“Menginspirasi Masa Depan: Mahasiswa IAIN Kudus Temui Keunikan PAUD Islam Hidayatullah dalam Kuliah Kerja Lapangan”

PAUD Islam Hidayatullah kedatangan tamu istimewa pada hari Selasa, 9 Mei 2023. Para mahasiswa dari IAIN Kudus fakultas PIAUD datang untuk melaksanakan kuliah kerja lapangan (KKL) di lembaga ini. Tidak kurang dari 80 orang mahasiswa dengan semangat tinggi tiba di PAUD Islam Hidayatullah. Mereka disambut oleh kepala sekolah, Bu Iin, serta perwakilan dari kehumasan LPI Hidayatullah, Ustadz Aminudin, M.Pd.

Para mahasiswa yang merupakan calon guru masa depan ini dibagi ke dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok bertugas untuk melakukan observasi terhadap kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di PAUD Islam Hidayatullah. Meskipun ada kehadiran para tamu istimewa, guru-guru tetap melaksanakan tugas mengajar mereka seperti biasanya, sehingga suasana belajar tetap kondusif.

Baca juga: Guru-guru dari Grobogan studi banding di PAUD Islam Hidayatullah

Dalam kegiatan kuliah kerja lapangan tersebut, mahasiswa IAIN Kudus memiliki kesempatan unik untuk melihat secara langsung praktik pembelajaran di PAUD Islam Hidayatullah dengan model pembelajaran “SENTRA”.

Mereka mengamati dengan seksama penerapan Kurikulum Merdeka yang menjadi landasan pendidikan di lembaga ini. Selain itu, para mahasiswa juga melihat bagaimana guru-guru secara efektif mengelola kelas dan menghandle murid agar dapat fokus dalam menerima informasi yang disampaikan oleh guru.

Selama observasi, mahasiswa juga diperkenalkan dengan penggunaan media bermain loose parts sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak-anak.

Setelah selesai melakukan observasi, para mahasiswa diajak untuk berkumpul bersama guna menerima pemaparan tentang program pendidikan yang ada di PAUD Islam Hidayatullah. Kepala sekolah, didampingi oleh guru-guru, menjelaskan dengan penuh semangat mengenai pelaksanaan kurikulum merdeka di lembaga ini.

Sebagaimana yang pernah disampaikan oleh kepala sekolah sebelumnya, PAUD Islam Hidayatullah berusaha menjadi lembaga yang dapat menebar manfaat dengan membagikan ilmu kepada siapapun yang datang. Mereka meyakini bahwa dengan berbagi ilmu, insyaallah, Allah akan memberikan keberkahan. Oleh karena itu, pemaparan yang diberikan kepada para mahasiswa ini bukanlah sekadar penjelasan, tetapi juga merupakan bagian dari upaya lembaga untuk menyebarkan manfaat pendidikan kepada masyarakat.

Baca juga: Keseruan Anak-anak TK Islam Hidayatullah mengenal alat transportasi

Dalam pemaparan tersebut, kepala sekolah dan para guru menekankan pentingnya pendekatan yang holistik dalam pendidikan anak usia dini. Mereka menjelaskan bahwa di PAUD Islam Hidayatullah, tidak hanya fokus pada aspek akademik semata, tetapi juga pada pengembangan karakter dan spiritualitas anak-anak. Dengan pendekatan yang komprehensif ini, diharapkan anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara seimbang dalam berbagai aspek kehidupan.

Baca juga:  Senam Sehat Jumat

Tidak hanya itu, program pendidikan di PAUD Islam Hidayatullah juga menekankan nilai-nilai agama dan kecintaan kepada Allah SWT. Para mahasiswa juga diberikan pemahaman tentang pentingnya mendidik anak-anak dalam suasana yang penuh kasih sayang dan keceriaan. Selain itu, mereka juga diperkenalkan dengan berbagai metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif, yang disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan anak-anak.

Para mahasiswa terlihat antusias dan terinspirasi oleh pemaparan tersebut. Mereka menyadari betapa pentingnya peran seorang guru dalam membentuk masa depan generasi muda. Kuliah kerja lapangan ini menjadi pengalaman berharga bagi mereka untuk melihat langsung penerapan kurikulum merdeka dan pendekatan holistik dalam pendidikan anak usia dini.

PAUD Islam Hidayatullah berharap bahwa melalui kegiatan seperti ini, semakin banyak guru-guru masa depan yang terinspirasi untuk memberikan pendidikan yang berkualitas, mencintai anak-anak, dan menebar manfaat di masyarakat. Dengan begitu, PAUD Islam Hidayatullah berharap dapat memberikan kontribusi yang positif dalam menciptakan generasi yang cerdas, berakhlak mulia, dan berdaya saing tinggi.

Penandatanganan MOU sebagai wujud kerjasama

Dalam kesempatan yang berharga tersebut, dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) kerjasama antara IAIN Kudus fakultas PIAUD dan PAUD Islam Hidayatullah. MOU ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama dan sinergi antara kedua lembaga dalam bidang pendidikan anak usia dini.

Melalui kerjasama ini, diharapkan tercipta saling memberi manfaat antara kedua lembaga. IAIN Kudus fakultas PIAUD dapat mengaplikasikan pengetahuan dan teori yang diperoleh di lingkungan nyata, sementara PAUD Islam Hidayatullah dapat memperoleh pembaruan dan pengembangan dari perspektif akademik serta penelitian yang dilakukan oleh IAIN Kudus.

Baca juga: TK ABA 57 Surabaya dan Guru-guru dari IGTKI Jogja studi banding di PAUDIH

Dengan adanya MOU ini, diharapkan terjadi pertukaran pengetahuan, pengalaman, dan inovasi di antara kedua lembaga. Kerjasama yang erat ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di PAUD Islam Hidayatullah, serta berkontribusi pada pengembangan pendidikan PIAUD di IAIN Kudus

Baca juga:  Puncak tema alat transportasi TK Islam Hidayatullah Mengadakan Kegiatan Pawai Sepeda
tk-islam-hidayatullah-semarang
tk-islam-hidayatullah-semarang
Penulis: tim humas
“Menginspirasi Masa Depan: Mahasiswa IAIN Kudus Temui Keunikan PAUD Islam Hidayatullah dalam Kuliah Kerja Lapangan”

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *