Jurnal Pembelajaran Topik Tanaman #Pekan 2

Trial Class, Gratis…Ikutan yuk

Topik: Tanaman bermanfaat ciptaan Allah

Pembelajaran dengan topik tanaman mempunyai tujuan di antaranya agar siswa bisa mensyukuri adanya tanaman sebagai karunia Allah yang perlu dihargainya keberadaannya. Selain itu siswa bisa mengetahui struktur dasar tanaman secara umum seperti akar, batang, ranting, daun, bunga, dan buah.

Pembelajaran menggunakan model sentra dan dikemas dengan bermain. Model belajar ini sangat mengasyikkan, sehingga siswa merasa senang di sekolah. Terdapat beberapa sentra yang digunakan secara bergilir. Setiap kelompok akan berkesempatan menggunakan sentra yang ada sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Yuk! Lihat keseruan belajar mereka

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok B

B1 [Sentra Peran]

Mengamati tanaman yang ada di pasar tanaman menjadi awal kegiatan pekan ini di sentra peran. Kegiatan outing class ini pastinya menjadi sebuah pengalaman berharga bagi anak -anak. Pengetahuan mereka bertambah dengan langsung melihat obyek yang dijadikan topik pelajaran.

Kegiatan berikutnya yaitu membuat kebun buah anggur dan truk pick up untuk mengangkut tanaman. Permainan ini memberikan ruang anak untuk mengembangkan imajinasi secara terarah. Mereka bisa mengambil peran pilihannya dan bersama teman berekspresi. Semua anak bermain dengan gembira sesuai perannya masing masing.

bu difa

B2 [Sentra Alam]

“Mangga Buah Kesukaan Semua Orang* adalah topik belajar B2 pekan ini di sentra alam. Pohon mangga sangat mudah ditemukan di banyak tempat di daerah kita. Hal ini karena pohon ini bisa tumbuh baik di dataran rendah dan menengah.

Setelah mengobservasi tanaman dan buah mangga hari kedua anak-anak bereksperimen membuat manisan mangga. Semua anak terlibat dalam kegiatan ini. Semua bahan yang dibutuhkan disiapkan. Setelah siap, semua bahan dimasukkan sesuai komposisi yang ditentukan.

Kegiatan bermain di hari Kamis diawali bermain tali. Tempatnya di play ground yang luas dan banyak pepohonan. Sepertinya anak- anak menikmati kegiatan fisik motorik ini sehingga menambah keceriaan di kegiatan berikutnya.

bu fat

B3 [Sentra Ibadah]

Kegiatan anak-anak di sentra ibadah mendengarkan Bu guru membacakan buku. Topik yang dipilih adalah cerita tentang Nabi Isa. Mengenalkan tokoh-tokoh nabi sangat baik untuk anak -anak. Banyak teladan yang bisa dipetik dan untuk menanamkan keimanan.

Berikutnya adalah menentukan kegiatan bermain berdasarkan materi buku. Mereka berdiskusi dan akhirnya mampu memutuskan kegiatan sebagai proyek bersama, seperti membuat pohon kurma, membuatnya Masjidil Aqsa juga membuat minuman nabis yang berbahan buah kurma.

Setelah masjidil aqsa selesai dibangun, mereka pun melakukan ibadah di tempat tersebut dengan diawali berwudhu. Tidak sampai di situ saja, ada juga yang bertugas melantunkan adzan dan dilanjutkan sholat berjamaah serta membaca al Qur’an.

bu Ima
B4 [Sentra Balok]

Hari pertama kelompok B4 mendengarkan cerita dari buku yang berjudul “kereta jeruk.” Setelah itu kegiatan berlanjut dengan mulai membuat sebuah projek membangun “negeri jeruk” seperti yang ada pada buku cerita.

Hari kedua, kelompok B4 melanjutkan membangun negeri jeruk yang telah dikerjakan di hari sebelumnya. Mereka kreatif sekali karena pada hari kedua ini bangunan sudah bertambah dengan adanya berbagai variasi. Ada yang membangun stasiun, rumah sakit jeruk dan rumah jeruk.


Pada hari ketiga, proyek negeri jeruk sudah selesai. Kegiatan kelompok B4 selanjutnya semakin menantang yakni menggambar hasil bangunannya. Tidak sampai di situ saja, mereka juga masih ada kesempatan untuk bermain peran micro dari bangunan yang mereka bangun.

Setelah waktu bermain selesai, kelompok B4 dibiasakan untuk merapikan dan mengembalikan barang mainannya ke tempat semula.

bu Dijah

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok A

BULAN INI DISKON 25%. MANFAATKAN SEGERA

A1 [Sentra Seni]

Topik tanaman mempunyai banyak pilihan materi untuk dikenalkan. Salah satu di antaranya seperti tanaman jeruk yang diangkat pekan ini untuk anak-anak A1. Tanaman jeruk terutama buahnya sangat kaya manfaat.

Kegiatan bermain anak-anak pun tidak jauh-jauh dari jeruk, mereka berkreasi membuat kebun jeruk bersama-sama. Kegiatan di sentra seni ini memancing daya imajinasi anak-anak dan diaplikasikan ke dalam permainannya.

Selanjutnya anak- anak diajak untuk tahu lebih jauh mengenai jenis jenis jeruk. Jeruk beragam jenisnya, ada yang asam untuk pelengkap bumbu di dapur atau ramuan tradisional, jeruk manis yang bisa berukuran kecil, sedang, maupun besar. Dari warna kulitnya pun jeruk juga ada yang memiliki ciri khas sendiri-sendiri.

bu ainun

A2 [Sentra Peran]

Hari pertama di sentra peran kelompok TK A2 melakukan outing class ke Pasar Tanaman Pingli sebagai pengetahuan umum tentang topik tanaman. Kegiatan ini menjadi sarana belajar yang menambah pengetahuan dan pengalaman melalui observasi secara langsung. Kegiatan selanjutnya kelompok A2 menonton vidio “memanen buah strowberry”. Anak-anak antusias sekali ketika menonton vidio, mereka menentukan peran apa yang akan dimainkan di esok hari.

Kegiatan berikutnya kelompok A2 mensetting tempat main menjadi kebun strowberi. Anak-anak bekerjasama membuat perkebunan strowberi. Ada yang menanam stowberi, membuat strowberi dari plastisin, ada yang menggambar strowberi dan mengguntingnya lalu ditempel di pohon. Setelah itu anak-anak berperan sebagai petani strowberi dan pengunjung kebun strowberi.

Hari terakhir di sentra peran kelompok A2 melanjutkan bermain peran seperti hari sebelumnya. Kemudian mereka membuat jus strowberi dari buah strowberi yang dipanen dari kebun stowberi buatan di sentra peran. Anak-anak sangat antusias membuat jus strowberi dan meminum jus buatannya. Selanjutnya anak-anak bekerjasama merapikan kembali perlengkapan mainnya.

Jumat pekan ini kelompok A2 mengikuti ekstra angklung, mereka secara bergantian memainkan angklung masing-masing membunyikan nada do re mi.

bu haning

A3 [Sentra Ibadah]

Mengawali kegiatan anak-anak berjemur dan berkegiatan fisik motorik memantulkan bola. Seperti sudah diketahui bersama bahwa perkembangan motorik merupakan aspek di diri anak yang penting untuk distimulasi. Ini karena nantinya dapat menentukan keterampilan anak dalam bergerak dan melakukan aktivitas fisik di kehidupan sehari-harinya. Stimulasi jugadapat membantu meningkatkan rentang perhatian, memori, keingintahuan, dan pengembangan sistem saraf.

Kegiatan berikutnya yaitu menyimak cerita buah kurma di era nabi Isa. Tanaman kurma merupakan topik yang diangkat dalam pembelajaran pekan ini. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan makan bersama.

Pada hari yang berbeda, anak- anak sebelum bermain di sentra ibadah melakukan fisik motorik & berjemur terlebih dahulu. Kemudian mereka bermain mencari gambar yang sama. Selanjutnya berkreasi membuat kaligrafi. “Ini kaligrafiku”

Apa rasa kurma? anak- anak yang sudah tahu spontan menjawab “manis.”

Buah kurma merupakan buah yang sering ditemukan saat Ramadan tiba. Buah ini menjadi sunnah untuk dijadikan hidangan pembuka puasa.

Anak-anak kembali melanjutkan kegiatan bermainnya. Mereka membuat kreasi pohon kurma. Permainan dilakukan berkelompok sehingga anak-anak terbiasa bekerja secara tim.

Di waktu yang telah terjadwal anak- anak melakukan salat di sentra ibadah. Mereka dikenalkan gerakan salat dan dibiasakan untuk bisa salat berjamaah

bu ria

A4 [Sentra Balok]

Cerita pagiku menjadi kegiatan pembuka di awal pekan ini. Anak -anak mendengarkan Bu guru membacakan buku dengan topik “sirsak”. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan bedah buku. Kegiatan ini penting karena menjadi pijakan bermain di sentra balok.

Di waktu yang berbeda anak-anak berkegiatan fisik motorik di playground. Mereka mengeksplore wahana yang ada di sana di antaranya adalah wahana memanjat. Wahana ini menjadi salah satu media yang dapat menstimulasi fisik motorik kasar anak-anak.

Kegiatan berlanjut, kali ini anak- anak mengenal rasa buah sirsak. Belum semua anak pernah makan buah sirsak. Ada beberapa anak yang sudah tahu, namun ada pula yang masih merasa asing dengan buah yang memiliki ciri khas pada kulitnya ini.

Selanjutnya bereksplorasi balok di sentra balok. Anak -anak bermain dan mengembangkan imajinasinya di kegiatan rancang bangun menggunakan balok. Mereka menyusun berbagai ukuran balok sehingga membentuk suatu bangunan.

Setalah selesai bermain, kegiatan dilanjutkan menggambar bangunan yang telah dibuat. Anak-anak pintar salih-salihah A4 juga dibiasakan untuk merapikan kembali setelah selesai menggunakan barang permainannya.

bu yani

A5 [Sentra Alam]

Hari pertama di sentra alam diawali dengan menonton video. Setelah menonton video tentang bayam, anak-anak tertarik untuk menanam sayur bayam, dimulai dengan menyemai benih bayam dengan menggunakan media tanam dan gelas/botol bekas sebagai tempatnya. Bayam merupakan sayuran yang tumbuh dengan mudah. Sayur bayam menjadi salah satu sayuran hijau yang banyak digemari karena enak dan bila diolah dengan baik sangat tinggi manfaatnya bagi kesehatan.

Hari ketiga anak-anak juga tertarik menanam dengan rockwoll dan air. Selanjutnya mereka menggambar ladang bayam secara berkelompok. Kegiatan ini menyenangkan dan melatih anak untuk bisa menyelesaikan suatu tantangan secara tim.

Hari terakhir di sentra alam anak-anak menyiram bibit yang sudah disemai di hari sebelumnya. Kemudian mereka bekerja sama membereskan sentra setelah selesai bermain dan diteruskan dengan menggambar ladang dan tanaman.

Pekan ini anak- anak mendapat jadwal ekstrakurikuler clay. Ekstra ini bisa menstimulasi fisik motorik halusnya yang melibatkan koordinasi antar otot-otot kecil dengan panca indera. Bagian tubuh yang digunakan adalah jari-jemari tangan, pergelangan tangan, dan mata. Selain itu juga bisa mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal konsep warna, mengembangkan imajinasi dan fantasi, mendorong kepercayaan diri serta menimbulkan rasa bangga atas pencapaiannya.

bu iva

Pembelajaran Kelompok Bermain (KB) Islam Hidayatullah

SPESIAL NOVEMBER DISKON 25%. MANFAATKAN SEGERA

Baca juga:  Pentingnya Imunisasi Polio: Mencegah Penyakit dan Meningkatkan Kesehatan

KB1 [Sentra Alam]

Kegiatan hari pertama diawali dengan membaca buku cerita yang berjudul “Aku suka makan buah jeruk 🍊”. Setelah mendengarkan cerita, teman²-teman kemudian berdiskusi kegiatan yang akan dilakukan. Besok pagi mereka sepakat akan membuat kreasi pohon jeruk.

Kegiatan bermain hari kedua sesuai dengan kesepakatan hari sebelumnya, teman-teman bekerja kelompok untuk berkreasi membuat pohon jeruk. Ada yang menuang tanah, ada yang membuat buah jeruk dan ada yang membuat daunnya.

Hari berikutnya teman-teman melanjutkan membuat proyek individu. Mereka membuat kreasi kolase buah jeruk. Kegiatan ini menantang dan melatih anak untuk bisa lebih berkonsentrasi.

Hari terakhir bermain disentra alam, teman-teman mencicipi rasa buah jeruk. Ada yang mengupas kemudian memakan buah jeruk, ada juga yang memeras untuk dijadikan minuman buah jeruk. Ekspresi mereka beragam ketika mencicipi rasanya. Ada yang sambil merem-merem karena rasanya kecut dan ada yang bilang enak karna jeruknya manis. Alhamdulillah teman-teman mendapatkan pengalaman baru.

BU HUSNUL

KB 4 (Sentra Olah Tubuh dan Musik)

Hari Senin KB 4 bermain di playground bersama-sama. Play ground memiliki beragam wahana permainan sehingga mereka senang menggunakannya. Tempatnya yang rindang dan luas menjadikan bermain lebih nyaman.

Kegiatan di hari Selasa KB 4 membuat pohon pisang di sentra olah tubuh dan musik. mereka bekerjasama untuk menyelasikan bentuk pohon pisangnya. Ada yang bertugas mengambil kertas,membantu menempel, dan lainnya.

Pada hari Rabu KB 4 membuat jalan menuju kebun pisang. Potongan-potongan kertas di tempel sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah jalan. Permainan ini dilakukan secara tim untuk membiasakan anak bisa bersosialisasi dan bekerjasama.

bu samsi

TRIAL CLASS GRATIS

SABTU, 26 NOVEMBER 2022.

Makan

Siswa setiap hari selama bersekolah mendapat makan. Makan ini menjadi asupan penting menunjang kebutuhan gizi siswa. Menu makan setiap hari berganti disesuaikan dengan selera anak-anak. Saat proses makan, siswa dibiasakan adab makan dan mandiri dalam menyiapkan kebutuhan penyajian makannya. Selain itu siswa juga senantiasa didorong serta dimotivasi untuk bisa menyenangi buah dan sayuran.

BU IIN {KEPALA SEKOLAH}

Program Mengaji Kelompok Bermain

Baca juga:  Jurnal Pembelajaran Topik Lingkungan #2

Teman-teman KB pekan ini belajar menghafal surat An-nas ayat 4, mengenal huruf hijaiyah Ro, Za. Dan muroja’ah bersama hadist kasih sayang, Al-fatihah, doa sebelum dan sesudah makan dan minum, huruf hijaiyah A-Za

Program mengaji TK

Pengajaran mengaji untuk TK, selain membaca buku jilid, siswa juga juga dikenalkan dengan hafalan doa harian, hadits, dan surat pendek. Program hafalan minggu ini untuk TK A: Menghafal surat Al ikhlas, melancarkan hadits muslim bersaudara, TK B : Menghafal surat Al Humazah dan hadits menjaga lisan.

Khusus TK B ada tambahan materi salat.

BU DIYAN [KOORDIANTOR BAQ]
Pembiasaan salat berjamah

Prestasi Mengaji Pekan Ini

Ekstrakurikuler

 Renang

PAUD Islam Hidayatullah memiliki kolam renang sendiri. Program renang kelompok bermain, TK A, dan TK B bergiliran waktuya sesuai jadwal yang telah disusun. Renangnya antara muslimin dan muslimah dibedakan waktunya. serunya lagi, berenangnya didampingi ibu guru dan instruktur renang profesional loh.

 Ekstrakurikuler KB

 Peristiwa

Berani tampil dan berkompetisi, PAUD Islam Hidayatullah Juara umum

Siswa-siswi PAUD Islam Islam Hidayatullah tampil mengisi acara dan gagah berani mengikuti gelaran berbagai lomba yang diadakan SD Islam Hidayatullah.

SD Islam Hidayatullah mengadakan kegiatan open house dalam rangka PPDB 2023/2024. Tampil mengisi acara di kegiatan tersebut, perwakilan dari PAUD Islam Hidayatullah membawakan tari tradisional. Siswa-siswi yang tampil tampak lincah dan kompak bergerak mengikuti irama. Performance mereka pun mendapat apresiasi dari pengunjung.

Sedangkan lomba-lomba yang diikuti di antaranya adalah hafalan surat pendek, doa harian,fashion show, geometri,menata huruf Hijaiyah dan beberapa lomba lainnya.

Dengan samangat juang yang tinggi mereka telah berkompetisi membawa nama baik almamaternya.

Alhamdulillah,duta-duta kita semua hebat dan telah berjuang dengan potensi terbaiknya saat ini.

Berkat perjuangannya, sekolah berhasil menjadi juara umum dua. Tentu ini patut disyukuri bersama dan sekolah berterima kasih untuk semua duta yang telah ambil bagian dalam kegiatan ini.

Menjadi juara itu baik, namun yang lebih utama adalah memberi kesempatan bagi anak berkembang secara optimal dan berani tampil percaya diri sehingga mempunyai pengalaman sebagai landasan meraih suksesnya di masa yang akan datang.

Minat Masyarakat Tinggi Ikut Program Trial Class

PAUD Islam Hidayatullah yang mempunyai layanan TPA, KB, dan TK terus berusaha memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat. Mengenalkan Islam melalui pendidikan khususnya untuk anak usia dini merupakan salah satu bentuk dakwahnya.

Baca juga:  Cara membuat undangan online yang praktis dan terjangkau

Guna mendekatkan diri ke masyarakat, maka PAUD Islam Hidayatullah memberikan program TRIAL CLASS yang bisa diikuti tanpa berbayar. Animo masyarakat mengikuti program ini pun terbilang tinggi. Beberapa kali digelar, puluhan orang tua yang mempunyai anak usia dini telah turut berpartisipasi di kegiatan istimewa ini.

Masih ada slot untuk trial class. Amankan segera!

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah tanda-panah-ke-bawah-1.gif
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 4a8461_1c6ebd5cf3c44576b07fcf5964f1891d_mv2.gif

#Paud Islam Hidayatullah #Paud Terbaik Semarang # Paud Islam Terbaik # TK Islam Hidayatullah # TK Terbaik Semarang # TK Islam Terbaik Semarang #TK Islam terdekat # rekomendasi TK Terbaik Semarang # TK Islam terbaik di Semarang Timur # TK terdekat dari lokasi saya # SD Islam Hidayatullah # SMP Islam Hidayatullah # SMA Islam Hidayatullah

Jurnal Pembelajaran Topik Tanaman #Pekan 2

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *