah berakhir. Hasilnya sangat beragam, ada yang berhasil meronce satu bendera, ada yang lima, bahkan ada yang sampai 15 bendera.

Hari terakhir kegiatan P5 Aku Cinta Indonesia, mereka membuat hiasan berbentuk pita warna merah putih dengan kerja sama yang kuat. Dengan semangat dan rasa bangga, mereka berhasil menyelesaikan hiasan-hiasan tersebut untuk menghiasi sekolah pada hari Senin.

bu husnul

TK B5 Islam Hidayatullah

Selama satu pekan, kelompok B5 berkegiatan kreatif. Pada hari kelima P5 dipekan ketiga topik diriku, mereka mulai membuat pernak-pernik untuk menghias sekolah, menunjukkan semangat dan kreativitas mereka. Hari kedua, mereka terus melanjutkan kegiatan kreatif dengan menggunakan berbagai media yang sudah disediakan, mengembangkan kemampuan seni mereka.

Pada hari ketiga, anak-anak fokus pada pembuatan hiasan bendera, mengungkapkan rasa cinta dan semangat peringatan nasional. Hari keempat, mereka mengambil langkah kreatif berikutnya dengan membuat hiasan dari bahan plastik, menunjukkan inovasi dan kerja keras mereka dalam menciptakan karya seni.

Selain kegiatan kreatif, mereka juga mengikuti ekstrakurikuler angklung, mengekspresikan diri mereka melalui musik dan instrumen. Sepekan ini mencerminkan semangat anak-anak kelompok B5 dalam berpartisipasi dalam kegiatan seni, kreatifitas, dan musik, yang membantu mereka berkembang secara holistik dan merasa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.

bu iva

BAQ PAUD Islam Hidayatullah

Pengajaran mengaji untuk TK, selain membaca buku jilid, siswa juga juga dikenalkan dengan hafalan doa harian, hadits, dan surat pendek. Program hafalan minggu ini untuk TK A: Membaca Surat Al Fatihahah, sedangkan untuk TK B : Menghafal surat Quraisy rukun dan tata cara wudhu.

Bu diyan

Prestasi mengaji pekan ini

Makan di Sekolah

Setiap hari, siswa di sekolah menerima makanan sebagai asupan penting untuk menunjang kebutuhan gizi mereka. Menu makanan di sekolah berubah setiap hari untuk memenuhi selera anak-anak. Selama makan, siswa diajarkan etika makan dan diberi kesempatan untuk mandiri dalam menyiapkan makanan mereka sendiri. Selain itu, siswa juga didorong dan dimotivasi untuk menyukai buah dan sayuran sehingga mereka bisa memperoleh nutrisi yang lebih seimbang dan sehat.

Dengan memberikan asupan makanan yang sehat, sekolah memastikan bahwa siswa mendapatkan energi dan nutrisi yang cukup untuk belajar dengan baik dan berkembang secara fisik dan mental. Selain itu, melalui pembiasaan etika makan yang benar dan kebiasaan makan buah dan sayuran, siswa diharapkan dapat mengembangkan pola makan sehat dan gaya hidup yang seimbang sepanjang hidup mereka.

bu iin

TPA-QBS Islam Hidayatullah menerima siswa baru_Amankan kursinya segera!

Penyusun: Tim Humas PAUDIH

Jurnal Pembelajaran P5 Aku Cinta Indonesia

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *