Jurnal Pembelajaran Topik Alam Semesta

Dibuka PPDB Tahun Ajaran 2023/2024_Spesial Februari diskon 10%_ Manfaatkan segera

Topik: Alam Semesta

Pembelajaran dengan topik alam semesta mempunyai tujuan di antaranya agar siswa bisa mengetahui keagungan kuasa Allah melalui berbagai benda langit, dan juga benda di alam sekitar hasil ciptaanNya. Siswa bisa tumbuh kesadaran untuk menjaga kelestarian alam, beradaptasi dengan lingkungan sekitar serta termotivasi untuk mengembangkan hasil karya, dan menceritakan pengalaman sederhana.

Pembelajaran menggunakan model sentra dan dikemas dengan bermain. Model belajar ini sangat mengasyikkan, sehingga siswa merasa senang di sekolah. Terdapat beberapa sentra yang digunakan secara bergilir. Setiap kelompok akan berkesempatan menggunakan sentra yang ada sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Yuk! Lihat keseruan belajar mereka

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok B

B1 [Sentra Alam]

Pekan ini B1 bermain di sentra alam. Kegiatan diawali dengan menonton video pembelajaran tentang tata surya. Anak-anak mendapat pengetahuan seputar tata Surya. Diketahui bahwa bumi merupakan salah satu anggota sistem alam semesta yang disebut tata surya.Tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri dari planet beserta satelitnya dengan Matahari sebagai pusat peredaran, Matahari, asteroid, komet, meteor, dan debu ruang angkasa.

Kegiatan berikutnya bermain bersama membuat macam macam planet dan benda yang ada di tatasurya. Setiap anak berkarya dan mengembangkan imajinasi menggunakan media yang telah disiapkan Bu guru.

bu difa

B2 [Sentra Ibadah]

Di sentra Ibadah teman-teman B2 menyeselaikan berbagai permainan yang menantang. Permainannya bertopik alam semesta. Kegiatan mereka diawali dengan bermain lompat tali untuk menstimulasi motorik kasarnya.

Kegiatan berikutnya yaitu berdiskusi isi buku yang telah dibacakan, mereka mengenal berbagai kosa kata dan membuat peta konsep bermain. Selanjutnya bermain dan mengenal lebih jauh tentang Nabi Yusuf. Masih dengan topik yang sama, mereka membuat proyek sumur dan kerajaan.

Kegiatan bermain semakin seru dan menantang. Esok harinya mereka melanjutkan proyek kerajaan dengan menambahkan berbagai aksesoris serta membuat mahkota raja.

bu fat

B4 [Sentra Seni]

Kegiatan bermain teman-teman B4 diawali mendengarkan cerita tentang “Tiktok dan siklus air”. Setelah itu dilanjutkan mengamati awan di teras sekolah. Mereka mendapat pengetahuan tentang awan yang ada di angkasa. Awan di angkasa merupakan kumpulan partikel air berupa tetes air atau kristal es yang tampak di atmosfer. Partikel air ini berasal dari perubahan uap air atau benda gas menjadi benda cair pada suhu udara di bawah titik embun atau disebut juga dengan kondensasi. Kegiatan teman-teman berikutnya menonton video tentang siklus Air.


Teman-teman meneruskan kegiatan bermain di sentra seni. Mereka berkegiatan sesuai yang telah dirancang pada hari sebelumnya. Rancangannya adalah membuat projek awan, membuat matahari dan juga membuat projek laut. Mereka pun bermain dengan media yang ada.

Teman-teman mengikuti kegiatan Book Time pada waktu yang telah dijadwalkan.

Pada waktu yang berbeda, teman-teman kembali berkegiatan Book Time. Mereka dapat meminjam buku dengan beraneka macam judul kesukaannya di perpustakaan. Setelah itu bermain eksplorasi air hujan,
menggambar hujan, juga menonton video tentang Hujan.

bu dijah

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok A

DISKON 10% BULAN FEBRUARI. MANFAATKAN SEGERA

A1 [Sentra Alam]

Sentra alam menjadi tempat bermain anak-anak A1 pekan ini. Kegiatan hari pertama subtopik cahaya matahari, anak-anak mendapat pengetahuan matahari yang menjadi pusat tata surya itu. Mereka bereksperimen dengan media yang telah disiapkan untuk mengenal langsung matahari.

Kegiatan bermain semakin seru dan menantang, mereka bereksperimen hujan dan pelangi. Diketahui hujan mengandung zat karbon dan zat karbon yang terdapat pada air hujan berupa silika dan juga, yang merupakan zat debu yang mengikat molekul-molekul pada air hingga terbentuklah hujan. Sedangkan pelangi terjadi karena terjadi pembiasan cahaya.

Selain itu anak- anak A1 juga melakukan eksperimen membuat hujan buatan. Subhanallah, Allah menciptakan hujan dengan berbagai manfaatnya

bu ainun

A2 [Sentra Seni]

Mengawali hari Senin, kelompok A2 melakukan fisik motorik berjalan dengan rintangan. Setelah selesai fisik motorik dan snacktime, mereka lalu bergantian bercerita di depan kelas tentang liburannya. Selanjutnya setelah bercerita dan diberi pijakan, kelompok A2 membuat rumah untuk istirahat saat malam tiba. Selain itu mereka juga berkreasi membuat kapal untuk nelayan berlayar mencari ikan dimalam hari.

Seperti biasa kelompok A2 melakukan fisik motorik di pagi hari. Selanjutnya mereka meneruskan kembali projek membuat rumah dan kapal untuk dilengkapi lagi. Kegiatan menarik dan seru lainnya yaitu berkreasi membuat matahari, bulan, dan bintang untuk melengkapi langit siang dan malam.

Kegiatan bermain yang menyenangkan di hari sebelumnya berlanjut. Hasil kreasi mereka semakin menarik dengan ditambahkannya berbagai aksesoris, sepert binatang yang beraktivitas dimalam hari, ada burung hantu dan kelelawar.

Hari terakhir di sentra seni kelompok A2 menggambar aktivitas yang dilakukan disiang maupun malam hari. Setelah itu mereka merapikan mainannya kembali secara bersama-sama.

bu haning

A3 [Sentra Peran]

Anak-anak mengawali kegiatan bermain di sentra peran dengan menonton video cerita petualangan balon udara. Setelah menoton video, anak-anak melanjutkan berdiskusi bersama membuat peta konsep & ide gagasan bermainnya.


Pada waktu yang telah dijadwalkan, anak-anak berkegiatan makan bersama masakan yang telah disiapkan oleh katering sekolah. Salah satu menu bergizi adalah nasi dengan sayur sop & filet ayam crispy. Anak-anak mendapat asupan bergizi setiap hari ketika bersekolah. Mereka bisa menikmati aneka menu masakan yang berbeda yang disesuaikan dengan selera untuk anak-anak.

Disela-sela bermain, anak-anak dijadwalkan juga untuk berkegiatan fisik motorik & berjemur. Setelah itu bereksplorasi di sentra peran bermain menyelesaikan projecnya. Hari pertama mereka berkreasi membuat balon udara, pantai, gedung. Projek bermain yang menyenangkan ini berlanjut di hari kedua, kali ini kreasi mereka semakin bagus dengan ditambahkan berbagai aksesoris, di antaranya mereka menambah rumah tuan ronsen, si pemilik balon udara.

Bermain di sentra peran sangat menyenangkan. Anak-anak bermain sesuai peran pilihannya. Mereka bermain dan berbagi peran, berinteraksi dan juga saling bantu agar proyek mainnya bisa selesai. Pada waktu yang berbeda anak-anak juga praktek salat berjamaah.

bu ria

A4 [ Sentra Ibadah ]

Cerita pagiku menjadi kegiatan awal di sentra ibadah. Kegiatan ini menjadi salah satu stimulus ke anak agar berkembang rasa percaya dirinya. Setelah itu berlanjut menonton video Kisah Nabi Ibrahim As. yang mencari Tuhan.

Pada waktu yang berbeda, teman-teman berkegiatan fisik motor estafet simpai. Mereka membuat lingkaran dan bekerjasama memasukkan simpai agar bisa berputar.

Kegiatan bermain berikutnya adalah berkreasi membuat petunjuk mengaji. Mereka bisa menggunakan penunjuk hasil karyanya sendiri. Kegiatan main berlanjut, teman-teman A4 berkreasi membuat lingkungan alam, memompa balon bentuk matahari. Setelah itu diteruskan bermain dengan topik Nabi Ibrahim mencari Tuhan dan praktek wudhu.

bu yani

A5 [Sentra Balok]

Pekan ini A5 jadwalnya bermain di sentra balok. Sentra ini merupakan salah satu sentra favorit anak-anak. Mereka bisa bermain rancang bangun dengan berbagai bentuk balok yang banyak di sentra itu. Setelah mendapat pijakan bermain, anak-anak pun mulai membangun proyeknya bersama kelompok masing-masing. Kegiatan ini menyenangkan karena dilakukan bersama tim. Mereka bekerjasama dan saling melengkapi sesuai imajinasi masing-masing.

Kegiatan bermain berlanjut hingga di hari ketiga. Anak-anak meneruskan untuk menyelesaikan proyek bangunannya. Mereka tampak asyik dan antusias bermain dengan kelompoknya masing-masing, setelah itu dilanjutkan menggambarkan bangunannya di sebuah kertas yang telah disiapkan bu guru. Pada hari terakhir di sentra balok, anak-anak membereskan dan merapikan kembali alat mainnya.

Pekan ini anak-anak mengikuti ekstra renang di kolam renang sekolah. Kelompok muslim dan muslimah berenang didampingi bu guru dan dilatih oleh intruktur profesional yang sabar membimbing mereka.

bu iva

Pembelajaran Kelompok Bermain (KB) Islam Hidayatullah

SPESIAL JANUARI-MARET DISKON 10%. MANFAATKAN SEGERA

KB1 [Sentra Alam]

Sentra alam menjadi tempat bermain KB 1 pekan ini. Sentra alam merupakan wahana bermain yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengenal alam sekitar melalui perangsangan panca indera. Siswa bermain sambil belajar untuk menunjukkan kemampuan mengenali, membandingkan, menghubungkan dan membedakan sehingga tumbuh motivasi dan kepercayaan diri dalam belajar.

KB 1 melakukan berbagai kegiatan main di sentra alam. Hari pertama bermain dengan topik alat transportasi kemudahan dari Allah. mereka mengawali kegiatan dengan menonton video tentang berbagai jenis alat transportasi. Selanjutnya mereka berdiskusi tentang kegiatan apa saja yang akan dilakukan esok hari.Mereka bermain di tempat main sesuai dengan pilihan kelompok mereka. Ada yang bermain dengan plastisin membentuk pesawat, ada yang bermain kreasi bentuk geometri dan bermain di pasir kering. Pada waktu yang telah dijadwalkan,mereka juga mengaji dibimbing bu guru mengajinya. Selain itu, mereka juga berkegiatan fisik motorik untuk menstimulasi motorik kasarnya. Anak-anak menirukan gerakan pesawat terbang dengan merentangkan kedua tangan dan mengangkat satu kaki kebelakang.

Hari terakhir bermain di sentra alam, anak-anak melanjutkan tugas mereka sampai selesai dan merapikan kembali mainan ketempat semula. Permainan dituntaskan dan anak-anak dibiasakan untuk bertanggungjawab dengan kegiatan yang dilakukannnya.

bu husnul

KB 2 (Sentra Peran)

Pembelajaran Kelompok bermain mulai Minggu ini sudah berganti. Mulanya topik Minggu lalu adalah Alam semesta, kali ini topiknya adalah Alat transportasi kemudahan dari Allah.


Hari Senin, siswa mengikuti kegiatan pengetahuan umum topik transportasi. Siswa dikenalkan berbagai macam dan fungsi berbagai jenis alat transportasi. Pada saat mengenal Bus, siswa dikenalkan juga Bus kota Semarang Si Denok, Si Kenang, dan Si Kuncung. Kebetulan Minggu depan siswa KB akan berkeliling ke kota Semarang naik Bus kenang. Masyaallah, semua siswa terlihat bersemangat sekali. Tujuan dari pengetahuan umum adalah siswa mengenal lebih dalam tentang alat transportasi, supaya saat proses pembelajaran mereka lebih memahami topik.


Kali ini siswa KB 2 belajar dan bermain di sentra peran, mereka belajar lebih dalam mengenal transportasi Bus dan terminal. Hari Selasa siswa membuat proyek menghias Bus secara berkelompok. Mereka terlihat antusias saat menghias Bus, ada yang menempel kertas berwarna merah sebagai kaca Bus, setelah itu menempelkan bentuk lingkaran sebagai rodanya.


Pada hari ketiga mereka bekerja sama membuat terminal dan jalan yang akan dilewati Bus. Hari berikutnya siswa memainkan peran seperti menaiki Bus, melakukan berbagai aktivitas di terminal seperti menjadi penjual tiket. Penjual asongan, ada yang sedang shalat. Alhamdulillah semua siswa terlihat bersemangat mengikuti kegiatan belajar dan bermain di Minggu ini.

bu silvi

KB 3 (Sentra Balok)

Hari pertama, anak-anak KB 3 mengikuti kegfiatan nonton bersama-sama video pembelajaran tentang “alat transportasi’. Kegiatan ini untuk mengenalkan berbagai macam alat transportasi. Dari kegiatan ini, akan menjadi pijakan bermain anak-anak selanjutnya di sentra balok.

Kegiatan di hari kedua, anak-anak mendengarkan cerita yang berjudul “stasiun”. Setelah itu, mereka dibagi menjadi beberapa kelompok oleh bu guru. Kelompok-kelompok ini akan bermain membuat sebuah projek stasiun di sentra balok. Setiap kelompok saling melengkapi dan bekerjasama sesuai imajinasi masing-masing sesuai pemahamannya tentang konsep stasiun dari hasil pijakan yang diberikan.

Hari terakhir bermain di sentra balok, anak-anak KB 3 menggambar stasiun dan kereta api. Kemudian menyusun/merapikan kembali balok-balok yang telah digunakan membuat stasiun dihari sebelumnya.

BU UMAI

KB 4 (Sentra Olah Tubuh & Musik )

Sentra olah tubuh dan musik menjadi tempat bermain KB 4 pekan ini. Berbagai kegiatan main dilakukan di sentra ini. Sentra musik dan olah tubuh adalah sentra yang memusatkan kegiatan seni musik dan gerak kinestetik serta olah tubuh secara jasmani. Sentra ini merupakan pengembangan kemampuan seni suara, seni musik, seni gerak dan kreativitas anak usia dini.

Kegiatan diawali menonton video tentang transportasi, kemudian dikuatkan kembali dengan mendengarkan cerita tentang “Hati-hati Jadi Penumpang”. Kegiatan ini merupakan pijakan sebelum bermain di sentra olah tubuh dan musik.

Kegiatan bermain sangat menyenangkan karena dilakukan bersma teman-temannya. Mereka berkreasi dengan topik alat transportasi. Beberapa anak tampak asyik menghias mobil bersama kelompoknya. Pada hari Rabu, KB 4 mengendarai mobil bersama, selain itu mereka bermain memindahkan bola, berjalan menggunakan bakiak, dan berjalan diatas papan tutian.

bu samsi

Taman Pengasuhan Anak [TPA] / Qur’anic baby school [QBS]

Baca juga:  Jurnal Pembelajaran Topik Tanaman #Pekan 5

PPDB 2023/2024

Spesial bulan ini mendapat diskon 10%

Yuk daftarkan putra-putri ayah bunda segera

Makan

Siswa setiap hari selama bersekolah mendapat makan. Makan ini menjadi asupan penting menunjang kebutuhan gizi siswa. Menu makan setiap hari berganti disesuaikan dengan selera anak-anak. Saat proses makan, siswa dibiasakan adab makan dan mandiri dalam menyiapkan kebutuhan penyajian makannya. Selain itu siswa juga senantiasa didorong serta dimotivasi untuk bisa menyenangi buah dan sayuran.

BU IIN {KEPALA SEKOLAH}

Program Mengaji Kelompok Bermain

Program mengaji TK

Pengajaran mengaji untuk TK, selain membaca buku jilid, siswa juga juga dikenalkan dengan hafalan doa harian, hadits, dan surat pendek. Program hafalan minggu ini untuk TK A: Melancarkan surat An Nashr, menghafalkan hadits keindahan dan doa bangun tidur, TK B : Menghafal senandung Al-Qur’an dan melancarkan hafalan surat At Takatsur, serta evaluasi hafalan hadits, doa dan beberapa surat pendek yang telah diajarkan sebelumnya.

Khusus TK B ada tambahan materi salat dan murojaah bersama hafalan surat pendek.

BU DIYAN [KOORDIANTOR BAQ]

Prestasi Mengaji Pekan Ini

Ekstrakurikuler

 Ekstakurikuler KB

 Renang

PAUD Islam Hidayatullah memiliki kolam renang sendiri. Program renang kelompok bermain, TK A, dan TK B bergiliran waktuya sesuai jadwal yang telah disusun. Renangnya antara muslimin dan muslimah dibedakan waktunya. serunya lagi, berenangnya didampingi ibu guru dan instruktur renang profesional loh.

 Peristiwa

SEKOLAH DARI JOGJAKARTA DAN SURABAYA STUDI TIRU PAUD ISLAM HIDAYATTULLAH

PAUD Islam Hidayatullah (PAUDIH) pekan ini menerima rombongan guru-guru perwakilan dari beberapa sekolah TK Jogjakarta dan Surabaya. Guru-guru dari Jogjakarta sebanyak 37 orang yang tergabung dalam kelompok gugus Nusa Indah, IGTKI Kecamatan Prambanan. Sedangkan rombongan dari Surabaya sebanyak 10 orang merupakan rombongan dari TK ABA 57, Surabaya. 

Tujuan kedua rombongan untuk melakukan studi tiru implementasi kurikulum merdeka yang telah diterapkan di PAUDIH. PAUDIH sendiri memang terpilih menjadi salah satu sekolah penggerak oleh dinas pendidikan Kota Semarang. Program sekolah penggerak ini adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Setelah mendapat sambutan, para duta pendidikan ini pun terbagi ke dalam beberapa kelompok untuk melakukan observasi pembelajaran di PAUDIH. Para pejuang pendidikan ini tampak antusias dan mencatat berbagai hal yang kiranya penting. Sebagai tuan rumah, PAUDIH berusaha memberikan sambutan dan tempat sebaik-baiknya bagi para tamunya.

Ya, Saya mau dapat diskonnya…

tk-islam-hidayatullah-semarang
tk-islam-hidayatullah-semarang
Disusun oleh tim humas PAUDIH

#Paud Islam Hidayatullah #Paud Terbaik Semarang # Paud Islam Terbaik # TK Islam Hidayatullah # TK Terbaik Semarang # TK Islam Terbaik Semarang #TK Islam terdekat # rekomendasi TK Terbaik Semarang # TK Islam terbaik di Semarang Timur # TK terdekat dari lokasi saya # SD Islam Hidayatullah # SMP Islam Hidayatullah # SMA Islam Hidayatullah

Jurnal Pembelajaran Topik Alam Semesta

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *