Merdeka Belajar Melalui Penguatan Karakter dan Pengetahuan Topik Rekreasi

Belajar tidak selalu harus di dalam kelas. Inilah salah satu konsep dari merdeka belajar yang membantu siswa mengembangkan kemandirian dan keterampilan belajar seumur hidup. Pengetahuan bagi peserta didik bisa disampaikan melalui berbagai media yang tepat dan relevan dengan topik pembelajaran.

Study Tour ke Jepara Ourland Park

Sebagaimana yang dilakukan oleh TK Islam Hidayatullah pada 30 Mei 2024, mereka mengajak peserta didiknya untuk study tour ke Jepara Ourland Park (JOP). Kegiatan ini merupakan puncak dari topik pembelajaran tentang rekreasi yang telah dibahas beberapa pekan sebelumnya. Anak-anak telah belajar banyak tentang tempat wisata dan berbagai wahana permainan. Melalui study tour ini, pengetahuan dan karakter anak-anak semakin kuat karena mereka bisa melihat dan merasakan langsung apa yang telah dipelajari.

Aktivitas di Lokasi Destinasi

Sesampainya di lokasi, anak-anak turun dari bus dan diarahkan menuju loket masuk. Mereka diminta mengantri oleh petugas untuk bisa masuk, hal yang sudah pernah mereka praktekkan di sekolah. Setelah melalui pengecekan, mereka berfoto bersama teman sekelas dan walinya. Dokumentasi ini tentu akan menjadi kenangan indah di masa depan.

Selanjutnya, anak-anak bermain terpimpin di pantai didampingi oleh para guru. Ada yang berenang dan ada yang bermain pasir pantai, aktivitas yang juga sudah mereka lakukan di sekolah saat bermain di sentra alam. Kemudian mereka berenang di kolam renang yang ada di JOP, yang tidak asing lagi bagi anak-anak TK Islam Hidayatullah karena mereka sudah mendapatkan pelatihan renang di ekstrakurikuler sekolah.

Setelah itu, anak-anak bereksplorasi di taman wisata bersama walinya. Mereka memberi makan binatang, naik skuter, dan mencoba berbagai wahana menarik lainnya. Kegiatan ini didukung oleh wali murid yang banyak di antaranya mengosongkan hari mereka untuk mendampingi putra-putri tercinta.

Baca juga:  Website untuk lembaga pendidikan anak usia dini perlukah?

Pentingnya Pengalaman Langsung

Melalui kegiatan study tour ini, TK Islam Hidayatullah berhasil menunjukkan bagaimana konsep merdeka belajar dapat diterapkan secara nyata. Anak-anak tidak hanya belajar di dalam kelas, tetapi juga mendapatkan pengalaman berharga di luar kelas yang memperkaya pengetahuan dan keterampilan mereka.

Pengalaman langsung seperti ini sangat penting untuk perkembangan anak-anak. Mereka belajar tentang kedisiplinan saat mengantri, kerjasama dengan teman-teman saat bermain, dan tanggung jawab saat berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Semua ini akan menjadi bekal berharga bagi mereka di masa depan.

Dukungan dari Wali Murid dan Pihak Terkait

Selain itu, kegiatan ini juga memperkuat hubungan antara anak, guru, dan orang tua. Dengan keterlibatan langsung wali murid, anak-anak merasa lebih didukung dan termotivasi. Ini juga memberikan kesempatan bagi orang tua untuk melihat langsung perkembangan dan aktivitas belajar anak-anak mereka.

TK Islam Hidayatullah juga berterima kasih kepada kepolisian yang memberikan support dengan pengawalan perjalanan sehingga kegiatan berlangsung dengan lancar dan kondusif.

Harapan ke Depan

TK Islam Hidayatullah berharap kegiatan semacam ini bisa terus dilakukan di masa mendatang. Dengan dukungan semua pihak, khususnya orang tua dan lembaga terkait, pendidikan yang menyenangkan dan bermakna seperti ini dapat terus terwujud.

Semoga kegiatan study tour ini menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk menerapkan konsep merdeka belajar yang lebih luas. Karena pada akhirnya, tujuan pendidikan adalah menciptakan generasi yang mandiri, kreatif, dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Merdeka Belajar Melalui Penguatan Karakter dan Pengetahuan Topik Rekreasi

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK