Bermakna! Kemasan MPLS hari pertama yang berkesan

PAUDIH NEWS – PAUD Islam Hidayatullah mengawali hari pertama kegiatan tahun ajaran baru dengan semangat. Para guru berangkat lebih awal untuk memastikan kegiatan yang akan dilaksanakan hari ini semakin siap. Kegiatan yang telah disusun jauh-jauh hari diharapkan bisa berjalan dengan baik.

Sudah menjadi rutinitas sebelum berkegiatan para guru mengawali hari dengan membaca Alquran. Setelah itu dilanjutkan dengan koordinasi mengenai rencana-rencana yang akan dilakukan. Setelah pembagian tugas, semua segera beranjak untuk menjalankan tugasnya masing-masing. Peralatan yang telah disiapkan sebelumnya segera disusun sesuai tempatnya.

Agenda hari ini kegiatannya adalah melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah atau biasa disingkat MPLS. MPLS yang diadakan kali ini dikemas dengan permainan bermakna untuk memberikan pengalaman para siswa. Permainan dalam rangka MPLS ini melibatkan orang tua sehingga terasa lebih menyenangkan bagi siswa.

Sesuai waktu telah diagendakan, hari pertama ini yang dijadwalkan berkegiatan adalah kelompok bermain dan TK A. Kedatangan para siswa didampingi oleh walinya masing-masing. Wali siswa yang mendampingi ini nantinya akan turut terlibat dalam kegiatan siswa. Terlihat kepala sekolah Bu Nurain turut menyambut kedatangan calon-calon pemimpin masa depan bersama orangtuanya tersebut.

Pembukaan kegiatan dilakukan di teras sekolah. Bu Fat dan Bu Dijah tampil membuka acara. Siswa-siswi diajak untuk berdoa dan bersemangat sebelum berkegiatan. Setelah itu diterangkan bahwa kelompok bermain akan berkegiatan di play ground yang luas, sedang TK A di halaman sekolah yang tak kalah luas untuk bermain.

Setelah mendapat petunjuk cara bermain oleh guru pendamping kelompok masing-masing, permainan pun dimulai. Orang tua yang mendampingi tampak antusias bermain peran dengan Ananda. Seperti pada permainan memindahkan bola dengan cup ke keranjang, tampak siswa aktif mondar-mandir berkompetisi mengambil bola.

Tak kalah seru di permainan menyusun cup. Siswa-siswi yang mendapat kesempatan bermain juga bersemangat mengikuti aturan bermain.

Baca juga:  Diskusi terpumpun: “Menemukan titik temu dan solusi”

“Yeeeyyy.. berhasil!. Tapi..UPS!. Tampak ada beberapa siswa yang telah berhasil menyelesaikan menyusun cup.nya, tapi saat akhir malah terjatuh semua.

Sedangkan pada kelompok bermain juga asyik berkegiatan. Permainan kreasi balon, estafet bendera dan kreasi Lego juga seru untuk diikuti. Mereka asyik bekerjasama bersama pendampingnya menyelesaikan permainan. Meski peserta masih ada yang agak malu-malu, namun kegembiraan tampak terpancar di kegiatan tersebut.

Setelah bergantian memainkan permainan yang telah disediakan, tiba waktunya untuk beristirahat. Para siswa diarahkan untuk mencuci tangan di tempat-tempat yang memang sudah ada bagian dari fasilitas sekolah. Para guru mulai menerapkan pembiasaan-pembiasaan baik seperti berdoa, ketertiban, baris berbaris dan mengantri yang akan menjadi salah satu rutinitasnya di sekolah.

Selesai mencuci tangan para siswa tetap bersama kelompoknya. Mereka selanjutnya diperkenankan untuk makan bersama. Para siswa menikmati makannya bersama teman sekelas hingga selanjutnya dijadwalkan pulang.

Siswa memang diprogramkan untuk mendapat asupan saat bersekolah. Program ini berjalan sesuai jadwal sekolah para siswa. Siswa bisa menikmati asupan yang telah disediakan oleh tim khusus yang bekerjasama untuk menangani katering sekolah.

Kegiatan MPLS hari pertama berjalan dengan lancar dan baik. Siswa-siswi ceria saat kepulangannya. Kegiatan meriah dan berkesan. Kesan positif datang dari beberapa wali murid yang menyambut baik kegiatan hari ini.

Dokumentasi kegiatan MPLS hari pertama
Bermakna! Kemasan MPLS hari pertama yang berkesan

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *