Jurnal Tema Binatang #Pekan 5

DIBUKA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU 2023/2024

Topik: Binatang air ciptaan Allah

Alhamdulillah, pembelajaran dengan topik binatang air sudah dimulai. Tujuan pembelajaran ini di antaranya agar siswa mampu menghargai dan menyayangi binatang air sebagai makluk ciptaan Allah, serta memiliki pengetahuan berbagai macam binatang yang hidup di air.

Pembelajaran menggunakan model sentra dan dikemas dengan bermain. Model belajar ini sangat mengasyikkan, sehingga siswa merasa senang di sekolah. Terdapat beberapa sentra yang digunakan secara bergilir. Setiap kelompok akan berkesempatan menggunakan sentra yang ada sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Yuk! Lihat keseruan belajar mereka

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok B

DAFTAR SEKARANG, ADA PENAWARAN ISTIMEWA MENANTI

B1 [Sentra Balok]

Kelompok B 1 pekan ini mendapat giliran bermain di sentra balok. Sentra balok merupakan sentra yang memberikan wahana bermain rancang bangun. Di sentra ini anak -anak bisa berkreasi dengan mengacu topik yang telah ditentukan. Salah satu kreasinya yaitu membangun dermaga dan kapal. Kegiatan bermain ini merupakan sebuah projek, kegiatan akan dilanjutkan di hari berikutnya untuk melengkapi bangunan yang telah dibuat hari sebelumnya.

bu difa

B2 [Sentra Seni]

Pekan ini kelas kita belajar tentang binatang air “Kura-kura”. Kegiatannya mengobservasi kura-kura hidup. Setelah itu kelas kita kemudian berdiskusi bersama-sama. Hasil diskusi berdasar pengamatan, kura-kura memiliki cangkang keras berfungsi sebagai pelindung dirinya dari bahaya.

“Byur… “. Terdengar suara air kolam diikuti suara anak salih salihah saat memasukkan kura-kuranya (Kura-kuranya lepas dari tangan Fira yg saat itu berani mengangkatnya).

Selanjutnya, kegiatan kita bermain di sentra seni bekerjasama menyelesaikan proyek kolam dan sungai habitat kura-kura. “Ayuk berkreasi membuat kura-kura”. Alhamdulillah…. Kreasiku sudah jadi.

bu fat

B3 [Sentra Peran]

Bermain di sentra peran sangat menyenangkan. Anak- anak semua hebat cepat belajar dari lingkungan sekitar. Di hari pertama mereka aktif dan antusias bergotong royong mempersiapkan setting kegiatan bermain peran ” restoran seafood ikan segar”. Selanjutnya mereka berunding memilih bahan untuk kolam ikannya

Kegiatan bermain semakin menantang di hari berikutnya. Mereka bermain aneka peran pilihannya. Ada yang bermain peran menjadi ojek online. Dengan memanfaatkan media yang ada, mereka berkreasi membuat kendaraan. Tampak salah satu di antara mereka sedang mengendarai kendaraan buatannya mengantar go food pesanan pelanggan.

Tidak hanya menjadi driver ojek online, peran yang berbeda juga dimainkan anak-anak. Beberapa anak tampak asyik berperan menjadi pelayan restoran seafood ikan segar . Mereka pun sibuk bertransaksi mengambil ikan sesuai pilihan pembeli. Sedangkan yang berperan sebagai pembeli juga terlihat menikmati pesanan kepiting asam nanis dan ikan bakarnya.

bu ima

B4 [Sentra Alam]

Giliran B4 bermain di sentra alam pekan ini. Kegiatannya di antaranya mendengarkan Bu guru membaca buku cerita “Kemana perginya si cebo” . Selanjutnya, mereka berdiskusi tentang binatang katak dan kodok, kemudian mengamati kodok yang sedang bertelur di kolam. Setelah selesai melakukan pengamatan, kegiatan bermain berikutnya yaitu berkreasi membuat kolam tempat tinggal katak. Di waktu yang berbeda, kolamnya diisi dengan air. Wah…kolam makin bagus karena ditambah hiasan.

bu dijah

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok A

ADA SPESIAL DISKON BAGI PENDAFTAR AWAL. MANFAATKAN SEGERA

Baca juga:  Halal bihalal PAUDIH:Memaafkan memberi kesempatan memperbaiki diri dan menumbuhkan kepercayaan

A1 [Sentra Balok]

Kegiatan bermain A1 di sentra balok diawali dengan bercerita. Selanjutnya, mereka berkreasi membuat bangunan di permukaan laut. Setelah jadi, mereka pun memainkannya.

Ketika kegiatan bermain telah selesai, tidak lupa mereka pun dibiasakan untuk mengelompokkan dan merapikan kembali balok dan alat main yang telah di gunakan.

Pada waktu yang telah ditentukan, kelompok A1 juga asyik menikmati asupan yang telah disediakan sekolah. Mereka sudah mulai terbiasa menyenangi buah, nasi , dan sayuran yang dibuat khusus untuk anak-anak.

bu aINUN

A2 [Sentra Alam]

Hari pertama di sentra alam kelompok A2 menonton video yang berjudul “Frozo si Katak Usil”. Setelah menonton video, mereka mengulas kembali cerita dari video yang ditonton dan membuat peta konsep. Dari peta konsep yang dibuat, direncanakan untuk membuat sungai sebagai habitat Frozo (nama katak dalam cerita) dan teman-temannya. Kegiatan bermain di hari kedua, melanjutkan proyek membuat sungai yang sudah mulai dibuat di hari sebelumnya. Selain membuat sungai, mereka juga membuat tamannya. Pada hari ketiga, permainan terus berlanjut, kali ini mereka membuat dan menggambar binatang yang ada di buku cerita, seperti : Frozo si katak, semut, ikan, dan burung hantu. Hari terakhir di sentra alam kelompok A2 mengulas kembali tokoh dan karakter yang ada dalam buku cerita “Frozo si Katak Usil”. Lalu mereka membuat alat musik dari barang-barang bekas dan bernyanyi bersama. Setelah selesai bermain, mereka pun bergotong royong merapikan alat mainnya. Pekan ini A2 juga mengikuti kegiatan ekstra nasyid. Kegiatan berlatih bersholawat bersama dan membawakan lagu-lagu islami.

bu haning

A3 [Sentra Seni]

Kelompok A3 mengawali bermain dengan kegiatan ikrar pagi, berjemur & fisik motorik kasar lempar dan tangkap bola. Selanjutnya, mendengarkan cerita lumba-lumba, membuat peta konsep dan setelah itu memilih media/alat yang dibutuhkan serta menemukan ide gagasan. Kegiatan bermain di hari berikutnya adalah membuat sebuah proyek. Proyek yang dibuat berdasarkan buku cerita, yaitu membuat laut tempat lumba-lumba yang dilengkapi dengan kapal selam.

Hari terakhir di sentra seni diawali dengan fisik motorik & berjemur di playground. Selain itu, pekan ini A3 juga berkegiatan ekstrakurikuler. Jadwal yang diikuti untuk ekstranya adalah menari naik delman

bu ria

A4 [Sentra Peran]

Sentra peran menjadi tempat bermain A4 pekan ini. Kegiatan bermainnya di antaranya adalah melompat menggunakan satu kaki, dan dilanjutkan berjalan menirukan pinguin. Kemudian mereka bekerjasama membuat habibat ikan dan tempat berjualan. Kegiatan bermain semakin menyenangkan, mereka ada yang berperan menangkap ikan serta melakukan aktivitas jual beli hasil tangkapan ikan. Pekan ini A3 juga berkegiatan ekstrakurikuler membuat clay. Asyiknya…

BU YANI

A5 [Sentra Ibadah]

Hari pertama di sentra ibadah anak-anak berkerja sama membuat kapal Nabi Yunus. Hari berikutnya mereka melanjutkan proyek yang telah dimulai hari sebelumnya. Pembuatan proyek terus berlanjut, hasilnya pun semakin bagus. Di hari yang berbeda, proyek kapal ditambahi tenda untuk tempat Nabi Yunus tidur. Hari terakhir di sentra ibadah anak-anak menggambar paus yang menelan Nabi Yunus. Pekan ini A5 mendapat giliran ekstra cooking class.

bu iva

Pembelajaran Kelompok Bermain (KB) Islam Hidayatullah

ADA SPESIAL DISKON BAGI PENDAFTAR AWAL. MANFAATKAN SEGERA

Baca juga:  Panduan Metode Ummi Jilid 2

KB1 [Sentra Peran]

Kegiatan bermain diawali dengan mendengarkan Bu guru membacakan buku cerita yang berjudul “Sapi si pendiam kaya manfaat”.
Setelah itu, bersama berdiskusi untuk menentukan kegiatan apa yang besok akan dilakukan terlebih dahulu. Hasil diskusi disepakati akan membuat sapi dari Kardus bekas. Hari kedua saatnya mengaplikasikan hasil diskusi, bekerjasama membuat binatang sapi dari kardus bekas. Permainan di sentra peran pun berlanjut, di hari berikutnya, mereka bermain merawat binatang sapi. Ada yang memandikan sapi dan ada pula yang memberi makan sapi.

Di hari yang berbeda, kegiatan bermain peran seputar binatang sapi semakin seru, mereka cepat belajar. Ada yang berperan sebagai Ayah sapi, Ibu sapi, Kakak dan adek sapi. Mereka juga memakai kostum sapi dan pura-pura menjadi sapi. Yang berperan menjadi sapi tampak bisa mengetahui kegiatan sapi, di antaranya berpura-pura makan rumput dan berjalan seperti sapi. Senang sekali melihat mereka antusias memainkan perannya masing-masing.

bu husnul

KB 2 [Sentra Balok]

Hari pertama anak-anak dibacakan buku cerita tentang binatang domba ciptaan Allah. Tujuannya agar mereka mengenal manfaat domba yang diambil daging, susu, dan bulunya. Selain itu juga dikenalkan habitat domba, jenis, dan cara merawatnya. Anak-anak sangat antusias mendengarkan cerita tersebut dan mereka menceritakan kembali cerita yang telah didengarkan.

Di hari berikutnya, mereka berkreasi bermain membuat kandang domba secara berkelompok. Permainan ini sangat bermanfaat melatih kerja sama dan kreatifitas. Selanjutnya membuat padang rumput, habitat domba menggunakan media loose parts. Ada yang membuat padang rumput untuk tempat tinggal domba, ada yang membuat taman untuk tempat bermain domba, “Bu, ini untuk minumnya domba”. Kata salah di antara mereka. Permainan dirancang tidak individual, Tujuannya untuk memupuk rasa gotong royong dan empati antar sesama teman.

Kegiatan bermain semakin seru, setelah bangunan kandang domba dan padang rumput selesai dibangun, anak-anak menggambar bangunan yang telah dibuatnya dengan menggunakan spidol atau crayon, kemudian mereka menceritakan tentang gambar yang dibuat sesuai dengan imajinasinya.

bu silvi

KB 3 [Sentra Olah Tubuh dan Musik]

KB 3 pekan ini mendapat jadwal bermain di sentra olah tubuh dan musik. Adapun kegiatannya di antaranya mendengarkan Bu guru membaca buku cerita tentang “Kambing si Jago Makan yang Pintar”. Selain itu, di waktu yang berbeda mereka bermain membuat pagar. Ada yang menggunakan galon, paralon, kursi, dan tali untuk mengikat. Kreatif sekali mereka.

bu umai

KB 4 (Sentra Alam)

Hari Senin KB 4 mengaji bersama di kelas. Hari berikutnya mereka berkreasi membuat kandang ayam. Anak- anak tampak antusias dengan permainan ini. Mereka secara kelompok bekerjasama membuatnya. Proyek menantang ini terus berlanjut, karena belum selesai, mereka pun meneruskan dan melengkapi kreasinya dengan membuat ayam bersama-sama di sentra alam.

bu samsi

SPESIAL DISKON BAGI PENDAFTAR AWAL. SEGERA DAFTAR! WAKTU BERBATAS

Baca juga:  Merumuskan program pendidikan terbaik melalui musyawarah kerja

Makan

Siswa setiap hari selama bersekolah mendapat makan. Makan ini menjadi asupan penting menunjang kebutuhan gizi siswa. Menu makan setiap hari berganti disesuaikan dengan selera anak-anak. Saat proses makan, siswa dibiasakan adab makan dan mandiri dalam menyiapkan kebutuhan penyajian makannya. Selain itu siswa juga senantiasa didorong serta dimotivasi untuk bisa menyenangi buah dan sayuran.

BU IIN {KEPALA SEKOLAH}

Mengaji Buku Jilid & Hafalan doa, hadits, surat pendek

Alhamdulillah, program mengaji di sekolah berjalan dengan baik. Semua siswa hebat dan berkembang sesuai tahapannya. Terlaksananya kegiatan ini pastinya tak lepas dari peran wali siswa. Dukungan dan pendampingan beliau-beliau di rumah dengan tetap sesuai petunjuk dari sekolah membuat siswa semakin maksimal perkembangannya.

Selain membaca buku jilid, siswa juga juga dikenalkan dengan , hafalan doa harian, hadits, dan surat pendek. Program hafalan minggu ini untuk TK A: Menghafal hadits muslim bersaudara, TK B : Menghafal hadits menjaga lisan. Khusus TK B ada tambahan materi salat.

BU DIYAN [KOORDIANTOR BAQ]

Prestasi Mengaji Pekan Ini

Anak salih-salihah kelompok bermain pekan ini mengajinya menghafal surat An-nas ayat 1, serta mengenal huruf da dan membaca bersama-sama huruf hijaiyah A sampai da.

BU RIFa

Wudhu dan sholat TK B 

Ekstrakurikuler

 Renang

PAUD Islam Hidayatullah memiliki kolam renang sendiri. Program renang kelompok bermain, TK A, dan TK B bergiliran waktuya sesuai jadwal yang telah disusun. Renangnya antara muslimin dan muslimah dibedakan waktunya. serunya lagi, berenangnya didampingi ibu guru dan instruktur renang profesional loh.

 Ekstrakurikuler KB

 Peristiwa

Imunisasi kerjasama dengan PUSKESMAS

Pekan ini siswa-siswi PAUDIH mendapat kesempatan untuk imunisasi MR. Imunisasi diberikan untuk usia anak dari 9-65 bulan. Program ini terselenggara atas kerjasama dengan PUSKESMAS Srondol Wetan. Alhamdulillah, berkat support dari wali murid kegiatan bisa terlaksana dengan baik.

Trial class

Agenda trial class yang diselenggarakan hari Sabtu, 22 Oktober 2002 di kampus PAUDIH juga berjalan dengan meriah. Tamu-tamu kecil yang hadir tampak antusias mengikuti kegiatan bermain tahap demi tahap. Puluhan peserta cilik yang hadir ini bisa menikmati belajar dengan permainan di berbagai sentra.

Program trial class ini gratis loh! Selain bisa mencoba model pembelajaran PAUDIH, peserta juga mendapatkan souvernir tanda cinta. Serunya lagi, disediakan diskon gede banget bagi yang langsung mendaftar jadi peserta didik. Tak tanggung -tanggung, 30 % spesial bulan Oktober. Diskon istimewa ini juga berlaku bagi pendaftar yang tidak mengikuti kegiatan trial class. Yuk! Ayah Bunda, segera manfaatkan

OKTOBER SPESIAL DISKON 30% SEGERA DAFTAR! WAKTU BERBATAS

Butuh info PPDB?

#Paud Islam Hidayatullah #Paud Terbaik Semarang # Paud Islam Terbaik # TK Islam Hidayatullah # TK Terbaik Semarang # TK Islam Terbaik Semarang #TK Islam terdekat # rekomendasi TK Terbaik Semarang # TK Islam terbaik di Semarang Timur # TK terdekat dari lokasi saya # SD Islam Hidayatullah # SMP Islam Hidayatullah # SMA Islam Hidayatullah

Jurnal Tema Binatang #Pekan 5

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *