Jurnal Pembelajaran Topik Alam semesta #4

Dibuka PPDB Tahun Ajaran 2023/2024_Spesial Maret diskon 10%_ Manfaatkan segera

Topik: Alam Semesta

Pembelajaran dengan topik alam semesta mempunyai tujuan di antaranya untuk memperkenalkan ke siswa betapa Maha Agung Allah SWT dengan ciptaanNya, meningkatkan pemahamannya tentang keajaiban alam semesta, termasuk benda langit seperti planet, bintang, serta untuk mengembangkan rasa ingin tahu dan minat siswa terhadap ilmu pengetahuan.

Pembelajaran menggunakan model sentra dan dikemas dengan bermain. Model belajar ini sangat mengasyikkan, sehingga siswa merasa senang di sekolah. Terdapat beberapa sentra yang digunakan secara bergilir. Setiap kelompok akan berkesempatan menggunakan sentra yang ada sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Yuk! Lihat keseruan belajar mereka

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok B

B1 [Sentra Ibadah]

Suasana pagi yang cerah menyambut anak-anak Kelompok B1 di Sentra Ibadah. Mereka tampak tiba dengan semangat, siap untuk mengikuti aktivitas di sekolah. Setelah mengikuti ikrar, anak-anak diminta untuk bermain di luar kelas untuk menikmati udara segar dan bergerak sejenak sebelum memulai kegiatan pembelajaran. Mereka menikmati bermain di sentra ibadah, tempat yang nyaman dan aman untuk bermain. Ada beberapa permainan dan mainan yang telah disiapkan oleh bu guru dengan setting permainan kelompok.

Selanjutnya, anak-anak dipersilakan masuk ke dalam kelas. Di sana, mereka diberi tugas untuk membuat pohon dan langit dari kertas warna. Dengan antusiasme yang tinggi, mereka berusaha semaksimal mungkin untuk membuat karya seni yang indah dan kreatif. Tak lupa, mereka juga membantu merapikan kelas sebelum pulang. Anak-anak sangat senang dengan kegiatan di sekolah, karena mereka bisa bermain dan belajar dengan cara yang menyenangkan. Sentra Ibadah memang menjadi tempat yang baik untuk mengembangkan kreativitas dan kecerdasan anak-anak sejak dini.

bu difa

B2 [Sentra Balok]

Kelompok B2 di Sentra Balok benar-benar menikmati kegiatan di sekolah minggu ini. Mereka senang bermain dan belajar dengan teman-teman sebaya mereka, dan bahkan lebih senang karena proyek besar mereka akhirnya selesai. Semua anak terlibat dalam proyek ini dan mereka bekerja dengan keras untuk menyelesaikannya. Setelah selesai, mereka semua merasa bangga dan gembira dengan hasil karya mereka.

Kemudian, anak-anak mempresentasikan hasil karya mereka dengan bangga dan antusias. Mereka menunjukkan hasil karya mereka satu per satu dan menjelaskan apa yang mereka pelajari dalam membuatnya. Mereka juga bermain dengan senang hati, mengelilingi hasil karyanya dan menambahkan detail yang mereka pikirkan. Semua anak terlihat sangat senang dan bersemangat selama presentasi dan bermain.

Setelah selesai, anak-anak kemudian membantu merapikan balok kayu yang mereka gunakan. Mereka mengumpulkan balok sesuai dengan bentuk dan ukuran, dengan senang hati membantu satu sama lain dan bersama-sama menciptakan lingkungan belajar yang rapi dan bersih. Semua anak tampak bahagia dan puas dengan hasil karyanya serta kerja tim yang mereka lakukan bersama. Sentra Balok adalah tempat yang menyenangkan dan menyediakan banyak kesempatan untuk bermain, belajar, dan bekerja sama.

Bu fat

B4 [Sentra Peran]

Hari Senin menjadi hari yang menyenangkan bagi kelompok B4 di Sentra Peran. Mereka memulai hari dengan berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku dan berdiskusi tentang cerita yang ada pada buku tersebut. Selanjutnya, mereka berlatih bersama untuk persiapan pentas seni yang akan datang. Setiap anak menunjukkan kemampuan dan bakat mereka dengan berperan sebagai nelayan, pembeli, penjual, dan ibu.

Kegiatan B4 di sentra peran hari Selasa masih melanjutkan projek membuat TPI, membuat Ikan, membuat serok dan ember tepat ikan. Kegiatan hari berikutnya bermain melibatkan gambar-gambar yang menceritakan apa yang telah dilakukan oleh kelompok B4 di Sentra Peran. Anak-anak menunjukkan kreativitas mereka dalam menggambar, dan menunjukkan kebanggaan mereka dengan hasil karya tersebut. Setelah itu, mereka melakukan kegiatan rapi-rapi kelas, membantu satu sama lain dalam merapikan kelas dan menciptakan lingkungan belajar yang bersih dan nyaman.

Terakhir, kelompok B4 melakukan recalling tentang kegiatan yang telah mereka lakukan di Sentra Peran. Mereka memperbaiki kesalahan dan memperkuat pemahaman mereka tentang berbagai peran yang telah mereka mainkan. Kegiatan ini membantu anak-anak untuk memahami konsep-konsep yang telah dipelajari, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam bekerja sama sebagai tim. Sentra Peran memberikan kesempatan yang baik untuk mengembangkan bakat dan kreativitas anak-anak, sambil belajar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

bu dijah

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok A

DISKON 10% BULAN MARET. MANFAATKAN SEGERA

A1 [Sentra Ibadah]

Anak-anak A1 merasa senang dan antusias mengikuti kegiatan di Sentra Ibadah selama seminggu penuh. Mereka belajar kisah Nabi Ibrahim dan membuat replika istana Raja Namrud serta gua tempat Nabi Ibrahim. Anak-anak juga belajar untuk bekerja sama dalam merapikan kembali alat main mereka setelah selesai bermain.

Selama sepekan di Sentra Ibadah, anak-anak A1 juga belajar tentang nilai-nilai kebaikan dan kejujuran yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim. Dengan mengikuti kegiatan yang menyenangkan, anak-anak dapat belajar dan memahami nilai-nilai tersebut dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Kegiatan bekerja sama juga membantu anak-anak untuk belajar bekerja dalam tim dan saling membantu dalam merapikan kembali alat main mereka, sehingga mereka dapat membentuk lingkungan belajar yang bersih dan rapi.

bu ainun

A2 [Sentra Balok]

Kelompok A2 memulai hari Senin dengan kegiatan fisik motorik yang menyenangkan, yaitu melompat katak. Kegiatan tersebut diikuti dengan snacktime dan bercerita tentang liburan mereka. Keesokan harinya, kelompok A2 memutuskan untuk membuat tempat observasi bintang. Mereka membuat planetarium dan rooftop hotel dengan bekerja sama membangun balok.

Pada Rabu pekan itu, kelompok A2 memiliki jadwal ekstra berenang muslimah. Setelah kegiatan tersebut, kelompok A2 melanjutkan pembangunan balok yang dimulai pada hari sebelumnya dan menambahkan beberapa aksesoris pada balok tersebut. Di hari Kamis, kelompok A2 menggambar benda-benda langit yang ada di alam semesta. Setelah itu, mereka merapikan kembali balok-balok sesuai bentuk dan ukuran agar lingkungan belajar mereka tetap bersih dan rapi.

Dengan mengikuti berbagai kegiatan yang berbeda, kelompok A2 dapat memperoleh pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat. Kegiatan fisik motorik, membuat planetarium dan rooftop hotel, serta menggambar benda-benda langit semuanya berfungsi untuk membantu anak-anak mengembangkan kemampuan fisik, kreativitas, dan kognitif mereka. Selain itu, kegiatan merapikan kembali balok-balok mereka juga membantu anak-anak belajar untuk bekerja dalam tim dan membangun lingkungan belajar yang bersih dan rapi.

bu haning

A3 [Sentra Alam]

Kelompok A3 menghabiskan waktu yang menyenangkan di sentra alam dengan berbagai kegiatan menarik. Pada hari pertama, mereka mendengarkan cerita tentang “sinar matahari” dan membuat peta konsep untuk mengingatnya dengan lebih baik. Selanjutnya, mereka melakukan eksplorasi dan eksperimen tentang manfaat sinar matahari, hujan, cahaya pelangi, serta perbedaan antara siang dan malam. Anak-anak sangat antusias dalam kegiatan ini dan memperoleh banyak pengetahuan baru.

Pada hari kedua, kelompok A3 melanjutkan kegiatan eksplorasi dan eksperimen dari hari sebelumnya. Mereka bermain dengan air dan mempelajari pergerakan air. Anak-anak juga membuat peta konsep tentang proses siklus air. Setelah selesai bermain, mereka merapikan kembali area bermain untuk persiapan hari terakhir di sentra alam.

Hari terakhir di sentra alam dimulai dengan beres-beres area bermain dan membersihkan peralatan yang digunakan selama seminggu. Selanjutnya, mereka melakukan murojaah surah pendek dan hadits sebelum akhirnya kembali ke kelas. Anak-anak sangat senang dan bersemangat setelah menghabiskan waktu yang menyenangkan dan penuh pengetahuan di sentra alam.

bu ria

A4 [ Sentra Seni ]

Anak A4 menghabiskan satu minggu di Sentra Seni, di mana mereka melakukan berbagai kegiatan kreatif dan fisik. Pada hari pertama, mereka melakukan latihan fisik seperti memanjat tangga dan latihan keseimbangan, lalu dilanjutkan dengan bercerita tentang pagi mereka dan melakukan bedah buku dengan membahas cerita “Ollie Ingin ke Bulan”.

Pada hari kedua, anak A4 mulai melakukan eksplorasi kreatif dengan membuat roket dan pohon sebagai tempat tinggal burung hantu. Kegiatan kreatif ini dilanjutkan pada hari ketiga, di mana anak A4 membuat bentuk balon udara. Setelah selesai berkreasi, mereka juga merapikan mainan dan mengembalikannya ke tempat semula.

Pada hari terakhir di Sentra Seni, anak A4 melakukan kegiatan murojaah dengan menghafal surah pendek dan hadits. Selama seminggu, mereka telah belajar berbagai hal baru dan juga meningkatkan keterampilan kreatif mereka dengan berkreasi dan bermain. Semua kegiatan yang dilakukan di Sentra Seni membuat mereka merasa senang dan puas dengan hasil karyanya.

bu yani

A5 [ Sentra Peran]

Kelompok A5 sangat senang bermain di sentra peran selama sepekan. Pada hari kedua di sentra peran, anak-anak mulai memainkan perannya untuk berpetualang menggunakan balon udara. Mereka berimajinasi bahwa sedang terbang ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya dan menemukan hal-hal baru yang menarik. Selain itu, mereka juga belajar tentang bagaimana balon udara bisa terbang dan mengapung di udara.

Pada hari ketiga di sentra peran, anak-anak terus memainkan peran mereka dalam berpetualang dengan balon udara. Kali ini, mereka berimajinasi bahwa mereka harus bermalam di hutan dan menghadapi berbagai macam tantangan yang menegangkan. Anak-anak belajar tentang keterampilan bertahan hidup dan bagaimana bekerja sama sebagai tim untuk mengatasi masalah. Semua kegiatan ini membuat mereka semakin kreatif dan cerdas.

Di hari terakhir, kelompok A5 menghabiskan waktunya dengan beres-beres dan ekstra berenang. Anak-anak diajarkan untuk merapikan kembali tempat bermain mereka dan menyimpan peralatan dengan rapi. Selain itu, mereka juga berenang bersama di kolam renang dan menikmati keseruan bermain air. Semua kegiatan yang dilakukan di sentra peran membuat anak-anak kelompok A5 merasa senang dan puas dengan hasil yang mereka capai.

bu iva

Pembelajaran Kelompok Bermain Islam Hidayatullah

SPESIAL JANUARI-MARET DISKON 10%. MANFAATKAN SEGERA

Baca juga:  Jurnal Pembelajaran Topik Tanaman #Pekan 4

KB1 [Sentra Olah Tubuh dan Musik]

Anak-anak KB1 menghabiskan sepekan di sentra olah tubuh dan musik yang menyenangkan. Pada hari pertama, mereka mendengarkan cerita “Hati-Hati Jadi Penumpang” sebelum memulai bermain. Pada hari kedua, mereka memilih kelompok dan bersama-sama menghias mobil mainan dengan menempelkan roda, lampu, membuat jalan, dan memasang rambu-rambu. Kegiatan bermain ini meningkatkan kreativitas dan kerja sama di antara mereka.

Hari ketiga, kelompok KB1 melanjutkan bermain mobil-mobilan dan mulai memainkan alat musik seperti gitar, rebana, kincringan, angklung, dan alat musik perkusi. Mereka dengan penuh percaya diri tampil di atas panggung untuk memperlihatkan bakat musik mereka. Kegiatan ini membantu meningkatkan rasa percaya diri anak-anak dalam mengekspresikan diri dan juga meningkatkan keterampilan koordinasi dan motorik mereka.

Pada hari terakhir, anak-anak KB1 berolahraga untuk memperkuat tubuh mereka dan melakukan kegiatan merapikan mainan kembali ke tempatnya. Sepekan penuh di sentra olah tubuh dan musik memberikan pengalaman yang menyenangkan dan edukatif bagi anak-anak KB1, membantu mereka meningkatkan keterampilan motorik, kreativitas, kerja sama, serta kepercayaan diri.

bu husnul

KB 2 (Sentra Alam)

Pada kegiatan pembelajaran pekan ini, siswa KB 2 mengikuti kegiatan di sentra alam. Di hari pertama, siswa diajak mendengarkan cerita tentang Bandara. Dalam cerita tersebut, siswa dikenalkan dengan berbagai hal terkait bandara, seperti lingkungan bandara, cara naik pesawat di bandara secara aman, dan profesi yang ada di bandara dan pesawat. Beberapa siswa juga bercerita tentang pengalaman mereka naik pesawat atau berkunjung ke bandara sebelumnya. Kegiatan ini berhasil membangkitkan semangat siswa dan membuat mereka tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang dunia transportasi.

Pada hari berikutnya, siswa KB 2 bermain di sentra alam secara berkelompok. Terdapat tiga kelompok, masing-masing terdiri dari 3-4 siswa. Kelompok pertama bermain dengan membentuk pesawat dari plastisin, mereka diinstruksikan untuk berkreasi dan berimajinasi sesuai dengan keinginan mereka. Beberapa siswa menambahkan manik-manik sebagai aksesoris pada sayap pesawat mereka. Kelompok kedua membuat pesawat dari kertas bentuk geometri yang ditempelkan pada kertas gambar. Sedangkan kelompok ketiga membangun bandara di atas pasir kering. Kegiatan bermain ini memungkinkan siswa untuk berimajinasi dan mengembangkan kreativitas mereka.

Pada hari terakhir, siswa KB 2 bergantian bermain di sentra alam dengan membuat pesawat atau bermain di atas pasir kering. Kegiatan bergantian ini memiliki tujuan untuk melatih siswa dalam berbagi, bersosialisasi, dan mengembangkan empati satu sama lain. Seluruh siswa terlihat senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran ini.

Secara keseluruhan, kegiatan pembelajaran di sentra alam dengan topik transportasi pesawat ini berhasil memberikan pengalaman baru dan menyenangkan bagi siswa KB 2. Kegiatan ini juga mendorong siswa untuk berimajinasi dan berkreasi, serta melatih mereka dalam hal berbagi dan berempati. Diharapkan kegiatan semacam ini dapat terus diadakan untuk membantu siswa dalam pengembangan kreativitas dan kecerdasan mereka.

bu Silvi

KB 3 (Sentra Peran)

Anak-anak KB3 menghabiskan waktu yang menyenangkan di Sentra Peran selama sepekan. Pada hari pertama, mereka mendengarkan cerita “Terminal” dan diberi informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya. Pada hari kedua, anak-anak menghias bus dengan menggunakan kertas, spidol, kertas krep, dan lainnya. Setelah menghias bus, mereka membuat jalan yang akan dilalui oleh busnya. Anak-anak menggunakan balok dan kardus serta busa hitam untuk membuat jalan dan rambu-rambu lalu lintas, serta membangun taman dan bangunan di pinggir jalannya.

Pada hari ketiga, anak-anak KB3 bermain peran. Ada yang berperan sebagai sopir bus, penumpang, penjual tiket, dan pedagang makanan. Anak-anak juga melakukan aktivitas seperti shalat dan membeli makanan di pedagang saat menunggu bus. Setelah bermain peran, anak-anak merapikan peralatan main yang telah digunakan.

Hari terakhir di Sentra Peran, anak-anak KB3 berolahraga dan bermain di luar ruangan. Mereka berlari, meniti, dan memindahkan bola. Anak-anak juga merapikan mainan ke tempat semula. Dengan kegiatan yang menyenangkan dan beragam di Sentra Peran, anak-anak KB3 dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam bermain peran dan berkolaborasi dengan teman-teman mereka.

BU UMAI

KB 4 (Sentra Balok)

Anak-anak KB 4 sangat senang dengan kegiatan di sentra balok. Pada hari Senin, mereka mengaji bersama dan mendengarkan cerita tentang stasiun. Cerita ini membuat anak-anak semakin antusias untuk belajar dan membangun stasiun kereta api di hari berikutnya. Pada hari Selasa, mereka menunjukkan kreativitas dan keahlian mereka dengan membangun stasiun kereta api di sentra balok. Mereka menggunakan balok kayu untuk membuat bangunan stasiun, rel kereta api, dan bahkan kereta api itu sendiri. Anak-anak belajar tentang bagaimana membangun sebuah struktur yang kokoh dan tahan lama dengan balok kayu yang tersedia. Mereka juga belajar tentang berbagai jenis kereta api yang ada di dunia dan bagaimana kereta api digerakkan di atas rel. Dengan kegiatan yang menyenangkan ini, anak-anak KB 4 dapat mengembangkan keterampilan mereka dalam membangun dan berkreasi dengan balok kayu.

Kegiatan di sentra balok memang sangat menyenangkan bagi anak-anak KB 4. Selain belajar mengenai struktur bangunan, mereka juga dapat membangun kreativitas mereka sendiri dengan membuat berbagai macam bentuk dari balok kayu. Anak-anak sangat antusias ketika belajar membangun stasiun kereta api, dan mereka senang melihat hasil akhir dari karya mereka. Selama bermain dengan balok kayu, anak-anak juga belajar tentang kebersihan dan keteraturan. Mereka diajarkan untuk merapikan balok kayu mereka setelah selesai bermain, sehingga lingkungan sekitar selalu bersih dan tertata dengan rapi. Dengan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat ini, anak-anak KB 4 dapat mengembangkan berbagai keterampilan dan nilai positif yang penting untuk masa depan mereka.

bu samsi

Taman Pengasuhan Anak [TPA] / Qur’anic baby school [QBS]

Baca juga:  Jurnal Pembelajaran Topik Diriku: Pekan Bergembira Bersama Teman

QBS berkegiatan puncak tema Jeruk

Anak-anak Quranic Baby School pekan ini tengah sibuk dengan kegiatan puncak tema, yang kali ini mengangkat topik tentang buah jeruk, salah satu tanaman yang banyak mengandung vitamin dan dianggap sebagai karunia Allah SWT. Sebagai taman pengasuhan anak yang berkualitas, Quranic Baby School selalu memberikan kegiatan yang menarik dan bermanfaat bagi perkembangan anak-anak.

Kegiatan puncak tema kali ini diisi dengan berbagai aktivitas menarik, diantaranya adalah cooking class, dimana anak-anak diajak untuk belajar memasak berbagai hidangan yang menggunakan buah jeruk sebagai bahan utama. Mereka belajar bagaimana cara memilih buah jeruk yang baik, membersihkannya, dan mengolahnya menjadi hidangan yang lezat dan sehat.

Selain cooking class, ada pula kegiatan lain seperti pemilihan buah jeruk terbaik, membuat kreasi seni dari buah jeruk, dan lain-lain. Semua kegiatan ini bertujuan untuk membantu anak-anak mengenal lebih dalam tentang buah jeruk dan manfaatnya bagi kesehatan, serta mengembangkan kreativitas dan keahlian mereka dalam memasak dan berkreasi.

Quranic Baby School memang menjadi pilihan tepat bagi para orangtua dalam mengembangkan kemampuan anak-anak tercinta. Dengan pendekatan yang baik dan penuh kasih sayang, para guru di Quranic Baby School selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk perkembangan anak-anak. Semoga kegiatan puncak tema ini dapat memberikan pengalaman yang berkesan dan bermanfaat bagi anak-anak Quranic Baby School.

Makan

Setiap hari, siswa di sekolah menerima makanan sebagai asupan penting untuk menunjang kebutuhan gizi mereka. Menu makanan di sekolah berubah setiap hari untuk memenuhi selera anak-anak. Selama makan, siswa diajarkan etika makan dan diberi kesempatan untuk mandiri dalam menyiapkan makanan mereka sendiri. Selain itu, siswa juga didorong dan dimotivasi untuk menyukai buah dan sayuran sehingga mereka bisa memperoleh nutrisi yang lebih seimbang dan sehat.

Dengan memberikan asupan makanan yang sehat, sekolah memastikan bahwa siswa mendapatkan energi dan nutrisi yang cukup untuk belajar dengan baik dan berkembang secara fisik dan mental. Selain itu, melalui pembiasaan etika makan yang benar dan kebiasaan makan buah dan sayuran, siswa diharapkan dapat mengembangkan pola makan sehat dan gaya hidup yang seimbang sepanjang hidup mereka.

BU IIN {KEPALA SEKOLAH}

Program Mengaji Kelompok Bermain

Baca juga:  TK ABA 57 Surabaya dan Guru-Guru IGTKI Jogjakarta Berguru pada TK Islam Hidayatullah: Memahami Penerapan Kurikulum Merdeka untuk Pendidikan Berkualitas

Program mengaji TK

Pengajaran mengaji untuk TK, selain membaca buku jilid, siswa juga juga dikenalkan dengan hafalan doa harian, hadits, dan surat pendek. Program hafalan minggu ini untuk TK A: Menghafal surat Al Kafirun, melancarkan hadits keindahan dan doa bangun tidur, TK B : Evaluasi hafalan hadits, doa dan beberapa surat pendek yang telah diajarkan sebelumnya.

Khusus TK B ada tambahan materi salat dan murojaah bersama hafalan surat pendek.

BU DIYAN [KOORDIANTOR BAQ]

Prestasi Mengaji Pekan Ini

Ekstrakurikuler

 Ekstakurikuler KB

 Renang

PAUD Islam Hidayatullah memiliki kolam renang sendiri. Program renang kelompok bermain, TK A, dan TK B bergiliran waktuya sesuai jadwal yang telah disusun. Renangnya antara muslimin dan muslimah dibedakan waktunya. serunya lagi, berenangnya didampingi ibu guru dan instruktur renang profesional loh.

PERISTIWA

Semangat latihan operet

Anak-anak PAUD Islam Hidayatullah tengah sibuk melakukan latihan operet untuk pentas seni akhir tahun pembelajaran. Operet kali ini akan mengangkat kisah spesial tentang Ashabul Kahfi. Dengan semangat yang tinggi, para guru pun memberikan pelatihan yang intensif kepada para siswa sejak bulan Februari lalu.

Tampak anak-anak begitu antusias dalam mengikuti latihan tersebut, dibimbing dengan penuh kasih sayang dan dedikasi oleh para guru. Mereka mempersiapkan segala sesuatunya dengan sungguh-sungguh agar dapat memberikan penampilan terbaik pada saat pentas nanti.

Dalam operet ini, anak-anak akan membawakan kisah tentang Ashabul Kahfi, yang menjadi inspirasi bagi banyak umat Islam. Kisah ini akan disajikan dengan cara yang menarik dan penuh makna, sehingga dapat menginspirasi dan memberikan pelajaran berharga bagi para penonton.

Meski masih beberapa bulan lagi sebelum pentas akhir tahun, anak-anak PAUD Islam Hidayatullah sudah bersiap dengan matang. Mereka telah menentukan bulan Mei 2023 sebagai waktu pelaksanaan pentas, yang tentunya akan menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua pihak. Semoga operet ini dapat menjadi suatu karya seni yang indah dan berkesan bagi semua penonton yang hadir nanti.

Ya, Saya mau dapat diskonnya…

tk-islam-hidayatullah-semarang

Disusun oleh tim humas PAUDIH

#Paud Islam Hidayatullah #Paud Terbaik Semarang # Paud Islam Terbaik # TK Islam Hidayatullah # TK Terbaik Semarang # TK Islam Terbaik Semarang #TK Islam terdekat # rekomendasi TK Terbaik Semarang # TK Islam terbaik di Semarang Timur # TK terdekat dari lokasi saya # SD Islam Hidayatullah # SMP Islam Hidayatullah # SMA Islam Hidayatullah

Jurnal Pembelajaran Topik Alam semesta #4

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *