Jurnal Pembelajaran Topik Lingkungan #2

Dibuka PPDB tahun ajaran 2023/2024

KKG Gugus Mawar, Batang studi banding di PAUD Islam Hidayatullah

Topik: Lingkungan

Pembelajaran dengan topik lingkungan mempunyai tujuan di antaranya agar siswa bisa tumbuh kesadaran dan kepekaan terhadap lingkungan, memiliki pengetahuan dan pemahaman tentangnya, turut peduli terhadap lingkungan dan termotivasi untuk meningkatkan atau mempertahankan kualitasnya.

Pembelajaran menggunakan model sentra dan dikemas dengan bermain. Model belajar ini sangat mengasyikkan, sehingga siswa merasa senang di sekolah. Terdapat beberapa sentra yang digunakan secara bergilir. Setiap kelompok akan berkesempatan menggunakan sentra yang ada sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Yuk! Lihat keseruan belajar mereka

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok B

B1 [Sentra Sentra Peran]

Pekan ini B1 berkreasi membuat taman untuk burung. Kegiatan seru berikutnya yaitu membuat pesawat untuk mencari induk burung. Semua anak bermain bersama dengan menggunakan media yang ada.

Masih di sentra peran, anak- anak kembali meneruskan membuat burung dan sangkar burung. Mereka bermain peran dan berbagi media main. Ada yang mengambil kardus lalu, ada yang menggunting kertas, ada pula yang berkelompok mendiskusikan bersama menyelesaikan proyeknya.

Pada waktu yang berbeda anak-anak bekerja bakti membersihkan playground. Kegiatan ini melatih mereka agar tumbuh kepeduliannya terhadap lingkungan. Mereka tampak antusias dan saling bantu mengumpulkan sampah ke dalam sebuah tempat.

bu difa

B2 [Sentra Sentra Alam]

Pekan ini kita belajar tentang lingkungan pegunungan. Kegiatan diawali dengan Fisik motorik melompat, angkleh dan merangkak. Alhamdulillah tulang kita kuat. Fisik motorik bermanfaat untuk perkembangan fisiik anak, karena baik langsung atau tidak langsung akan mempengaruhi perilakunya sehari-hari.

Di akhir kegiatan kita sholat dzuhur berjamaah. Kegiatan ini sudah rutin dan menjadi pembiasaan anak-anak di sekolah. Kegiatan di waktu yang berbeda kita literasi “book time” . Meminjam buku di perpustakaan. Setelah itu dilanjutkan kegiatan disentra mengerjakan proyek membuat gunung menggunakan kardus bekas dan kertas lalu di cat, mensetting lingkungan rumah dipegunungan,

“yaaaahh waktunya habis besok masih dilanjutkan ya bu.” kata sahabat kecil B2.

Permaian yang menantang di hari sebelumnya berlanjut. Kita melanjutkan proyek gunung dan dan pemukiman di lereng gunung. Asyiknya..

bu fat

B4 [Sentra Balok]

Awal pembelajaran kelompok B4 menonton Video tentang hutan Pinus dan penginapan di nglimut Gonoharjo Kendal. Kelompok B4 juga mendengarkan cerita tentang Roby dan Susi yang sedang menyusuri sungai. Kemudian kelompok B4 menggambar ide gagasan mereka untuk membangun balok di keesokan harinya. Ada yang menggambar kapal, menggambar rumah, Sungai, kolam renang dan juga ada yang menggambar Villa.

Kegiatan B4 di hari berikutnya melanjutkan projek mereka, Abhi dan Beyza menambahkan jalan diatas sungainya, Hamka dan Sofia menambahkan tinggi bangunan tembok dan melengkapi bangunan, Mikail dan Aira menambahkan aksesoris pada bangunan, Kareem menambahkan kreasinya yaitu membuat kapal selam, sedangkan Kiana menambah aksesoris meja pada bangunan rumahnya. Selanjutnya Zio dan Aila membuat bendera untuk dipasang di bangunan nya. Kemudian ada Akbar dan Tara yang mulai membangun membuat bangunan baloknya.

Mereka kreatif sekali. Bisa bermain sesuai petunjuk bu guru dengan memanfaatkan media yang ada.

bu dijah

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok A

DISKON 10% BULAN JANUARI. MANFAATKAN SEGERA

A1 [Sentra Peran]

Teman-teman masih melanjutkan bermain dengan topik lingkungan di pekan ini. Di sentra peran mereka bermain peran pergi ke pegunungan. Di pegunungan kegiatan mereka di antaranya berkemah. Sebelum nya mereka bekerja sama dan saling bantu untuk menyiapkan tempat dan seting mainnya. Mereka berbagi peran dan bersenang-senang bersama. Manfaat bermain bersama dapat melatih anak untuk belajar mendengarkan, memperhatikan, dan mempertimbangkan sudut pandang orang lain. Selain itu, ia juga akan belajar untuk mengatur emosi dan perasaannya saat bermain, terutama dalam bentuk permainan sosial dan terstruktur.

Teman-teman A1 seru sekali bermain dan beraktifitas di perkemahan. Ada yang membawa bekal dan berbagi. Di tengah kegiatan berkemah mereka juga ingat untuk beribadah sholat berjamaah.

bu ainun

A2 [Sentra Peran]

Kegiatan kelompok A2 di sentra ibadah setelah mendengarkan cerita yang berjudul “Kisah Nabi Muhammad SAW” adalah bergotongroyong membuat gua hira. Diketahui bersama gua Hira merupakan tempat nabi Muhammad menerima wahyu dari Allah melalui malaikat Jibril.

Kegiatan hari selanjutnya di sentra ibadah melanjutkan projek membuat Mekkah dan Madina, tempat yang digunakan nabi Muhammad untuk berdakwah. Sedangkan di Hari Rabu pekan ini adalah jadwal ekstra berenang anak muslimah kelompok A2. sedangkan kelompok muslimin berenangnya di Hari Kamis. Mereka pun berangkat lebih awal dengan membawa pakaian renang. saat berenang mereka mendapat pendampingan bu guru dan dilatih guru renang yang sudah ahli dan pengalaman.

“Di hari selanjutnya kelompok A2 berkreasi membuat kaligrafi. Mereka juga mempraktekkan kegiatan ibadah seperti yang dilakukan nabi Muhammad yaitu berwudhu sebelum sholat.

Jumat pekan ini kelompok A2 mengikuti ekstrakulikuler membentuk clay yang bertujuan melatih sensorimotor dan kreativitas anak.

bu haning

A3 [Sentra Balok]

Fisik motorik mengawali kegiatan A3 di sentra balok. Mereka juga menyimak cerita petualangan di gunung. Cerita itu kemudian didiskusikan dan mereka beride gagasan membangun proyek jembatan. Kemudian mereka mengambil media yang telah diseting Bu guru. Setelah itu memainkan bersama membuat proyeknya.

kegiatan hari berikutnya melanjutkan projek jembatan dan menambah bangunan rumah kayu bungalo. Permainan seru ini pun makin menantang, pada hari berikutnya projek masih berlanjut, mereka menambahkan berbagai aksesoris sehingga bentuknya pun makin menarik. Selain itu ditambahkan pula tempat foto di atas bukit.

Waktu bermain selesai, anak salih-salihah pun lalu beres-beres mengembalikan mainan dan barang ke tempat semula sehingga kelas kembali rapi. Pada hari Jum’at anak- anak mendapat jadwal berkegiatan ekstra cooking class.

bu ria

A4 [Sentra Alam]

Media pembelajaran era kini semakin berkembang dan kreatif. Salah satu media yang baik dan mendukung untuk digunakan media belajar adalah video. Belajar melalui video akan memudahkan memudahkan peserta didik memahami konteks mata pelajaran.Sebagaimana kegiatan A4 di sentra alam. Kegiatan belajar diawali dengan menonton video tentang “Mengenal gunung dan bukit”. Melalui video pembelajaran ini menjadi pijakan bermain teman-teman selanjutnya. Setelah itu mereka melakukan persiapan projek membuat lingkungan pegunungan dari bubur kertas. Mereka bermain bersama menggunakan media yang telah disiapkan.

Anak salih-salihah A4 selanjutnya berkreasi membuat lingkungan pegunungan menggunakan bahan yang diinginkan. Mereka berbagi bahan dan juga asyik bermain dengan imajinasinya. Selanjutnya mereka juga berkesempatan untuk melukis, menggoreskan tinta warna menggunakan kuas.

Kegiatan main yang menyenangkan di sentra alam berlanjut di hari berikutnya. Mereka meneruskan bereksplorasi membuat lingkungan pegunungan . Pada hari Jum’at mengikuti ekstra angklung, melatih kepekaan bunyi dan nada menjadi sebuah irama.

bu Yani

A5 [Sentra Seni]

Hari pertama di sentra seni anak-anak memilih kegiatan main proyek membuat tenda secara berkelompok. Manfaat bermain kelompok di antaranya melatih kemandirian, mengembangkan kemampuan emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik dan seni, serta beradaptasi dengan wahana pembelajaran dan permainan. Bermain kelompok pastinya juga sangat menyenangkan. Mereka bisa bermain dan belajar untuk berbagi dan bekerjasama.

Pada hari kedua, anak-anak melanjutkan pembuatan proyeknya. Mereka memanfaatkan meja, kursi dan karpet serta beberapa media yang telah disiapkan sebelumnya.

Kegiatan terakhir di sentra seni anak-anak membuat kreasi mobil dari bahan bekas. Bahan-bahan bekas ini mereka gunakan sebagai media bermain mengembangkan imajinasinya. Mereka kreatif sekali bisa mebuat aneka bentuk mainan dengan media tersebut.Salah satu hasil proyek mereka yaitu membuat tenda.

Setelah semua kegiatan main di sentra seni selesai, anak-anak merapikan kembali alat mainnya. Selain itu mereka juga berkunjung ke perpustakaan. Kegiatan ini merupakan usaha menumbuhkan minat baca agar anak berkembang kemampuan literasinya. Pekan ini kelompok A5 mendapat giliran ekstra nasyid. Berlatih melantunkan lagu-lagu yang bertema Islami.

bu iva

Pembelajaran Kelompok Bermain (KB) Islam Hidayatullah

SPESIAL JANUARI-MARET DISKON 10%. MANFAATKAN SEGERA

Baca juga:  Jurnal Pembelajaran Topik Diriku: eksplorasi duniaku

KB1 [Sentra Balok]

Hari pertama, anak-anak mendengarkan cerita dari buku yang berjudul “Bintang Emas”. Dari cerita ini akan menjadi pijakan bermain di sentra balok. BuGuru bersama dengan anak-anak berdiskusi bersama tentang isi dari buku cerita dan menentukan bangunan apa yang akan mereka bangun disentra balok.

Kegiatan selanjutnya Bu Guru mengajak anak-anak melihat video tentang bangunan planetarium. Mereka dikenalkan tentang planet, bintang, komet, dan benda-benda langit.

Mereka mulai menentukan bangunan yang akan mereka bangun, dan memilih teman untuk membangun planetarium. Hari berikutnya bermain disentra Balok, teman-teman menambahkan bangunan planetarium yang kemarin belum selesai. Ada yang menambahkan jembatan, jalan dan tempat parkir.Selain mengaji, hari ketiga mereka melanjutkan memainkan balok yang telah dibangunnya, menggambar bangunan dan merapikan kembali balok ke tempat semula.

BU HUSNUL

KB 2 (Sentra Olah Tubuh & Musik)

Pekan ini siswa KB 2 bermain di sentra olah tubuh dan musik. Pada hari pertama diajak untuk mendengarkan buku cerita yang dibacakan oleh bu Guru. Ceritanya kali ini mengenai tata Surya matahari. Dalam buku tersebut diceritakan bahwa matahari memberi manfaat untuk kehidupan makhluk hidup di bumi, selain itu dengan roket manusia bisa ke luar angkasa.
Di hari berikutnya siswa membuat roket secara berkelompok. Ada tiga kelompok untuk bersama-sama membuat kreasi roket. Mereka menggunakan kardus bekas untuk dijadikan badan roket. Ada yang menghias sayap roket, memberikan api, dan lain-lain. Siswa terlihat sangat berantusias ketika berkreasi membuat roket.
Kegiatan bermain berlanjut,di waktu berbeda mereka berkegiatan menirukan pak tani mencangkul, kemudian ada yang bershalawat sambil memainkan alat musik seperti gitar, gendang, gemericik.

bu silvi

KB 3 (Sentra Alam)

Kegiatan anak-anak KB 3 diawali dengan mendengarkan cerita yang berjudul “Awan Putih Kecil”. Anak-anak bersemangat menebak gambar yang ada di buku. Setelah itu mereka membuat kreasi awan. Ada yang menggambar awan, mewarnai, dan menempel. Hari berikutnya anak-anak membuat daerah pegunungan dan perkotaan menggunakan balok dan aksesoris lainnya. Selain itu mereka melakukan eksperimen hujan menggunakan gelas plastik dan balon.

bu umai

KB 4 (Sentra Peran)

Setelah liburan di hari senin, KB 4 kembali masuk sekolah di hari Selasa. Mereka mengawali kegiatan bermain di sentra peran dengan mendengarkan cerita tentang Bumi tempat tinggal kita dan membuat sungai. Selanjutnya berkreasi membangun kota dan desa di sentra peran. Mereka bermain bersama dan berbagi peran. Ada yang menjadi petani, penjual hasil panen di pasar, dan juga ada pembeli yang memborong dagangan. Kegiatan di Hari Kamis mereka mengaji, kemudian bermain peran menanam dan menyirami pohon, serta ada juga yang bermain peran jualan.

bu samsi

Taman Pengasuhan Anak [TPA] / Qur’anic baby school [QBS]

Baca juga:  Usia Anak Masuk PAUD: Persiapan Optimal untuk Pendidikan Anak Usia Dini
Kegiatan puncak tema anak-anak TPA Islam Hidayatullah

PPDB 2023/2024

Spesial Januari mendapat diskon 10%

Yuk daftarkan putra-putri ayah bunda segera

Makan

Siswa setiap hari selama bersekolah mendapat makan. Makan ini menjadi asupan penting menunjang kebutuhan gizi siswa. Menu makan setiap hari berganti disesuaikan dengan selera anak-anak. Saat proses makan, siswa dibiasakan adab makan dan mandiri dalam menyiapkan kebutuhan penyajian makannya. Selain itu siswa juga senantiasa didorong serta dimotivasi untuk bisa menyenangi buah dan sayuran.

BU IIN {KEPALA SEKOLAH}

Program Mengaji Kelompok Bermain

Program mengaji TK

Pengajaran mengaji untuk TK, selain membaca buku jilid, siswa juga juga dikenalkan dengan hafalan doa harian, hadits, dan surat pendek. Program hafalan minggu ini untuk TK A: Menghafal hadits kebaikan, TK B : Menghafal senandung Al-Qur’an.

Khusus TK B ada tambahan materi salat dan murojaah bersama hafalan surat pendek.

BU DIYAN [KOORDIANTOR BAQ]
Kegiatan murojaah hafalan surat pendek

Prestasi Mengaji Pekan Ini

Ekstrakurikuler

 Ekstakurikuler KB

 Renang

PAUD Islam Hidayatullah memiliki kolam renang sendiri. Program renang kelompok bermain, TK A, dan TK B bergiliran waktuya sesuai jadwal yang telah disusun. Renangnya antara muslimin dan muslimah dibedakan waktunya. serunya lagi, berenangnya didampingi ibu guru dan instruktur renang profesional loh.

 Peristiwa

SEMANGAT DEMI PENDIDIKAN TERBAIK

Pekan ini guru-guru PAUD Islam Hidayatullah beberapa kali mengadakan koordinasi dan juga rapat bersama. 

Koordinasi yang dilakukan adalah meramu bagaimana membuat kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut workshop classroom management yang diikuti guru beberapa waktu lalu.

Rapat yang diadakan hari Jum'at pekan ini merupakan forum mencari formula yang tepat untuk kegiatan pentas seni semester dua ini. Kegiatan untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa ini penting dan mendesak untuk segera dibahas agar bisa memperoleh rumusan yang tepat. Dengan adanya forum ini harapannya rencana semakin matang sehingga kegiatan pentas seni nanti bisa sukses dan meriah sesuai harapan bersama.

KKG Gugus Mawar Kabupaten Batang studi banding di PAUDIH

Rombongan guru dari beberapa lembaga pendidikan anak usia dini yang tergabung dalam KKG Gugus Mawar Kabupaten Batang melakukan kunjungan PAUD Islam Hidayatullah (PAUDIH). Rombongan yang berjumlah tidak kurang dari 35 orang tersebut disambut langsung oleh kepala sekolah dan perwakilan kepala divisi LPI Hidayatullah.

Baca juga:  Panduan Metode Ummi Jilid 6

Setelah melakukan koordinasi, rombongan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan kegiatan observasi pembelajaran di PAUDIH. Rombongan studi banding ini merupakan yang kedua bulan ini. Sebelumnya juga telah ada regu serupa dari Kabupaten Grobogan yang melakukan studi banding….BACA BERITA LENGKAPNYA KLIK!

Ya, Saya mau dapat diskonnya…

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah tanda-panah-ke-bawah-1.gif
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 4a8461_1c6ebd5cf3c44576b07fcf5964f1891d_mv2.gif

#Paud Islam Hidayatullah #Paud Terbaik Semarang # Paud Islam Terbaik # TK Islam Hidayatullah # TK Terbaik Semarang # TK Islam Terbaik Semarang #TK Islam terdekat # rekomendasi TK Terbaik Semarang # TK Islam terbaik di Semarang Timur # TK terdekat dari lokasi saya # SD Islam Hidayatullah # SMP Islam Hidayatullah # SMA Islam Hidayatullah

Jurnal Pembelajaran Topik Lingkungan #2

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *