Kegiatan Healing Penguatan Karakter dengan G Adventure

Pada Sabtu, 24 Juni 2023, PAUD Islam Hidayatullah mengadakan kegiatan healing penguatan karakter yang menarik di Magelang. Kegiatan ini dilakukan dengan kerjasama bersama G Adventure, sebuah perusahaan yang berfokus pada pengembangan aktivitas petualangan.

Persiapan dan Perjalanan

Kegiatan dimulai dari kampus pada pukul 06.30, dengan sebuah armada bus sebagai sarana transportasi. Sebelum berangkat, seluruh peserta melakukan doa bersama. Bu Naning, bersama beberapa guru lainnya, turut membantu membagikan snack dan sarapan kepada peserta.


Selama perjalanan bertambah mengasyikkan karena Bu Ainun dan Pak Karim mengisi dengan permainan sambung kata. Peserta tampak antusias dengan permainan tersebut. Satu persatu maju dan memberikan kata pilihannya. Tatkala ada kata yang terdengar konyol para peserta tertawa dan bersorak.

Rombongan tiba di Paradise Bali sekitar pukul 09.00 WIB. Lokasi ini merupakan tempat rafting di Sungai Elo, yang dikenal karena keindahan alamnya yang masih terjaga. Para peserta mendapatkan suasana asri dan terdengar gemericik air sungai yang menenangkan.

Baca juga: Guru-guru rapat menyiapkan kegiatan MPLS yang bermakna

Pihak pengelola wahana rafting memberikan briefing sebelum kegiatan dimulai, untuk memastikan keamanan dan kelancaran selama menjelajahi air jeram. Dalam perjalanan menuju titik start, para peserta menggunakan angkot selama sekitar 15 menit. Di titik start, sambil menunggu panitia menyiapkan perahu karet, para guru melakukan swafoto bersama.

Kegiatan Rafting

Kegiatan rafting berjalan dengan seru dan penuh kegembiraan. Para peserta terlihat senang dan ceria. Meskipun rute di Sungai Elo relatif aman bagi pemula, namun tetap menantang. Pemandangan sepanjang alur sungai sangat menarik dan peserta yang membawa handphone bisa mengabadikannya dalam foto. Para pemandu rafting mengingatkan peserta mengenai beberapa jeram yang membutuhkan konsentrasi agar perahu tidak terbalik.

Dokumen lain? Klik
Rute rafting memiliki panjang sekitar 12 km. Pada kilometer 10, tersedia rest area untuk menikmati snack dan kelapa muda. Setelah mencapai finish, para peserta membersihkan diri, melaksanakan shalat dhuhur, dan menikmati makan siang.

Baca juga:  Jurnal Pembelajaran Topik Alam Semesta

Pesan dari Pak Rujito, SH., M.M.

PAUD Islam Hidayatullah juga menghadirkan tamu spesial untuk memberikan penguatan karakter. Tamu tersebut adalah Pak Rujito, S.H, M.M. yang memberikan motivasi dan inspirasi.

Dalam pesannya kepada peserta, Pak Rujito, SH. MM, menyoroti pentingnya akhlak sebagai kunci utama kesuksesan dalam pendidikan. Beliau menyadarkan peserta bahwa kesuksesan sejati tidak hanya ditentukan oleh prestasi akademik semata, tetapi juga oleh karakter dan etika yang baik. Akhlak yang baik merupakan fondasi yang kuat untuk mencapai kesuksesan yang holistik dalam kehidupan.

Selain itu, Pak Rujito juga menekankan perlunya mengubah cara pandang dan pola pikir. Beliau mengajak peserta untuk melihat dunia dengan sudut pandang yang lebih positif. Mengubah cara pandang akan membantu peserta untuk menghadapi tantangan dengan lebih baik, mencari solusi kreatif, dan melihat peluang di setiap kesulitan.

Pak Rujito juga menyarankan agar peserta membersihkan hati mereka. Dalam arti ini, beliau mengajak peserta untuk menghilangkan sikap dan emosi negatif, seperti dendam, iri hati, dan prasangka yang merugikan. Dengan membersihkan hati, peserta akan mampu menjalin hubungan yang lebih baik dengan orang lain, menciptakan lingkungan yang harmonis, dan mencapai kebahagiaan yang sejati.

Pak Rujito yakin bahwa jika peserta mampu mengimplementasikan pesan tersebut, akan ada dampak luar biasa dalam kehidupan mereka. Mereka akan menjadi individu yang berakhlak baik, memiliki pemikiran positif, dan mampu mengatasi hambatan dengan bijak. Kehidupan mereka akan dipenuhi dengan kebahagiaan, kedamaian, dan sukses yang sejati, tidak hanya dalam bidang pendidikan, tetapi juga dalam semua aspek kehidupan.

Perpisahan guru

Pada kesempatan healing ini juga menjadi momen untuk perpisahan guru. Bu Siti Khadijah guru kelompok B akan mengakhiri tugas mengajarnya karena akan berpindah tugas. Tampak para guru banyak yang berkaca-kaca ketika Bu Dijah memberikan sambutan perpisahanmya.

Baca juga:  Penghargaan Guru-Guru, Semangat Menyambut Siswa Baru

Bu Dijah merupakan salah satu guru yang berprestasi. Selama pengabdian beliau telah banyak mendukung perkembangan pendidikan khususnya di PAUD Islam Hidayatullah. Banyak teman sejawat yang merasa berat hati ditinggalkannya

Tour ke Desa-desa Borobudur

Setelah kegiatan rafting selesai, peserta melanjutkan perjalanan dengan menggunakan VW (Volkswagen) untuk mengelilingi desa-desa sekitar Borobudur. Rombongan mengunjungi UMKM rengginang, di mana para guru berkesempatan untuk mencoba membuat rengginang dan melihat proses pembuatan produk dari bahan alami.

UMKM rengginang terletak di Dusun Tingal, Desa Wanurejo. Salah satu keunikan tempat ini adalah tersedia minuman teh atau air putih gratis dan juga tester berbagai olahan rengginang. Pengunjung bisa menikmatinya dengan bebas karena telah disiapkan di meja dan mengambil sendiri.

Setelah itu, peserta melanjutkan perjalanan dan mengambil swafoto dengan latar belakang perbukitan Menoreh yang indah. Lapangan luas dengan background perbukitan memang bagus untuk dijadikan ajang Selfi atau pun kepentingan dokumentasi lainnya. Elok dan asri dengan pemandangan alamnya yang menawan.

Selanjutnya, mereka mengunjungi UMKM madu asyfa di Desa Tanjung Sari. UMKM ini fokus pada budidaya lebah lokal atau apeserana. Peserta disebut dan dijelaskan mengenai proses budidaya dan berbagai hal terkait pemeliharaan lebah. Dalam UMKM tersebut juga tersedia spot untuk belanja berbagai olahan madu yang baik bagi kesehatan.

Perjalanan berlanjut dengan menggunakan VW melewati persawahan di sekitar Candi Borobudur. Pemandangan persawahan yang indah dengan cahaya matahari terbenam menambah keelokan suasana.

Setelah itu, peserta kembali ke bus dan melanjutkan perjalanan menuju rest area RM Endang Jaya yang berada di jalan raya Magelang – Jogja. Di rest area tersebut, para peserta melaksanakan shalat Maghrib dan Isya secara jamak qashar. Kemudian, mereka menikmati makan malam bersama yang telah disiapkan oleh panitia.

Baca juga: Rekomendasi sekolah TK terbaik

Rest area yang menyediakan oleh-oleh memudahkan peserta untuk bisa memilih buah tangan untuk orang di rumah. Oleh-oleh yang ada cukup lengkap dan banyak varian. Dengan aneka olahan khas Magelang dan beberapa daerah lainnya.

Baca juga:  Panduan Metode Ummi Jilid 6

Kesimpulan

Kegiatan healing penguatan karakter yang diadakan oleh PAUD Islam Hidayatullah Magelang bekerja sama dengan G Adventure merupakan sebuah perjalanan yang penuh dengan petualangan dan pembelajaran.

Mulai dari kegiatan rafting yang seru di Sungai Elo, hingga tur keliling desa-desa sekitar Borobudur dengan menggunakan VW. yang berkesan.

Selain itu, peserta juga mendapatkan nasehat berharga dari Pak Rujito mengenai pentingnya akhlak dalam pendidikan dan perubahan pola pikir yang dapat menghasilkan hasil luar biasa. Semua peserta pulang dengan kenangan yang tak terlupakan dan pengalaman yang berharga dalam memperkuat karakter diri.

tk-islam-hidayatullah-semarang
tk-islam-hidayatullah-semarang

Penulis: tim humas PAUDIH

Kegiatan Healing Penguatan Karakter dengan G Adventure

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *