diskusi terpumpun tk islam hidayatullah

PAUD Islam Hidayatullah menggelar diskusi terpumpun yang berlangsung pada Sabtu, 23 September 2023, sebagai bagian dari Program Sekolah Penggerak. Diskusi ini dihadiri oleh guru-guru SD Islam Hidayatullah kelas awal, direktur LPI Hidayatullah, ketua divisi kesiswaan, dan nara sumber psikolog profesional, Bu Ririn, Psi. dari Lembaga Cahaya Hati.

TK ISLAM TERBAIK DI SEMARANG, SUDAH TAHU? CEK DI SINI

BANYAK YANG DATANG UNTUK STUDI BANDING

Diskusi ini bertujuan memberikan pemahaman tentang konsep masa transisi anak usia dini yang masuk ke jenjang sekolah dasar. Guru-guru SD kelas awal hadir untuk memahami model pembelajaran dari PAUD, sehingga dapat mengaplikasikannya di sekolah dasar pada kelas awal.

Selama diskusi, berbagai permasalahan yang dihadapi di PAUD, khususnya TK B, dan sekolah dasar dibahas bersama. Hal ini diharapkan dapat menciptakan sinkronisasi antara PAUD dan sekolah dasar dalam pendidikan anak usia dini.

Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari semua pihak, dan akan diikuti dengan tindak lanjut evaluasi di akhir semester kedua sebagai bagian dari proses evaluasi dan peningkatan kualitas pendidikan.

Diskusi terpumpun yang diselenggarakan oleh PAUD Islam Hidayatullah pada tanggal 23 September 2023 dengan tujuan menemukan titik temu dan solusi antara PAUD dan sekolah dasar dalam pendidikan anak usia dini adalah sebuah langkah yang sangat positif dan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di usia awal. Beberapa hal yang dapat diperhatikan dan diapresiasi dari diskusi tersebut adalah:

  1. Kolaborasi Antar Sekolah: Diskusi ini merupakan contoh nyata kerja sama yang kuat antara PAUD (TK B) dan sekolah dasar (SD) dalam rangka memahami kebutuhan pendidikan anak usia dini. Ini adalah langkah penting untuk menciptakan alur pendidikan yang berkesinambungan dan konsisten bagi anak-anak, yang akan memberikan manfaat jangka panjang.
  2. Mengatasi Tantangan Bersama: Diskusi ini juga mencakup pembahasan masalah dan tantangan yang dihadapi oleh PAUD dan SD dalam pendidikan anak usia dini. Ini adalah langkah awal yang penting untuk mencari solusi bersama yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan pada tahap-tahap awal ini.
  3. Peran Psikolog Profesional: Kehadiran seorang psikolog profesional, Bu Ririn, Psi. dari Lembaga Cahaya Hati, adalah langkah yang cerdas. Kehadirannya dapat membantu memahami aspek psikologis anak-anak dan memberikan wawasan yang berharga dalam pengembangan metode pembelajaran yang sesuai.
  4. Evaluasi dan Pemantauan: Rencana untuk melakukan tindak lanjut evaluasi di akhir semester kedua menunjukkan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. Ini adalah langkah yang sangat penting dalam menjaga dan mengembangkan inisiatif pendidikan.
  5. Partisipasi Guru: Kehadiran guru-guru SD kelas awal adalah langkah penting dalam proses transfer pengetahuan dari PAUD ke SD. Guru-guru SD yang berpartisipasi dapat belajar tentang model pembelajaran PAUD dan mengaplikasikannya di kelas awal mereka.
Baca juga:  Jurnal Pembelajaran Tema Binatang #Pekan 1

Selain itu, diskusi ini juga menekankan pentingnya memahami masa transisi anak usia dini saat mereka memasuki jenjang sekolah dasar. Pemahaman yang baik tentang kebutuhan dan karakteristik anak usia dini adalah langkah awal yang kunci dalam menyusun program pendidikan yang efektif.

Semoga diskusi ini menjadi awal dari kolaborasi yang berkelanjutan antara PAUD dan sekolah dasar, yang pada akhirnya akan memberikan manfaat besar bagi perkembangan pendidikan anak-anak di usia awal.

tk-islam-hidayatullah-semarang
tk-islam-hidayatullah-semarang

Penulis:Tim Humas PAUDIH

Diskusi terpumpun: “Menemukan titik temu dan solusi”

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *