Ada Pelajaran Saling Memaafkan Dalam Kegiatan Halal Bihalal PAUDIH 1443H

PAUDIH NEWS– Setelah melewati masa libur lebaran, kini saatnya anak-anak PAUD Islam Hidayatulah kembali bersekolah. Hari pertama di sekolah anak -anak diberikan kegiatan yang masih berkaitan dengan lebaran.

“Siapa yang tahu nama Nabi kita? Tanya Bu Iin. “Muhammad”. Jawab sebagian anak -anak.

“Benar sekali, Muhammad nama nabi kita,”

“Nabi Muhammad jika ada orang bicara siap mendengarkan, memperhatikan tidak bicara sendiri,” terang Bu Iin lagi dalam sambutannya untuk memahamkan anak-anak agar bisa kondusif.

“Jadi teman-teman, tiru Nabi kita yang jika ada orang bicara memperhatikan, tidak mainan sendiri.” Lanjut Bu Iin.

Selain itu Bu Iin juga menerangkan bahwa Nabi Muhammad itu pemaaf, bila ada yang menyakitinya lahir maupun batin, Nabi Muhammad ikhlas memaafkan. Lalu diberikan juga contoh-contoh perbuatan yang menyakiti orang lain baik lahir maupun batin, dan keharusan untuk meminta maaf.

Sambutan Bu Iin merupakan rangkaian dari kegiatan halal bihalal di sekolah. Kegiatan diikuti dari semua jenjang dari kelompok bermain dan TK.

Setelah sambutan kepala sekolah, Anak-anak diajak takbiran, bersholawat bersama dan menyanyikan lagu lebaran. Suara anak-anak yang sudah hafal pun menyeruak mengikuti irama yang mengiringi.

Sebagaimana tujuan awal untuk memberikan pengetahuan tentang makna lebaran dan pentingnya saling memaafkan, selanjutnya anak-anak diajak praktek untuk bermaaf-maafan dengan guru dan teman-teman nya. Namun sebelum nya anak-anak diberikan pengetahuan tentang etika bermaafan dengan orang tua termasuk guru.

Bersama guru-guru, selanjutnya anak-anak pun bermushofahah. Diawali kepala sekolah, para guru kemudian diikuti anak-anak.

Cuci tangan
Selesai bersalaman, anak-anak diminta mencuci tangan. Anak-anak dengan tertib mengantri dan secara bergantian membersihkan tangannya.

Makan Bersama
Menambah semarak acara halal bihalal, sekolah menyediakan jajanan khas lebaran. Anak- anak tampak riang dan menikmati jajanan tersebut. silih berganti anak- anak mengambil kue kering dan aneka jajanan lainnya.

Baca juga:  Memantik Adrenalin! Gathering LPI Hidayatullah 2023

Pelengkap kegiatan halal bihalal, anak-anak disajikan makanan opor ayam. Menu spesial ini menjadi sarapan untuk menambah keceriaan suasana lebaran di sekolah. Keceriaan suasana lebaran di sekolah ini tentu bisa menjadi pengalaman dalam merayakan idul Fitri bersama guru-guru dan teman-teman sekolahnya.

Kegiatan diatas juga bisa disaksikan melalui saluran Instagram PAUD ISLAM HIDAYATULAH.


Ada Pelajaran Saling Memaafkan Dalam Kegiatan Halal Bihalal PAUDIH 1443H
Tag pada:            

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *