Jurnal Pembelajaran Topik Tanaman #Pekan 5

DIBUKA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TA. 2023/2024

Topik: Tanaman bermanfaat ciptaan Allah

Pembelajaran dengan topik tanaman mempunyai tujuan di antaranya agar siswa bisa mensyukuri adanya tanaman sebagai karunia Allah yang perlu dihargai keberadaannya. Selain itu siswa bisa mengetahui struktur dasar tanaman secara umum seperti akar, batang, ranting, daun, bunga, dan buah.

Pembelajaran menggunakan model sentra dan dikemas dengan bermain. Model belajar ini sangat mengasyikkan, sehingga siswa merasa senang di sekolah. Terdapat beberapa sentra yang digunakan secara bergilir. Setiap kelompok akan berkesempatan menggunakan sentra yang ada sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Yuk! Lihat keseruan belajar mereka

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok A

A1 [Sentra Balok]

Pekan ini teman-teman A1 mendapat giliran bermain di sentra balok. Mereka dipersilahkan untuk masuk kelas, kemudian duduk membuat lingkaran. Selanjutnya diberi ucapan salam oleh Bu guru dan mereka menjawabnya. Setelah bertanya kabar, Bu guru bertanya perasaan mereka hari ini dan dilanjutkan dengan berdoa sebelum belajar.

Topik bermain teman-teman A1 sesuai tema pembelajaran tanaman yakni membangun kebun sirsat dan toko buah. Mereka berkreasi bersama sesuai petunjuk yang sebelumnya telah diberikan. Meski topik sama, hasil bangunan setiap anak bisa berbeda sesuai imajinasi mereka masing-masing.

Setelah waktu bermain selesai, mereka kemudian merapikan. Pembiasaan ini menjadi salah satu hal yang penting agar anak berkembang rasa tanggungjawabnya. Kegiatan berikutnya teman-teman menggambar bangunan di permainan sebelumnya yang telah selesai dibuat.

bu aINUN

A2 [Sentra Alam]

Hari pertama di sentra alam kelompok TK A2 menonton video yang berjudul “Bayam Sayur yang Bijaksana” dan video cara menanam bayam. Kemudian mereka membuat peta konsep dari video yang ditonton dan menentukan akan main apa di hari berikutnya.

Hari selanjutnya kelompok TK A2 sudah sepakat untuk menanam bayam. Mereka bergantian dalam mengisi tanah, pupuk, dan bibit bayam. Kegiatan diteruskan dengan menyiram air. Mereka bersama-sama menyelesaikan proyek tersebut.

Setelah menanam bayam menggunakan media tanah dan pupuk, hari berikutnya kelompok TK A2 mencoba menanam biji bayam dengan menggunakan metode hidroponik. Mereka membagi tugas untuk memudahkan kegiatan. Ada yang menggunting rock wall menjadi kepingan lebih kecil, menata rock wall di nampan, membasahi rock wall dengan air dan menabur biji bayam diatas rock wall secara bergantian.

bu HaniNG

A3 [Sentra Seni]

Sentra seni menjadi tempat bermain A3 pekan ini. Setelah kegiatan pembuka seperti salam, tanya kabar dan berdoa sebelum belajar, anak- anak kemudian menyimak cerita buah jeruk & membuat peta konsep.

Sebagaimana kesepakatan sebelumnya, anak -anak selanjutnya berkreasi buah jeruk di kebun jeruk. Mereka bermain bersama menggunakan media yang ada. Bermain tetap menyenangkan meski harus bergantian menggunakan alat dan berbagi tempat. Situasi ini menciptakan interaksi yang bisa mengembangkan kemampuan anak untuk bersosialisasi.

Pada waktu yang berbeda anak-anak berjemur, dan berkegiatan fisik motorik menendang bola di playground. Lapangan yang luas membuat bermain bola lebih menyenangkan. Kegiatan fisik motorik di playground ini menjadi salah satu kegiatan yang disukai anak-anak.

Kegiatan bermain di sentra seni berlanjut di hari berikutnya. Anak- anak bergembira bermain bersama melanjutkan proyek kebun jeruknya. Mereka kreatif dan imajinatif, proyek menjadi lebih menarik dengan ditambahkan berbagai aksesori. Tampak salah satu anak menunjukkan hasil kreasinya. Kameraku, ia membuat kamera dari media kertas.

Setelah selesai bermain, anak-anak pun bertanggungjawab dengan merapikan kembali mainannya.

BU RIA

A4 [Sentra Peran]

Proses belajar mengajar kini semakin maju dengan hadirnya teknologi. Salah satu hal yang dapat meningkatkan kualitas dan efektifitas pendidikan adalah video pembelajaran. Melalui audio visual yang menarik anak- anak bisa memperoleh pengetahuan. Sebagaimana Kegiatan A4, pekan ini mereka mengawali kegiatan belajar dengan menonton video untuk menggali ide gagasan bermain. Adapun video yang ditonton sesuai dengan topik tanaman yaitu video tentang Anggur.

Selanjutnya, disepakati bersama A4 membuat projek kebun anggur, toko buah dan meja makan. Mereka bekerjasama menyelesaikan projeknya. Bermain makin seru dengan saling bantu dan berbagi peran.

Permainan di sentra peran memang menyenangkan. Setiap anak bisa memilih peran yang ingin dimainkan. Seperti salah satu di antara mereka yang bermain peran sebagai petani anggur, ia memanen anggur dan menjualnya. Wah..dagangannya laris, ada pembeli pak driver ojol juga.

Kemudian teman-teman melanjutkan kegiatan membuat puding dengan topping anggur. Kali ini bahan dan medianya sungguhan. Jika dijual pastinya untuk banyak nih teman-teman.

BU YANI

A5 [Sentra Ibadah]

Bedah buku bersama anak-anak mengawali kegiatan di sentra ibadah Dari Kegiatan ini akan dibuat peta konsep untuk kegiatan bermain selanjutnya. Setelah diskusi, disepakati untuk membuat projek pohon kurma.

Permainan dilakukan bersama -sama. Salah satu manfaat bermain bersama yaitu dapat menstimulasi motorik dan membuat anak memiliki keberanian dalam melakukan sesuatu.

Berkreasi menghias kaligrafi menjadi kegiatan berikutnya di sentra ibadah. Diketahui bersama bahwa kaligrafi merupakan kesenian Islam dalam bidang seni tulis indah dalam huruf Arab yang disebut khat. Teman-teman mengambil bahan yang ada kemudian melengkapi dan memperindah tulisannya. Setelah waktu bermain selesai, mereka merapikan kembali alat mainnya.

bu iva

Pembelajaran Kelompok Bermain (KB) Islam Hidayatullah

ADA SPESIAL DISKON BAGI PENDAFTAR AWAL. MANFAATKAN SEGERA

Baca juga:  Rekomendasi TK di Semarang

KB1 [Sentra Olah Tubuh dan Musik]

Kegiatan diawali dengan diskusi bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk kreasi membuat pohon pisang. Hanif menyampaikan jika butuh kayu untuk batanya, Bagas menyampaikan jika butuh kertas warna hijau untuk daunnya.

Teman-teman mulai bekerjasama membuat pohon pisang dari bahan-bahan yang sudah guru sediakan.
Mereka mengambil gulungan kertas besar yang akan dijadikan sebagai batang dan kemudian menaruhnya ditengah. Tak lupa mereka memasang daun dan buah pisang 🍌.

Kegiatan hari berikutnya teman-teman bermain alat musik, ada gitar, saxopon, rebana, dan alat musik akustik.
Mereka sangat bersemangat memainkan alat musik sambil bernyanyi lagu pisang 🍌. Setelah waktu bermain selesai, teman -teman kemudian merapikan kembali mainan ketempat semula.

bu husnul

KB 2 [Sentra Alam]

Pada kegiatan bermain dan belajar kali ini kelompok KB 2 mengenal buah jeruk ciptaan Allah. Hari pertama di Sentra alam anak diajak menggali lebih dalam tentang bagian, ciri-ciri, cara merawat, dan manfaat buah jeruk melalui cerita dan melihat langsung tanaman dan buah jeruk.
Di hari kedua KB 2 diajak untuk membuat proyek tanaman jeruk, secara berkelompok mereka saling membantu dan menemukan ide membuat tanaman dari bahan-bahan seperti kaleng bekas, pot, batang kayu, kertas, tanah, pupuk, manik-manik yang dikreasikan menjadi sebuah pohon jeruk.
Pada hari berikutnya siswa KB 2 diajak membuat kreasi buah jeruk 3 dimensi maupun membuat kolase. Mereka memilih sendiri bentuk dan bahan yang akan mereka butuhkan untuk membuat buah jeruk. Ada yang merobek kertas dan ditempelkan ke pola buah jeruk dan ada siswa yang membuat jeruk 3 dimensi dari kertas yang telah diremas. Setelah hasil karya mereka jadi, buah jeruk bisa dipasang ke pohon jeruk yang telah mereka buat di hari sebelumnya.
Hari terakhir bermain di sentra alam, siswa KB 2 mengolah buah jeruk menjadi minuman. Mereka diajak untuk menyiapkan perlengkapan yang digunakan seperti gelas, sendok, pisau, piring, perasan jeruk.

Dalam kegiatan tersebut di atas siswa mendapat pengetahuan apa saja bahan yang digunakan untuk membuat minuman jeruk di antaranya air, jeruk, gula. Selain itu mereka juga diajak untuk mengupas jeruk. Tujuan kegiatan tersebut untuk melatih sensor motor, motorik halus supaya otot tangan dan jari jemari supaya kuat.

bu silvi

KB 3 [Sentra Peran]

Menyimak bu guru membaca buku cerita tentang “Uma suka buah-buahan” menjadi kegiatan awal KB 3 di sentra peran. Cerita tersebut merupakan acuan kegiatan bermain selanjutnya.

Pada hari kedua, teman-teman KB 3 menghias meja dan tempat yang akan dijadikan sebagai pasar buah. Kegiatan ini dilakukan bersama sehingga terjadi interaksi antara mereka. Banyak hal baik yang bermanfaat untuk siswa dari kegiatan berkelompok, di antaranya dapat menguatkan kepercayaan diri, meningkatkan kebanggaan pada diri sendiri, mengembangkan sikap empati, serta sikap belas kasih kepada sesama.

Hari ketiga, anak-anak bermain peran pasar buah. Mereka memainkan peran pilihannya masing-masing. Ada yang menjadi Uma, bunda, penjual, pembeli, dan seorang kasir.

bu umai

KB 4 [Sentra Balok]

Pekan ini KB 4 bermain di sentra balok. Di sentra balok mereka bermain membangun. Pada hari Selasa membangun kebun anggur. Permainan membangun ini memiliki banyak manfaat di antaranya dapat mengembangkan imajinasi, menghargai pendapat orang lain, mengenal bentuk ukuran, konsep ruang, klasifikasi, kerapian, ketelitian, bahasa dan kreaktivitas.

Sedangkan kegiatan bermain di hari Rabu KB 4 melanjutkan bangunan kebun anggur di sentra balok. Selain itu mereka juga menyiapkan bekal untuk piknik di taman hari esok. Pada hari Kamis KB 4 bermain peran sebagaimana yang telah diinfokan sebelumnya yaitu piknik di taman bersama teman-teman.

bu samsi

SPESIAL DISKON BULAN DESEMBER 2022. SEGERA DAFTAR! WAKTU BERBATAS (PPDB TAHUN AJARAN 2023/2024)

Baca juga:  Pentingnya Memberikan Pendidikan Usia Dini

Mengaji Buku Jilid & Hafalan doa, hadits, surat pendek

Alhamdulillah, program mengaji di sekolah berjalan dengan baik. Semua siswa hebat dan berkembang sesuai tahapannya. Terlaksananya kegiatan ini pastinya tak lepas dari peran wali siswa. Dukungan dan pendampingan beliau-beliau di rumah dengan tetap sesuai petunjuk dari sekolah membuat siswa semakin maksimal perkembangannya.

Selain membaca buku jilid, siswa juga juga dikenalkan dengan , hafalan doa harian, hadits, dan surat pendek. Program hafalan minggu ini untuk TK A: Melancarkan surat Al ikhlas, TK B : Menghafal surat Al asr. Khusus TK B ada tambahan materi salat.

BU DIYAN [KOORDIANTOR BAQ]

Prestasi Mengaji Pekan Ini

 Ekstrak

 Peristiwa

Uluran tangan kita membantu meringankan beban mereka


Gempa bumi Cianjur yang terjadi pada tanggal 21 November 2022 pukul 13:21:10 WIB telah menyisakan tangis dan duka. Banyak keluarga yang harus tinggal di pengungsian karena kehilangan rumah, harta benda, bahkan ada juga yang kehilangan orang tercintanya.

PAUD Islam Hidayatullah tergerak menggalang dana untuk bersama-sama bergandeng tangan meringankan beban saudara kita di sana.
 
Alhamdulillahirobbil'Aalamiin, dari tanggal 27 November - 3 Desember 2022 donasi yang terkumpul : 
*Rp 9.500.000* .
dan sudah kita serahkan ke Yayasan Dana Sosial Al Falah ( YDSF ) untuk di salurkan ke korban gempa di Cianjur dan sekitarnya. 

Kami segenap keluarga PAUD Islam Hidayatullah mengucapkan terimakasih yang sedalam dalamnya, atas kerjasama Ayah / Bunda, seluruh donatur, dan teman-teman  yang sudah ikut share informasi.

Keikhlasan panjenengan berpartisipasi membantu saudara-saudari kita yang sedang terkena musibah gempa di Cianjur semoga Allah menjadikannya sebagai amal salih,memberi ganti dengan berlipat ganda kenikmatan Rizqi dan keberkahan dalam segala urusan.  

Aamiin Aamiin ya Rabbal 'Aalamiin 🤲.

Guru pra musyawarah kerja (Musyker)

Baca juga:  JURNAL PEMBELAJARAN TOPIK DIRIKU (P5)

Pekan ini PAUD Islam Hidayatullah telah mengadakan pra musyawarah kerja (Musyker) Tahun 2023/2024 yang diikuti oleh semua guru-guru. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan musyawarah kerja yang telah diagendakan oleh lembaga pendidikan Islam Hidayatullah. Dalam kegiatan pra Musker para guru terbagi menjadi beberapa tim, yaitu tim Genius, tim Obedien, tim Lead, tim Dynamic (GOLD). Tiap tim menyusun program Kerja yang akan dilakukan di tahun ajaran baru nanti. Mereka bertugas mengevaluasi program yang saat ini sedang berjalan dan melakukan perbaikan atau inovasi untuk kemajuan pendidikan terbaik.

SPESIAL DESEMBER DISKON 20% SEGERA DAFTAR! WAKTU BERBATAS

Butuh info PPDB?

tk-islam-hidayatullah-semarang

Penyusun: Kehumasan PAUDIH

#Paud Islam Hidayatullah #Paud Terbaik Semarang # Paud Islam Terbaik # TK Islam Hidayatullah # TK Terbaik Semarang # TK Islam Terbaik Semarang #TK Islam terdekat # rekomendasi TK Terbaik Semarang # TK Islam terbaik di Semarang Timur # TK terdekat dari lokasi saya # SD Islam Hidayatullah # SMP Islam Hidayatullah # SMA Islam Hidayatullah

Jurnal Pembelajaran Topik Tanaman #Pekan 5

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *