Pentas Seni Siswa Ajang Melatih Kepercayaan Diri

PAUDIH NEWS– Memiliki anak yang percaya diri merupakan harapan setiap orang tua.Kepercayaan diri anak di sini tentunya bukan yang berlebihan, namun anak yang menjadi dirinya sendiri, berani mengungkapkan pendapat dan teguh pada pendirian serta tidak merasa minder atas dirinya. Memfasilitasi hal tersebut, PAUD Islam Hidayatulah mengadakan pentas seni virtual pada Hari Sabtu (14/05/2022). Pentas seni diadakan secara virtual karena agenda ini sudah dijadwalkan jauh-jauh hari dan saat itu belum diketahui kapan pandemi akan berakhir.

Meski ditayangkan secara virtual, acara pentas seni tetap berjalan maksimal. Acara dari awal hingga akhir relatif bisa dinikmati dengan baik. Siswa-siswi yang mengikuti acara melalui aplikasi daring zoom menyaksikan penampilan kelompoknya masing-masing. Penampilan dibagi perkelompok sehingga setiap siswa bisa berekspresi dalam pentas tersebut. Karakter anak yang unik dan berkembang sesuai tahapannya membuat ekspresinya pun makin menggemaskan.

Pentas seni kali ini mengambil tema “Selamatkan laut kita”. Pentas ini merupakan drama musikal yang diperankan siswa-siswi. Setelah melalui beberapa latihan sejak awal semester 2 lalu, selanjutnya pengambilan gambar dilakukan oleh tim shooting. Tim shooting merupakan tim yang profesional untuk menghasilkan rekaman yang baik. Saat pengambilan gambar siswa-siswi berakting menggunakan kostum karakter warna-warni yang menambah hidup cerita.

Penampilan keren siswa-siswi dalam ajang seni virtual ini bisa disaksikan melalui link berikut:

Menurut ketua acara Bu Dijah yang juga diaminkan guru senior Bu Etty, kegiatan pentas seni memang menjadi momen menumbuhkan kepercayaan diri siswa. Siswa diberikan ruang untuk menumbuhkan potensinya dengan mengikuti pentas seni. Melalui latihan yang dibimbing oleh guru dan dukungan orang tua siswa akhirnya memperoleh kemampuan sehingga siap untuk memainkan perannya.

Baca juga:  Jurnal Pembelajaran Tema Binatang #Pekan 2

Sebuah video dengan kreativitas tinggi pun berhasil diwujudkan. Melalui proses editing yang menakjubkan dengan sentuhan animasi 3 dimensi membuat siswa-siswi yang berperan di dalamnya menyatu menjadi tontonan yang apik.

Penayangan pentas seni dilakukan di studio SMP Islam Hidayatulah. Atas ijin Allah, kerja keras guru-guru PAUDIH dibantu tim IT yang sudah berpengalaman membuat kegiatan hari ini berjalan lancar. Pentas seni diikuti semua jenjang dari TPA (QBS), Kelompok Bermain dan TK.

LATIHAN PERSIAPAN PENTAS HUBBUL QURAN

Guru-guru mengarahkan anak-anak

Di sisi lain, pekan kedua Bulan Mei ini siswa-siswi kelompok B PAUD Islam Hidayatulah juga melakukan latihan persiapan hubbul Qur’an. Acara hubbul Qur’an yang akan dilaksanakan pada 28 Mei 2022 mendatang merupakan rasa syukur serta ajang untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran Al Quran.

Latihan hubbul Qur’an diantaranya dari baris berbaris, cara berjalan dan murojaah hafalan, tampilan kelas diantaranya nasyid. Meski penuh tantangan, para guru tetap semangat mengarahkan siswa-siswinya agar bisa sesuai yang diharapkan.

Baris berbaris merupakan latihan berjalan ketika masuk ke atas panggung. Tampak guru-guru aktif agar siswa-siswi bisa tertib sesuai arahan.

“Belajar bersabar seperti sabarnya Rasulullah ya teman-teman,” kata Bu Maryam saat mengingatkan siswa-siswi yang mulai tidak sabar berebut berjalan.
“Dengarkan arahan Bu Guru,” Lanjutnya.

Persiapan uji publik

Masih dalam kegiatan yang sama, para siswa pun juga berlatih untuk persiapan uji publik. Uji publik merupakan kegiatan untuk mengetahui perkembangan mengaji siswa-siswi. Program mengaji siswa-siswi diantaranya adalah belajar membaca Alquran, hafalan surat pendek, hafalan hadits dan doa-doa harian. Program mengaji ini nanti akan ditampilkan di acara hubbul quran. Latihan dilakukan untuk meningkatkan keterampilan sehingga siswa-siswi diharapkan makin siap di acara nanti.

Berlatih nasyid

Memeriahkan acara hubbul Qur’an juga ada tampilan nasyid. Nasyid dibawakan oleh beberapa kelompok. Kelompok yang bertugas membawakan nasyid terlihat giat berlatih bersama gurunya. Nasyid adalah bernyanyi membawakan lagu-lagu islami. Lagu-lagu islami yang dikemas dalam nasyid merupakan ekstrakurikuler dalam rangka memfasilitasi minat dan bakat siswa-siswi sekaligus melatih kepercayaan dirinya.

Pentas Seni Siswa Ajang Melatih Kepercayaan Diri

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *