Jurnal Pembelajaran P5 Aku Sayang Bumi#1

TELAH DIBUKA PPDB 2023/2024. ADA FASILITAS SPESIAL BAGI PENDAFTAR AWAL

Topik: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Implementasi Kurikulum Merdeka “Aku sayang bumi”

Alhamdulillah, implementasi kurikulum merdeka di PAUD Islam Hidayatullah berjalan dengan baik. Salah satu agendanya adalah pembelajaran P5 (projek penguatan profil pelajar pancasila) dan telah terlaksana dengan lancar dan meriah pekan ini. P5 merupakan pembelajaran yang memberikan pengalaman langsung sesuai dengan karakteristik lingkungan sekitar agar anak memiliki kompetensi global dan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran P5 berbasis projek. Implementasinya dikemas dengan bermain secara kelompok yang menyenangkan. Model belajar ini sangat mengasyikkan, sehingga siswa merasa senang di sekolah. Setiap kelompok memiliki topik yang sama, namun hasil projek bisa berbeda. Itulah merdeka belajar. Anak-anak menjadi penentu permainannya. Atas bimbingan guru, mereka mengetahui, mereka merancang, mereka menyiapkan, mereka berkarya.

Yuk! Lihat keseruan belajar mereka

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok B

Kelompok B1

Agenda hari pertama berkeliling dilingkungan sekolah mencari daun-daun kering yang berjatuhan dari rantingnya. Daun-daun ini dikumpulkan anak- anak dengan berbagai cara. Ada yang bekerjasama menggunakan sapu dan yang lain memegang engkraknya, dan ada pula yang memunguti menggunakan sarung tangan lalu memasukkan ke kantong plastik. Mereka bersemangat dan melakukannya sesuai arahan guru. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari sebuah projek bersama untuk membuat kompos. Selanjutnya mereka mendapat wawasan mengenai cara membuat kompos melalui video proses komposting. Kegiatan P5 makin terasa dengan digelar senam bersama pelajar pancasila

bu difa

Kelompok B2

Kegiatan P5 “Aku Sayang Bumi” diawali dengan mengobservasi lingkungan sekitar sekolah TK Islam Hidayatullah. Hari kedua nobar vidio jenis sampah organik, anorganik dan cara memanfaatkan sampah. Pada hari berikutnya mereka bergotong-royong membersihkan lingkungan sekolah dengan memunguti sampah yang ada…Subhanallah. Kegiatan selanjutnya menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk proses pembuatan kompos. Wah! Mereka menemukan jamur pada nasi aking bahan lain yang akan digunakan untuk campuran membuat komposting.

bu fat

Kelompok B3

Pekan ini kita menjadi *Detektif sampah* yang siap beraksi. Kita lihat di sekitar sekolah ada apa saja yang bisa kita bersihkan. Wah … Ini ada daun kering, ada tempat susu juga. Wah sampahnya banyak… Macam-macam ada daun kering, kulit telur, kulit kacang, kulit jagung, plastik,kardus, karet, koran,botol dan lain-lain. Yuk! kita pilah-pilah. Sampah organik dan non-organik kita sendiri-sendirikan yah!

Para detektif sampah siap mewujudkan projek pembuatan komposting dalam P5 Aku Sayang Bumi. Kita lihat dalam limbah masih bisa diolah dan bernilai tambah.

bu ima

Kelompok B4

Setiap tempat ada limbah. Limbah merupakan sisa produksi yang dihasilkan oleh proses alam maupun kegiatan manusia sehari-hari. Limbah bisa berupa benda padat maupun cair. Limbah benda padat seperti sampah-sampah, daun, kardus dan lainnya, sedangkan limbah cair seperti air sabun, air cucian dan lain-lain. Pekan ini teman-teman akan banyak berdiskusi tentang limbah padat organik.

Yuk! Kita amati lingkungan sekitar sekolah, adakah sampah organik yang bisa kita manfaatkan kembali dengan mengolahnya agar bernilai guna. Sebagai pengetahuan kita menonton bersama video memilah sampah dan cara membuat komposting. Kegiatan selanjutnya kita mencari sampah di lingkungan sekolah untuk persiapan membuat komposting. Setelah dapat kita pilah sampah organik dan an-organiknya. Sampah Organik akan dimanfaatkan untuk membuat Komposting.

Bu dijah
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah kartun-guru-gif-1.gif

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok A

Fasilitas spesial bagi pendaftar awal. Segera manfaatkan kesempatan istimewa ini

Baca juga:  PKG Kecamatan Undaan, Kudus Studi Tiru Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Islam Hidayatullah

Kelompok A1

Pekan ini merupakan pelaksanaan P5 dengan topik “Aku sayang bumi”. Hasil diskusi teman-teman setuju membuat projek bersama pemanfaatan limbah sampah yang ada di sekitar kita. Limbah-limbah yang sudah tidak terpakai bila dikelola dengan baik bisa bernilai guna dan menjadikan lingkungan lebih sehat.

Kegiatannya diawali dengan meng-observasi lingkungan sekitar sekolah. Ada limbah apa saja yang bisa dibersihkan dan diolah kembali? Mereka tampak antusias mencermatinya. Selanjutnya kita juga berkegiatan fisik motorik senam profil pelajar pancasila. Wah …setelah terkumpul ada berbagai macam sampah. Kita pilah sampah daun keringnya, jangan dicampur dengan sampah non-organik ya.

bu aINUN

Kelompok A2

Hari pertama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Aku Sayang Bumi”, kelompok TK A2 melakukan observasi di lingkungan sekitar sekolah untuk mengenal berbagai macam sampah. Ada sampah daun, ranting, biji-bijian, dan botol plastik. Mereka mengumpulkan sampah daun dan dimasukkan ke dalam kantung plastik. Selanjutnya, di hari kedua menonton video cara memilah sampah dan proses membuat kompos dari sampah daun. Kegiatan hari ketiga bersama mengumpulkan sampah yang ada di lingkungan sekitar sekolah yang nantinya akan dibuat menjadi kompos. Pada hari keempat kegiatan belajarnya mengelompokkan sampah berdasarkan jenisnya, organik dan non organik. Setelah itu anak-anak memotong sampah daun agar mudah terurai saat proses komposting. Kegiatan dilanjutkan mengidentifikasi peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan saat membuat kompos. Jumat pekan ini kelompok TK A2 mengikuti ekstra menari.

bu haning

Kelompok A3

Pekan ini teman-teman A3 mempunyai projek membuat kompos dari sampah organik. Projek dimulai dengan kegiatan meng-observasi kebersihan lingkungan. Wah!.. ternyata di semua tempat ada limbah. Namun kita harus memilahnya agar limbah-limbah ini bisa diolah dan bernilai guna. Limbah padat seperti sampah dari daun, pembungkus makanan, botol kita Kelompokkan ya, sampah plastik jangan dicampur dengan daun.

Di waktu yang berbeda kita juga senam kreasi P5. “Semangat sehaatt teman-teman”.

Kegiatan berlanjut. Kali ini agendanya membersihkan sampah di lingkungan sekolah. Wah..mereka bekerjasama. Pengumpulan sampahnya dapat banyak. Kita pilah sampah organik dan anorganiknya untuk proses komposting.

bu ria

Kelompok A4

Kelompok A4 pekan ini mempunyai projek bersama membuat kompos. Kompos adalah pupuk yang terbuat dari sampah organik yang kaya akan unsur Karbon dan Nitrogen dan baik untuk kesuburan tanah dan pertumbuhan tanaman.

Proses pembuatan kompos ini dimulai dengan mencari sampah organik yang ada di lingkungan sekolah . Mereka beraksi berburu sampah untuk komposting. “Di sebelah sana ada, di situ juga..”kata mereka sambil mengambil dan memasukkan ke dalam kantong plastik. Yuk! Rehat sejenak dan dengarkan informasi dari Bu guru ya” .

Di waktu yang berbeda kita juga senam bersama pelajar Pancasila.

bu yani

Kelompok A5

Observasi lingkungan sekolah menjadi Kegiatan untuk mengawali P5 pekan ini. Observasi bertujuan untuk mengamati dan mengenal berbagai macam jenis sampah. Sampah merupakan limbah padat yang terdiri dari sampah organik dan non-organik. Kedua macam jenis sampah ini jika bisa mengelola dan memilahnya akan bisa bernilai guna kembali, seperti yang direncanakan dalam projek P5 kali ini, agendanya mengumpulkan sampah organik dan menjadikannya kompos.

Guna memberikan pengetahuan, pada hari kedua anak-anak diajak untuk menonton video cara memilah sampah dan cara membuat kompos. Kegiatan berlanjut di hari ketiga, mereka mulai mengumpulkan sampah di lingkungan sekitar sekolah.

Pekan ini kelompok muslimah jadwalnya ekstra renang. Mereka antusias berangkat lebih awal dan menikmati renangnya dibimbing Bu guru renang yang jago teknik renang.

Kegiatan untuk proses komposting masih berlanjut. Sampah-sampah organik dikumpulkan dan dipisah dari sampah non-organik.

Pada hari Jumat anak-anak ekstra angklung. Di kegiatan ini mereka berlatih cara membunyikan angklung dengan benar.

bu iva

Pembelajaran Kelompok Bermain (KB) Islam Hidayatullah

KB1 (Sentra Balok)

Kegiatan di sentra balok diawali dengan mendengarkan buku cerita yang berjudul “Domba Si Pabrik wol”.
Selain mendengarkan cerita, mereka juga berdiskusi untuk menentukan alas/tanah yang besok akan dibangun kandang domba. Lalu berlanjut menentukan teman bermain bersama. Hari berikutnya teman-teman memulai mengambil dan menyusun berbagai bentuk balok menjadi bangunan kandang domba. Ada yang menyusun lurus ke samping, lurus ke atas dan nyusun tertutup mendatar. Di waktu yang berbeda bangunan semakin bagus. Teman-teman menambahkan aksesoris di bangunan kandang domba mereka seperti kayu, batu, botol bekas, domba, rumput plasti, dan lain-lain. Setelah jadi, mereka pun memainkannya, ada yang pura-pura memberi makan domba, ada juga yang berpura-pura membersihkan kotoran domba.

Bermain di sentra balok memang menyenangkan. Pada hari terakhir bermain, teman-teman menggambar bangunan kandang domba dan merapikan kembali balok ketempat semula. Mereka pintar dan hebat, sudah mulai terbiasa merapikannya sesuai dengan bentuknya.

bu husnul

KB 2 (Sentra Olah Tubuh dan Musik)

Kegiatan bermain di sentra olah tubuh dan musik sangat mengasyikkan sekali. Kegiatan hari pertama, anak-anak dibacakan buku cerita tentang hewan kambing, anatomi kambing, habitatnya, jenis kambing, dan manfaat hewan kambing bagi manusia. Kemudian anak-anak menceritakan pengalamannya melihat hewan kambing ciptaan Allah, menirukan suaranya, dan bernyanyi lagu kambing. Pada hari kedua anak-anak membuat halang rintang dari galon, tiang, kursi yang dikaitkan dengan tali. Membuat halang rintang dilakukan bersama-sama. Anak-anak saling bergotong royong. Setelah membuat halang rintang mereka diajak membuat tempat untuk meniti. Kreatifnya mereka. Media yang ada dijadikan mainan sedemikian rupa. Mereka menggunakan kaleng dan kursi dari yang ukuran rendah ke tinggi, saat melewati kaleng dan kursi mereka saling membantu, memegangi teman supaya tidak jatuh. Senangnya bermain bersama. Di hari keempat anak-anak berkreasi membuat topeng kambing.

bu silvi

KB 3 (Sentra Alam)

Sentra alam menjadi tempat bermain KB 3 pekan ini. Salah satu kegiatan diawali dengan mendengarkan Bu guru membacakan buku cerita berjudul”Ayam si Pabrik Telur yang Cerewet”. Kegiatan bermain berlanjut di hari berikutnya. Anak-anak KB 3 mulai berkreasi membuat kandang ayam dari beberapa benda seperti kardus, rumput sintetis, tiang, kain, bendera batik segitiga, dan lainnya. Mereka kreatif dan antusias bermain di sentra alam. Media yang ada mereka manfaatkan dan membentuknya sedemikian rupa, lalu memainkan bersama…senangnya

bu umai

KB 4 (Sentra Peran)

Anak salih-salihah KB 4 mengaji bersama dengan Bu Guru ngajinya. Kemudian di hari Selasa KB 4 bermain membuat sapi dari kardus di sentra peran. Kegiatan bermain makin menyenangkan, pada hari Rabu mereka memandikan sapi, membersihkan kandang sapi, memerah susu sapi, mengolah susu sapi, dan membuat sate. Sedangkan di Hari Kamis KB 4 memerankan hewan sapi.

bu samsi

Mengaji Buku Jilid & Hafalan doa, hadits, surat pendek

Alhamdulillah, program mengaji di sekolah berjalan dengan baik. Semua siswa hebat dan berkembang sesuai tahapannya. Terlaksananya kegiatan ini pastinya tak lepas dari peran wali siswa. Dukungan dan pendampingan beliau-beliau di rumah dengan tetap sesuai petunjuk dari sekolah membuat siswa semakin maksimal perkembangannya. Selain membaca buku jilid, siswa juga juga dikenalkan dengan , hafalan doa harian, hadits, dan surat pendek. Program hafalan minggu ini untuk TK A: Melancarkan hadits muslim bersaudara, niat wudhu. TK B : Menghafal hadits menjaga lisan. Doa masuk rumah. Khusus TK B ada tambahan materi cara ber-wudhu dan solat.

BU DIYAN [KOORDIANTOR BAQ]

Prestasi Mengaji Pekan Ini

 Peristiwa

Pertemuan komite

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,sekolah mengadakan pertemuan dengan komite sekolah. Dengan adanya pertemuan ini diharapkan bisa terwujud sinergi antara sekolah dan masyarakat yang bisa tersalurkan aspirasinya melalui komite. Komite bisa berperan dalam peningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana prasarana, serta pengawasan dalam pendidikan di sekolah.

Acara galang dana yang membawa kesan

Dukungan wali murid pada acara galang dana yang dikemas dalam sedekah dongeng Ramadhan lalu masih membawa kesan bagi penyelenggara. Dompet dhuafa sebagai lembaga Inisiator dan PAUD Islam yang memfasilitasi kegiatan tersebut sukses menggelar acara dengan penuh makna.

Baca juga:  Guru-guru Siap Menyambut Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dengan Kegembiraan

Kerjasama mutualisme ini bagi peserta didik tentu membawa manfaat di mana mereka bisa belajar berbagi sebagai salah satu keterampilan hidup yang penting untuk dimiliki. Kemampuan berbagi ini penting diajarkan sejak dini sehingga mereka dapat belajar berinteraksi dengan baik, berteman dan bermain bersama anak-anak sebayanya, dan orang-orang di lingkungan sekitarnya secara koorperatif.

Butuh info PPDB?

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah tanda-panah-ke-bawah-1.gif
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 4a8461_1c6ebd5cf3c44576b07fcf5964f1891d_mv2.gif

#Paud Islam Hidayatullah #Paud Terbaik Semarang # Paud Islam Terbaik # TK Islam Hidayatullah # TK Terbaik Semarang # TK Islam Terbaik Semarang #TK Islam terdekat # rekomendasi TK Terbaik Semarang # TK Islam terbaik di Semarang Timur # TK terdekat dari lokasi saya # SD Islam Hidayatullah # SMP Islam Hidayatullah # SMA Islam Hidayatullah

Jurnal Pembelajaran P5 Aku Sayang Bumi#1

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *