Jurnal Pembelajaran Topik Lingkungan

Terima kasih orang baik. Mereka Terbantu

Topik: Lingkungan

Pembelajaran dengan topik lingkungan mempunyai tujuan di antaranya agar siswa bisa tumbuh kesadaran dan kepekaan terhadap lingkungan, memiliki pengetahuan dan pemahaman tentangnya, turut peduli terhadap lingkungan dan termotivasi untuk meningkatkan atau mempertahankan kualitasnya.

Pembelajaran menggunakan model sentra dan dikemas dengan bermain. Model belajar ini sangat mengasyikkan, sehingga siswa merasa senang di sekolah. Terdapat beberapa sentra yang digunakan secara bergilir. Setiap kelompok akan berkesempatan menggunakan sentra yang ada sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Yuk! Lihat keseruan belajar mereka

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok B

B1 [Sentra Seni]

Pekan ini anak- anak berkreasi membuat rumah ollie si burung pungguk. Tidak hanya itu, mereka juga bermain bersama membuat pesawat. Kegiatan bermain di sentra seni terus berlanjut dengan membuat lingkungan perkotaan. Menggunakan media kerdus serta pernik lainnya mereka tampak asyik berkreatifitas bersama mengembangkan imajinasinya.

Pada waktu yang berbeda anak- anak menceritakan kembali buku cerita Ollie. Tampak salah seorang anak membaca buku dan yang lain menyimaknya. Kegiatan berikutnya adalah bermain dan berkreatifitas membuat roket untuk ollie.

bu difa

B2 [Sentra Peran]

Sentra peran menjadi tempat bermain B2 pekan ini. Setingnya kali ini lingkungan taman/bukit untuk kegiatan main peran out bound dan berkemah. Setelah siap, mereka bermain peran Outbound dan juga berkemah. Tampak keseruan bermain bersama. Ada yang lagi seru-seruan naik bis rame-rame.

Wah! Sudah tiba jam makan. Sebelum makan kita cuci tangan dulu. “Ayo cuci tangan”. Fira mengingatkan teman-temannya untuk cuci tangan.

Mereka pun berjalan dengan tertib menuju ke wastafel. Secara bergantian membersihkan tangannya menggunakan sabun dan air.

“Kita istirahat makan dulu di bukit ya”.

Alhamdulillah! sudah selesai waktunya bermain, mereka pun bekerjasama merapikan kembali tempat mainnya.

bu fat

B3 [Sentra Alam]

Sentra alam menjadi tempat bermain kelompok B3 pekan ini. Dengan projek lingkungan pegunungan, siswa bereksplorasi, bereksperimen dan berkolaborasi, saling gotong royong,menyatukan ide gagasan menjadi karya lingkungan pegunungan yang dilakukan secara bertahap selama 2 pekan. Dari kegiatannya siswa menemukan masalah dalam bermain dan menemukan solusi kreatif untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Ananda Alif semula menjalankan mobilnya mengitari danau di sekitar pegunungan, ” ah capai ini terlalu jauh…Sebaiknya aku membuat jembatan saja di danau, biar lebih cepat sampai” kata Alif.

Kemudian ia meletakkan stik es krim, karena terapung, iapun memasukka kerikil sebagai dasar, kemudian meletakkan stik es krim diatas kerikil.” Nah…. Berhasil” serunya.

Ananda yang lain pun turut merasakan kegembiraan bermain di sentra alam. Mereka bereksplorasi menggunakan imajinasinya. Media yang telah disiapkan dan diseting sesuai topik dimainkan bersama untuk menyelesaikan projek yang telah disepakati.

bu ima

B4 [Sentra Ibadah]

Kelompok B4 pekan ini bermain bersama membuat pasar dan membuat mahkota raja. Dalam permainan pasar yang menyenangkan itu mereka asyik sekali berperan sebagai penjual dan pembeli. Saat bermain membuat kreasi mahkota raja juga tak kalah seru, dengan daya kreativitas dan imajinasi yang tinggi anak-anak mampu memanfaatkan bahan yang ada lalu membentuknya menjadi sebuah mahkota.

Hari berikutnya masih bermain membuat pasar. Pada kesempatan berbeda mereka juga membentuk sesuatu menggunakan plastisin. Permainan ini sangat menantang dan bisa mengembangkan kekuatan motoriknya. Mereka juga melanjutkan kreasi membentuk mahkota raja, mahkotanya kini semakin bagus karena ditambahkannya berbagai aksesoris.

Hari selanjutnya kelompok B4 bermain peran dengan cerita Kisah Ashabul Kahfi Pemuda Salih Penghuni Gua. Kemudian mereka berdiskusi tentang kegiatan yang telah berlangsung di sentra ibadah. Setelah waktu bermain selesai, teman-teman pintar sudah terbiasa merapikan kelas setelah sehabis digunakannya.

bu dijah

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok A

DISKON 10% BULAN JANUARI. MANFAATKAN SEGERA

Baca juga:  Jurnal Pembelajaran Tema Diriku #Pekan 5

A1 [Sentra Seni]

Kelompok A1 pekan ini bermain membuat projek lingkungan pegunungan. Dalam projek ini teman-teman mengenal lingkungan pegunungan, mengetahui perbedaan gunung dan bukit.

Mereka juga mengikuti kegiatan cerita di hari Senin. Kegiatan dilanjutkan bermain bersama teman dan bekerjasama menyelesaikan projek. Kegiatan yang dilakukan secara kelompok mempunyai banyak manfaat di antaranya memberi stimulus agar siswa lebih berani berdiskusi, menyampaikan pendapat, menghargai pendapat orang lain, dan menghasilkan output yang baik dalam pembelajaran

Kalau mau naik ke gunung naik apa ya?….Mari berkemah, kita siapkan tenda dan peralatannya. Wah…Serunya bermain di sentra seni.

bu ainun

A2 [Sentra Peran]

Hari pertama di sentra peran kelompok A2 melihat video “Al dan Zu Berpetualang Mendaki Gunung”. Mereka sangat antusias sekali saat melihat video bersama-sama. Hari kedua di sentra peran, kelompok A2 bermain peran mendaki gunung. Mereka asyik berbagi peran. Ada yang membangun tenda dan membuat api unggun untuk bermalam di gunung.

Hari ketiga di sentra peran, kelompok A2 melanjutkan main perannya. Mereka membuat api unggun dan membakar jagung, telur, terong, dan lainnya untuk dinikmati bersama saat berkemah di pegunungan. Pada hari terakhir di sentra peran kegiatannya melanjutkan main perannya berpetualang mendaki gunung.

Kelompok A2 melakukan ibadah sholat berjamaah dan makan bersama di perkemahan lalu merapikan makanan dan tenda untuk turun gunung. Setelah selesai bermain peran, kelompok A2 merapikan kembali alat mainnya bersama-sama.

bu haning

A3 [Sentra Ibadah]

Hari pertama bermain di sentra ibadah menyenangkan bagi anak-anak. Mereka bermain bersama sesuai arahan dan media yang disediakan guru. Kegiatan hari berikutnya anak-anak berkegiatan fisik motorik dan dilanjutkan dengan bedah buku cerita. Dari buku ini kemudian anak-anak membuat projek gua Hira. Gua Hira merupakan tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT melalui Malaikat Jibril. Selain itu anak-anak juga membuat projek kota makkah tempat suci umat Islam untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah.
Anak-anak Mengurutkan yang sama dan dilanjutkan rapi-rapi serta membereskan mainan setelah waktu bermain selesai.
Pekan ini anak-anak mendapat ektrakurikuler membentuk dengan clay. Kegiatan ini bermanfaat mengembangkan daya kreatifitas dan menstimulasi motorik mereka.

bu ria

A4 [Sentra Balok]

Fisik motorik berjalan melewati jembatan tali. Kegiatan ini memiliki berbagai manfaat dari kegiatan di antaranya melatih perkembangan motorik kasar, belajar keseimbangan, serta mengasah koordinasi mata dengan kaki.

Liburan bagi anak memiliki beragam cerita. Ada yang di rumah, ada yang bepergian, dan juga ada yang berkegiatan seru lainnya. mereka berkesempatan untuk menceritakan pengalaman liburannya di sesi cerita liburanku.

Pada waktu yang berbeda teman-teman A4 menonton video Petualangan di Musim Panas Shimajiro.

Pekan ini anak anak giliran main di sentra balok. Sentra balok adalah sentra yang mengutamakan permainan rancang bangun. Sentro balok mempunyai jenis kegiatan main yaitu membangun balok, berman peran dengan balok dan menggambar. Di sentra ini anak-anak membuat bangunan yang sesuai dengan minatnya.

Anak muslimah pekan ini terlebih dahulu mengikuti kegiatan intrakurikuler berenang. Mereka semangat berangkat lebih awal dan membawa pakaian renang dari rumah. Renangnya didampingi Bu guru dan diajari guru renang profesional. Pada hari dan waktu yang telah ditentukan, giliran anak muslimin berenang.

Ketika bermain anak-anak begitu menikmati. Mereka bereksplorasi di kegiatan mainnya. Setelah itu mereka menggambar bangunan yang dibuat.

Setelah selesai bermain, merekapun sudah terbiasa merapikan alat main ke tempat semula. Dalam rangka mengembangkan kemampuan literasi, anak-anak juga diljinkan melakukan peminjaman buku ke perpustakaan. Mereka bisa memilih buku cerita kesukaannya,

bu yani

A5 [Sentra Alam]

Hari pertama di sentra alam anak-anak menonton video bersama. Setelah itu mereka mulai membuat proyek secara berkelompok. Bermain membantu mereka untuk tumbuh kuat dan sehat, menjadi individu yang independen dan percaya diri, membantu perkembangan mental, serta mengurangi stres.

Pada hari berikutnya anak-anak melanjutkan proyeknya. Mereka berbagi tugas agar melengkapi dan memanfaatkan media yang adas.

Pekan ini anak muslimah mengikuti ekstra renang. Mereka bersemangat dengan berangkat lebih membawa baju renangnya. di kolam renang anak-anak dilatih guru renang profesional dan didampingi juga bu guru kelas.

Setelah proyek selesai dibuat, anak-anak gotong royong merapikan dan membersihkan sentra alam.

Hari Jumat anak-anak mengikuti ekstra angklung.

bu iva

Pembelajaran Kelompok Bermain (KB) Islam Hidayatullah

SPESIAL JANUARI-MARET DISKON 10%. MANFAATKAN SEGERA

Baca juga:  Jurnal Pembelajaran Topik Tanaman #Pekan 5

KB1 [Sentra Peran]

Hari pertama bermain di sentra Peran diawali dengan membaca buku cerita yang berjudul “Bumi tempat tinggal kita”. Kemudian anak-anak berdiskusi untuk menentukan kegiatan yang akan dilaksanakan esok hari. Sesuai dengan buku cerita, anak-anak sepakat besok akan membangun Kota, desa, dan sungai. Mereka memilih kelompok sendiri dan memilih daerah yang akan dibangun esok hari.

Hari kedua, teman-teman bermain sesuai dengan kelompok dan daerah yang telah mereka pilih kemarin. Kelompok kesatu membuat daerah Kota, ada gedung tinggi, Yaman, dan jalan raya.
Kelompok kedua membuat daerah desa, mereka bekerjasama membuat sawah dengan menyusun tanaman padi yang telah mereka buat. Sedangkan pada kelompok ketiga membuat sungai, mereka menyusun beberapa balok yang menyerupai sungai, sebagai airnya mereka menambahkan kain warna biru muda dan ikan. “.

Kegiatan di hair ketiga teman-teman memerankan peran di masing-masing daerah. Yang di Kota berjual beli sayur dan buah. Di desa berperan menjadi seorang petani yang sedang merawat tanaman padinya. Di sungai berperan memancing ikan.

BU HUSNUL

KB 2 (Sentra Balok)

Pada pembelajaran Minggu ke 3 di semester 2 ini, KB 2 bermain di sentra balok. Hari pertama siswa mendengarkan cerita bintang emas. Cerita buku emas mengenai sebuah planet yang kedinginan datang kepada Bintang Besar untuk berbagi sinar.

Namun, Bintang Besar menolaknya dan tidak mau membagikan sinarnya. Akan tetapi, sebuah Bintang Kecil melambaikan tangannya kepada si Planet dan mempersilahkan si Planet duduk di dekatnya untuk berbagi sinar. Kemudian datang beberapa planet lainnya kepada si Bintang Besar untuk meminta sinarnya. Namun bintang besar menolak semua planet untuk di dekatnya. Ada Bintang kecil yang bersedia menemani planet-planet untuk memberikan kehangatan, akhirnya bintang kecil punya banyak teman. Bintang kecil tersebut adalah sang matahari.Setelah mendengarkan cerita, maka siswa diberi pijakan bermain balok dan memilih kelompoknya untuk membangun planetarium.

Pada hari kedua siswa membangun balok, mereka mengembangkan kreativitasnya untuk membangun planetarium dengan menggunakan berbagai ukuran dan jenis balok.

Lalu di hari ketiga, siswa melanjutkan membangun balok dan menambahkan aksesoris seperti planet, tanaman, pom-pom, mobil, orang, yg tanaman, dll. Setelah bangunan jadi, siswa menceritakan bangunannya, dan memainkan balok tersebut.

Dihari keempat, siswa menggambar balok yang telah dibangun dan menceritakan gambarnya. Siswa merapikan balok ketempatnya semula.

bu Silvi

KB 3 (Sentra Balok & Sentra Olah Tubuh dan Musik)

Hari Senin KB3 mendengarkan buku yang berjudul “Matahari”. Hari kedua, anak-anak diajak bermain fisik motorik di halaman seperti melompat, berlari, dan berjalan. Selain itu anak-anak juga diajak untuk melihat/mencari matahari. Karena langit sedang mendung, anak-anak berkata kalau mataharinya tidak kelihatan karena tertutup awan dan karena mau hujan. “Hari ke tiga, anak-anak bermain bersama, bernyanyi, menari, dan bermain musik. Dengan beberapa lagu seperti menanam jagung, matahari bersinar, dan pelangi.
Anak-anak bermain dengan seru dan bahagia.” Hari keempat anak-anak membuat kreasi roket dari kardus, tali, gelas plastik dan kertas minyak.

bu umai

KB 4 (Sentra Alam)

Pada hari Senin KB 4 mendengarkan cerita dari buku tentang awan putih kecil di sentra alam. Berdasar cerita dari buku tersebut nantinya anak-anak akan berkegiatan di kelas. Kegiatan di Hari Selasa KB 4 membuat kreasi awan. Mereka mengambil media dan membuat kreasi awan sesuai imajinasi masing-masing. Pada hari berikutnya mereka membuat daerah yang terkena hujan di sentra alam .

bu samsi

Taman Pengasuhan Anak [TPA] / Qur’anic baby school [QBS]

Baca juga:  Panduan Membaca Buku Jilid Metode Ummi
Kegiatan puncak tema anak-anak TPA Islam Hidayatullah

PPDB 2023/2024

Spesial Januari mendapat diskon 10%

Yuk daftarkan putra-putri ayah bunda segera

Makan

Siswa setiap hari selama bersekolah mendapat makan. Makan ini menjadi asupan penting menunjang kebutuhan gizi siswa. Menu makan setiap hari berganti disesuaikan dengan selera anak-anak. Saat proses makan, siswa dibiasakan adab makan dan mandiri dalam menyiapkan kebutuhan penyajian makannya. Selain itu siswa juga senantiasa didorong serta dimotivasi untuk bisa menyenangi buah dan sayuran.

BU IIN {KEPALA SEKOLAH}

Program Mengaji Kelompok Bermain

Program mengaji TK

Pengajaran mengaji untuk TK, selain membaca buku jilid, siswa juga juga dikenalkan dengan hafalan doa harian, hadits, dan surat pendek. Program hafalan minggu ini untuk TK A: Menghafal surat Al lahab, TK B : Menghafal surat At Takatsur.

Khusus TK B ada tambahan materi salat.

BU DIYAN [KOORDIANTOR BAQ]
Anak adzan dalam kegiatan pembiasaan salat berjamaah di musholla

Prestasi Mengaji Pekan Ini

Ekstrakurikuler

 Ekstakurikuler KB

 Renang

PAUD Islam Hidayatullah memiliki kolam renang sendiri. Program renang kelompok bermain, TK A, dan TK B bergiliran waktuya sesuai jadwal yang telah disusun. Renangnya antara muslimin dan muslimah dibedakan waktunya. serunya lagi, berenangnya didampingi ibu guru dan instruktur renang profesional loh.

 Peristiwa

UCAPAN TERIMA KASIH

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Alhamdulillah, Terima kasih kami sampaikan kepada bapak/ibu/ wali siswa dan keluarga besar PAUD Islam Hidayatullah  atas  donasi  yang diberikan untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah banjir di kota/kab Semarang.

Atas dukungannya penggalangan donasi berupa uang terkumpul sebesar *Rp 5.650.000* 

Donasi barang dan uang telah disalurkan oleh LPI Hidayatullah ke beberapa titik yang terkena musibah.

*Teriring do'a:
Ajarokallahu fiimaa a'thoita wa baraarokallhu fiimaa abqoita waj 'alahulaka thohuran, birohmatika yaa arhamarroohimiin

Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang telah dikeluarkan  dan memberkahi atas harta yang masih di sisakan dan menjadi pembersih dari setiap dosa.Aamiin 

Semoga Allah SWT memberikan ganti kebaikan dan keberkahan yang melimpah, profesi yang berkah, usaha yang lancar, serta keturunan yang sholih dan sholihah.
Aamiin_Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh_

KKG Grobogan studi banding ke PAUDIH

PAUDIH sebagai lembaga pendidikan profesional dan telah ditunjuk menjadi sekolah penggerak sangat terbuka dan tidak segan belajar ataupun berbagi ilmu. Untuk peningkatan mutu dan pelayanan….BACA BERITA LENGKAPNYA KLIK!

Ya, Saya mau dapat diskonnya…

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah tanda-panah-ke-bawah-1.gif
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 4a8461_1c6ebd5cf3c44576b07fcf5964f1891d_mv2.gif

#Paud Islam Hidayatullah #Paud Terbaik Semarang # Paud Islam Terbaik # TK Islam Hidayatullah # TK Terbaik Semarang # TK Islam Terbaik Semarang #TK Islam terdekat # rekomendasi TK Terbaik Semarang # TK Islam terbaik di Semarang Timur # TK terdekat dari lokasi saya # SD Islam Hidayatullah # SMP Islam Hidayatullah # SMA Islam Hidayatullah

Jurnal Pembelajaran Topik Lingkungan

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *