Tips parenting sukses ibu bekerja

Menghadapi Tantangan Sebagai Ibu Pekerja

Ibu karier atau wanita yang memilih berprofesi bukanlah hal baru di era saat ini. Banyak perempuan telah membuktikan bahwa memiliki karier tidak ada yang salah, terutama jika bertujuan untuk menunjang ekonomi keluarga.

Baca juga: Juara 1 sekolah sehat, TK Islam Hidayatullah mendapat penghargaan

Namun, menjadi seorang ibu pekerja tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Mereka harus mampu memenuhi tanggung jawab di tempat kerja sekaligus memberikan perhatian penuh pada pola asuh anak agar tumbuh kembang si kecil tetap optimal.

Menjaga Kualitas Waktu dengan Anak

Penting bagi seorang ibu karier untuk meluangkan waktu berkualitas bersama anak, terutama pada akhir pekan atau hari libur. Hal ini sangat bermanfaat untuk melepaskan penat sekaligus mengobati kerinduan anak akan sosok ibunya.

Alihkan fokus dari pekerjaan ke waktu bersama anak selama minimal 1 atau 2 jam sehari sehingga anak tetap merasa memperoleh perhatian.

Komunikasi yang Terjaga

Pastikan selalu bisa menghubungi anak saat senggang di tempat kerja. Tetap terlibat dalam kehidupan anak dan beri dukungan meskipun sedang sibuk dengan pekerjaan.

Selain itu, upayakan kebutuhan gizi anak tetap terpenuhi dengan memberikan makanan sehat dan bergizi, meskipun ibu sedang sibuk dengan pekerjaan.

Berpasangan dalam Mengasuh Anak

Berbagi tugas dengan pasangan sangat penting dalam mengasuh anak, karena peran orang tua yang aktif dan terlibat akan sangat mempengaruhi perkembangan anak.

Kerja sama antara keduanya dalam mengasuh anak akan membantu meringankan beban dan menciptakan lingkungan keluarga yang seimbang.

Mengenalkan Anak pada Pekerjaan Ibu

Jelaskan kepada anak mengenai alasan mengapa Anda harus bekerja. Ceritakan juga tentang pekerjaan yang Anda lakukan sehari-hari. Hal ini akan membuat anak lebih mengerti dan menerima bahwa orang tuanya harus bekerja karena ada alasan yang penting. Terbuka dalam berkomunikasi mengenai pekerjaan akan membantu anak memahami peran ibu dan menghargainya.

Baca juga:  Panduan Metode Ummi Jilid 5

Mencari Bantuan dari Lembaga Profesional

Jika diperlukan, jangan ragu untuk mempercayakan pengasuhan anak kepada lembaga penitipan anak profesional yang dapat memberikan perawatan dan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Baca juga: Wali murid puas dengan pendidikan Hidayatullah

Salah satunya adalah Taman Pengasuhan Anak (TPA) QBS Islam Hidayatullah, yang menawarkan lingkungan islami yang mendukung tumbuh kembang anak. Mereka bisa bersosialisasi dan bermain bersama dengan penjagaan guru-guru yang profesional.

Lokasi yang strategis -+ 2 menit dari exit tol Banyumanik Semarang sangat tepat menjadi pilihan. Budaya Islami dan lingkungan yang aman dan menyenangkan membuat ananda nyaman sehingga Ibunda bisa lebih tenang di hati.

TPA-QBS Islam Hidayatullah menerima siswa baru_Amankan kursinya segera!

Kesimpulan

Menjadi seorang ibu karier bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan komitmen dan kerja sama yang baik antara pasangan, serta perhatian penuh pada anak, ibu karier dapat mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan pengasuhan anak. Meluangkan waktu berkualitas bersama anak, berkomunikasi terbuka mengenai pekerjaan, dan mempercayakan anak kepada lembaga penitipan anak profesional adalah beberapa langkah penting dalam menjalani peran ganda sebagai ibu dan wanita karier yang sukses.

tk-islam-hidayatullah-semarang

Penulis: Humas PAUDIH

Referensi: Klik dokter.com

Ibu Karier yang Sukses: Menjaga Keseimbangan Antara Pekerjaan dan Pengasuhan Anak

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *