Profil PAUD Islam Hidayatullah

Dokumentasi saat yayasan Abul Yatama/LPI Hidayatullah menerima tamu studi banding dari Solo

Sejarah singkat

PAUD Islam Hidayatullah, merupakan sekolah yang didirikan oleh yayasan Abul Yatama yang berlokasi di lingkungan padat penduduk dengan jumlah anak usia dini yang sangat signifikan. Yayasan Abul Yatama diketuai oleh H. Hasan Toha Putra, MSc. Memiliki program sekolah pola subsidi silang biaya pendidikan dari keluarga mampu kepada peserta didik dari keluarga yang tidak mampu.

PAUD Terpadu Islam Hidayatullah berdiri pada tahun 1988, namun awalnya hanya berbentuk TK. TK tersebut terdiri dari 3 ruang kelas yang terletak di jalan Durian Selatan 1/6 Srondol Wetan, Banyumanik, Semarang. Pada waktu itu yang menjabat sebagai kepala sekolah adalah ustadzah Hj. Hidayati.

Pada tahun 2003 dengan berkembangnya zaman, berdiri pula Kelompok Bermain (KB). Berlanjut lagi dengan berdirinya Quran Baby School (QBS) atau setara dengan Tempat Penitipan Anak (TPA) pada April 2012.

Visi

PAUD Terpadu Islam Hidayatullah memiliki VISI “Membangun generasi yang genius, Obedient, Lead, dynamic (GOLD) dengan memadukan Dzikir,Fikir, dan Ikhtiar menuju insan khairul ummah”.

Misi

PAUD Terpadu Islam Hidayatullah memilki misi yaitu:
1. Mewujudkan KB-TK Islam Hidayatullah yang berbasis dakwah.
2. Menjadi KB-TK Islam Hidayatullah yang unggul berbasis imtaq dan ipteks sekaligus sebagai model
3. Membangun kebersamaan antar stakeholder secara komunikatif
4. Menjadikan KB-TK Islam Hidayatullah sebagai lembaga yang mendorong perbaikan berkelanjutan ( continous improvement).

Program unggulan

PAUD Terpadu Islam Hidayatullah memiliki program yang lebih diunggulkan dibanding sekolah lain, sebagai berikut:

• Mengenal nilai-nilai Islam sejak dini
• Mengenal dan mulai terbiasa dengan Do’a sehari-hari serta kalimat Tayyibah
• Mengenal huruf Hijaiyyah

• Mengenal berbakti kepada orang tua

• Mengenal baca, tulis, dan hitung dasar
• Siap bersekolah

PAUD Islam Hidayatullah mengintegrasikan pengetahuan umum dengan imtaq. Semua materi pelajaram di semua sentra selalu diintegrasikan dengan keimanan dan ketaqwaan sehingga anak bertambah pengetahuannya dan juga meningkat kecintaannya akan agamanya.

Pembelajaran menggunakan metode sentra dengan pendekatan STEAM dikombinasikan looseparts. Metode ini diadopsi dari Florida Amerika Serikat yang dipraktekkan dengan tambahan kreatifitas para guru. Sekolah juga mengadakan kegiatan Intra dan Ekstra Kulikuler yang bertujuan untuk menggali bakat dan minat yang ada pada anak.

Adapun pembelajaran pada program mengaji yang meliputi belajar membaca Al-quran, hafalan surat pendek, hadits dan doa-doa harian menggunakan metode UMMI dari UMMI foundation Surabaya.

PAUD Terpadu Islam Hidayatullah Semarang sebagian besar berupa gedung sekolah dan rumah penduduk dengan tingkat kebisingan yang rendah dan jarak dari jalan raya cukup jauh sehingga nyaman untuk kegiatan belajar mengajar.

PAUD Terpadu Islam Hidayatullah Semarang terletak di Jl. Bina Remaja Srondol Wetan Banyumanik Semarang dengan total luas 3.3752m² dan total luas bangunan adalah 1.500m², fasilitas penunjang lainnya Play ground seluas 1.000m².
Kondisi fisik PAUD Terpadu Islam Hidayatullah sangat memadai untuk menunjang aktivitas atau kegiatan belajar mengajar sehari-hari.