Pada Sabtu, 2 November 2024, guru-guru PAUD Hidayatullah mengadakan acara bermakna bertajuk Hidayatullah Leadership Academy PAUDIH. Acara ini adalah tindak lanjut dari bootcamp kepemimpinan yang diadakan sebelumnya, dengan tujuan mengembangkan jiwa kepemimpinan dan karakter positif di lingkungan pendidikan.
Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur LPI Hidayatullah, Bapak Eko Wahyudiono, M.Pd., yang turut memberikan sambutan motivasi tentang pentingnya kepemimpinan.
Sambutan Inspiratif dari Direktur LPI Hidayatullah
Dalam sambutannya, Bapak Eko Wahyudiono menegaskan bahwa setiap orang adalah pemimpin, minimal memimpin diri sendiri. “Syarat mengajar adalah mau belajar, setiap orang adalah pemimpin, minimal memimpin diri sendiri,” ujarnya. Beliau juga menekankan pentingnya pengembangan diri sebagai pemimpin yang efektif, baik di lingkungan sekolah maupun sosial.
Dengan pengalaman pribadinya, beliau bercerita bahwa dirinya dulu seorang pendiam semasa SMP dan SMA, tetapi melalui organisasi saat kuliah, ia mengasah jiwa kepemimpinan hingga tumbuh berani memimpin. “Belajar kepemimpinan itu penting dan bermanfaat, bersyukur kita semua bisa belajar bersama hari ini,” tambahnya dengan penuh semangat.
Diskusi Interaktif tentang “Sekolah The Best”
Setelah sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi interaktif. Guru-guru diberi topik mengenai “Sekolah The Best,” dan mereka diminta menyampaikan ide serta kriteria yang menurut mereka menggambarkan sekolah terbaik. Setiap guru mendapatkan kesempatan memaparkan gagasannya, dengan dua peserta diberikan ruang untuk menanggapi dan bertanya.
Gagasan Kriteria Sekolah Terbaik
- Sekolah Berkarakter Islami
Salah satu peserta menyatakan bahwa karakter harus menjadi fokus utama, di mana sekolah terbaik adalah sekolah yang meneladani akhlak Rasulullah. Guru wajib menjadi contoh bagi murid, yang nantinya juga akan tercermin dalam perilaku murid di rumah dan di masyarakat. - Fokus pada Internal Sekolah
Beberapa peserta lainnya berpendapat bahwa sekolah harus fokus pada penilaian internal. Semua pengabdi, mulai dari guru hingga tenaga kependidikan, harus memberikan pelayanan terbaik dengan senyum tulus, sebagaimana disebutkan dalam hadis bahwa senyum adalah sedekah. - Kolaborasi dan Visi yang Sama
Peserta lain mengemukakan bahwa sekolah terbaik memerlukan kolaborasi yang solid antara pendidik, tenaga kependidikan, serta wali murid untuk mencapai visi misi bersama. - Lingkungan Sekolah yang Nyaman dan Ramah Anak
Kriteria lain yang disampaikan adalah bahwa sekolah yang unggul harus menciptakan lingkungan yang nyaman dan membahagiakan anak, serta mampu mengembangkan potensi anak. Sekolah harus ramah anak, mampu menerapkan kurikulum yang relevan dan fasilitas yang memadai. - Sekolah yang Adaptif dan Inovatif
Sekolah terbaik juga dituntut untuk senantiasa mengikuti perkembangan zaman dan tidak berdiam diri di zona nyaman. Pendidikan yang unggul adalah pendidikan yang berinovasi dan terus memperbarui metode pembelajaran. - Penerapan Akhlakul Karimah
Pada akhirnya, sekolah yang terbaik adalah sekolah yang mengajarkan akhlakul karimah dan membentuk anak-anak dengan akhlak yang baik. Nilai-nilai Islam harus menjadi landasan, dengan fokus utama membentuk anak-anak berakhlak mulia. Anak-anak bertumbuh optimal potensinya.
Membangun Pemimpin di Setiap Pribadi
Kegiatan Hidayatullah Leadership Academy PAUDIH ini mengingatkan bahwa setiap pribadi memiliki potensi sebagai pemimpin, baik di lingkungan sekolah dan situs sultan69 slot ovo , keluarga, maupun masyarakat. Acara ini menginspirasi para guru untuk menerapkan nilai-nilai kepemimpinan dalam pendidikan anak usia dini agar lahir generasi yang tidak hanya cerdas, namun juga berakhlak mulia.
Dengan semangat kebersamaan dan dedikasi, para guru bertekad menciptakan sekolah terbaik sesuai nilai-nilai Islam, menjadikan Hidayatullah sebagai model pendidikan yang unggul dan bermakna bagi generasi masa depan.