Jurnal Pembelajaran P5 Aku Sayang Bumi#2

DIBUKA PPDB 2023/2024NOVEMBER DISKON 25%

Topik: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Implementasi Kurikulum Merdeka “Aku sayang bumi”

Alhamdulillah, implementasi kurikulum merdeka di PAUD Islam Hidayatullah berjalan dengan baik. Salah satu agendanya adalah pembelajaran P5 (projek penguatan profil pelajar pancasila) dan telah terlaksana dengan lancar dan meriah pekan ini. P5 merupakan pembelajaran yang memberikan pengalaman langsung sesuai dengan karakteristik lingkungan sekitar agar anak memiliki kompetensi global dan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran P5 berbasis projek. Implementasinya dikemas dengan bermain secara kelompok yang menyenangkan. Model belajar ini sangat mengasyikkan, sehingga siswa merasa senang di sekolah. Setiap kelompok memiliki topik yang sama, namun hasil projek bisa berbeda. Itulah merdeka belajar. Anak-anak menjadi penentu permainannya. Atas bimbingan guru, mereka mengetahui, mereka merancang, mereka menyiapkan, mereka berkarya.

Yuk! Lihat keseruan belajar mereka

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok B

Kelompok B1

Projek komposting masih terus berlanjut hingga di pekan kedua. Segala hal yang dibutuhkan dalam prosesnya pun disiapkan. Alhamdulillah semua bisa bekerjasama dan menyelesaikannya. Pada waktu berbeda anak-anak berkreasi membuat pot dari kaleng/ botol bekas. Kegiatan diteruskan dengan menyiangi tanaman yang ada di sekitar sekolah. Menjaga keseimbangan alam adalah wujud dari aku sayang bumi

bu difa

Kelompok B2

Hari pertama di pekan kedua adalah hari yang ditunggu-tunggu. Hari itu saatnya untuk pembuatan komposting. Bahan-bahan yang ada seperti daun kering, nasi akingnya kita masukkan ember berisi air dan kita aduk dulu. Hari berikutnya kita siapkan pot tanaman dari limbah sampah plastik. “Hati-hati mengecatnya ya”.

Masih membuat kompos, daun keringnya kita campur dengan air dan nasi akingnya.

Pekan ini kita juga mengikuti kegiatan literasi bulan bahasa. Waahh serunya banyak buku dimobil, aku mau yang ini, aku pilih yang pilot anak salih salihah ceria bersama banyak buku.

bu fat

Kelompok B3

Komposting adalah sebuah program untuk mengolah sampah organik menjadi pupuk tanaman dengan cara mencampurkan sampah-sampah yang dapat membusuk ditambah serbuk kayu atau daun-daun kering dengan perbanding yang telah diperhitungkan sebelumnya.

Sebagaimana kegiatan projek anak-anak membuat kompos yang masih berproses. Pada Hari Senin kita membuat kompos dengan bahan pengurai kotoran hewan. Mereka bekerjasama mengerjakannya. Good job!.

Kegiatan selanjutnya adalah membuat pot dan mewarnainya agar lebih menarik.

Yuk! Kita foto dulu. Cekrek , cekrek ,cekrek.

bu ima

Kelompok B4

Salah satu ciri khas pada projek P5 adalah kerja kelompok. Projek komposting pun juga dilakukan secara kerjasama. Semua bersemangat agar projek kompos bisa terselesaikan. Pekan ini juga ada kegiatan yang tak kalah seru, yaitu membuat pot tanaman dari barang bekas dan menghiasnya .

Bu dijah
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah kartun-guru-gif-1.gif

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok A

November 2022 diskon 25%. Segera manfaatkan

Kelompok A1

Teman-teman A1 semangat berkegiatan membuat bahan dekomposer. Projek kompos bisa terselesaikan atas kerjasama baik mereka. Hari berikutnya teman-teman berkreasi membuat pot tanaman dari bahan bekas. Kita hias potnya dengan menggunakan cat biar lebih menarik. Pada hari Rabu teman -teman berkegiatan merawat tanaman.

Pekan ini kita juga ada kegiatan berbagi buku dengan beberapa Pos PAUD Banyumanik. Buku-buku yang teman-teman kumpulkan telah diterima dengan baik oleh adik-adik pos PAUD. Mereka senang sekali. Semoga menjadi amal salih teman-teman dan semakin bisa menumbuhkan empati kepada sesama.

bu aINUN

Kelompok A2

Hari kelima pembelajaran P5 “Aku Sayang Bumi”, kelompok A2 melakukan proses komposting. Mereka bersama-sama memotong daun-daun kering agar berukuran lebih kecil. Mereka menyiram daun dengan air, lalu dimasukkan ke dalam bagor dan menambahkan nasi. Kemudian diikat dengan tali rafiah dengan kencang. Proses komposting sedang berlangsung. Pada Hari keenam P5 “Aku Sayang Bumi”, kelompok TK A2 menggambar dan mengecat pot tanaman dari barang bekas. Hari Rabu pekan ini adalah jadwal kelompok TK A2 untuk berkunjung ke perpustakaan sekolah. Memperingati bulan bahasa, kelompok TK A2 mengikuti rangkaian acara yang diadakan oleh sekolah. Salah satunya meminjam dan membaca buku dari perpustakaan keliling untuk menumbuhkan rasa suka anak terhadap buku. Jumat pekan ini kelompok TK A2 mengikuti ekstra clay. Anak-anak mengecat clay yang sebelumnya sudah dibuat.

bu haning

Kelompok A3

Banyaknya tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah akan menyebabkan muncul sampah daun terutama sampah dari daun-daun kering. Daun-daun kering bisa dimanfaatkan menjadi bahan yang bernilai guna.

Pada projek P5 aku sayang bumi, salah satu manfaatnya juga untuk menumbuhkan kepedulian anak- anak pada lingkungan dengan mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos.

Produksi kompos adalah hasil dari interaksi mikroba dengan bahan organik, oksigen dan air. Anak- anak tampak antusias mengerjakan proses pembuatan komposting. Pada hari berikutnya mereka berkreasi membuat pot. Kita beri warna ya..

Buku-buku yang dibawa anak- anak A2 telah dibagikan di acara senang buku. Acara memperingati Bulan bahasa ini mengundang beberapa pos PAUD Banyumanik. Di acara tersebut kegiatannya mendengarkan dongeng, meminjam buku dan juga berbagi buku. Pekan ini ekstrakurikuler A2 adalah cooking class, merebus telor. Mereka asyik menikmati kegiatan ini.

bu ria

Kelompok A4

Proses pembuatan kompos berlanjut di pekan kedua. Media-media yang dibutuhkan disiapkan agar projek bisa selesai. Teman-teman bekerjasama menyelesaikan projek kompos ini. Kegiatan berikutnya adalah berkreasi membuat pot dari bahan bekas (kaleng, galon, botol dan lain-lain). Potnya diberi warna biar makin bagus.

Teman -teman mengikuti Senam Pelajar Pancasila dilanjutkan dengan menyiangi tanaman di lingkungan sekolah. Pekan ini juga diadakan Peringatan Bulan Bahasa dengan membaca buku dan mendengarkan dongeng yang seru dari Kak Kus . Selanjutnya, di waktu yang berbeda teman -teman mengikuti ekstrakurikuler angklung. Semangat berlatih ya…

bu yani

Kelompok A5

Anak-anak bersama-sama mulai mengolah sampah untuk menjadi kompos. Mereka bekerjasama menyelesaikan projek ini. Kegiatan berikutnya adalah membuat kreasi pot dari bahan-bahan bekas. Diberi warna sesuai kreasi Anak-anak. Selanjutnya mereka memberi pupuk tanaman disekitar sekolah .

Kegiatan berlanjut di acara bulan Bahasa. Mereka meminjam buku di perpustakaan keliling dan membaca bersama di teras sekolah. Kemudian bersama adik-adik pos PAUD mendengar dongeng dari Kak Kus. Pekan ini anak muslimah berenang. Mereka bersemangat dengan berangkat lebih pagi ke sekolah.

bu iva

Pembelajaran Kelompok Bermain (KB) Islam Hidayatullah

KB1 (Sentra Olah Tubuh dan Musik)

Hari ini teman-teman mendengarkan buku cerita yang berjudul “Kambing Si jago makan yang pintar” . Setelah mendengarkan cerita, mereka berdiskusi kegiatan apa yang bisa dilakukan dari buku cerita tersebut. Teman-teman sepakat untuk membuat halang rintang kambing yang bisa digunakan kambing untuk melompat dan memanjat. Mereka mulai melihat bahan-bahan yang tersedia dan mengambil beberapa bahan seperti galon, pralon, tiang, tali, dan lain-lain.

Mereka mulai bekerjasama membuat media untuk melompat dan memanjat.

Kegiatan bermain selanjutnya bersama-sama membuat topeng wajah kambing dari kertas. Mereka menempel telinga dan hiasan lainnya. Setelah itu mereka memakai topi tersebut, berperan seperti kambing. Ketika waktu bermain selesai, teman -teman sudah dibiasakan untuk merapikan mainan.

Pada Hari Kamis teman-teman mengikuti acara peringatan bulan bahasa dengan meminjam buku dari perpustakaan keliling dan membacanya. Mereka sangat senang sekali mengikuti acara tersebut. Acara ditutup dengan mendengarkan dongeng dari Kak Kus.

bu husnul

KB 2 (Sentra Alam)

Minggu ini KB 2 bermain di sentra Alam, kali ini mereka mengenal hewan ternak Ayam, bagaimana anatomi ayam, menirukan suaranya, pada hari pertama, melalui buku cerita mereka mendapatkan pengetahuan habitat ayam, jenis ayam, dan manfaat ayam bagi manusia. Tentunya kegiatan mereka mengenal hewan ternak ayam dengan bermain melalui permainan edukatif, proyek yang dapat melatih kerja sama, empati, dan menyalurkan imajinasi serta kreatifitas mereka.

Dihari kedua anak-anak membuat kandang ayam yang dilakukan secara berkelompok, mereka memilih sendiri kelompoknya, kebetulan ada 2 kelompok yang membuat kandang ayam. Anak-anak sangat kreatif saat membuat kandang ayam, ada yang menggunakan kardus, balok, tiang, kain, sedotan, kertas, batu. Mereka membuat sarang untuk ayam yang sedang mengerami telurnya, sarang dibuat dari kertas yang diremas.

Ketika kandang sudah jadi, di hari berikutnya anak-anak membuat ayam, mereka memunyai imajinasi dan kreatifitas yang berbeda-beda dalam memilih bentuk dan bahan yang digunakan untuk membuat ayam. “Bu Guru ini ayamku”, seru salah satu siswa KB 2 yang hasil karyanya ditunjukan ke Bu Guru. Setelah ayam jadi maka mereka menaruh di kandang.”Ayamnya bertelur Bu Guru”, mereka mengambil telur tersebut dan menghitungnya. Secara tidak langsung mereka dapat mengenal konsep angka.

Setelah anak-anak selesai bermain, mereka bertanggung jawab merapikan mainan dan mengembalikan mainan ke tempatnya, mereka saling bekerja sama membantu teman yang keaukitan merapikan mainan. Begitulah keseruan KB 2 bermain di sentra alam, semoga bisa menjadikan pengalaman yang bermakna untuk mereka.

bu silvi

KB 3 (Sentra Peran)

Hari pertama anak-anak KB3 mendengarkan cerita dari Bu guru tentang “Sapi si Pendiam yang Kaya Manfaat”. Kegiatan hari berikutnya yaitu bermain sesuai peran pilihannya. Ada yang membuat sapi, ada yang membuat susu aneka rasa, dan membuat olahan daging seperti sosis dan bakso dan lainnya. Pada Hari Kamis KB 3 mengikuti acara bulan bahasa dan ikut memilih buku di perpustakaan keliling. Pada acara tersebut, buku yang dikumpulkan anak-anak KB3 telah dibagikan dan diterima beberapa pos PAUD Banyumanik.

bu umai

KB 4 (Sentra Balok)

Kegiatan bermain di sentra balok diawali dengan mendengarkan cerita tentang “Domba Si Pabrik Wol” . Setelah itu, KB4 mulai membangun balok berdasarkan dari buku cerita. Mereka membuat kandang domba dengan menyusun balok dengan berbagai bentuk. Pada berikutnya, melanjutkan permainan membangun kandang domba menggunakan balok. Bangunannya semakin bagus sesuai kreasi masing-masing. Setelah waktu bermain selesai, mereka merapikan kembali balok-balok ke tempatnya.

Pekan ini kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti KB4 yaitu ekstrakurikuler membuat kura-kura dari playdoh.

bu samsi

Program Mengaji KB

Teman-teman KB pekan ini belajar menghafal surat An-nas ayat 4, mengenal huruf hijaiyah Ro, Za. Dan muroja’ah bersama hadist kasih sayang, Al-fatihah, doa sebelum dan sesudah makan dan minum, huruf hijaiyah A-Za

bu Rifa

Program Mengaji TK

Program hafalan minggu ini untuk TK A: Menghafal surat Al Ikhlas, dan melancarkan hadits muslim bersaudara, niat wudhu. TK B : Melancarkan surat Al Humazah, hadits menjaga lisan dan Doa masuk rumah.

Khusus TK B ada tambahan materi cara ber-wudhu dan solat.

BU DIYAN [KOORDIANTOR BAQ]

Prestasi Mengaji Pekan Ini

 Peristiwa

Berbagi buku dalam Bulan Bahasa

Kegiatan berbagi buku untuk Pos PAUD sekitar Banyumanik sukses dilakukan. Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari mereka. Anak- anak pos PAUD pun bergembira pada kegiatan tersebut dan bisa membawa pulang buku untuk bahan bacaan di rumah. 

Berita selengkapnya di sini:

Baca juga:  Puasa Tasu'a dan Asyura 2023: Hari pelaksanaan, niat puasa dan keutamaannya

Sukses! Mengenalkan literasi dengan berbagi

Minat Masyarakat Tinggi Ikut Program Trial Class

PAUD Islam Hidayatullah yang mempunyai layanan TPA, KB, dan TK terus berusaha memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat. Mengenalkan Islam melalui pendidikan khususnya untuk anak usia dini merupakan salah satu bentuk dakwahnya.

Guna mendekatkan diri ke masyarakat, maka PAUD Islam Hidayatullah memberikan program TRIAL CLASS yang bisa diikuti tanpa berbayar. Animo masyarakat mengikuti program ini pun terbilang tinggi. Beberapa kali digelar, puluhan orang tua yang mempunyai anak usia dini telah turut berpartisipasi di kegiatan istimewa ini

Masih ada slot untuk trial class. Amankan segera!

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah tanda-panah-ke-bawah-1.gif
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 4a8461_1c6ebd5cf3c44576b07fcf5964f1891d_mv2.gif

#Paud Islam Hidayatullah #Paud Terbaik Semarang # Paud Islam Terbaik # TK Islam Hidayatullah # TK Terbaik Semarang # TK Islam Terbaik Semarang #TK Islam terdekat # rekomendasi TK Terbaik Semarang # TK Islam terbaik di Semarang Timur # TK terdekat dari lokasi saya # SD Islam Hidayatullah # SMP Islam Hidayatullah # SMA Islam Hidayatullah

Jurnal Pembelajaran P5 Aku Sayang Bumi#2

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *