Tema: Diriku
Alhamdulillah, pembelajaran tema diriku sudah dimulai. Tema merupakan topik yang menjadi payung untuk mengintegrasikan seluruh konsep dan muatan pembelajaran melalui kegiatan main dalam mencapai kompetensi dan tingkat perkembangan yang diharapkan.
PAUD Islam Hidayatullah memiliki layanan pendidikan Kelompok bermain (KB), Taman Kanak-kanak (TK), Taman pengasuhan anak (TPA/QBS), serta Full day senantiasa mengedepankan pendidikan moral dan agama. Materi pendidikan nilai-nilai kehidupan beragama teraplikasikan dalam setiap ragam belajar. Pembelajaran menggunakan model sentra dan dikemas dengan bermain. Model belajar ini sangat mengasyikkan, sehingga siswa merasa senang di sekolah. Terdapat beberapa sentra yang digunakan secara bergilir. Setiap kelompok akan berkesempatan menggunakan sentra yang ada sesuai jadwal yang telah ditentukan.
Yuk! Lihat keseruan belajar mereka
Pembelajaran TK B
B1 [Sentra Ibadah]
Kelompok B1 pekan ini bermain di sentra Ibadah. Di sentra Ibadah mereka mendapat pengetahuan rukun iman, membuat alat kebersihan di rumah, menyiapkan tempat untuk sholat, serta membuat alat transportasi dan doa naik kendaraan.
bu difa
B2 [Sentra Balok]
Kelompok B2 berkegiatan gross motor “keseimbangan tubuh dengan bermain bakiak”. Kegiatan menantang lainnya yaitu menyelesaikan bangunan yang telah dibuat sebelumnya. Dengan semangat anak sholih sholikhah mengambil satu persatu balok yang dibutuhkannya untuk membangun. “Masya Allah bagusnya karyaku, Alhamdulillah mereka aktif , bisa mengelompokkan dan merapikan balok sesuai bentuk dan tempatnya”.
bu fat
B3 [Sentra Seni]
Di sentra seni anak-anak bermain melambungkan dan menangkap bola, membuat projek sampah nonorganik, menjadikan limbah penuh manfaat: celengan, tempat pensil dan mainan mobil-mobilan.
Bu ima
B4 [Sentra Peran]
Sentra peran menjadi tempat belajar B4 pekan ini. Keseruan belajarnya diantaranya anak-anak belajar membuat makanan untuk dijual, membangun toilet pasar modern, berbelanja di toko, Kegiatan sholat berjamaah dan berdzikir bersama.
bu dijah
Pembelajaran TK A
A1 [Sentra Ibadah]
Salah satu kegiatan A1 adalah literasi di perpustakaan. Selain itu mereka juga bermain membangun masjid , tadarus di masjid, dan Sholawat bersama
bu aINUN
A2 [Sentra Balok]
Kelompok TK A2 mengawali hari Senin dengan bermain di playground berjalan diatas papan titian. Hari Selasa kelompok TK A2 berkunjung ke perpustakaan untuk belajar tata tertib diperpustakaan dan tata cara meminjam buku yang benar. Hari berikutnya mereka bermain disentra balok membangun rumah nenek dengan berbagai macam balok untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya. Hari keempat di sentra balok, menggambar bangunan yang sebelumnya dibuat kedalam bentuk gambar 2 dimensi dan menceritakan kembali apa saja yang mereka gambar.
bu haning
A3 [Sentra Alam]
Kelompok A3 pekan ini berkegiatan di sentra alam. Salah satu kegiatan A3 yang seru di sentra alam adalah bedah buku cerita & membuat peta konsep. Mereka juga membuat sebuah proyek dengan topik pasar. Kegiatan semakin menantang mereka untuk bisa eksplor dan bereksperimen apa saja mengenai pasar. Mereka bisa berkreasi dan makin tahu tentang suasana pasar
bu ria
A4 [Sentra Seni]
Pekan ini kelompok A4 bermain di sentra seni. Di sentra seni salah satu kegiatannya adalah mendengarkan cerita dengan judul “Bentuk kesukaanku”. Selain itu mereka juga berkegiatan fisik motorik “memanjat”, berkreasi dari bahan bekas . Bentuk kreasi anak-anak diantaranya adalah topi
BU YANI
A5 [Sentra Peran]
Kelompok A5 pekan ini bermain di Sentra Peran. Hari pertama anak-anak memulai dengan pemilihan peran dan mensetting area di perannya masing-masing. Di hari Selasa mereka berperan sebagai gocar dan penumpang yang akan pergi ke pasar. Hari ketiga, beberapa anak sedang memainkan perannya sebagai penjual dan pembeli. Hari keempat, mereka berperan sedang di ruang makan untuk makan bersama
bu iva
Pembelajaran KB
KB1 [Sentra Balok]
Pekan ini KB1 bermain di sentra balok. Kegiatan diawali dengan mendengarkan cerita dari buku yang berjudul “Bangunan Istimewa Yopi”. Hari berikutnya mereka diajak berkreatifitas membangun sarang Yopi. Mereka bekerjasama dan bergotong royong untuk membangun sarang yang kuat dan istimewa. Hari selanjutnya proyek sarang Yopi ditambah dengan bahan – bahan looseparts seperti batu, kerang, tanaman plastik, stik es krim, Sedotan, dll agar bangunan sarang Yopi Istimewa. Hari keempat kegiatan anak-anak KB1 menggambar Bangunan sarang Yopi yang telah selesai dibuat.
Bu husnul
KB 2 [Sentra Olah Tubuh dan Musik]
Kegiatan KB2 diantaranya mendengarkan cerita dengan buku yang berjudul “Bernyanyilah Robin!”. Selain itu mereka juga bekerja sama membuat halang rintang. Kegiatan seru berikutnya mereka membuat microfon dan shalawat bersama-sama. di hari berbeda anak-anak KB2 menari seperti Molly, tokoh yang ada pada buku cerita
bu silvi
KB 3 [Sentra Alam]
Hari pertama KB3 mendengarkan bacaan buku cerita tentang mulut. Hari berikutnya mereka melanjutkan kegiatan sebelumnya dengan kegiatan tambahan mengenal rasa asin, manis, pahit, dan asam. Kegiatan bermain di sentra alam semakin menantang dengan mencoba gula, garam, asam, dan kopi serta menebak rasanya.
bu umai
KB 4 [Sentra Peran]
Pekan ini giliran anak-anak KB 4 bermain di sentra peran. Berbagai kegiatan seru dilakukan di sentra ini. Mereka mengaji bersama, bermain peran, Omar (Rasya) dan Uma (Hasna) sedang sarapan . Hari berikutnya bermain memasak di dapur membuat sarapan dan di hari keempat mereka membuat celengan.
bu samsi
Makan
Siswa setiap hari selama bersekolah mendapat makan. Makan ini menjadi asupan penting menunjang kebutuhan gizi siswa. Menu makan setiap hari berganti disesuaikan dengan selera anak-anak. Saat proses makan, siswa dibiasakan adab makan dan mandiri dalam menyiapkan kebutuhan penyajian makannya. Selain itu siswa juga senantiasa didorong serta dimotivasi untuk bisa menyenangi buah dan sayuran.
BU IIN {KEPALA SEKOLAH}
Mengaji Buku Jilid & Hafalan doa, hadits, surat pendek
Alhamdulillah, program mengaji di sekolah berjalan dengan baik. Semua siswa hebat dan berkembang sesuai tahapannya. Terlaksananya kegiatan ini pastinya tak lepas dari peran wali siswa. Dukungan dan pendampingan beliau-beliau di rumah dengan tetap sesuai petunjuk dari sekolah membuat siswa semakin maksimal perkembangannya.
Selain membaca buku jilid, siswa juga juga dikenalkan dengan , hafalan doa harian, hadits, dan surat pendek. Program hafalan minggu ini untuk TK A: Hadits kasih sayang, doa sebelum makan , doa sesudah makan. TK B : hadits belajar al – Quran, doa sesudah wudhu. Khusus TK B ada tambahan materi cara ber-wudhu dan solat.
BU DIYAN [KOORDIANTOR BAQ]
Materi mengaji KB mengenal huruf A-Tsa, untuk hafalannya melancarkan surat Al Fatihah.
BU PIPIT & BU RIFa
Wudhu dan sholat TK B
Senam
Senam merupakan salah satu program untuk stimulasi hidup sehat dan juga melatih fisik motorik siswa. Program ini diberikan setiap Jumat pagi.
HOL SEMUA JENJANG
Peristiwa
K.H. Ahmad Anwar Zahid pengasuh Pondok Pesantren Sabilunnajah berkunjung ke Hidayatullah di sambut dan ditemui pengurus yayasan Abul Yatama. Beliau diajak berkeliling dan melihat-lihat lingkungan PAUD Islam HIdayatullah (PAUDIH). Guru-guru dan siswa-siwi PAUDIH bersalaman dan berfoto bersama beliau
Butuh Info PPDB?
#Paud Islam Hidayatullah #Paud Terbaik Semarang # Paud Islam Terbaik # TK Islam Hidayatullah # TK Terbaik Semarang # TK Islam Terbaik Semarang #TK Islam terdekat # rekomendasi TK Terbaik Semarang # TK Islam terbaik di Semarang Timur # TK terdekat dari lokasi saya # SD Islam Hidayatullah # SMP Islam Hidayatullah # SMA Islam Hidayatullah