“Anak-Anak TK Islam Hidayatullah Menjelajahi Alam Semesta di BPTIK Dikbud Jawa Tengah: Serunya Menikmati Wahana Edukasi!”

Pada hari Senin, 20 Maret 2023, anak-anak TK Islam Hidayatullah mengadakan kegiatan puncak tema alam semesta dengan mengunjungi Badan Pengembangan Teknologi dan Informasi Dikbud (BPTIK Dikbud) Jawa Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan pembelajaran topik alam semesta yang sebelumnya mereka lalui selama beberapa pekan. Dengan adanya kunjungan ini juga diharapkan anak-anak makin bertambah pengetahuan dan pengalaman barunya tentang alam semesta.

Kegiatan diawali dengan perjalanan kurang lebih setengah jam dari sekolah menuju lokasi BPTIK Dikbud Jateng. Anak-anak tiba di lokasi sekitar pukul 8.30 WIB dan langsung diarahkan ke aula oleh panitia kegiatan. Koordinator wisata edukasi BPTIK Dikbud Bapak Ujang Rahmat, S.H. dalam sambutan memberikan pesan yang menginspirasi bahwa belajar bisa dilakukan di mana saja. Setelah itu, beliau mengijinkan anak- anak menikmati tour berbagai wahana edukasi yang tersedia.

Anak-anak kemudian dibagi menjadi empat kelompok dan masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk menikmati wahana edukasi yang telah disediakan. Kelompok A1 dan A2 diberikan kesempatan untuk mengenal alat radio dan dunia broadcaster. Sementara itu, kelompok A3 hingga A5 diberikan kesempatan untuk mengamati bintang-bintang dan planet-planet di langit menggunakan teropong bintang.

Kelompok B1 dan B2 mendapatkan kartu bergambar khusus yang bisa discan untuk memunculkan penjelasan tentang fungsi seperti dalam gambar. Sedangkan kelompok B3 dan B4 diajak menonton film di bioskop yang membahas tentang planet dan tata surya.

Anak-anak bergiliran menikmati setiap wahana edukasi yang diberikan dengan antusias. Mereka beralih dari satu wahana ke wahana lainnya dengan penuh semangat. Ada yang merasa senang karena bisa tahu studio radio, ada yang merasa terkagum-kagum saat melihat salah satu benda langit melalui teropong, dan ada pula yang sangat terkesan dengan film mengenai susunan galaksi Bima sakti yang ditonton di bioskop. Mereka juga bisa mendapat kesempatan untuk menikmati wahana virtual reality yang menyajikan pengalaman menonton video tata Surya dengan lebih nyata.

Baca juga:  Ide Liburan di Rumah Agar Anak Tetap Aktif dan Kreatif

Setiap wahana edukasi memberikan pengalaman baru serta pengetahuan yang lebih luas tentang alam semesta. Kegiatan ini diharapkan dapat memicu minat anak-anak untuk belajar lebih dalam tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dokumentasi TK A

Kegiatan yang diadakan oleh TK Islam Hidayatullah ini sangat mendukung pengembangan pendidikan di Indonesia, terutama dalam hal penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Diharapkan kegiatan semacam ini dapat diadakan secara berkala untuk memperluas wawasan dan pengetahuan anak-anak di Indonesia.

Dokumentasi TK B

tk-islam-hidayatullah-semarang
tk-islam-hidayatullah-semarang
Penulis: tim humas PAUDIH
“Anak-Anak TK Islam Hidayatullah Menjelajahi Alam Semesta di BPTIK Dikbud Jawa Tengah: Serunya Menikmati Wahana Edukasi!”

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *