Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan, di mana umat muslim di seluruh dunia berpuasa dan menunjukkan kasih sayang serta kepedulian terhadap sesama. Hal ini tercermin dalam berbagai kegiatan yang dilakukan oleh individu dan kelompok dalam menyambut bulan suci ini.

Sebagai orang tua, tentunya menghendaki putra dan putrinya memilki jiwa yang welas dan asih kepada sesama. Anak yang memiliki kepekaan sosial membutuhkan latihan secara berkesinambungan. Dalam upaya ini, kegiatan berbagi dengan sesama dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk melatih kepekaan sosial anak.

PAUD Islam Hidayatullah Adakan Kegiatan Pen-tasyarufan Hasil Infaq

PAUD Islam Hidayatullah, sebagai sebuah lembaga pendidikan anak usia dini yang berbasis agama Islam, baru-baru ini mengadakan kegiatan pen-tasyarufan hasil infaq dalam rangka membagikan kebahagiaan di bulan Ramadhan. Kegiatan ini merupakan bagian dari program infaq Ramadhan yang sebelumnya telah sukses menggalang dana dari siswa atas dukungan orang tuanya.

Baca juga: Sukses program infaq Ramadhan

Pen-tasyarufan Melibatkan Anak-Anak untuk Menumbuhkan Empati

Pen-tasyarufan atau penyaluran hasil infaq dilakukan dengan melibatkan anak-anak PAUD Islam Hidayatullah. Melalui kegiatan ini, anak-anak diberikan kesempatan untuk belajar tentang pentingnya berbagi dan menumbuhkan rasa empati terhadap sesama. Dengan cara ini, diharapkan anak-anak dapat tumbuh menjadi individu yang peduli dan mempunyai kepekaan sosial yang tinggi.

Penyaluran kepada Duafa dan Anak Yatim di Sekitar Kampus

Hasil infaq yang terkumpul kemudian disalurkan kepada para duafa dan anak yatim di sekitar kampus PAUD Islam Hidayatullah. Dalam kegiatan pen-tasyarufan ini, anak-anak turut serta untuk menyalurkan bantuan dan menyerahkan hasil infaq kepada para penerima manfaat.

Dalam kesempatan ini, Bu Iin selaku kepala sekolah PAUD Islam Hidayatullah mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada orang tua yang telah berpartisipasi dalam program infaq Ramadhan. “Kami bersyukur atas partisipasi Ayah-Bunda dalam program infaq Ramadhan ini. Semoga apa yang telah kita berikan dapat membawa manfaat bagi sesama,” ucapnya.

Baca juga:  Puncak tema alat transportasi TK Islam Hidayatullah Mengadakan Kegiatan Pawai Sepeda

Manfaat dan hikmah yang diperoleh dengan berbagi

Dalam bulan suci Ramadhan ini, mari kita mengambil pelajaran dari kegiatan positif sebagaimana yang dilakukan oleh PAUD Islam Hidayatullah. Berbagi kebahagiaan dengan sesama adalah tindakan mulia yang dapat dilakukan oleh siapa saja, dan bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk melakukannya.

Berbagi pada sesama dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari memberikan sumbangan dalam bentuk uang, makanan, atau pakaian, hingga melakukan aksi sosial seperti membersihkan lingkungan atau mengunjungi panti asuhan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kegiatan berbagi dapat membantu melatih kepekaan sosial anak:

1. Meningkatkan Rasa Empati

Melalui kegiatan berbagi, anak akan belajar untuk merasakan perasaan dan pengalaman orang lain. Anak akan memahami bahwa tidak semua orang memiliki kehidupan yang sama dan banyak orang yang membutuhkan bantuan. Dengan begitu, anak akan lebih mudah memahami dan menghargai keberagaman yang ada di sekitarnya.

2. Mengembangkan Kemampuan Berempati

Dengan melihat langsung bagaimana keadaan orang yang membutuhkan bantuan, anak akan lebih mudah merasakan perasaan mereka dan mengembangkan kemampuan berempati. Anak akan belajar untuk berbicara dan bertindak dengan lembut pada orang yang membutuhkan bantuan, serta belajar untuk mendengarkan dan memahami kebutuhan orang lain.

3. Meningkatkan Rasa Kemanusiaan

Kegiatan berbagi juga dapat membantu anak untuk mengembangkan rasa kemanusiaan yang lebih tinggi. Anak akan memahami bahwa setiap orang memiliki hak yang sama untuk hidup layak dan merasa bahagia. Dengan begitu, anak akan lebih mudah memahami nilai-nilai kemanusiaan yang penting seperti keadilan, kesetaraan, dan perdamaian.

4. Menumbuhkan Sikap Dermawan

Melalui kegiatan berbagi, anak juga akan belajar untuk menjadi orang yang dermawan. Anak akan memahami bahwa memberikan pada sesama adalah suatu tindakan yang sangat penting dan mulia. Dengan begitu, anak akan lebih mudah mempraktikkan sikap dermawan dalam kehidupannya sehari-hari.

Baca juga:  PKG Kecamatan Undaan, Kudus Studi Tiru Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Islam Hidayatullah

Melalui kegiatan berbagi pada bulan Ramadhan, orang-orang dapat belajar untuk lebih memahami makna dari kebahagiaan yang sesungguhnya. Kebahagiaan tidak hanya diperoleh dari kekayaan atau harta benda, namun juga dapat diperoleh dari kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama.

Bagi anak-anak, kegiatan berbagi pada bulan Ramadhan dapat menjadi momen yang berharga untuk melatih kepekaan sosial. Dalam kegiatan ini, anak-anak diajarkan untuk merasakan perasaan dan pengalaman orang lain, serta untuk menghargai keberagaman yang ada di sekitarnya.

Dalam melakukan kegiatan berbagi pada bulan Ramadhan, kita juga dapat merasakan kebahagiaan yang luar biasa. Ketika kita melihat senyum dan rasa syukur dari orang-orang yang menerima bantuan kita, kita akan merasa bahagia dan puas. Hal ini mengajarkan kita bahwa kebahagiaan sejati diperoleh dari kepedulian dan kebaikan terhadap sesama.

Dalam kesimpulannya, bulan Ramadhan adalah bulan yang tepat untuk melakukan kegiatan berbagi dengan sesama. Kegiatan ini dapat melatih kepekaan sosial anak, serta memberikan kebahagiaan yang sejati bagi semua orang yang terlibat. Oleh karena itu, mari berbagi kebahagiaan pada bulan Ramadhan ini dan selalu menjadi pribadi yang peduli dan dermawan.

TK ISLam Hidayatullah Semarang
tk-islam-hidayatullah-semarang
Penulis: Tim humas PAUDIH
Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadhan

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *