Jurnal Pembelajaran Tema Binatang #Pekan 2

Tema: Binatang / sub tema: binatang air

Alhamdulillah, pembelajaran tema binatang sudah dimulai. Tujuan pembelajaran tema binatang dengan sub tema binatang air di antaranya agar siswa mampu menghargai dan menyayangi binatang air sebagai makluk ciptaan Allah, memiliki pengetahuan berbagai macam binatang yang hidup di air.

Pembelajaran menggunakan model sentra dan dikemas dengan bermain. Model belajar ini sangat mengasyikkan, sehingga siswa merasa senang di sekolah. Terdapat beberapa sentra yang digunakan secara bergilir. Setiap kelompok akan berkesempatan menggunakan sentra yang ada sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Selamat Datang di PAUD Islam Hidayatullah : TPA/QBS || Full Day || Kelompok Bermain || TK

Yuk! Lihat keseruan belajar mereka

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok B

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah text-1.gif

B1 [Sentra Peran]

Permainan B1 di sentra peran masih seputar binatang air. Permainnya seru dan mengasyikkan, diantaranya membuat hiasan pada tulisan pasar ikan, berkreasi membuat roda truk. Mereka juga bermain peran sebagai penjual dan pembeli di pasar. Kegiatannya membeli ikan di pasar ikan. Selain itu ada kegiatan bermain memperbaiki truk pengangkut ikan.

bu difa

B2 [Sentra Alam]

Senangnya B2 bermain di sentra alam. Permainannya masih tentang binatang air. Anak sholih-sholikhah B2 bereksplorasi membuat kolam dan sungai tempat hidup ikan. “Kita alirkan airnya ke kolam yuk”. Sebelum meneruskan proyek kolam ikan dan sungai, kita olah raga yuk! Olah raganya memantulkan bola. “Wah…masih ingin bermain tetapi waktunya harus berakhir, kita berlatih bertanggungjawab dengan membiasakan merapikan permainan setelah selesai bermain”, “Kita rapikan bersama yuk alat main kita, Alhamdulillah kita diberi kekuatan sama Allah”.

bu fat

B3 [Sentra Ibadah]

Kegiatan bermain fisik motorik B3 di play ground sekolah yang luas memang seru. “Alhamdulillaah Allah memberiku kesehatan dan kekuatan, aku bisa memanjat menggantung dan bergelayut”. Setelah itu kita berkegiatan di sentra ibadah. Topiknya masih seputar air dan binatangnya, kali ini membuat laut, kapal dan ikan paus berdasarkan buku cerita Nabi Yunus. “Ayo kita buat lautnyanya dulu ya…Alhamdulillaah… kapal, paus dan negeri ninawa sudah jadi”. Kita juga bertanggungjawab dengan bergotong royong merapikan kembali perlengkapan berkreativitas yang telah selesai digunakan.

bu ima

B4 [Sentra Balok]

Asyiiik…Giliran B4 bermain di sentra balok pekan ini. Kegiatan bermainnya diawali dengan mendengarkan cerita “Kerang si pemilik dua cangkang” . Setelah itu dilanjutkan dengan membuat rencana untuk kegiatan besok dan mengidentifikasi alat bahan yang kurang. Hari berikutnya mereka bermain menyusun balok seputar cerita yang telah didengar. Kegiatan bermain balok memang seru dan menantang. Mereka kembali meneruskan proyeknya dengan menambahkan kreasi baloknya, ada yg menambahkan layar pada kapal, ada yang membuat kerang, ada yang membuat lampu kapal, ada yang membuat laut, dan ada yang membuat pancingan. Di hari yang berbeda, mereka menggambar dan menceritakan hasil karyanya. Anak-anak juga dibiasakan bertangguingjawab dengan mengelompokkan balok dan merapikan kembali ditempatnya.

bu dijah
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah kartun-guru-gif-1.gif

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok A

Trial class Gratis* (*S & k berlaku)

Trial Class Gratis. Tempat terbatas,amankan kursinya segera. Hubungi kami

Baca juga:  Diskusi terpumpun: “Menemukan titik temu dan solusi”

A1 [Sentra Seni]

Pekan ini giliran A1 bermain di sentra seni. Kegiatan hari pertama mereka bermain membuat dunia bawah laut habitat lumba. Hari berikutnya permainan semakin seru dengan berkreasi kapal selam. Permainan selanjutnya, mereka mengenakan perlengakapan menyelam untuk menikmati dunia bawah laut. Wah.. jadi tambah tahu tentang dunia laut. Kegiatan bermain di sentra seni yang menyenangkan diteruskan dihari berikutnya.

bu aINUN

A2 [Sentra Peran]

Hari pertama di sentra peran, beberapa anak kelompok TK A2 mensetting kolam ikan untuk bermain peran sebagai peternak ikan. Hari kedua mereka melanjutkan mensetting kolam ikan dan membuat setting pasar untuk tempat jual beli ikan yang sudah ditangkap. Kegiatan pada hari ketiga mereka bermain peran menjadi penjual dan pembeli, ikan yang sudah dipancing dari peternakan ikan dijual dipasar….Asyiknyaa. Hari terakhir di sentra peran, Melanjutkan bermain peran yang sudah diperankan dihari sebelumnya . Mereka juga dibiasakan untuk menjadi pribadi bertanggungjawab dengan bersama-sama merapikan kembali perlengkapan mainnya setelah selesai bermain.

Pekan ini kegiatan ekstrakulikuler kelompok TK A2 yaitu cooking class, senangnya. Tujuan kegiatan ini untuk melatih motorik, sensori, mengenalkan bahan, cara membuat, melatih logika, problem solving, dan rasa tanggungjawab.

bu haning

A3 [Sentra Ibadah]

“Yuk! Hidup sehat, kita berkegiatan fisik motorik & berjemur”. Kegiatan selanjutnya di sentra ibadah, kelompok A3 mengidentifikasi peralatan yang diperlukan untuk bermain. Mereka akan membuat sebuah proyek kapal Nabi Yunus. Kegiatan bermain yang menantang itu dilanjutkan lagi di hari berikutnya. Mereka melengkapi proyek kapal & ikan paus sesuai kisah Nabi Yunus AS. Kegiatan di waktu yang berbeda mereka berliterasi di perpustakaan PAUDIH. Mereka juga Sholat berjamaah di sentra ibadah. Subhanallah. Permainan seru proyek membuat kapal Nabi Yunus diteruskan. Senangnya, ada yang membuat membuat ikan kecil. “Temannya ikan paus”. celoteh mereka.

Pekan ini jadwalnya A3 berenang. yeeee… Mereka bersemangat dan masuk lebih pagi untuk berenang. Setelah itu, mereka kembali menyelesaikan permainan proyek ikan paus yg menelan Nabi Yunus AS. Kegiatan anak solih-solihah A3 semakin lengkap dengan mengikuti kegiatan mengaji (BAQ) bersama.

bu ria

A4 [Sentra Balok]

Sentra balok menjadi tempat bermain A4 pekan ini. Salah satu kegiatannya adalah fisik motorik melalui gerakan melompat dengan rintangan. Kegiatan bermain diteruskan dengan membuat bangunan di dekat laut. Permainan yang menyenangkan ini dilanjutkan di hari berikutnya dengan melengkapi bangunan yang dibuat. Permainan menantang di sentra balok berlanjut di hari ke empat. Kali ini mereka menggambar bangunan yang sudah dibuatnya. Setelah selesai bermain, mereka dibiasakan bertanggung jawab dengan merapikan balok yang dimainkannya di tempatnya semula.

BU YANI

A5 [Sentra Alam]

Pekan ini, Kelompok A5 mendapat giliran bermain di Sentra Alam. Kegiatan di hari pertama anak-anak menonton video Frozo Si Katak Usil. Selain itu, pekan ini mereka juga gilirannya ekstra nasyid, berlatih melantunkan lagu-lagu islami. Permainan di hari kedua, mereka berbagi tugas membuat taman bunga dan sungai. Asyiknya. Hari ketiga anak-anak bekerja sama melanjutkan proyeknya. Hari keempat proyek sudah selesai dibuat dan anak-anak bekerja sama membersihkan dan merapikan sentra. Subhanallah, anak-anak solih-solihah A5 berlatih bertanggunjawab dengan merapikannya kembali. Kegiatan selanjutnya berliterasi, mereka berkunjung ke perpustakaan.

bu iva

Pembelajaran Kelompok Bermain (KB) Islam Hidayatullah

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah text-1.gif

KB1 [Sentra Peran]

Kegiatan hari ini, Teman-teman KB1 mendengarkan buku cerita yang berjudul “Omar tidak menangis lagi”.
Setelah mendengarkan cerita, mereka berdiskusi untuk memilih peran yang akan mereka mainkan. Kegiatan hari berikutnya, mereka melanjutkan kegiatan di sentra peran yaitu membuat bola, bekerjasama dari membuat bola yang berukuran kecil sampai menyatukannya menjadi bola yg berukuran besar. Kemudian mereka memainkannya bersama. Kegiatan semakin menantang dengan membuat lintasan dari bahan-bahan yang disediakan oleh guru. Mereka mengambil beberapa bahan seperti papan, sedotan, kawat, dan lain-lain, kemudian mereka bekerjasama membuat lintasan. Permainan hari ke empat di sentra peran, Teman-teman menyelesaikan permainan yg belum selesai. Mereka juga dibiasakan untuk bertanggunangjawab dengan merapikan kembali peralatan main ke tempatnya.

bu husnul

KB 2 [Sentra Alam]

Pekan ini, KB 2 gilirannya bermain di sentra alam. Kegiatan bermainnya di antaranya berkreasi membuat mulut dan gigi. Di waktu yang berbeda, mereka juga bermain membuat kreasi ekspresi wajahku dari playdhough, melukis, dan menggambar. Permainan seru ini dilanjutkan di hari berikutnya. Mereka berkreasi wajahku. Anak-anak KB 2 senang bermain dan berkreasi bersama teman. Kegiatan berikutnya adalah merasakan rasa minumanku.

bu silvi

KB 3 [Sentra Olah Tubuh dan Musik]

Kegiatan hari pertama KB 3 mendengarkan review buku tentang “Bernyanyilah Robin”, kemudian lanjut kegiatan bermain membuat halang rintang. Di hari berikutnya, mereka melanjutkan kegiatan bermainnya, mereka memperbaiki dan menambah beberapa benda menjadi halang rintang. Setelah selesai dibuat, mereka memainkan halang rintang nya. Selain itu, mereka juga menari dan bernyanyi, menjadikan suasana kelas makin seruuuu.. Setelah selesai berkegiatan, mereka merapikan perlengkapan mainnya

bu umai

KB 4 [Sentra Balok]

Hari Senin KB 4 mendengarkan cerita tentang Bangunan Istimewa Yopi di sentra balok. Hari Selasa mereka membangun rumah Yopi. Terlihat Haziq dan Hamizan bersama-sama membangun rumah Yopi di sentra balok. Hari Rabu KB 4 melanjutkan membangun rumah Yopi di sentra balok. Hari Kamis mereka bersama-sama menggambar rumah Yopi yang sudah dibangun di hari sebelumnya di sentra balok.

bu samsi
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah text-1.gif

Makan

Siswa setiap hari selama bersekolah mendapat makan. Makan ini menjadi asupan penting menunjang kebutuhan gizi siswa. Menu makan setiap hari berganti disesuaikan dengan selera anak-anak. Saat proses makan, siswa dibiasakan adab makan dan mandiri dalam menyiapkan kebutuhan penyajian makannya. Selain itu siswa juga senantiasa didorong serta dimotivasi untuk bisa menyenangi buah dan sayuran.

BU IIN {KEPALA SEKOLAH}

Mengaji Buku Jilid & Hafalan doa, hadits, surat pendek

Alhamdulillah, program mengaji di sekolah berjalan dengan baik. Semua siswa hebat dan berkembang sesuai tahapannya. Terlaksananya kegiatan ini pastinya tak lepas dari peran wali siswa. Dukungan dan pendampingan beliau-beliau di rumah dengan tetap sesuai petunjuk dari sekolah membuat siswa semakin maksimal perkembangannya.

Selain membaca buku jilid, siswa juga juga dikenalkan dengan , hafalan doa harian, hadits, dan surat pendek. Program hafalan minggu ini untuk TK A: Menghafal surat An nas/hadits jangan marah. TK B : Menghafal niat sholat Dzuhur dan melancarkan Surat Al Fiil. Khusus TK B ada tambahan materi cara ber-wudhu dan solat.

BU DIYAN [KOORDIANTOR BAQ]

Prestasi Mengaji Pekan Ini

Materi mengaji KB mengenal huruf A-kho, untuk hafalannya melancarkan surat Al Fatihah dan hadits kasih sayang, serta menghafal doa sebelum makan .

BU PIPIT & BU RIFa

Wudhu dan sholat TK B 

Senam

Senam merupakan salah satu program untuk stimulasi hidup sehat dan juga melatih fisik motorik siswa. Program ini diberikan setiap Jumat pagi.  

HOL SEMUA JENJANG

 Ekstrakurikuler TK

Baca juga:  Jurnal Pembelajaran Topik Diriku: Aku Bisa Merawat Anggota Tubuhku

PAUDIH memiliki program ekstrakurikuler sebagai wahana dalam rangka memfasilitasi pengembangan bakat dan minat peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler bisa memberikan dampak positif diantaranya untuk memperluas pengalaman bersosialisasi, praktik keterampilan berkomunikasi, dan internalisasi nilai-nilai karakter. selain itu kegiatan ekstrakurikuler juga menjadi wahana rekreatif bagi siswa, yaitu dilakukan dalam suasana gembira dan menyenangkan, sehingga suasana ini menunjang proses perkembangan potensi/kemampuan personal peserta didik.

Kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan untuk TK Islam Hidayatullah, yaitu: cooking class, bermain dan berkreasi clay, angklung, nasyid, menari dan renang

 Renang

PAUD Islam Hidayatullah memiliki kolam renang sendiri. Program renang kelompok bermain, TK A dan B bergiliran waktuya sesuai jadwal yang telah disusun. Renangnya antara muslim dan muslimah dibedakan waktunya. serunya lagi, berenangnya didampingi ibu guru dan instruktur renang profesional loh.

 Ekstrakurikuler KB

 Ekstrakurikuler KB

Ekstrakurikuler kelompok bermain juga seru, ada bermain sensori motor, menari, berenang

 Peristiwa

AL AZHAR JAWA TIMUR BELAJAR DI PAUD ISLAM HIDAYATULLAH
Pekan ini PAUD Islam Hidayatullah mendapat tamu istimewa dari jauh. Tamu istimewa tersebut merupakan rombongan perwakilan sekolah-sekolah AL Azhar Jawa Timur. 
Adapun tujuan dari kunjungannya adalah belajar implementasi kurikulum merdeka yang telah diterapkan di PAUD Islam Hidayatullah. Selama empat hari perwakilan para guru AL Azhar melakukan observasi kegiatan belajar-mengajar, dan mendokumentasikannya. 
Dalam penutupan kegiatan, salah satu peserta kegiatan belajar dari sekolah Al Azhar menyatakan apresiasi luar biasa atas sambutan baik PAUD Islam Hidayatullah terhadap mereka.
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 200w.gif

Butuh info PPDB?

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah tanda-panah-ke-bawah-1.gif
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 4a8461_1c6ebd5cf3c44576b07fcf5964f1891d_mv2.gif
GRATIS! PROGRAM TRIAL CLASS (Syarat & Ketentuan berlaku)

#Paud Islam Hidayatullah #Paud Terbaik Semarang # Paud Islam Terbaik # TK Islam Hidayatullah # TK Terbaik Semarang # TK Islam Terbaik Semarang #TK Islam terdekat # rekomendasi TK Terbaik Semarang # TK Islam terbaik di Semarang Timur # TK terdekat dari lokasi saya # SD Islam Hidayatullah # SMP Islam Hidayatullah # SMA Islam Hidayatullah

Jurnal Pembelajaran Tema Binatang #Pekan 2

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *