Ikrar! Menanamkan tauhid ke anak

Ikrar adalah kegiatan rutin yang dilakukan di PAUD Islam Hidayatullah sebagai upaya menanamkan tauhid pada anak-anak sejak dini. Ikrar ini meliputi beberapa bacaan penting yang mengandung nilai-nilai Islam yang harus dimengerti oleh anak-anak dalam rangka membangun keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Kegiatan ikrar dilakukan sebagai bentuk kesadaran dan pengakuan terhadap keberadaan Allah SWT sebagai Tuhan yang Maha Esa. Selain itu, kegiatan ikrar juga bertujuan untuk memperkenalkan Islam sebagai agama yang benar dan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup yang harus dijadikan rujukan dalam segala hal.

Bacaan Ikrar di PAUD Islam Hidayatullah

Bacaan ikrar di TK Islam Hidayatullah terdiri dari beberapa kalimat yang sederhana namun mengandung makna yang sangat penting bagi kehidupan anak-anak. Berikut ini adalah bacaan ikrar yang dilakukan setiap pagi oleh anak-anak TK Islam Hidayatullah.

  1. Syahadat Tauhid dan Rasul ( أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدًا رسول الله)

“Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad saw adalah rasul utusan Allah”

Bacaan syahadat tauhid dan rasul merupakan bacaan pertama yang dilakukan dalam kegiatan ikrar di PAUD Islam Hidayatullah. Syahadat tauhid merupakan prinsip dasar dalam Islam yang harus dipahami dan diyakini oleh setiap muslim. Dalam bacaan ini, anak-anak diajarkan untuk mengakui keberadaan Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang berhak disembah dan bahwa Muhammad SAW adalah rasul terakhir yang diutus oleh Allah SWT untuk membawa ajaran-ajaran Islam kepada umat manusia.

tk-islam-hidayatullah-semarang
  1. Kerelaan Allah sebagai Tuhan (رَضِيتُ بِاللهِ رَبًّا)

“Aku rela Allah SWT sebagai Tuhanku”

Dalam bacaan ini, anak-anak diajarkan untuk meridhai keberadaan Allah SWT sebagai Tuhan. Ikhlas dan tulus dalam menjalankan semua perintah dan laranganNya. Meyakini bahwa Allah merupakan penentu dan penguasa kehidupan sehingga dalam diri tertanam dan yakin bahwa Allah adalah sebaik-baik pelindung.

  • 3. Kerelaan Islam Sebagai agama (وَبِالْإِسْلامِ دِينًا )
Baca juga:  Apa itu TK? Mengenal TK dan perannya

“dan Islam sebagai agamaku”

Islam sebagai agama juga menjadi nilai penting dalam bacaan ikrar di PAUD Islam Hidayatullah. Anak-anak diajarkan untuk mengakui Islam sebagai agama yang benar dan sempurna. Anak-anak juga diajarkan untuk mengamalkan ajaran Islam secara benar dan konsisten dalam kehidupan sehari-hari dan menerima dengan tulus hati agama Islam sebagai jalan hidup yang benar.

  • 4. Keralaan Muhammad sebagai nabi dan rasul ( وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّاؤرسولا)

“dan Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasulku”

Anak-anak diajarkan untuk mengakui Nabi Muhammad sebagai rasul Allah yang memiliki tugas mulia untuk menyebarkan ajaran Islam ke seluruh dunia. Rasulullah Muhammad adalah sebaik-baiknya teladan yang menuntun kepada kebenaran. Anak-anak juga diajarkan untuk mengambil contoh dari Nabi Muhammad dalam berperilaku dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari.

  • 5. Menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup (وبلقءنلاموحكما)

“dan al Qu’ran sebagai pedomanku”

Al-Qur’an sebagai pedoman hidup juga menjadi nilai penting dalam bacaan ikrar di PAUD Islam Hidayatullah. Anak-anak diajarkan untuk mengakui Al-Qur’an sebagai kitab suci yang merupakan pedoman hidup umat Islam. Anak-anak juga diajarkan untuk membaca, memahami, dan mengamalkan ajaran yang terkandung dalam Al-Qur’an.

  • 6. Memohon ilmu dan kepahaman (رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا)

“Ya Allah, tambahkanlah ilmu kepadaku, dan berilah aku kepahaman”

Doa memohon ilmu dan kepahaman juga menjadi unsur penting dalam bacaan ikrar di PAUD Islam Hidayatullah. Anak-anak diajarkan untuk selalu memohon kepada Allah untuk diberikan ilmu dan kepahaman yang baik agar dapat terus bertumbuh menjadi pribadi yang optimal dalam berbagai bidang dalam rangka mengemban amanah sebagai makhuk yang diciptakan Allah SWT untuk memakmurkan bumi.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ikrar yang dilakukan oleh anak-anak di PAUD Islam Hidayatullah memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai tauhid dan karakter positif pada anak-anak. Dalam bacaan ikrar, terdapat kalimat-kalimat yang mengajarkan anak-anak untuk mengakui keberadaan Allah sebagai Tuhan yang Maha Kuasa, merelakan segala sesuatu kepada-Nya, meyakini Islam sebagai agama yang harus dijadikan jalan hidup, mengikuti teladan Nabi Muhammad dalam menjalankan ajaran Islam dengan baik dan benar, serta membaca dan memahami isi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.

Baca juga:  Anak Terlindungi, Indonesia Maju: Mewujudkan Generasi Emas melalui Hari Anak Nasional 2023

Melalui kegiatan ikrar ini, diharapkan anak-anak dapat memahami nilai-nilai tauhid secara lebih dalam dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, anak-anak dapat tumbuh menjadi individu yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia, serta memiliki kayakinan serta optomisme dalam kehidupan.

Oleh karena itu, peran lingkungan sekolah, serta dukungan keluarga sangat penting dalam membentuk karakter dan kepribadian anak-anak sejak usia dini. Melalui kegiatan ikrar dan pendekatan yang tepat, anak-anak dapat memahami nilai-nilai tauhid dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat menjadi generasi yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

tk-islam-hidayatullah-semarang
tk-islam-hidayatullah-semarang

Penulis: Tim Humas PAUDIH

Ikrar! Menanamkan tauhid ke anak

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *