
Pada tanggal 24 September 2024 , Yayasan Islam Nusantara Pekalongan mengadakan kunjungan studi banding ke PAUD Islam Hidayatullah. Rombongan yang berjumlah sekitar 30 orang ini bertujuan untuk menimba ilmu dan mempelajari berbagai kelebihan yang ada di PAUD tersebut.
Tujuan dan Maksud Kunjungan
Kunjungan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Yayasan Islam Nusantara untuk mempelajari metode pembelajaran dan sistem pendidikan yang diterapkan di PAUD Islam Hidayatullah. Harapannya, ilmu yang diperoleh selama kunjungan ini bisa diterapkan di lembaga mereka sendiri, guna meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.
Proses Pembelajaran di PAUD Islam Hidayatullah
Rombongan dari Yayasan Islam Nusantara mendapat kesempatan untuk mengamati proses pembelajaran yang berlangsung di PAUD Islam Hidayatullah. Selain itu, mereka juga berdiskusi dengan pihak yayasan dan lembaga untuk memahami secara lebih mendalam cara pembelajaran yang diterapkan di sana.
Beberapa aspek yang dianggap luar biasa oleh rombongan Yayasan Islam Nusantara antara lain:
- Metode pembelajaran yang terstruktur dan efektif.
- Pembiasaan baik yang ditanamkan kepada para murid.
- Penerapan pembelajaran Al-Qur’an dan salat dalam kegiatan sehari-hari.
Kesan dan Rencana Implementasi
Setelah melakukan observasi dan diskusi, pihak Yayasan Islam Nusantara sangat terkesan dengan apa yang mereka lihat. Mereka menyebut perkembangan cara mengajar dan pembiasaan di PAUD Islam Hidayatullah sebagai sesuatu yang luar biasa.
Kesan mereka antara lain:
- PAUD Islam Hidayatullah sangat berpotensi melahirkan generasi muda Islam yang cerdas dan berakhlakul karimah .
- Masyarakat Semarang yang menyekolahkan anak di PAUD Islam Hidayatullah telah membuat pilihan yang tepat, karena kualitas pendidikannya sangat baik.
Penutup
Melalui studi banding ini, Yayasan Islam Nusantara berencana untuk mengadopsi beberapa metode dan pendekatan yang diterapkan di PAUD Islam Hidayatullah dalam program pendidikan mereka sendiri. Harapannya, penerapan metode ini dapat memberikan manfaat besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak usia dini di yayasan mereka.