Semangat Nasionalisme Melalui Kegiatan P5 “Aku Cinta Indonesia” Kelompok B TK Islam Hidayatullah

Suksesnya Kegiatan Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Pada hari Senin, tanggal 14 Agustus, kelompok B TK Islam Hidayatullah melaksanakan kegiatan pembelajaran projek yang bertujuan memperkuat profil pelajar Pancasila (P5). Dengan topik yang menarik, yaitu “Aku Cinta Indonesia”, kegiatan ini berhasil diselenggarakan dengan sukses dan penuh antusiasme.

Semangat Awal: Senam P5 dan Doa Bersama

Acara dimulai dengan senam P5, sebuah aktivitas yang menggugah semangat nasionalisme para peserta. Senam ini tidak hanya memberikan manfaat fisik, tetapi juga menciptakan rasa kebersamaan dan cinta terhadap tanah air. Setelah senam, doa bersama dipanjatkan kepada Allah SWT untuk memohon kelancaran dan berkah dalam acara ini.

Kreativitas Anak-anak: Menghias Sekolah dengan Semangat Merah Putih

Momen yang dinantikan akhirnya tiba, yaitu acara inti menghias sekolah dengan tema “Aku Cinta Indonesia”. Anak-anak dan wali murid bergandengan tangan untuk menciptakan hiasan-hiasan yang bernuansa merah putih. Kegiatan ini melibatkan dua kelompok, dengan TK B 1-2 beraktivitas di teras sekolah dan TK B3-5 di halaman. Semangat peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 begitu terasa melalui hiasan-hiasan kreatif ini.

Berbagi Antusiasme dan Kerjasama

Dalam suasana yang penuh semangat, anak-anak dan wali murid bekerja sama dengan antusias. Mereka saling membantu dan berkolaborasi dalam menciptakan hiasan-hiasan yang menggambarkan rasa cinta dan bangga menjadi bagian dari Indonesia. Kebersamaan dalam kegiatan ini tidak hanya menciptakan hasil kreatif yang menakjubkan, tetapi juga mempererat ikatan di antara semua peserta.

TPA-QBS Islam Hidayatullah menerima siswa baru_Amankan kursinya segera!

Melanjutkan Kegembiraan: Makan dan Sosialisasi Program Sekolah

Setelah kegiatan hias-menghias selesai, anak-anak menikmati makanan yang telah disiapkan oleh katering sekolah di kelas masing-masing. Disediakan makanan yang disesuaikan dengan selera anak-anak.

Baca juga:  Kegiatan Healing Penguatan Karakter dengan G Adventure

Dalam proses makan ini terdapat beberapa pengajaran, diantaranya: pembiasaan untuk menjaga kebersihan melalui cuci tangan sebelum makan, berdoa masuk kamar mandi dan doa sebelum maupun sesudah makan dan minum, adab agar terbiasa tertib dengan antri, menyenangi buah, bertanggung jawab dan bersyukur dengan menghabiskan makanan yang diambilnya. Tentu ini menjadi hal yang sangat bermanfaat untuk mendukung perkembangannya.

Namun, rangkaian acara belum berakhir di sini. Kegiatan berlanjut dengan sosialisasi program sekolah dan parenting di musholla sekolah. Anak-anak dalam pengawasan dan pendampingan Guru, sedangkan wali murid mendapat kegiatan lanjutan yang bagus dan bermanfaat yang dilaksanakan di musholla sekolah.

Dokumentasi lain KLIK!

Sosialisasi program sekolah dan Smart Parenting

Kegiatan di musholla ini dibuka oleh MC kurang lebih pukul 10 WIB. Dalam sambutan pembuka, Bu Iin mengungkapkan rasa terima kasih atas partisipasi wali murid dalam kegiatan hari ini. Tentu dengan adanya kesempatan berkegiatan bersama dengan orang tua ini menjadi momen yang dapat meningkatkan kedekatan baik dari sekolah dengan orang tua, maupun orang dengan putra-putri tercinta.

Dalam kesempatan tersebut di atas, Beliau membagikan buku panduan pembelajaran yang akan dilaksanakan selama tahun pelajaran. Dalam buku tersebut dijelaskan visi-misi dan kurikulum yang diterapkan sekolah.

Bagian penting dari acara ini adalah smart parenting yang diisi oleh psikolog profesionalIbu Nuraini Dyah R. yang biasa dirinya dipanggil dengan nama panggilan Bu Didi. Dalam materinya, Bu Didi menyoroti pentingnya kerjasama yang harmonis antara orang tua dan sekolah dalam membentuk karakter dan potensi anak-anak. Sekolah merupakan rumah kedua bagi tumbuh kembangnya dan dengan adanya kerjasama yang baik anak -anak akan lebih optimal dalam masa pertumbuhannya.

Persiapan Menuju Sekolah Dasar dan Pengembangan Potensi Anak

Khususnya bagi anak-anak yang akan memasuki sekolah dasar, acara ini memberikan informasi berharga mengenai persiapan yang diperlukan agar transisi ini berjalan dengan lancar. Selain itu, para peserta juga diberikan tips untuk menumbuhkan potensi anak usia 5-7 tahun. Materi ini menjadi pencerahan bagi para orang tua dalam mendukung perkembangan optimal anak-anak mereka.

Baca juga:  TK Islam terdekat pilihan orang tua dari generasi ke generasi

TPA-QBS Islam Hidayatullah menerima siswa baru_Amankan kursinya segera!

Kegiatan “Aku Cinta Indonesia” ini tidak hanya menjadi perayaan semangat nasionalisme, tetapi juga refleksi dari pendekatan pendidikan holistik yang diadopsi oleh TK Islam Hidayatullah. Melalui aktivitas ini, peserta didik tidak hanya belajar tentang nilai-nilai nasionalisme, tetapi juga tentang kolaborasi, kreativitas, dan kerjasama yang esensial dalam pembentukan karakter yang kuat.

Dalam dunia yang terus berkembang, pendidikan menjadi tonggak penting dalam membentuk generasi masa depan yang unggul. Kegiatan ini memberikan gambaran nyata tentang upaya sekolah dalam membantu anak-anak tumbuh menjadi individu yang mencintai tanah air, memiliki nilai-nilai luhur, dan siap menghadapi tantangan masa depan dengan percaya diri.

tk-islam-hidayatullah-semarang

Penulis: Tim HUmas PAUDIH

Semangat Nasionalisme Melalui Kegiatan P5 “Aku Cinta Indonesia” Kelompok B TK Islam Hidayatullah

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *