Jurnal Pembelajaran Tema Binatang #Pekan 1

Tema: Binatang / sub tema: binatang air

Alhamdulillah, pembelajaran tema binatang sudah dimulai. Tujuan pembelajaran tema binatang dengan sub tema binatang air di antaranya agar siswa mampu menghargai dan menyayangi binatang air sebagai makluk ciptaan Allah, memiliki pengetahuan berbagai macam binatang yang hidup di air.

PAUD Islam Hidayatullah memiliki layanan pendidikan Kelompok bermain (KB), Taman Kanak-kanak (TK), Taman pengasuhan anak (TPA/QBS), serta Full day senantiasa mengedepankan pendidikan moral dan agama. Materi pendidikan nilai-nilai kehidupan beragama teraplikasikan dalam setiap ragam belajar.

Pembelajaran menggunakan model sentra dan dikemas dengan bermain. Model belajar ini sangat mengasyikkan, sehingga siswa merasa senang di sekolah. Terdapat beberapa sentra yang digunakan secara bergilir. Setiap kelompok akan berkesempatan menggunakan sentra yang ada sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Yuk! Lihat keseruan belajar mereka

Pembelajaran TK B

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah text-1.gif

B1 [Sentra Seni]

Kegiatan B1 di sentra peran di antaranya mengamati salah satu binatang air yaitu kura-kura. Hari berikutnya permainan semakin menantang dengan berkreasi membuat kolam kura-kura. Kreasi dilanjutkan dengan membuat kura-kura, seru sekali. Di sesi berbeda mereka juga tidak sekedar mengamati, namun juga berani memasukkan kura ke kolam.

bu difa

B2 [Sentra Peran]

Kelompok B2 mengawali tema baru dengan outing ke Balai Benih Ikan di Siwarak, ..asyiiik. Kegiatan bermain di sentra peran masih seputar ikan. “Yuk beternak ikan, kita siapkan kolam ikannya “. kata peternak cilik B2.”Kita panen dan jual ikannya dipasar ikan, wah uangku jadi banyak,” kata penjual ikannya. Selain itu, ada juga yang berperan sebagai koki di restoran ikan, ia sedang berkegiatan memasak olahan ikan. Alhamdulillah. Anak- anak senang dengan permainannya.

bu fat

B3 [Sentra Alam]

Kegiatan bermain B3 di antaranya membuat kolam ikan, “bentuknya persegi panjang ya “. Mereka juga mengamati langsung berbagai macam Ikan dengan observasi ke balai pembibitan benih ikan. “Ayo .. kita tangkap ikannya”, Wah.. ada yang menangkap ikan..” Hore aku berhasil”. Mereka juga dibiasakan bertanggung jawab , seperti membersihkan tempat bermain dan merapikan kembali tempat bermainnya.

Bu ima

B4 [Sentra Ibadah]

Kegiatan B4 di hari pertama melakukan kunjungan langsung ke balai benih ikan (BBI ) Siwarak, Ungaran. Hari berikutnya bermain di sentra Ibadah, salah satu kegiatannya mendengarkan cerita Nabi Yunus, dan melakukan kegiatan sholat Dzuhur berjamaah. Pada hari yang berbeda mereka bermain membangun kapal nabi Yunus, membuat lautan untuk berlayarnya kapal, dan membuat paus Nabi yunus.

bu dijah
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah kartun-guru-gif-1.gif

Pembelajaran TK A

A1 [Sentra Alam]

Kelompok A1 Outing class ke balai benih ikan UPTD Siwarak. “Wah..dapat pengalaman berharga pastinya”. Mereka juga berkegiatan mencari peta konsep dari dengan menyaksikan video berjudul ” frozo si katak usil. Kegiatan dilanjutkan dengan bermain membuat kreasi habitat ikan.

bu aINUN

A2 [Sentra Seni]

Kegiatan pertama A2 pada tema binatang yaitu melakukan kunjungan ke Balai Benih Ikan Siwarak, Ungaran. Mereka berkeliling, melihat pembudidayaan ikan. “Banyak sekali ikannya”. Kegiatan berikutnya di sentra seni , mereka bergotong royong membuat laut buatan sebagai habitat ikan yang hidup dilaut. Hari selanjutnya masih meneruskan dan melengkapi project permainan sebelumnya, yaitu berkreasi membuat ikan yang ada dilaut dengan berbagai macam media.

Selain itu mereka juga berkegiatan fisik motorik loh. “Wah, seru sekali memasukkan bola ke dalam keranjang!”. Permainannya dilakukan secara bergantian. Ekstrakulikuler yang diikuti A2 pekan ini adalah permainan clay . Permainan ini bermanfaat untuk mengembangkan motorik halus. Topik ekstrakurikuler clay pekan ini sesuai dengan pembelajaran binatang air, mereka membentuk clay menjadi binatang yang ada di laut seperti ikan nemo, lumba-lumba, ubur-ubur, dan lain-lain. …Senangnya.

bu haning

A3 [Sentra Peran]

Kelompok A3 Outing class di awal topik binatang air. Mereka melihat realita sesungguhnya bagaimana pembudidayaan ikan sebagai salah satu binatang air. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pengalaman dan pengetahuan bagi mereka. Kegiatan bermain di sentra peran masih seputar binatang air. Mereka asyik memainkan peran pilihannya. Ada yang memancing, menangkap ikan, menjual ikan dan membeli ikan. Kegiatan bermain dilanjutkan dengan menemukan Ide gagasan di hari pertama kegiatan proyek, membuat tempat di manakah ikan bisa hidup? Sesi akhir proyek mereka memasak & pesta bakar ikan. Setelah bermain, mereka juga dibiasakan bertanggung jawab, di antaranya dengan bekerjasama beres-beres setelah bermain.

bu ria

A4 [Sentra Ibadah]

Tema binatang di awali dengan Outing class Observasi ke Balai Benih Ikan. Kelompok A4 melihat pembudidayaan ikan. Jadi tahu dan tambah pengalaman deh!

Kegiatan bermain dilanjutkan dengan bekerjasama membuat kapal. Kegiatan berikutnya juga semakin menantang, mereka bermain secara kelompok bersama membuat kreasi paus dari tenda, serta mengetahui bagaimana perjalanan dakwah Nabi Yunus

BU YANI

A5 [Sentra Balok]

Sebelum memulai kegiatan di sentra balok dengan topik binatang, anak-anak A5 terlebih dahulu berkunjung di Balai Benih Ikan Siwarak Ungaran untuk observasi. Kegiatan bermain hari pertama di sentra balok, yaitu mulai menentukan ingin membangun apa di permukaan laut. Hari kedua mereka sudah antusias untuk mulai membangun bangunannya. Kegiatan anak-anak semakin menantang dengan menggambarkan bangunan yang sudah selesai dibuatnya.

Pekan ini jadwal A5 berenang…senangnya mereka! Berenangnya antara anak muslim berbeda hari dengan anak muslimah… Subhanallah. Ada Bu guru renang profesional juga yang mengajari loh.

bu iva

Pembelajaran KB

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah text-1.gif

KB1 [Sentra Alam]

Hari pertama bermain disentra alam, anak2 mendengarkan buku cerita yang berjudul “Anggota tubuh mulut”.
Mereka nampak fokus mendengarkan cerita. Teman-teman KB1 bekerjasama untuk membuat replika penampang mulut. Ada yang menggunting kertas, ada yang membuat gigi dari kertas yang diremas kecil-kecil, dan ada yang menempel gigi dari batu karang. Hari ke-3 dilanjut bermain disentra alam. Teman-teman melanjutkan Membuat replika penampang mulut yang kemarin sudah mereka buat. Alhamdulillah hari ini sudah jadi replikanya. Terakhir bermain disentra alam, teman2 belajar mengenal rasa. Mengenal rasa gula, garam, asam dan kopi. Ada yang langsung mencicipi rasanya, ada juga yang menyeduhnya dengan air hangat.

Bu Husnul

KB 2 [Sentra Peran]

Kegiatan KB2 di sentra peran di antaranya bermain kartu huruf hijaiyah, kemudian membuat kreasi bola, sama yang dimainkan oleh tokoh Oemar yang ada pada buku cerita. Kegiatan bermain dilanjutkan dengan bermain kelompok bekerja sama membuat bola dari berbagai macam bahan seperti kertas, busa, dan kain. Di hari berbeda mereka bermain berbagai peran, salah satu perannya seperti berperan sebagai anggota keluarga yang sedang beraktivitas. Ada yang beraktivitas memasak dan juga ada yang sedang makan bersama.

bu silvi

KB 3 [Sentra Balok]

Hari pertama di sentra balok teman-teman KB 3 belajar membangun rumah Yopi yang ada di buku cerita ” Bangunan Istimewa Yopi”. Hari berikutnya mereka melanjutkan membangun rumah nya. Keseruan bermain di sentra balok berlanjut di hari berbeda, bangunan rumah Yopi semakin bagus seperti yang ada di buku cerita ” Bangunan Istimewa yopi”.

bu rifa

KB 4 [Sentra Olah Tubuh dan Musik]

Hari Senin KB 4 bermain di sentra olah tubuh dan musik . Tampak Hasna, Bintang, dan Rasya sedang bermain bola bowling bersama. Hari Selasa mereka membuat halang rintang bersama-sama . Kegiatan bermain di Hari Rabu masih bermain secara kelompok, yaitu melanjutkan permainan membuat halang rintang. Permainan menantang ini memang seru, kegiatan ini dilanjutkan di hari berikutnya.

bu samsi
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah text-1.gif

Makan

Siswa setiap hari selama bersekolah mendapat makan. Makan ini menjadi asupan penting menunjang kebutuhan gizi siswa. Menu makan setiap hari berganti disesuaikan dengan selera anak-anak. Saat proses makan, siswa dibiasakan adab makan dan mandiri dalam menyiapkan kebutuhan penyajian makannya. Selain itu siswa juga senantiasa didorong serta dimotivasi untuk bisa menyenangi buah dan sayuran.

BU IIN {KEPALA SEKOLAH}

Mengaji Buku Jilid & Hafalan doa, hadits, surat pendek

Alhamdulillah, program mengaji di sekolah berjalan dengan baik. Semua siswa hebat dan berkembang sesuai tahapannya. Terlaksananya kegiatan ini pastinya tak lepas dari peran wali siswa. Dukungan dan pendampingan beliau-beliau di rumah dengan tetap sesuai petunjuk dari sekolah membuat siswa semakin maksimal perkembangannya.

Selain membaca buku jilid, siswa juga juga dikenalkan dengan , hafalan doa harian, hadits, dan surat pendek. Program hafalan minggu ini untuk TK A: Menghafal surat An nas/hadits jangan marah. TK B : Menghafal niat sholat Dzuhur dan melancarkan Surat Al Fiil. Khusus TK B ada tambahan materi cara ber-wudhu dan solat.

BU DIYAN [KOORDIANTOR BAQ]

Prestasi Mengaji Pekan ini

Materi mengaji KB mengenal huruf A-Ja, untuk hafalannya melancarkan surat Al Fatihah dan hadits kasih sayang

BU PIPIT & BU RIFa

Wudhu dan sholat TK B 

Senam

Senam merupakan salah satu program untuk stimulasi hidup sehat dan juga melatih fisik motorik siswa. Program ini diberikan setiap Jumat pagi.  

HOL SEMUA JENJANG

 Ekstrakurikuler TK

Baca juga:  Saatnya Refreshing!

PAUDIH memiliki program ekstrakurikuler sebagai wahana dalam rangka memfasilitasi pengembangan bakat dan minat peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler bisa memberikan dampak positif diantaranya untuk memperluas pengalaman bersosialisasi, praktik keterampilan berkomunikasi, dan internalisasi nilai-nilai karakter. selain itu kegiatan ekstrakurikuler juga menjadi wahana rekreatif bagi siswa, yaitu dilakukan dalam suasana gembira dan menyenangkan, sehingga suasana ini menunjang proses perkembangan potensi/kemampuan personal peserta didik.

Kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan untuk TK yaitu: cooking class, bermain dan berkreasi clay, angklung, nasyid, menari dan renang

 Renang

Program renang kelompok bermain, TK A dan B bergiliran waktuya sesuai jadwal yang telah disusun. Renangnya antara muslim dan muslimah dibedakan waktunya. serunya lagi, berenangnya didampingi ibu guru dan instruktur renang profesional loh.

 Ekstrakurikuler KB

 Ekstrakurikuler KB

Ekstrakurikuler kelompok bermain juga seru, ada bermain sensori motor, menari, berenang

 Peristiwa

Kunjungan Pak Ganjar dan Ibu Sri dari pauddikdasmen kemdikbud untuk melihat kesiapan implementasi kurikulum merdeka di PAUD Islam Hidayatullah (PAUDIH). Alhamdulillah, PAUDIH dinyatakan sudah siap mengimplementasikan kurikulum merdeka.
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 200w.gif

Butuh info PPDB?

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah tanda-panah-ke-bawah-1.gif
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 4a8461_1c6ebd5cf3c44576b07fcf5964f1891d_mv2.gif
GRATIS. PROGRAM TRIAL CLASS (Syarat & Ketentuan berlaku)

#Paud Islam Hidayatullah #Paud Terbaik Semarang # Paud Islam Terbaik # TK Islam Hidayatullah # TK Terbaik Semarang # TK Islam Terbaik Semarang #TK Islam terdekat # rekomendasi TK Terbaik Semarang # TK Islam terbaik di Semarang Timur # TK terdekat dari lokasi saya # SD Islam Hidayatullah # SMP Islam Hidayatullah # SMA Islam Hidayatullah

Jurnal Pembelajaran Tema Binatang #Pekan 1

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *