ramadhan-2024-tk-islam-hidayatullah

Ramadhan 2024 diedukasikan di PAUD Islam Hidayatullah

“Siapa yang masih ingat bulan Ramadhan ada apa saja?” Tanya Bu Ria kepada anak-anak yang akan persiapan senam Jumat pagi.

“Puasa” Jawab anak-anak TK A.

“Makan malam-malam” Sahut sebagian anak TK B.

“Benar, makan malam-malam namanya sahur” jelas Bu Ria.

Itulah salah satu cara para guru PAUD Islam Hidayatullah dalam menstimulasi nilai-nilai islami dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Tidak melulu dalam sebuah kelas dan topik tertentu, adakalanya dalam kegiatan di luar kelas masih bisa disisipi nilai-nilai seperti informasi akan hadirnya bulan Ramadhan 2024.

Pesan Penguatan oleh Kepala Sekolah

“Mengingatkan teman-teman, sebentar lagi Ramadhan tiba, silahkan anak-anak disounding hal-hal yang berkaitan dengannya. Bisa dengan lagu-lagu, cerita-cerita, dan lain sebagainya. Njenengan sudah paham”. Pesan Bu Iin kepala sekolah PAUD Islam Hidayatullah mengawali koordinasi Sabtu pagi (2/3/2024). Semua guru yang hadir dalam kesempatan itu mendengarkan dengan seksama arahan kepala sekolah tersebut.

Nilai-nilai islami memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari pengajaran PAUD Islam Hidayatullah. Semua jenjang dari Taman Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-kanak (TK) dipastikan untuk mengintegrasikan ke dalam setiap kegiatan. Ramadhan 2024 sebagai momen penting sudah menjadi keharusan untuk diedukasikan ke anak-anak.

Ramadhan 2024 jatuh di hari apa?

Menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 2024, masyarakat Muslim Indonesia tengah menantikan penentuan awal puasa. “Ramadhan 2024 berapa hari lagi?” menjadi pertanyaan yang sering terlontar, dan jawabannya dapat ditemukan melalui dua sumber utama: Organisasi Muhammadiyah dan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Organisasi Muhammadiyah: Sebagai salah satu organisasi Islam terkemuka di Indonesia, Muhammadiyah telah mengeluarkan maklumat penetapan awal puasa Ramadhan 1445 H (2024). Pada Senin, 11 Maret 2024, Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1445 H/2024 M. Penetapan ini tercantum dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 1/MLM/I.0/E/2024, yang ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti. Bersamaan dengan itu, Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H diprediksi jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Baca juga:  Internet Marketing Sekolah: Pentingnya dan Strateginya

JIka mengacu hasil keputusan Muhammadiyah, per hari Sabtu tanggal 2 Maret 2024, maka jika dihitung dari Ahad ke Senin pekan mendatang Ramadhan 2024 tinggal 9 hari lagi.

Pemerintah Indonesia melalui Kemenag RI: Penetapan awal puasa Ramadhan oleh Pemerintah RI belum resmi ditetapkan. Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat untuk menentukan awal puasa. Sidang isbat direncanakan dilakukan pada 10 Maret 2024, yang bertepatan dengan 29 Sya’ban 1445 H. Sebagai referensi, Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU), KH Sirril Wafat, memprediksi 1 Ramadhan 1445 H/2024 M jatuh pada hari Selasa, 12 Maret 2024.

Dengan demikian, menjelang Ramadhan 2024, masyarakat dapat mengikuti perkembangan dari kedua sumber tersebut untuk mengetahui penentuan awal puasa yang akurat. Semoga bulan suci Ramadhan tahun ini menjadi momen penuh berkah dan keberkahan bagi kita semua.

Referensi: detik.com

Ramadhan 2024: Berapa Hari Lagi?

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK