Jurnal Pembelajaran Tema Diriku #Pekan 5

Tema: Diriku

Alhamdulillah, pembelajaran tema diriku sudah dimulai. Tema merupakan topik yang menjadi payung untuk mengintegrasikan seluruh konsep dan muatan pembelajaran melalui kegiatan main dalam mencapai kompetensi dan tingkat perkembangan yang diharapkan.

PAUD Islam Hidayatullah memiliki layanan pendidikan Kelompok bermain (KB), Taman Kanak-kanak (TK), Taman pengasuhan anak (TPA/QBS), serta Full day senantiasa mengedepankan pendidikan moral dan agama. Materi pendidikan nilai-nilai kehidupan beragama teraplikasikan dalam setiap ragam belajar. Pembelajaran menggunakan model sentra dan dikemas dengan bermain. Model belajar ini sangat mengasyikkan, sehingga siswa merasa senang di sekolah. Terdapat beberapa sentra yang digunakan secara bergilir. Setiap kelompok akan berkesempatan menggunakan sentra yang ada sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Yuk! Lihat keseruan belajar mereka

Pembelajaran TK B

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah text-1.gif

B1 [Sentra Balok]

Kelompok B1 pekan ini bermain di sentra balok. Kegiatannya diantaranya mendengar cerita buku tentang kapal, bermain membangun pelabuhan, membuat kapal penyelamat dan akhir kegiatan melengkapi bangunan pelabuhannya.

bu difa

B2 [Sentra Seni]

Kelompok B2 pekan ini mendapat jadwal berenang, wah..senangnya. Kegiatan seru lainnya di sentra seni berkreatifitas dari bahan bekas (tempat sampah,/tong sampah, kursi). Kemudian ada juga berkreatifitas seni musik dan suara dengan botol bekas aneka biji dan batu kerikil (perkusi). Anak-anak tampak senang karena telah berhasil menyelesaikan kreatifitasnya. “Alhamdulillah sudah selesai alat musikku”

bu fat

B3 [Sentra Peran]

Asyiknya kelompok B3 bermain di sentra peran. Mereka menikmati pilihan perannya masing-masing. “Alhamdulillah indahnya bergotong royong, mempersiapkan setting bermain peran”, “Horee… Aku menjadi penjual es krim”, Pak guru antar ke rumah sekalian ya, kata pak guru Alif. Selain itu mereka juga latihan sholat dhuhur berjamaah loh.

Bu ima

B4 [Sentra Alam]

Kelompok B4 pekan ini bermain di sentra alam. berbagai permainan menantang mereka lakukan di sentra ini. Seperti membuat cat alami dari bahan buah dan sayur untuk mengecat rumah Ru, kemudian mereka bekerjasama membangun rumah “Ru”, eksperimen mencampur warna, membuat warna baru untuk mencat rumah “Ru”. Menyenangkan.

bu dijah
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah kartun-guru-gif-1.gif

Pembelajaran TK A

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah text-1.gif

A1 [Sentra Balok]

Sebelum bermain, anak-anak mengikuti SOP Masuk sentra yang di pimpin oleh kapten kelas. Di sentra balok, mereka berkegiatan membangun rumah dan sekolah. Hari berikutnya mereka masih bermain mikro, aktifitas di rumah dan di sekolah. Adapun Kegiatan hari terakhir menggambar bangunan yang di buat. Sebelum meninggalkan sentra, mereka juga dibiasakan untuk merapikan balok ketempat semula.

bu aINUN

A2 [Sentra Alam]

Hari Senin, kelompok A2 bermain di sentra alam mengeksplorasi benda-benda yang ada disekitar lalu bekerjasama membuat laut dan pantai. Hari Selasa, mereka berkreasi membuat teropong dan kapal untuk digunakan bermain di laut dan pantai yang sebelumnya dibuat bersama-sama. Beberapa anak bermain membentuk pasir dengan berbagai macam cetakan dipasir pantai. Selain itu, di hari berbeda mereka juga berkreasi membuat alat optik seperti lup (kaca pembesar), kacamata, dan teropong dengan berbagai macam media.

bu haning

A3 [Sentra Seni]

Bermain di sentra seni diawali dengan peta konsep cerita. Kemudian kegiatan bermain A3 membuat proyek bentuk kereta & lintasannya. Kegiatan bermain diteruskan di hari berikutnya. Wah..asyik sekali. Proyek lintasan kereta api semakin bagus. Hari keempat di sentra seni alhamdulillah proyek lintasan kereta sudah jadi.

bu ria

A4 [Sentra Peran]

Kelompok A4 pekan ini bermain di sentra peran. Kegiatan bermain diawali dengan mensetting tempat bermain. Selain itu mereka juga berkegiatan fisik motorik berjalan di atas papan titian. Mereka juga belajar shalat subuh berjamaah loh. “Asyiknya bermain peran belanja bahan yang mau dimasak”.

BU YANI

A5 [Sentra Ibadah]

Kelompok A5 bermain di Sentra Ibadah, di hari pertama anak-anak membuat es krim menggunakan playdough. Hari kedua beberapa anak A5 ada yang menjual dan membeli es krim yang sudah dibuat. Hari ketiga anak-anak bekerjasama membuat es krim di pabrik es krim. Di hari keempat, anak-anak membuat kartu ekspresi mereka sesuai suasana hati anak hari ini. Senangnya..

bu iva

Pembelajaran KB

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah text-1.gif

KB1 [Sentra Olah Tubuh & Musik]

Hari pertama bermain di sentra olah tubuh dan musik, teman-teman mendengarkan cerita dari buku yang berjudul “Bernyanyilah Robin”.
Setelah itu mereka berdiskusi tentang isi buku cerita dan kegiatan main yang akan dimainkan bersama. Hari berikutnya mereka mulai membuat halang rintang.
Mereka mengambil tali, beberapa kursi dan galon. Dengan bekerjasama mereka mengaitkan tali tersebut ke kursi dan galon.
“Jadilah halang rintang tali” kata mereka. Hari selanjutnya mereka memainkan halang rintang yang telah dibuat kemarin.
Namun, ada sedikit kendala talinya selalu bergeser.
Nadin dan nazla meminta bantuan Narella untuk duduk dikursi agar talinya tidak bergeser.
“Wah seru sekali mainnya”. Teman-teman KB1 melanjutkan kegiatan berdasarkan buku cerita yaitu persiapan lomba menari dan menyanyi.
Mereka berlatih menari dan bernyanyi bersama.

bu husnul

KB 2 [Sentra Alam]

Sentra alam menjadi tempat bermain KB2 pekan ini. Kegiatan bermain diawali dengan mendengarkan cerita edukatif tentang mulut. Senangnya membuat hasil karya bagian bibir (lidah dan gigi) ciptaan Allah SWT. Selanjutnya mereka berkreasi membuat bagian mulut , dan juga melukis ekspresi wajahku. Kegiatan seru selanjutnya yaitu bermain dengan topik “Lidahku ciptaan Allah untuk merasakan rasa, Aku bisa membuat dan merasakan rasa minumanku.”

bu silvi

KB 3 [Sentra Peran]

Kegiatan bermain KB3 di sentra peran diantaranya mendengarkan cerita tentang Omar Tidak Menangis Lagi. Hari berikutnya mereka membuat bola dari bahan-bahab yang disediakan seperti kertas, kain, plaster, dan lain-lain. Seru sekali.

bu umai

KB 4 [Sentra Balok]

Anak-anak kB4 senantiasa dibiasakan adab-adab islami dalam berbagai kegiatan. Seperti pada hari Senin ini mereka antri dan berdoa sebelum masuk kamar mandi. Kegiatan bermain di Hari Selasa KB 4 membuat bangunan rumah Yopi di sentra balok. Hari Rabu masih di sentra balok, mereka melanjutkan membangun rumah Yopi bersama kelompoknya. Hari Kamis Haziq menggambarkan rumah Yopi yang sudah dibuat bersama Rasya dan Haykal.

bu samsi
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah text-1.gif

Makan

Siswa setiap hari selama bersekolah mendapat makan. Makan ini menjadi asupan penting menunjang kebutuhan gizi siswa. Menu makan setiap hari berganti disesuaikan dengan selera anak-anak. Saat proses makan, siswa dibiasakan adab makan dan mandiri dalam menyiapkan kebutuhan penyajian makannya. Selain itu siswa juga senantiasa didorong serta dimotivasi untuk bisa menyenangi buah dan sayuran.

BU IIN {KEPALA SEKOLAH}

Mengaji Buku Jilid & Hafalan doa, hadits, surat pendek

Alhamdulillah, program mengaji di sekolah berjalan dengan baik. Semua siswa hebat dan berkembang sesuai tahapannya. Terlaksananya kegiatan ini pastinya tak lepas dari peran wali siswa. Dukungan dan pendampingan beliau-beliau di rumah dengan tetap sesuai petunjuk dari sekolah membuat siswa semakin maksimal perkembangannya.

Selain membaca buku jilid, siswa juga juga dikenalkan dengan , hafalan doa harian, hadits, dan surat pendek. Program hafalan minggu ini untuk TK A: Menghafal surat An nas. TK B : Menghafal Surat Al Fiil. Khusus TK B ada tambahan materi cara ber-wudhu dan solat.

BU DIYAN [KOORDIANTOR BAQ]

Prestasi Mengaji Juli 

Prestasi Mengaji Agustus 

Prestasi Mengaji Sepetember [pekan 2]

Baca juga:  Tamu istimewa dari Grobogan studi banding di PAUDIH

Materi mengaji KB mengenal huruf A-Ja, untuk hafalannya melancarkan surat Al Fatihah serta menambah hafalan hadits kasih sayang

BU PIPIT & BU RIFa

Wudhu dan sholat TK B 

Senam

Senam merupakan salah satu program untuk stimulasi hidup sehat dan juga melatih fisik motorik siswa. Program ini diberikan setiap Jumat pagi.  

HOL SEMUA JENJANG

 Ekstrakurikuler TK

PAUDIH memiliki program ekstrakurikuler sebagai wahana dalam rangka memfasilitasi pengembangan bakat dan minat peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler bisa memberikan dampak positif diantaranya untuk memperluas pengalaman bersosialisasi, praktik keterampilan berkomunikasi, dan internalisasi nilai-nilai karakter. selain itu kegiatan ekstrakurikuler juga menjadi wahana rekreatif bagi siswa, yaitu dilakukan dalam suasana gembira dan menyenangkan, sehingga suasana ini menunjang proses perkembangan potensi/kemampuan personal peserta didik.

Kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan untuk TK yaitu: cooking class, bermain dan berkreasi clay, angklung, nasyid, menari dan renang

 Renang

Program renang kelompok bermain, TK A dan B bergiliran waktuya sesuai jadwal yang telah disusun. Renangnya antara muslim dan muslimah dibedakan waktunya. serunya lagi, berenangnya didampingi ibu guru dan instruktur renang profesional loh.

 Ekstrakurikuler KB

 Ekstrakurikuler KB

Ekstrakurikuler kelompok bermain juga seru, ada bermain sensori motor, menari, berenang

 Peristiwa

Pekan ini PAUDIH menerima tamu dari IGTKI-PGRI Ujungpangkah, Gresik, Jawa Timur sebanyak 50 orang. Adapun tujuan diadakan kunjungan tersebut adalah untuk studi banding Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang telah diterapkan di PAUDIH. Sebagai salah satu perwujudan misi menjadi lembaga model dan unggul berbasis imtak dan iptek, sekaligus mengikuti sunah rasulullah dalam menerima tamu, maka kehadiran mereka disambut dengan sebaik-baiknya.
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 200w.gif

Butuh info PPDB?

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah tanda-panah-ke-bawah-1.gif
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 4a8461_1c6ebd5cf3c44576b07fcf5964f1891d_mv2.gif

#Paud Islam Hidayatullah #Paud Terbaik Semarang # Paud Islam Terbaik # TK Islam Hidayatullah # TK Terbaik Semarang # TK Islam Terbaik Semarang #TK Islam terdekat # rekomendasi TK Terbaik Semarang # TK Islam terbaik di Semarang Timur # TK terdekat dari lokasi saya # SD Islam Hidayatullah # SMP Islam Hidayatullah # SMA Islam Hidayatullah

Baca juga:  Mengatasi Tantrum pada Anak dengan Efektif: Panduan dan Tips

Jurnal Pembelajaran Tema Diriku #Pekan 5

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *