Munaqosyah TK B, penguji: Amazing! lulus 100%

PAUD Islam Hidayatullah sebagai lembaga profesional pendidikan anak usia dini yang berlandaskan nilai-nilai Islam, menggelar acara munaqosyah TK B pada tanggal 25 Mei 2023. Acara yang diadakan di musholla kampus PAUD Islam Hidayatullah ini menjadi momen penting bagi para anak-anak untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam mengaji. Antusias mereka tampak tinggi, hal ini terlihat dari Anak -anak yang telah mempersiapkan diri menunggu kehadiran penguji.

Kegiatan munaqosyah ini merupakan salah satu upaya PAUD Islam Hidayatullah memberikan pengalaman dan pembelajaran yang komprehensif kepada anak-anak dalam bidang agama. Program mengaji merupakan upaya agar anak-anak dapat terbentuk dan berkembang karakter yang baik serta mencintai agamanya. Selain itu, semua kegiatan pembelajaran juga terintegrasi dengan nilai-nilai islami dan pembiasaan di kehidupan sehari-hari.

Memperlihatkan Kemampuan Anak-anak dalam Munaqosyah

Pada kegiatan munaqosyah ini, anak-anak memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka di hadapan para penguji atau munaqish. Dalam acara ini, terdapat empat munaqish yang ditunjuk untuk mengampu kegiatan tersebut, dua di antaranya berasal dari QLC Hidayatullah, sementara dua lainnya berasal dari tim Ummi Foundation.

Kehadiran munaqish yang berpengalaman dan ahli di bidangnya menjadi suatu keistimewaan dalam kegiatan munaqosyah ini. Dengan kehadiran mereka, anak-anak dapat menguji dan menunjukkan kemampuan mereka dalam berbagai aspek keagamaan seperti tartil, tahfiz surat pendek, hafalan hadits, dan doa harian. Para munaqish tersebut bertanggung jawab dalam mengampu bidang masing-masing dengan penuh dedikasi dan profesionalisme.

Munaqish Ahli di Bidangnya

Munaqish yang mengampu kegiatan munaqasyah merupakan orang yang terlatih dan ahli dibidangnya. Setiap munaqish memiliki tanggung jawab di bidang yang berbeda. Ustadz Samidi bertanggung jawab untuk mengampu bidang Tartil, Ustadz Kholisin bertanggung jawab untuk Tahfiz surat pendek, Ustadz Aris mengampu hafalan hadits, dan Ustadzah Nova bertugas mengampu doa harian. Dengan adanya munaqish yang ahli di bidang masing-masing, anak-anak memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam mengaji.

Baca juga:  Panduan Metode Ummi Jilid 3

Koordinator BAQ dan Pembagian Sesi Munaqosyah

Koordinator BAQ, Bu Diyan, menjalankan peran penting dalam kegiatan ini. Ia membagi kegiatan munaqosyah menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama untuk kelompok B1 dan B2, serta sesi kedua untuk kelompok B3 dan B4. Pembagian ini bertujuan untuk menciptakan situasi yang lebih kondusif bagi setiap kelompok anak agar mereka dapat tampil secara maksimal dan nyaman dalam menghadapi proses munaqosyah.

Pentingnya Kegiatan Munaqosyah dalam Program Mengaji

Kegiatan munaqosyah ini merupakan bagian integral dari program mengaji yang menjadi bagian dari kurikulum di PAUD Islam Hidayatullah. Melalui kegiatan ini, anak-anak memiliki kesempatan untuk mengukur dan mengevaluasi capaian perkembangan belajar mengaji mereka. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kepercayaan diri anak-anak dalam menghadapi tantangan ke depan, serta melatih kedisiplinan dan kemampuan berkomunikasi mereka.

Semangat dan Percaya Diri Anak-anak dalam Munaqosyah

Dalam munaqosyah TK B ini, anak-anak tampak bersemangat dan percaya diri. Mereka berkesempatan untuk menunjukkan kepada para munaqish dan orang tua mereka hasil usaha belajar mengaji yang telah dilakukan. Hal ini memberikan penghargaan dan apresiasi kepada anak-anak atas kemampuan mereka serta menjadi motivasi bagi mereka untuk terus meningkatkan kemampuan mengaji mereka di masa depan.

Evaluasi kegiatan munaqosyah. Alhamdulillah lulus 100%.

Setelah kegiatan munaqosyah selesai, dilakukan evaluasi untuk melihat capaian anak-anak dalam mengikuti munaqosyah. Para munaqish yang bertugas sebagai penguji memberikan pujian dan mengungkapkan kegembiraan atas perkembangan anak-anak.

Mereka menyatakan bahwa anak lulus semua atau 100% dalam munaqosyah tersebut. Ini adalah prestasi yang luar biasa dan membanggakan bagi semua pihak yang terlibat.

Keberhasilan anak-anak ini tidak terlepas dari perjuangan dan dedikasi para guru. Guru-guru di PAUD Islam Hidayatullah telah berjuang keras untuk mendidik, membimbing, dan melatih anak-anak dalam mengaji. Dukungan dan bimbingan dari guru-guru ini menjadi faktor kunci dalam meraih kesuksesan munaqosyah. Selain itu, dukungan dari orang tua juga sangat berperan dalam memberikan motivasi dan semangat kepada anak-anak dalam menghadapi munaqosyah.

Baca juga:  Alhamdulillah! Siswa-siswi PAUDIH Sudah Vaksin

Prestasi anak-anak ini menjadi bukti nyata bahwa dengan kerja keras, dedikasi, dan dukungan yang tepat, anak-anak dapat mencapai hasil yang optimal. Keberhasilan ini tidak hanya membanggakan mereka sendiri, tetapi juga menjadi sumber kebanggaan bagi guru, orang tua, dan komunitas di sekitar mereka.

Semoga prestasi yang diraih oleh anak-anak ini menjadi inspirasi bagi generasi mendatang untuk terus berusaha dan berprestasi dalam mempelajari dan mengamalkan agama Islam.

Pendidikan Agama sebagai Landasan PAUD Islam Hidayatullah

PAUD Islam Hidayatullah terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas yang berlandaskan nilai-nilai Islam kepada anak-anak. Melalui kegiatan munaqosyah ini, PAUD Islam Hidayatullah menjunjung tinggi pentingnya pendidikan agama dalam pembentukan karakter dan perkembangan spiritual anak-anak. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan belajar mengaji anak-anak dan menjadi pondasi yang kokoh dalam pembentukan generasi Muslim yang beriman dan berakhlak mulia.

tk-islam-hidayatullah-semarang
tk-islam-hidayatullah-semarang
Penulis: tim humas PAUDIH
Munaqosyah TK B, penguji: Amazing! lulus 100%

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *