Jurnal Pembelajaran Topik Tanaman #Pekan 1

Trial Class, Gratis…Ikutan yuk

Topik: Tanaman bermanfaat ciptaan Allah

Pembelajaran dengan topik tanaman mempunyai tujuan di antaranya agar siswa bisa mensyukuri adanya tanaman sebagai karunia Allah yang perlu dihargainya keberadaannya. Selain itu siswa bisa mengetahui struktur dasar tanaman secara umum seperti akar, batang, ranting, daun, bunga, dan buah.

Pembelajaran menggunakan model sentra dan dikemas dengan bermain. Model belajar ini sangat mengasyikkan, sehingga siswa merasa senang di sekolah. Terdapat beberapa sentra yang digunakan secara bergilir. Setiap kelompok akan berkesempatan menggunakan sentra yang ada sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Yuk! Lihat keseruan belajar mereka

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok B

B1 [Sentra Seni]

Awal kegiatan di sentra seni di antaranya anak -anak mendengarkan Bu guru membacakan buku yang berhubungan dengan topik pekan ini yaitu buku tentang tanaman bunga. Kegiatan selanjutnya bekerjasama membuat taman & pot bunga. Masih seputar tanaman bunga, anak-anak menambah aksesorisnya dengan bersama-sama membuat bunga dan serangga yang ada di taman. Pada waktu yang berbeda, mereka melengkapi lagi dengan ditambahkannya kreasi lebah dan sarangnya. Kemudian kegiatan semakin menantang dengan menggambar taman dan binatang yang telah dibuat.

bu difa

B2 [Sentra Peran]

Mengawali topik “Tanaman Bermanfaat Ciptaan Allah” , anak- anak salih-salihah melakukan outing class ke pasar tanaman PINGLI, Ungaran. Di sana mereka melihat beraneka ragam bunga yang berwarna-warni dan berbagai jenis buah. Wahh…seru sekali.

Kegiatan berikutnya yaitu berdiskusi berdasarkan cerita dari buku “Anggur Buah Melegenda”. Setelah selesai, selanjutnya bersama-sama membuat setting permainan perkebunan Anggur. Saatnya kita bermain peran…Alhamdulillah anggur kita sudah panen. Yuk kita jual ke pasar buah”.

Pekan ini anak salih-salihah B2 juga berkegiatan ekstrakurikuler. Ekstrakurikulernya Cooking class membuat “salad buah” kesukaanku. Mereka berbakat, saladnya enak.

bu fat

B3 [Sentra Peran]

Kegiatan hari pertama anak-anak mengadakan observasi di rumah salah satu teman. Rumah salah satu teman tersebut memiliki beranekaragam tanaman. Di sana anak- anak melakukan pengamatan serta mendapatkan penjelasan tentang ragam tanaman. Kegiatan observasi tanaman berlanjut di hari ke 2. Kali ini anak- anak membandingkan perbedaan pohon mangga di sekolah dan di rumah teman. “Siapa yang masih ingat?, Besar mana hayo?”

Kegiatan dengan topik tanaman masih berlanjut. Di waktu yang berbeda mereka bersama-sama menyiapkan perlengkapan untuk menanam.

Pada hari ketiga melakukan eksperimen membuat manisan mangga muda sesuai cerita yang ada dalam buku cerita tentang mangga. “Kita potong -potong dulu mangganya, berhati-hati menggunakan pisaunya ya”.

Masih ada kegiatan seru lainnya, di antaranya melukis pohon sesuai ide dan kreatifitas masing-masing anak. Kemudian mengenal kosa kata akar, mangga dengan media looseparts.

bu Ima

B4 [Sentra Ibadah]

Kelas B4 melakukan berbagai kegiatan di sentra ibadah. Ragam kegiatan tersebut di antaranya membuat minuman kesukaan Rasulullah Muhammad. Rasulullah menyukai air rendaman kurma yang disebut nabeez. “Kita siapkan bahan-bahannya ya.”

Kegiatan selanjutnya adalah membuat kreasi dari buah kurma dan salat berjamaah di masjid Al Aqsha. Masjid Al Aqsha adalah masjid bersejarahnya umat Islam. “Salatnya yang khusuk ya teman .”

Kemudian kegiatan berlanjut, meneruskan membuat Nabeez. Kita masukkan semua bahannya, setelah jadi kita cicipi rasanya. Wahh..segar..Nabeeznya enak.

Yuk! Kita lanjutkan membuat kreasi buah kurmanya.

bu dijah

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok A

BULAN INI DISKON 25%. MANFAATKAN SEGERA

A1 [Sentra Alam]

Teman-teman A1 mengawali kegiatan dengan melihat video ” bayam si sayur bijaksana”. Melalui video ini mereka mendapat pengetahuan yang akan dijadikan dasar bermain dan berkegiatan di sentra alam.

Kegiatan selanjutnya adalah mempersiapkan alat dan bahan menanam. Bersama-sama menyiapkan media yang dibutuhkan. Kemudian mereka mengamati tanaman. “Apa yang sudah teman-teman ketahui tentang tanaman? “

Berikutnya berkegiatan menanam dengan hidroponik dan media tanam. Menanam mengunakan model ini merupakan salah satu cara pemanfaatan lahan terbatas. Selanjutnya teman-teman merawat tanaman. Bersama-sama kita bersihkan, lalu beri pupuk agar tanaman tumbuh subur.

Bu Ainun

A2 [Sentra Seni]

Hari pertama di sentra seni kelompok TK A2 mendengarkan Bu guru membaca buku cerita berjudul “Jeruk Sumber Vitamin C”. Mereka dengan seksama mendengarkan ceritanya. Kegiatan berikutnya adalah bedah buku dan membuat peta konsep. Setelah melalui diskusi bersama, akhirnya ditentukan projek yang akan dibuat yaitu membuat kebun jeruk.

Kegiatan hari kedua di sentra seni kelompok TK A2 melanjutkan membuat kebun jeruk dan melengkapi kebunnya dengan aksesoris daun dan buah jeruk. Kreatif sekali mereka.

Hari berikutnya mereka melanjutkan projek membuat kebun jeruk. Kebun jeruk semakin bagus dengan ditambahkannya hiasan bunga, buah jeruk, lebah dan kupu-kupu. Kegiatan berlanjut, anak-anak membuat kamera untuk berfoto di kebun jeruk.

Jumat pekan ini kelompok TK A2 mengikuti ekstra cooking class. Kali ini mereka merebus dan mengupas telur puyuh. Anak-anak kemudian memakan telur puyuh yang sudah dikupasnya.

bu haning

A3 [Sentra Peran]

Kelompok A3 melakukan outing class sebagai pengetahuan umum tentang topik tanaman. Kegiatan ini menjadi wahana belajar yang menambah pengalaman dengan melakukan observasi langsung.

Kegiatan berikutnya adalah menonton video “strowberi” & bermain peran di kebun strowberi. Mereka mengambil peran pilihannya dan asyik bermain bersama.

Permainan semakin seru, ada yang bermain peran menanam strowberi, petani buah sedang memanen hasil kebunnya. Wah…mereka berbagi peran.

Selanjutnya, di waktu yang berbeda kelompok A3 membuat jus strowberi lalu menikmatinya. Mereka menyiapkan alat dan bahan -bahannya bersama. Setelah siap, dicampurkan semuanya sesuai perbandingan. Setelah jadi, saatnya menikmati jus strowberi buatannya…enaaakk.

bu ria

A5 [Sentra Balok]

Pekan ini topiknya adalah tanaman. Kegiatannya dimulai dengan bedah buku bersama. Setelah itu, dilanjutkan membuat peta konsepnya.

Waktu literasi yang terjadwal, anak- anak berkunjung ke perpustakaan untuk meminjam buku. Di perpustakaan banyak tersedia koleksi buku khusus anak- anak dengan berbagai judul. Di sana bisa meminjam salah satu koleksi buku untuk dijadikan bahan bacaaan.

Hari kedua di sentra balok anak-anak sudah mulai membangun bangunan yang ingin dibuat. Mereka berimajinasi dan menuangkan ke dalam projeknya sesuai topik yang telah ditentukan. Kegiatan membangun berlanjut di hari berikutnya. Bentuk bangunan semakin bagus dan kompleks sesuai imajinasi mereka masing-masing.

Hari terakhir di sentra balok, proyek bangunan anak-anak sudah selesai dibuat. Semua bangunan mereka memiliki keunikannya sendiri-sendiri.

Ketika waktu bermain telah berakhir, anak-anak sudah mulai terbiasa untuk merapikan dan membereskan kembali alat mainnya. Menempatkan sesuai bentuk dan kelompok baloknya. Setelah selesai, kegiatan berikutnya adalah menggambarkan bangunan yang sudah dibuatnya.

Pekan ini anak muslimin berenang. Mereka tampak bersemangat dengan kegiatan ini. Bu guru yang mengajari renang pun dengan telaten mengarahkan mereka agar bisa berenang dengan baik.

bu iva

Pembelajaran Kelompok Bermain (KB) Islam Hidayatullah

BULAN INI DISKON 25%. MANFAATKAN SEGERA

Baca juga:  Evaluasi Akhir Pembelajaran Mengaji

KB1 [Sentra Balok]

Hari pertama teman-teman mengawali aktivitas pagi dengan bermain di play ground. Kegiatan ini untuk menstimulasi kemampuan motorik kasar.

Melanjutkan dari buku cerita domba, teman-teman bermain di sentra balok mengacu pada buku tersebut. Mereka membuat kandang dengan menggunakan balok. Mereka memilih teman yang sama di minggu sebelumnya namun dengan ide dan kreativitas mereka, bangunan kandang mereka pun berbeda dari sebelumnya.

Kegiatan bermain di sentra balok masih berlanjut. Teman-teman menambahkan beberapa aksesoris di bangunan kandang domba. Aksesoris yang ditambahkan seperti rumput, batu, replika domba, dan lain-lain.
Selesai membangun, mereka kemudian menggambar kandang tersebut. Karena besok sudah selesai bermain di sentra balok, teman-teman pun merapikan kembali balok ke tempat semula.

Hari berikutnya teman-teman mengikuti kegiatan pengetahuan umum tema tanaman buah bermanfaat ciptaan Allah. Mereka mengamati dan mengenal buah-buahan secara langsung.

Kegiatan berikutnya adalah berkreasi membuat salad. Teman -teman memotong buah-buahannya dan menyiapkan kelengkapan membuat salad.
Kegiatan ini sangat seru sekali. Mereka antusias dan bergembira bersama. Ketika salad sudah jadi, mereka pun menikmati saladnya bersama. Karena saladnya masih ada tidak habis, mereka juga bisa membawa pulang salad buah yang dibuat.

bu husnul

KB 2 [Sentra Olah Tubuh & Musik]

Kelas KB 2 kali ini bermain di sentra olah tubuh dan musik. Pada tema hewan ternak, anak-anak dikenalkan hewan kambing ciptaan Allah, yang ada pada buku cerita. Buku tersebut berisi tentang anatomi, habitat, jenis-jenis, manfaat, daan perilaku binatang kambing. Anak-anak sangat senang sekali mendengarkan cerita tersebut, karena hewan kambing merupakan hewan yang sering dijumpai anak-anak apalagi saat idul adha. Anak-anak juga menceritakan pengalamanya melihat binatang kambing.

Di hari kedua anak-anak diajak untuk membuat proyek halang rintang dan meniti, mereka bekerja secara kelompok, saling membantu. Bahan yang mereka pilih ada tiang, tali rafia, susu kaleng, holahop. Ketika proyek mereka selesai, maka mereka berpura-pura menjadi kambing sama seperti yang ada di buku cerita, melewati halang lintang, meniti, melompat.

Pada hari ketiga KB 2 berkreasi membuat topeng kambing dan dihari keempat merupakan pengetahuan umum Tanaman “Buah-buahan kaya manfaat ciptaan Allah”. Dalam kegiatan ini anak-anak diajak untuk membuat salad buah, melihat vidio berbagai macam buah. Masyaallah mereka sangat senang sekali melihat berbagai macam buah seperti semangka, apel, pir, anggur, melon, mangga, buah naga, yang akan mereka potong untuk dijadikan salad buah. Tujuan kegiatan pengetahuan umum ini, selain mengenalkan anak untuk mengenal buah-buahan, supaya anak-anak juga senang makan buah-buahan.

bu silvi

KB 3 [Sentra Alam]

Mendengarkan Bu guru bercerita tentang “Ayam si Pabrik Telur yang cerewet” menjadi awal kegiatan hari pertama teman-teman KB 3 . Pada hari kedua, mereka membuat kreasi kandang ayam bersama-sama. Kegiatan selanjutnya di hari ketiga membuat kreasi ayam dari kertas. Mereka kreatif sekali. Ada yang membuat dari lipatan kertas berbentuk bulat, ada yang menjiplak tangan kemudian menggunting, ada yang dari piring kertas dan lainnya. Bentuknya semakin bagus karena mereka juga menambahkan aksesoris. Wah seru banget. Setelah waktu bermain berakhir, mereka rapi-rapi bersama mengembalikan peralatan bermain ke tempat semula.

bu umai

KB 4 (Sentra Peran)

Kegiatan di Hari Senin KB 4 mendengarkan cerita tentang Sapi si Pendiam yang Kaya Manfaat. Kegiatan ini merupakan landasan untuk bermain di sentra peran.

Pada Hari Selasa KB 4 mulai bermain bersama membuat sapi di sentra peran. Mereka bekerjasama dan saling bantu.

Kegiatan bermain yang menyenangkan di sentra peran berlanjut di hari berikutnya. Hari Rabu KB 4 membuat olahan daging sapi. “Jangan lupa ditambah bumbu agar makin nikmat masakannya ya.”

bu samsi

TRIAL CLASS GRATIS

Baca juga:  Paud Islam Terbaik di Semarang: Rekomendasi Paud Islam Hidayatullah

SABTU, 26 NOVEMBER 2022.

Makan

Siswa setiap hari selama bersekolah mendapat makan. Makan ini menjadi asupan penting menunjang kebutuhan gizi siswa. Menu makan setiap hari berganti disesuaikan dengan selera anak-anak. Saat proses makan, siswa dibiasakan adab makan dan mandiri dalam menyiapkan kebutuhan penyajian makannya. Selain itu siswa juga senantiasa didorong serta dimotivasi untuk bisa menyenangi buah dan sayuran.

BU IIN {KEPALA SEKOLAH}

Program Mengaji Kelompok Bermain

Teman-teman KB pekan ini belajar menghafal surat An-nas ayat 4, mengenal huruf hijaiyah Ro, Za. Dan muroja’ah bersama hadist kasih sayang, Al-fatihah, doa sebelum dan sesudah makan dan minum, huruf hijaiyah A-Za

Bu Rifa mengajar mengaji kelompok bermain

Program mengaji TK

Pengajaran mengaji untuk TK, selain membaca buku jilid, siswa juga juga dikenalkan dengan hafalan doa harian, hadits, dan surat pendek. Program hafalan minggu ini untuk TK A: Menghafal surat Al ikhlas, melancarkan hadits muslim bersaudara, TK B : Menghafal surat Al Humazah dan hadits menjaga lisan.

Khusus TK B ada tambahan materi salat.

BU DIYAN [KOORDIANTOR BAQ]

Prestasi Mengaji Pekan Ini

Ekstrakurikuler

 Renang

PAUD Islam Hidayatullah memiliki kolam renang sendiri. Program renang kelompok bermain, TK A, dan TK B bergiliran waktuya sesuai jadwal yang telah disusun. Renangnya antara muslimin dan muslimah dibedakan waktunya. serunya lagi, berenangnya didampingi ibu guru dan instruktur renang profesional loh.

 Ekstrakurikuler KB

 Peristiwa

Berani tampil dan berkompetisi, PAUD Islam Hidayatullah Juara umum

Siswa-siswi PAUD Islam Islam Hidayatullah tampil mengisi acara dan gagah berani mengikuti gelaran berbagai lomba yang diadakan SD Islam Hidayatullah.

SD Islam Hidayatullah mengadakan kegiatan open house dalam rangka PPDB 2023/2024. Tampil mengisi acara di kegiatan tersebut, perwakilan dari PAUD Islam Hidayatullah membawakan tari tradisional. Siswa-siswi yang tampil tampak lincah dan kompak bergerak mengikuti irama. Performance mereka pun mendapat apresiasi dari pengunjung.

Sedangkan lomba-lomba yang diikuti di antaranya adalah hafalan surat pendek, doa harian,fashion show, geometri,menata huruf Hijaiyah dan beberapa lomba lainnya.

Dengan samangat juang yang tinggi mereka telah berkompetisi membawa nama baik almamaternya.

Alhamdulillah,duta-duta kita semua hebat dan telah berjuang dengan potensi terbaiknya saat ini.

Berkat perjuangannya, sekolah berhasil menjadi juara umum dua. Tentu ini patut disyukuri bersama dan sekolah berterima kasih untuk semua duta yang telah ambil bagian dalam kegiatan ini.

Menjadi juara itu baik, namun yang lebih utama adalah memberi kesempatan bagi anak berkembang secara optimal dan berani tampil percaya diri sehingga mempunyai pengalaman sebagai landasan meraih suksesnya di masa yang akan datang.

Minat Masyarakat Tinggi Ikut Program Trial Class

PAUD Islam Hidayatullah yang mempunyai layanan TPA, KB, dan TK terus berusaha memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat. Mengenalkan Islam melalui pendidikan khususnya untuk anak usia dini merupakan salah satu bentuk dakwahnya.

Baca juga:  Cara Memilih TK untuk Anak Agar Lebih Mantap

Guna mendekatkan diri ke masyarakat, maka PAUD Islam Hidayatullah memberikan program TRIAL CLASS yang bisa diikuti tanpa berbayar. Animo masyarakat mengikuti program ini pun terbilang tinggi. Beberapa kali digelar, puluhan orang tua yang mempunyai anak usia dini telah turut berpartisipasi di kegiatan istimewa ini.

Masih ada slot untuk trial class. Amankan segera!

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah tanda-panah-ke-bawah-1.gif
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 4a8461_1c6ebd5cf3c44576b07fcf5964f1891d_mv2.gif

#Paud Islam Hidayatullah #Paud Terbaik Semarang # Paud Islam Terbaik # TK Islam Hidayatullah # TK Terbaik Semarang # TK Islam Terbaik Semarang #TK Islam terdekat # rekomendasi TK Terbaik Semarang # TK Islam terbaik di Semarang Timur # TK terdekat dari lokasi saya # SD Islam Hidayatullah # SMP Islam Hidayatullah # SMA Islam Hidayatullah

Jurnal Pembelajaran Topik Tanaman #Pekan 1

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *