Pekan Pengenalan Haji: Anak-anak TK Islam Hidayatullah Belajar Rukun Islam ke-5

Dibuka PPDB Tahun Ajaran 2023/2024_Masih ada kursi, amankan segera!

Dalam rangka pengenalan rukun Islam yang ke-5, yaitu haji, anak-anak TK Islam Hidayatullah mengikuti serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang proses haji.

Pekan ini, mereka mendapatkan kesempatan untuk belajar dan mengenal lebih dalam mengenai syarat-syarat dan rukun-rukun haji. Selain itu, mereka juga berkesempatan untuk berkreasi dengan topik haji dan akan menjalani praktik haji atau manasik haji.

Menonton Bersama: Mengenal Proses Haji

Sebagai bagian dari kegiatan pengenalan haji, anak-anak TK Islam Hidayatullah diberi kesempatan untuk menonton bersama video yang menjelaskan tentang proses haji.

Baca juga: Hubbul Qur’an ajang syiar

Video ini dirancang khusus untuk anak-anak dengan bahasa yang mudah dipahami dan ilustrasi yang menarik. Dengan menonton video ini, anak-anak dapat memperoleh gambaran tentang bagaimana haji dilakukan, mulai dari persiapan hingga pelaksanaannya.

Pendalaman Materi di Kelas

Setelah menonton video, anak-anak TK Islam Hidayatullah mendapatkan waktu untuk memperdalam pemahaman mereka melalui kegiatan di kelas masing-masing.

Dalam kegiatan ini, guru-guru memberikan penjelasan lebih lanjut tentang syarat-syarat dan rukun-rukun haji. Anak-anak diajak untuk berdiskusi, bertanya, dan berbagi pengalaman terkait topik haji. Dengan pendekatan interaktif ini, diharapkan anak-anak dapat memahami konsep haji dengan lebih baik.

tk-islam-hidayatullah-semarang

Berkreasi dengan Topik Haji

Selain mendapatkan pengetahuan teoritis tentang haji, anak-anak juga diajak untuk berkreasi dengan topik ini. Mereka diberikan kegiatan bermain dan berkreasi seperti membuat batu yang dilempar saat jumrah dengan menggunakan bahan-bahan sederhana.

Anak-anak tetap bisa bergembira dan bertambah pengetahuannya mengenai ibadah haji. Melalui kegiatan ini, anak-anak dapat mengekspresikan kreativitas mereka sekaligus memperdalam pemahaman mereka tentang haji.

Praktik Haji (Manasik Haji)

Untuk memberikan pengalaman nyata tentang pelaksanaan haji, TK Islam Hidayatullah juga mengagendakan praktik haji atau manasik haji. Dalam kegiatan ini, anak-anak akan diajak untuk menjalani serangkaian simulasi haji, mulai dari tawaf, sa’i, hingga wukuf di Arafah.

Baca juga: Rekomendasi sekolah TK Terbaik

Guru-guru akan memberikan panduan dan penjelasan terperinci tentang setiap tahap dalam manasik haji ini. Dengan melibatkan anak-anak dalam praktik haji, diharapkan mereka dapat merasakan suasana dan pentingnya menjalankan ibadah haji.

Baca juga:  Jangan Ikut-ikutan Salah, Begini Perkembangan Sensorik dan Motorik Balita

Kesimpulan

Pekan pengenalan haji di TK Islam Hidayatullah merupakan kesempatan berharga bagi anak-anak untuk mempelajari dan mengenal rukun Islam yang ke-5, yaitu haji.

Melalui serangkaian kegiatan seperti menonton bersama, pendalaman materi di kelas, berkreasi dengan topik haji, dan praktik haji, diharapkan anak-anak dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang haji.

Dengan demikian, anak-anak TK Islam Hidayatullah Semarang diharapkan dapat tumbuh dengan pemahaman yang kuat tentang agama dan nilai-nilai Islam.

tk-islam-hidayatullah-semarang
tk-islam-hidayatullah-semarang
Penulis: Tim Humas PAUDIH
Pekan Pengenalan Haji: Anak-anak TK Islam Hidayatullah Belajar Rukun Islam ke-5

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *