Jurnal Tema Binatang #Pekan 3

DIBUKA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU 2023/2024

Tema: Binatang / sub tema: binatang air

Alhamdulillah, pembelajaran tema binatang sudah dimulai. Tujuan pembelajaran tema binatang dengan sub tema binatang air di antaranya agar siswa mampu menghargai dan menyayangi binatang air sebagai makluk ciptaan Allah, memiliki pengetahuan berbagai macam binatang yang hidup di air.

Pembelajaran menggunakan model sentra dan dikemas dengan bermain. Model belajar ini sangat mengasyikkan, sehingga siswa merasa senang di sekolah. Terdapat beberapa sentra yang digunakan secara bergilir. Setiap kelompok akan berkesempatan menggunakan sentra yang ada sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Yuk! Lihat keseruan belajar mereka

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok B

DAFTAR SEKARANG, ADA PENAWARAN ISTIMEWA MENANTI

B1 [Sentra Alam]

Keseruan bermain kelompok B1 di sentra alam di antaranya ada kegiatan bermain untuk menstimulasi sensori, kemudian bermain membuat saluran air. Masih dengan topik binatang air, di waktu yang berbeda mereka membuat kolam kecebong dan ikan…senangnya.

Pekan ini kelompok B 1 juga ambil bagian dalam gebyar sholawat memeriahkan hari kelahiran Nabi Muhammad loh. Mereka membawa rebana dan berani dengan percaya diri memainkannya untuk mengiringi sholawatannya. Subhanallah.

bu difa

B2 [Sentra Ibadah]

Pekan ini kelompok B2 masih bermain dengan topik ikan binatang air. Salah satu kegiatannya di antaranya membaca buku dengan judul “Paus dan Nabi Yunus”. Setelah selesai, kegiatan dilanjutkan dengan berdiskusi mengenai gambar kapal dan ikan paus yang akan menjadi proyek bersama hari berikutnya.

Kelompok B2 tampak sibuk bekerja sama membuat kapal. “Kita kasih bendera kapalnya, untuk tanda berlayar” kata mereka.

“Alhamdulillah kapal dan ikan pausnya sudah jadi, ayo kita mainkan, masuk kedalam perut paus”

Permainan ini begitu menyenangkan, sayang waktu bermain selesai dan pausnya harus dirapikan lagi. “Bisa tidak buk kita tambah 1 hari lagi mainnya” pinta mereka. Itulah keseruan mereka yang selalu berkarya dan beraktifitas di sekolah. Pekan ini diakhiri dengan gebyar sholawat anak sholih sholikhah. “Sollualannabi Muhammad…”,”Sollualaih”.

bu fat

B3 [Sentra Balok]

Sentra balok menjadi tempat bermain B3 pekan ini. Kegiatan hari pertama adalah mendengarkan dan berdiskusi tentang Kerang. Subhanallah, mereka aktif dan imajinatif. Dengan cepat mereka mulai menemukan ide dalam bermain, membangun tempat hidupnya kerang. Permainan hari kedua, melanjutkan ide gagasannya. Kali ini semakin komplek yaitu membuat kapal, dermaga, mercusuar dan ada juga restoran seafood. Mereka asyik berkreasi. “Wah! Kerangnya nempel di kapal, ada ikan juga”. Projek hari ketiga, Alhamdulillaah… “Kapal nya sudah jadi dan aku butuh kertas untuk lautnya bu guru”. Kata mereka.

Kegiatan pekan ini semakin lengkap dengan adanya kegiatan bersholawat. Kelompok B3 tampil dalam gebyar sholawat memeriahkan hari kelahiran Rasulullah Muhammad.

bu ima

B4 [Sentra Seni]

Giliran kelompok B4 bermain di sentra seni pekan ini. Kegiatannya di antaranya di hari pertama anak-anak mendengarkan cerita yang berjudul “tiga kura-kura yang mandiri” . Selanjutnya kegiatan semakin menantang karena mereka mengamati bagian-bagian tubuh kura-kura. Kura-kuranya asli loh, buka pura-pura. Nah! Kegiatan bermain selanjutnya yaitu berkreasi membuat kura-kura dari berbagai macam bahan.

Hari berikutnya permainan semakin seru, kreasi kura-kuranya diberi cat biar makin bagus. Mereka mengecat kreasi kura-kuranya. Di hari yang berbeda mereka melanjutkan projek sungai untuk tempat tinggal kura-kura. Dalam rangka mengenalkan Rasulullah Muhammad Saw. Pekan ini ada kegiatan gebyar sholawat di sekolah. Kelompok B4 juga turut tampil dalam kegiatan tersebut. Mereka bersholawat sambil memainkan rebana. Subhanallah.

bu dijah
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah kartun-guru-gif-1.gif

Pembelajaran TK Islam Hidayatullah Kelompok A

ADA SPESIAL DISKON BAGI PENDAFTAR AWAL. MANFAATKAN SEGERA

A1 [Sentra Peran]

Kegiatan hari pertama di sentra peran, kelompok A1 mendengarkan Bu guru membacakan cerita dari buku yang berjudul “Pepi menangakap ikan”.

Diceritakan bahwa Pepi adalah seekor penguin🐧 , dia menangkap ikan dengan cara meluncur kemudian menyelam kedalam air. Singkat cerita Pepi tidak mendapat ikan dan dia bersedih. Tidak lama kemudian datanglah penguin lain bernama Ipung & Inu . Mereka berdua datang sambil membawa pancing dan jaring, namun mereka juga tampak bersedih karena tidak mendapatkan ikan🐠.
💡 Akhirnya mereka sepakat bekerja sama, Pepi menyelam menggiring ikan ke balik batu, dan di sana sudah ada temannya yaitu Inu dan Ipung yang memasang jaring.
✨ Wah..kerjasama mereka berhasil, mereka pulang dengan membawa banyak tangkapan ikan . Itulah cerita untuk mengawali kegiatan bermain.

Selanjutnya , saatnya kelompok A1 berkegiatan bermain peran. Ada yang berperan menjadi penangkap ikan. Hasil tangkapannya ada yang di masak, ada pula yang dijual di pasar, tak lupa di sela kegiatan mereka sholat dhuhur. Subhanallah.

Di hari berikutnya, mereka melanjutkan main perannya. Ada yang berperan menjadi pedagang, saat masuk waktu sholat magrib, para pedagang menutup tokonya. Anak- anak yang berperan sebagai nelayan mengemasi ikan² dan mengembalikan jaring dan pancing serta para pembeli kembali. Kegiatan hari terakhir di sentra peran, para nelayan mengumpulkan hasil tangkapan mereka, mereka bekerjasama menangkap ikan dengan menggunakan jaring. Demikian kegiatan kelompok A1 🌼 dalam pekan ini. InsyaAllah akan berlanjut di sentra Ibadah dengan topik ” Kisah nabi nuh di dalam perut ikan paus”🐳

bu aINUN

A2 [Sentra Ibadah]

Hari pertama di Sentra Ibadah, kelompok A2 mendengarkan cerita dari buku yang berjudul “Paus yang Menelan Nabi Yunus”. Setelah itu mereka bersama-sama membuat peta konsep dari buku bacaan yang sudah dibaca. Kegiatan selanjutnya bersama-sama membuat kapal Nabi Yunus. Hari kedua di Sentra Ibadah, kelompok A2 melanjutkan membuat kapal dan lautnya. Selain itu mereka juga berkreasi membuat ikan paus seperti yang ada dibuku cerita “Paus yang menelan Nabi Yunus”. …Serunya. Hari ketiga, mereka melanjutkan membuat ikan paus yang belum selesai dihari sebelumnya. Mereka bekerjasama untuk menyelesaikan ikan pausnya. Hari terakhir di Sentra Ibadah melanjutkan kegiatan sebelumnya. Selesai bermain, mereka lalu merapikan mainannya bersama-sama. Subhanallah pintarnya.

Kegiatan pekan ini makin lengkap dengan adanya gebyar sholawat di sekolah. Kelompok A2 mengikuti parade sholawat untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Mereka tampil bersama memainkan rebana dan bersholawat.

bu haning

A3 [Sentra Balok]

Kegiatan bermain hari pertama di sentra balok mendengarkan Bu Guru membacakan buku cerita berjudul kuda laut, lalu membuat peta konsep. Ide gagasan di hari pertama, proyek tempat hidup binatang air. Selanjutnya permainannya pun dimulai, ada yg membuat laut yang ada mercusuarnya tinggi, ada yg membuat tempat mencuci motor & mobil di dekatnya. Subhanallah, mereka tampak antusias. “ada kolam ikannya” celoteh salah satu di antara mereka. Selain itu, kelompok A3 juga berkegiatan literasi. Mereka berkunjung ke perpus untuk meminjam buku & dibawa pulang, sepekan sekali…Kerennya. Di waktu yang berbeda mereka juga berlatih motorik kasar & berjemur. Setelah itu, mereka melanjutkan kembali proyek sebelumnya di sentra balok. Alhamdulillah proyek selesai… Saatnya menggambar & menceritakan bangunannya masing-masing. Kreatifnya mereka. Di akhir kegiatan mereka juga sudah mulai terbiasa membereskan dan merapikan kembali mainan baloknya.

Kelompok A3 hari Jumat pekan ini juga turut memeriahkan PHBI kelahiran nabi Muhammad. Acaranya adalah gebyar sholawat. Mereka membawa rebana dan memainkannya untuk mengiri sholawat di acara tersebut. Setelah tampil, di akhir acara dapat hadiah dari panitia.

bu ria

A4 [Sentra Alam]

Pekan ini kelompok A4 main di sentra alam. Kegiatan dimulai dengan membuat bentuk sungai habitat binatang air. Selain itu mereka juga berkegiatan fisik motorik dengan melompat menirukan gerakan katak melompat. Kegiatan di sentra alam memang menyenangkan, kali ini semakin menantang, yaitu membuat sungai dan mengisinya dengan batu-batuan. Lalu di aliri air, dan diisi dengan ikan (mainan). Kegiatan hari berikutnya masih meng-eksplorasi sungai yang dibuat di hari sebelumnya. Setelah bermain, tak lupa untuk merapikan kembali tempat bermainnya. Subhanallah anak saleh-salehah hebat. Good job.

Kelompok A4 pekan ini juga tampil bersholawat bersama di gebyar sholawat dalam rangka memeriahkan hari kelahiran nabi Muhammad. Mereka tampak antusias dengan memukul rebana yang dibawanya sambil membaca sholawat. Semoga kita semua termasuk umatnya Rasulullah. Aamiin.

BU YANI

A5 [Sentra Seni]

Kelompok A5 pekan ini mendapat giliran bermain di Sentra Seni, hari pertama anak-anak bekerja sama membuat laut. Di hari berikutnya mereka berkreasi membuat kapal sesuai imajinasi mereka masing-masing. Hari ketiga di sentra seni anak-anak membuat ikan dari berbagai macam media… Serunya . Hari terakhir di sentra seni semua anak kreatif dan dapat menyelesaikan proyek membuat laut dan kapal. Subhanallah…anak-anak hebat.

Kelompok A5 ikut berpartisipasi dalam gebyar sholawat di sekolah. Kegiatan Gebyar Sholawat ini dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Mereka bersholawat dan tampil dengan memainkan rebananya. Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad.

bu iva

Pembelajaran Kelompok Bermain (KB) Islam Hidayatullah

ADA SPESIAL DISKON BAGI PENDAFTAR AWAL. MANFAATKAN SEGERA

Baca juga:  Jurnal Tema Binatang #Pekan 5

KB1 [Sentra Olah Tubuh dan Musik]

Hari pertama teman-teman melihat video tentang binatang apa saja yang bisa dilihat di cimory. Kegiatan ini bertujuan sebagai pijakan awal sebelum teman-teman berkunjung ke sana. Selanjutnya mengenal tata tertib outing dan bagaimana agar kita tetap aman belajar di luar yaitu dengan selalu menerapkan prokes tentunya.

Kegiatan lainnya yaitu persiapan menyambut Maulid Nabi Muhammad. Kegiatannya yaitu parade sholawat oleh semua jenjang dari KB hingga TK. KB 1 pastinya juga turut berpartisipasi. Hari berikutnya teman-taman mulai melakukan persiapan dengan bersholawat bersama dan melihat video tentang lahirnya Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan outing Class ke salah satu peternakan di Semarang. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengetahuan umum topik “Binatang Ternak”. Kegiatan pengetahuan umum ini bertujuan untuk mengenalkan dan melihat secara langsung binatang ternak seperti Sapi, ayam, domba dan kambing sebelum nantinya teman-teman akan belajar di sentra. Nah. Saatnya bermain di sentra. Teman² membuat kandang Ayam dari bahan-bahan yang tersedia seperti kardus bekas, kayu, tali, kertas, dan lain-lain. Mereka saling bekerjasama untuk membuat kandang yang indah.

KB 1 tampil bersholawat di gebyar sholawat memeriahkan hari kelahiran Rasulullah Muhammad. Mereka membaca sholawat sambil memainkan rebannya. Yee…kita dapat hadiah gede banget.

bu husnul

KB 2 [Sentra Alam]

Sentra alam menjadi tempat bermain KB 2 pekan ini. Salah satu kegiatannya di antaranya pengetahuan umum binatang ternak ciptaan Allah. Kegiatan lainnya, mereka juga dikenalkan kisah lahirnya nabi Muhammad. Di waktu yang berbeda, KB2 berkegiatan fisik motorik dan latihan shalawat untuk pentas hari jumat di acara gebyar sholawat peringatan hari kelahiran Rasulullah Muhammad.

Pekan ini KB 2 juga Outing class ke cimory. Senangnya bisa melihat secara langsung hewan ternak ciptaan Allah. Di sana mereka bisa mengenal ciri-ciri hewan ternak.

Di acara gebyar sholawat peringatan hari kelahiran Rasulullah Muhammad, KB 2 tampil memainkan rebana sambil bersholawat. Di akhir kegiatan kita dapat hadiah juga.. asyiik.

bu silvi

KB 3 [Sentra Balok]

Hari senin dimulai dengan pijakan dan menonton video tentang Cimory. Keseruan teman-teman KB3 melihat banyak jenis-jenis binatang melalui video. Di hari Selasa setelah bermain di playground teman-teman kelompok bermain menonton video tentang Kelahiran Nabi Muhammad SAW. Hari Rabu KB3 bermain di Playground bersama KB2 setelah itu ke kelas masing-masing dan shalawat persiapan gebyar shalawat di hari Jum’at. Hari Kamis KB3 mengenal binatang ternak ciptaan Allah melalui kunjungan ke Cimory. Rasa penasaran teman-teman KB3 membuat kunjungan tersebut semakin seru. Panas dan terik matahari tidak menghalangi teman-teman untuk berkeliling melihat hewan-hewan yang ada.

Alhamdulillah KB 3 berani tampil di gebyar sholawat. Mereka bersholawat sambil memainkan rebana. Selesai tampil, di akhir ternyata juga dapat doorprize dari panitia. Senangnya.

bu umai

KB 4 [Sentra Balok]

Kegiatan hari pertama KB 4 menonton video melihat hewan ternak di Cimory. Hari selanjutnya atau di hari Selasa mereka mengenal Rasullullah Muhammad dengan menonton video tentang cerita kelahiran Nabi Muhammad SAW. Kegiatan hari Rabu KB 4 outing Class ke Cimory. Melihat langsung dan mengenal ciri-ciri hewan ternak ciptaan Allah. kegiatan Hari Kamis KB 4 bermain di sentra balok membuat kandang kambing. Kreatif sekali mereka. Kegiatan hari Jumat KB 4 tampil bersholawat sambil mengiringi dengan memainkan rebana.

bu samsi

SPESIAL DISKON BAGI PENDAFTAR AWAL. SEGERA DAFTAR! WAKTU BERBATAS

Baca juga:  Pentas Seni Siswa Ajang Melatih Kepercayaan Diri

Makan

Siswa setiap hari selama bersekolah mendapat makan. Makan ini menjadi asupan penting menunjang kebutuhan gizi siswa. Menu makan setiap hari berganti disesuaikan dengan selera anak-anak. Saat proses makan, siswa dibiasakan adab makan dan mandiri dalam menyiapkan kebutuhan penyajian makannya. Selain itu siswa juga senantiasa didorong serta dimotivasi untuk bisa menyenangi buah dan sayuran.

BU IIN {KEPALA SEKOLAH}

Mengaji Buku Jilid & Hafalan doa, hadits, surat pendek

Alhamdulillah, program mengaji di sekolah berjalan dengan baik. Semua siswa hebat dan berkembang sesuai tahapannya. Terlaksananya kegiatan ini pastinya tak lepas dari peran wali siswa. Dukungan dan pendampingan beliau-beliau di rumah dengan tetap sesuai petunjuk dari sekolah membuat siswa semakin maksimal perkembangannya.

Selain membaca buku jilid, siswa juga juga dikenalkan dengan , hafalan doa harian, hadits, dan surat pendek. Program hafalan minggu ini untuk TK A: Menghafal surat Al Falaq, TK B : Menghafal surat Al Humazah. Khusus TK B ada tambahan materi cara ber-wudhu dan solat.

BU DIYAN [KOORDIANTOR BAQ]

Prestasi Mengaji Pekan Ini

Materi mengaji KB mengenal huruf A-kho, untuk hafalannya melancarkan surat Al Fatihah dan hadits kasih sayang, serta menghafal doa sebelum makan .

BU PIPIT & BU RIFa

Wudhu dan sholat TK B 

 Renang

PAUD Islam Hidayatullah memiliki kolam renang sendiri. Program renang kelompok bermain, TK A dan B dan kelompok bermain bergiliran waktuya sesuai jadwal yang telah disusun. Renangnya antara muslim dan muslimah dibedakan waktunya. serunya lagi, berenangnya didampingi ibu guru dan instruktur renang profesional loh.

 Ekstrakurikuler KB

 Peristiwa

KUNJUNGAN STUDI BANDING HIMPAUDI DAN IGTKI

Sebanyak lima puluh orang dari  tiga kelompok perwakilan Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI)dan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) melakukan studi banding ke PAUD Islam Hidayatullah. Beliau-beliau berasal dari beberapa daerah yaitu Purbalingga, Sukaharjo dan Demak.  Adapun agenda kegiatannya adalah melakukan observasi pembelajaran dan juga melihat secara langsung sarana dan prasarana pendidikan yang ada di PAUD Islam Hidayatullah.
GEBYAR SHOLAWAT MENYAMBUT HARI KELAHIRAN RASULULLAH SHALALLAHU ALAIHI WASALLAM

Acara hari kelahiran Rasulullah Muhammad Saw atau biasa disebut maulid nabi  Muhammad terlaksana dengan meriah di PAUD Islam Hidayatullah. Dalam rangka mengenalkan ke anak dan menumbuhkan kecintaan terhadap Rasulullah Muhammad. Hari Jumat pekan ini sekolah mengadakan gebyar sholawat. Kegiatan diisi dengan penampilan perkelas dari semua jenjang. Tidak hanya KB dan TK, namun anak- anak dari QBS (TPA) juga ikut perform.

Antusias siswa mengikuti kegiatan ini begitu tinggi. Mereka tampak bersemangat melantunkan sholawat pilihan kelompoknya. Sambil memainkan rebana yang dibawanya, mereka tampil maksimal di hadapan penonton.Selesai tanpil, diakhir acara dibagikan hadiah untuk semua tim yang berpartisipasi di kegiatan tersebut. Kegiatan ini semakin semarak karena beberapa orang tua siswa turut hadir menyaksikan penampilan putra-putrinya.

SIMAK DOKUMENTASI KEGIATANNYA DI BAWAH👇
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 200w.gif

SPESIAL DISKONSEGERA DAFTAR! WAKTU BERBATAS

Baca juga:  "Menginspirasi Masa Depan: Mahasiswa IAIN Kudus Temui Keunikan PAUD Islam Hidayatullah dalam Kuliah Kerja Lapangan"

Butuh info PPDB?

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah tanda-panah-ke-bawah-1.gif
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 4a8461_1c6ebd5cf3c44576b07fcf5964f1891d_mv2.gif

#Paud Islam Hidayatullah #Paud Terbaik Semarang # Paud Islam Terbaik # TK Islam Hidayatullah # TK Terbaik Semarang # TK Islam Terbaik Semarang #TK Islam terdekat # rekomendasi TK Terbaik Semarang # TK Islam terbaik di Semarang Timur # TK terdekat dari lokasi saya # SD Islam Hidayatullah # SMP Islam Hidayatullah # SMA Islam Hidayatullah

Jurnal Tema Binatang #Pekan 3

TPA_KB_TK ISLAM HIDAYATULLAH

Lembaga Pendidikan Islam yang mencakup layanan TPA ( QBS )_KB_TK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *